Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

3 min read

permalink

Perubahan yang Anda lakukan dapat menyebabkan kesalahan pada script sehinggan mengakibatkan sebagian permalink atau URL tidak dapat diakses. Permalink adalah link permanen dari postingan atau halaman tertentu blog Anda. Permalink membantu user/penunjung website memahami postingan Anda. Pada umumnya permalink berdasarkan judul artikel Anda, namun Anda bisa menggantinya sesuai keinginan atau kebutuhan.

Jika website WordPress Anda tidak dapat diakses dan muncul pesan Error 404, Anda dapat mencoba langkah yang ada pada tutorial ini. Dalam ulasan kali ini kami akan menunjukkannya langkah demi langkah guna mengatasi permasalahan yang Anda hadapi.

Sebelum memulai proses perbaikan, penting untuk mengetahui mengapa tautan WordPress rusak atau menampilkan pesan Error 404 Page Not Found.

Beberapa Penyebab Kerusakan Permalink WordPress Anda

1. Update

Website WordPress Anda selalu membutuhkan update. Proses ini sangat penting untuk memastikan kemanan dan performa maksimal. Akan tetapi, ada kemungkinan update dapat turut merusak struktur URL website Anda. Jika ini yang terjadi, pengunjung website tidak dapat mengakses halaman maupun postingan Anda.

Secara umum, penyebab utama adanya permasalahan ini adalah plugin, template maupun versi WordPress yang tidak kompatibel.

2. Instalasi Plugin

Terkadang instalasi plugin baru juga dapat merusak URL postingan serta halaman pada website Anda. Instalasi plugin baru juga dapat menjadi penyebabnya, terutama jika plugin tersebut mengubah script pada file .htaccess.

3. Perubahan pada Script .htaccess

File .htaccess merupakan tempat dimana konfigurasi khusus yang digunakan pada Web Server Apache. Hal tersebut menyangkut dengan hak akses dan aksesibilitas dari sebuah website. Anda juga dapat menggunakannya untuk setingan dan value tertentu. Selain itu juga, file ini digunakan untuk  membuat permalink WordPress. Menambahkan code pada file .htaccess terkadang dapat menjadi penyebabnya. Sehingga jika dilakukan perubahan pada file tersebut, kemungkinan besar dapat mempengaruhi url website WordPress Anda.

4. Migrasi atau Restore Website

Permalink pada WordPress juga dapat tidak berfungsi dengan baik apabila Anda melakukan migrasi serta restore website Anda ke server baru.

Apapun permasalahannya, ada beberapa hal mendasar yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan. Simak terus ulasan kami untuk memperbaiki masalah kerusakan permalink pada WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang Anda butuhkan:

  • Akses ke dashboard admin WordPress
  • Akses ke control panel hosting

Cara Memperbaiki Kerusakan Permalink di WordPress

Pada tutorial ini, kami akan membahas 3 cara memperbaiki kerusakan permalink pada WordPress yang paling sering dialami. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mudah dan dengan langkah berikut ini.

Reset Struktur Permalink

Jika Anda menemukan kesalahan ketika mengakses URL tertentu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan reset pada strukturnya. Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara setting permalink wordpress di bawah ini dengan mudah.

1. Login ke Dashboard WordPress.

2. Silakan pilih menu Settings > Permalinks yang ada disebelah kiri.

permalink rusak

3. Ubah pengaturan standar ke pengaturan lainnya. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda menggunakan pengaturan Numeric, silakan ubah menjadi Post name. Jangan lupa menyimpannya dengan menekan tombol Save Changes.

permalink tidak bisa diakses

4. Sekarang silakan ubah kembali ke pengaturan standar. Dalam contoh ini kami menggunakan Numeric, kemudian klik tombol Save Changes. Jika Anda melakukannya dengan benar, akan terlihat pemberitahuan bahwa struktur permalink telah diperbarui.

cara mengatasi website tidak bisa diakses

5. Selanjutnya, silakan buka website Anda dengan cara mengakses kembali URL yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Jika error sudah tidak tampil lagi, ini artinya Anda sudah berhasil memperbaiki kesalahan yang ada. Akan tetapi, jika Anda tetap menemukan Error 404 atau Page Not Found, Anda dapat mencoba langkah selanjutnya di bawah ini.

