Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

6 min read

perbedaan http dan https

Permalink adalah link dari postingan blog atau halaman website tertentu. Link tersebut memudahkan pengunjung untuk mengakses halaman website kapan saja. 

Peran permalink bagi website sangatlah penting, sehingga harus digunakan dengan tepat. 

Sayangnya, tak jarang website WordPress Anda tidak bisa diakses, dengan pesan error 404. Hal itu terjadi karena rusaknya permalink WordPress. Kalau sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya? 

Tenang, artikel ini akan membahasnya secara lengkap. Namun, sebelum memperbaikinya dan mengatur permalink WordPress dengan benar, ketahui dulu apa itu permalink, fungsi permalink dan penyebab rusaknya permalink.

Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Permalink?

Permalink adalah singkatan dari permanent link. Permalink merupakan keseluruhan URL yang digunakan sebagai identitas suatu halaman website tertentu. 

Sesuai namanya, permalink bersifat tetap dan setiap halaman website memiliki permalink yang berbeda. Agar lebih jelas, perhatikan contoh permalink berikut ini:

contoh permalink

Permalink adalah URL lengkap yang merupakan gabungan dari nama domain (niagahoster.co.id) dan slug (cara-memperbaiki-permalink-wordpress). Slug sendiri adalah bagian dari permalink yang merujuk ke sebuah konten spesifik.

Permalink memiliki struktur yang beragam. Ada yang menggunakan tambahan tanggal, bulan, angka, nama postingan maupun custom structure. 

Di website WordPress, semua itu bisa ditemukan pada halaman Permalink Settings di Dashboard. Anda bisa mengatur permalink WordPress sesuai kebutuhan di halaman tersebut.

halaman permalink settings

Dengan permalink, pengunjung akan lebih mudah mengingat atau mengakses halaman website tertentu. 

Tak hanya itu, permalink yang baik juga akan memudahkan search engine mencari halaman konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan penggunanya. 

Oleh sebab itu, menggunakan permalink WordPress yang ramah SEO penting untuk meningkatkan peringkat konten website di mesin pencari.

Lalu, bagaimana cara membuat permalink yang bagus?

  • Singkat dan Jelas – Buatlah permalink yang singkat dan jelas agar lebih mudah diingat oleh pengunjung website. Disarankan untuk menggunakan maksimal 5 suku kata saja dan jumlah karakter maksimal sebanyak 59.
  • Deskriptif – Sebuah permalink harus bisa menggambarkan isi konten secara keseluruhan.
  • Masukkan Keyword – Menempatkan keyword pada permalink sangat disarankan untuk meningkatkan SEO.
  • Hanya gunakan kata penting – Jangan gunakan kata penghubung yang tidak memiliki arti khusus seperti dengan, dan, ke, yang, pada.
  • Hindari penggunaan angka tahun – Menggunakan angka tahun hanya akan membatasi kemungkinan konten Anda muncul di peringkat atas.

Setelah mengetahui apa itu permalink dan cara membuat permalink yang bagus, Anda juga harus tahu apa fungsi permalink. Yuk, simak artikelnya lebih lanjut!

Apa Fungsi Permalink?

Permalink memiliki peran penting untuk website, fungsi permalink adalah:

1. Memudahkan Akses Halaman Website

Fungsi permalink yang utama adalah memudahkan pengunjung untuk mengakses suatu halaman pada website. Dengan permalink, pengunjung bisa langsung mengakses halaman yang dituju tanpa harus membuka halaman utama website.

2. Membantu Proses Index Google

Google Indexing adalah proses menambahkan dan menyimpan halaman website ke database mereka. Dengan begitu, website bisa dimunculkan di halaman pencarian ketika ada pengguna membutuhkannya. Penggunaan permalink yang baik dapat memudahkan proses index Google ini. 

3. Meningkatkan Peringkat SERP

SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan Google berdasarkan keyword yang dicari pengguna. Makin tinggi peringkat website di SERP, makin besar kemungkinan website Anda dikunjungi.

Salah satu upaya untuk meningkatkan peringkat SERP adalah menempatkan keyword pada permalink. Jadi, konten website lebih mudah ditemukan jika keyword yang digunakan sesuai dengan isi konten Anda. Contohnya adalah sebagai berikut:

permalink yang baik meningkatkan peringkat website di SERP

4. Bisa Diakses Kapan Saja

Permalink bersifat permanen atau tidak berubah. Sehingga, website bisa diakses kapan saja dengan link yang sama.

Misalnya, kalau ada pengunjung yang ingin mengakses suatu halaman website secara berulang, mereka bisa mengakses permalink tersebut. Sehingga, lebih cepat menemukan halaman web yang diinginkan.

Ternyata,  fungsi permalink banyak juga, ya? 

Hanya saja, fungsi tersebut tidak bisa berjalan kalau permalink mengalami kerusakan atau error. Lalu, apa saja penyebab rusaknya permalink?

Apa Penyebab Kerusakan pada Permalink?

Beberapa penyebab kerusakan permalink adalah sebagai berikut:

1. Update yang Tidak Sempurna

Langkah update WordPress itu penting untuk memastikan keamanan dan performa website optimal. Sayangnya, kalau update tidak sempurna ataupun tidak kompatibel malah bisa menyebabkan permalink WordPress rusak.

Oleh karena itu, sebelum melakukan update plugin ataupun template, pastikan versinya kompatibel dengan WordPress Anda. Selain itu, pastikan juga koneksi cukup baik ketika proses update berjalan.

Agar lebih aman, jangan langsung melakukan update. Anda bisa memanfaatkan WordPress staging dulu. Dengan staging, Anda bisa meminimalisir terjadinya error di website utama karena proses perubahan menggunakan website duplikatnya.

2. Perubahan pada Script .htaccess

File .htaccess adalah file konfigurasi khusus yang digunakan pada Web Server Apache. File tersebut berisi script terkait hak akses dan aksesibilitas sebuah website.

Selain itu, file ini juga digunakan untuk  mengatur permalink WordPress. Kalau Anda menambahkan atau mengubah kode pada file .htaccess, bisa saja menjadi penyebab rusaknya permalink website.

3. Instalasi Plugin

Instalasi plugin baru juga dapat menjadi penyebab rusaknya URL postingan serta halaman website. Alasannya, bisa saja plugin tersebut mengubah script file .htaccess untuk menjalankan fungsinya. Sayangnya, hal itu mungkin terjadi tanpa sepengetahuan Anda sehingga fungsi permalink tidak berjalan baik.

4. Migrasi atau Restore Website

Melakukan migrasi website ke domain atau server baru bisa juga menjadi salah satu penyebab kerusakan permalink. Tentu, jika proses migrasinya memang tidak disiapkan dengan baik dari sisi pengaturan. Akibatnya, bisa saja permalinknya rusak.

Apapun penyebabnya, kerusakan permalink adalah hal yang sangat mengganggu dan harus segera diatasi. Sekarang, yuk simak bagaimana cara memperbaiki permalink pada WordPress!

Bagaimana Cara Memperbaiki Permalink di WordPress?

Kalau permalink WordPress rusak akan muncul error ketika website diakses. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mencoba lima cara berikut ini:

Cara setting WordPress untuk memperbaiki permalink WordPress yang pertama adalah dengan melakukan reset pada strukturnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silakan login ke halaman dashboard admin WordPress.

2. Masuklah ke menu Settings > Permalinks untuk mengatur permalink WordPress.

3. Ubah opsi Common Settings yang semula memakai pengaturan standar ke opsi lainnya. Misalnya, jika sebelumnya Anda menggunakan Numeric, maka ubah pengaturan permalink WordPress menjadi Post name. Lalu, klik Save Changes.

reset struktur permalink

4. Ubah kembali Common Settings ke pengaturan standar setelah itu. Misalnya, kembalikanlah Common Settings menjadi Numeric. Klik Save Changes dan Anda akan melihat pesan notifikasi struktur permalink berhasil diperbarui:

berhasil reset struktur permalink

5. Buka kembali URL website yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Kalau URL sudah bisa diakses, artinya Anda sudah berhasil memperbaiki permalink WordPress. Kalau error masih muncul, Anda bisa mencoba cara selanjutnya untuk mengatur permalink WordPress.

2. Nonaktifkan Plugin

Kerusakan permalink juga bisa disebabkan oleh kendala antar plugin. Solusinya, cobalah menonaktifkan plugin yang terinstall di WordPress satu persatu, caranya:

1. Masuk ke halaman admin WordPress dan akses menu Plugins > Installed Plugins.

2. Deactivate salah satu plugin yang sudah terinstall.

menonaktifkan plugin yang baru saja diinstal/update

3. Lakukan reset permalink seperti yang dilakukan pada cara pertama. 

4. Akses halaman yang sebelumnya menunjukkan pesan error ketika diakses.

5. Ulangi langkah deactivate plugin pada plugin selanjutnya jika pesan error masih tetap muncul.

Kami sarankan Anda menonaktifkan plugin mulai dari yang baru diinstal atau diupdate. Kalau Anda sudah menemukan plugin yang menjadi penyebab kerusakan permalink, uninstall plugin tersebut.

Kalau Anda ingin tetap memakai plugin tersebut, hubungi developer plugin untuk melaporkan masalahnya. Atau, bisa bertanya di forum komunitas untuk tahu kendala plugin yang menyebabkan rusaknya permalink WordPress.

3. Ganti File .htaccess

Jika kedua cara diatas belum berhasil mengatasi kerusakan permalink WordPress, kemungkinan error disebabkan adanya kesalahan setting WordPress pada file .htaccess.

Untuk mengecek dan memperbaikinya, Anda bisa mengembalikan file .htaccess ke konfigurasi defaultnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1.. Masuklah ke folder utama website WordPress. Anda bisa mengaksesnya menggunakan FTP client seperti FileZilla ataupun melalui menu File Manager di cPanel seperti yang kami lakukan pada tutorial ini.

2. Temukan file .htaccess, lalu klik kanan pada file dan pilih Rename.

rename file .htaccess

3. Untuk menonaktifkan file tersebut, silakan ganti file dengan nama yang berbeda. Di tutorial ini, kami mengganti nama file menjadi .htaccess1. Kemudian, klik Rename File.

mengganti nama file .htaccess lama

4. Buatlah file baru dengan nama .htaccess di direktori /public_html untuk menggantikan file .htaccess lama Anda.

membuat file .htaccess baru

5. Klik kanan pada file .htaccess yang baru saja Anda buat, lalu pilih Edit. Kemudian, salinlah script default file .htaccess di bawah ini ke file .htaccess baru tersebut.

# BEGIN WordPress

RewriteEngine On
RewriteRule .* - [E=HTTP_AUTHORIZATION:%{HTTP:Authorization}]
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress
script kode default file .htaccess

6. Jangan lupa, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan file .htaccess.

7. Cek permalink URL website yang sebelumnya error atau tidak dapat diakses.

4. Gunakan Plugin 301 Redirect

Cara selanjutnya untuk mengatasi permalink WordPress yang error adalah menggunakan plugin Simple 301 Redirects

Plugin tersebut bisa membantu untuk mengalihkan request ke halaman lain di website Anda. Sehingga, kalau ada yang mengakses URL lama di website Anda, halamannya akan dialihkan (redirect) ke URL baru.

Cara menggunakan plugin Simple 301 Redirects cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke menu Plugins > Add New, lalu install dan aktifkan plugin Simple 301 Redirects.

install plugin simple 301 redirects

2. Kalau sudah diaktivasi, akses plugin pada menu Settings > 301 Redirects.

3. Masukkan permalink lama di kolom Request dan masukkan permalink baru di kolom Destination. Kemudian, klik ADD NEW.

menggunakan plugin simple 301 redirects

Dengan menggunakan redirect 301, nantinya request yang masuk ke permalink lama akan dialihkan ke permalink baru (tujuan) yang telah Anda tambahkan.

5. Pengindeksan Ulang

Error permalink masih bisa terjadi kalau search engine menyimpan informasi link yang lama. Padahal, Anda sudah melakukan pembaruan struktur permalink.

Meskipun mesin pencari akan mengindeks website sesuai struktur permalink terbaru, ada baiknya Anda membantu prosesnya. Caranya, membuat Sitemap XML di WordPress untuk mengindeks ulang website Anda secara manual.

Itulah lima cara memperbaiki permalink WordPress. Jika error masih muncul, bisa jadi ada masalah lain. 
Coba ingat kembali perubahan apa yang Anda lakukan sebelum error muncul. Contohnya, kalau error muncul setelah melakukan update cobalah  restore backup WordPress agar website bisa diakses kembali.

Baca Juga: 30+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install

Kesimpulan

Permalink adalah link halaman website yang bersifat permanen sebagai gerbang untuk mengakses konten Anda. Sebagai bagian yang penting, pastikan mengatur permalink WordPress dengan tepat, ya.

Kalau permalink rusak, pengunjung tidak bisa mengakses website dan akan langsung pergi. Bahkan, hal itu akan berdampak pada SEO juga nantinya.

Oleh sebab itu, Anda harus segera memperbaikinya dengan lima cara di atas, yaitu:

  1. Reset Struktur Permalink
  2. Nonaktifkan Plugin
  3. Ganti File .htaccess
  4. Gunakan Plugin 301 Redirect
  5. Pengindeksan Ulang

Cara di atas sudah dari yang paling mudah, lho. Gunakan yang paling sesuai dengan kendala yang Anda hadapi, ya.. 

Kalau fungsi permalink berjalan baik, upaya SEO Anda akan lebih optimal. Tapi, strategi SEO bukan hanya tentang permalink saja, ada banyak hal lain yang harus dioptimasi juga.

Tapi, tenang.. Agar  website Anda bisa muncul di peringkat atas mesin pencari kami sudah siapkan Kiat Ampuh Optimasi SEO dalam bentuk Ebook! Anda bisa mendownloadnya gratis!

Ebook optimasi SEO

Demikianlah artikel kali ini, semoga error permalink di website Anda sudah bisa teratasi, ya 🙂

Kalau Anda ingin mendapatkan update artikel baru dari kami, silakan klik tombol Subscribe pada kolom yang tersedia. Kami akan mengirimkan update terbaru langsung ke alamat email Anda!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.