Nonaktifkan Plugin

Konflik antar plugin juga dapat menyebabkan kerusakan struktur URL WordPress. Solusi yang dapat Anda coba adalah dengan cara menonaktifkan plugin satu per satu dan mencoba cara pada pilihan 1. Berikut ini adalah langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Silakan masuk ke menu Plugins.

instal plugin

2 Nonaktifkan salah satu plugin yang sudah terinstal di website Anda.

permalink

3. Reset permalink sesuai pada Pilihan 1.

4. Jangan lupa simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

5. Akses halaman yang sebelumnya error.

6. Lakukan langkah ini setiap kali plugin dinonaktifkan.

Untuk mempercepat proses, kami menyarankan Anda untuk memulainya dari plugin yang paling baru diinstal atau diperbarui. Apabila Anda telah menemukan plugin yang menjadi penyebab utamanya, silakan uninstall kemudian instal ulang kembali. Selain itu, Anda dapat mengubungi pembuat plugin maupun forum komunitas yang bersangkutan guna menemukan penyebab utamanya.

Ganti File .htaccess

Jika kedua cara di atas tidak berfungsi sama sekali, kemungkinan error tersebut disebabkan oleh konfigurasi pada file .htaccess. Cara paling cepat untuk mengeceknya adalah dengan menamai ulang file .htaccess dan menggantinya dengan file .htaccess default WordPress.

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index/php [L]
</IfModule>
#END WordPress

Berikut ini adalah langkah lengkap yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

1. Silakan akses file Anda, dapat melalui File Manager di cPanel maupun menggunakan FTP client seperti FileZilla.

2. Masuk ke folder utama website WordPress Anda.

3. Klik kanan pada file .htaccess dan pilih Rename. Jika Anda tidak dapat menemukan file .htaccess, silakan ikuti langkah berikut ini.

rename htaccess

4. Untuk menonaktifkan file tersebut, silakan ganti dengan nama yang berbeda, sebagai contoh .htaccess1.

merename htaccess

5. Setelah itu, silakan buat file baru dengan nama .htaccess.

membuat htaccess

6. Silakan edit file .htaccess baru yang Anda buat, kemudian salin script default file .htaccess WordPress. Jangan lupa simpan setelah melakukan perubahan.

mengedit htaccess

7. Setelah itu, silakan lakukan pengetesan dengan mengakses permalink/URL yang sebelumnya error atau tidak dapat diakses.

Jika error masih muncul dan tiga cara di atas sudah Anda coba, bisa jadi ini mengindikasikan permasalahan lain. Anda dapat mengingat-ingat kembali perubahan apa yang Anda lakukan sehingga error tersebut dapat muncul. Sebagai contoh, jika permalink WordPress Anda rusak setelah melakukan update pada bagian tertentu di website Anda, restore backup mungkin pilihan yang dapat Anda coba supaya website dapat diakses kembali.

10+ Plugin WordPress Terbaik & Gratis yang Wajib Anda Install

Kesimpulan

Permalink yang rusak atau Error 404 Page Not Found pada website WordPress tidak hanya cukup mengganggu, namun juga dapat berpengaruh pada berkurangnya pengunjung. Karena permasalahan seperti ini dapat terjadi kapan saja, adalah penting bagi Anda untuk mengetahui cara melakukan troubleshooting.

Kami harap ulasan yang kami berikan dapat membantu menyelesaikan permasalahan error pada permalink website Anda. Jika memiliki pertanyaan mengenai tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada formulir kontak di bagian bawah halaman ini.

Apabila Anda ingin mendapatkan update artikel baru dari kami, silakan klik Subscribe pada kolom yang tersedia. Kami akan mengirimkan langsung ke alamat email Anda 😊

1
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =