Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

Apa Itu Link? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Istilahnya!

4 min read

Apa Itu Link Berikut Pengertian, Fungsi, dan Istilahnya!

Jika Anda familiar dengan pengertian website, maka Anda akan sering mendengar istilah link, bukan? Istilah ini memang erat kaitannya dengan internet dan website. Biasanya link digunakan saat akan membagikan konten ke sosial media ataupun orang lain.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata link itu ada banyak jenisnya?  Jika Anda penasaran dengan arti link secara keseluruhan, simak artikel ini sampai akhir, ya! Kami akan membahas secara tuntas tentang apa itu link.

Link adalah alamat yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya di internet. Link memudahkan pengguna internet dalam mengakses berbagai informasi.  Karena Anda cukup klik link tersebut dan akan langsung diarahkan ke halaman website.

Tautan teks link sendiri umumnya bisa dibedakan dari teks biasa, warnanya biru dan memiliki garis bawah pada teks. Dengan link ini, siapa saja dapat mengakses berbagai informasi yang tersimpan di server dan menemukan website secara online. Anda bahkan dapat menyematkan link di dalam sebuah teks, gambar, dan elemen HTML lain.

Dalam konteks digital marketing, terutama SEO, link juga memiliki peranan penting. Link dapat meningkatkan otoritas dan kepercayaan pengguna internet terhadap website. Apalagi ketika link tersebut memuat kata kunci yang sesuai dengan isi kontennya dan berasal dari website terpercaya. 

Baca Juga: Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkannya

Berikut ini adalah beberapa fungsi link yang perlu Anda ketahui.

  • Membantu pengguna internet untuk berbagi informasi dan data. Baik yang bentuknya tautan halaman, gambar, file, dan lainnya.
  • Memudahkan pengguna internet dalam mengakses informasi dan menelusuri informasi yang tersimpan pada situs tersebut.
  • Melakukan bookmark data ketika pengguna internet ingin mengakses kembali informasi pada sebuah website.
  • Menjadi identitas website dan menggambarkan isi konten.
  • Menghubungkan berbagai dokumen HTML pada sebuah website.
  • Menemukan halaman web baru pada search engines.
  • Membantu menentukan seberapa baik peringkat peringkat halaman di search engines.

Jadi, link sendiri memiliki berbagai istilah dengan arti yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan tentang istilah-istilah link.

Shortlink adalah tautan website yang dibuat menjadi lebih pendek. Jadi, tautan yang sebelumnya panjang akan dipangkas tanpa mengubah informasi di dalamnya. Adapun fungsi shortlink adalah untuk mengurangi ukuran file HTML. Berbagai situs shortlink yang banyak digunakan, yaitu bit.ly, tinyurl, dan goo.gl.

Contoh link pendek di situs tinyurl:

contoh shortlink

Safelink adalah tautan dengan kombinasi huruf dan angka yang kompleks. Tujuan dari link ini adalah untuk mengamankan tautan dari akses yang tidak diizinkan oleh server. Jika link diidentifikasi tidak aman, pengguna akan dibawa ke halaman yang menampilkan pesan peringatan.

Contoh safelink:

contoh safelink

Broken link adalah tautan halaman website yang tidak bisa ditemukan atau diakses oleh pengguna. Kondisi ini terjadi karena berbagai alasan. Misal, pemilik website salah memasukkan link, elemen yang rusak pada halaman, atau perubahan struktur link yang menyebabkan 404 error.

Contoh link yang tidak bisa diakses:

contoh broken link

Spam link adalah tautan yang muncul berlebihan dan menyalahi aturan suatu platform. Biasanya spam link muncul di forum diskusi, komentar blog, dan situs online lainnya yang menampilkan komentar pengguna yang tidak berkaitan dengan konten. Tujuannya untuk mempromosikan website yang linknya tertera.

Contoh spam link:

contoh spam link

Backlink adalah tautan dari satu website ke website lainnya. Google dan mesin pencari lain menganggap backlink sebagai sinyal otoritas atau tingkat kepercayaan pada suatu website. Itu kenapa halaman website dengan jumlah backlink tinggi cenderung memiliki peringkat mesin pencari dan trafik organik yang tinggi.

Contoh backlink di artikel Niagahoster:

contoh backlink

Baca Juga: 7+ Tools Backlink Checker Gratis Terbaik 2022

Link building adalah salah satu strategi SEO yang bertujuan untuk mendapatkan link dari website-website berkualitas ke website Anda sendiri. Fungsinya untuk memperkuat otoritas halaman website di mesin pencari. 

Semakin banyak tautan yang diterima dari website berkualitas, semakin Google menganggap situs Anda terpercaya. Hasilnya, peluang website Anda masuk ke halaman #1 Google semakin besar.

Contoh link building pada guest blog:

contoh link building

Internal link adalah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Tautan ini digunakan untuk memudahkan pengunjung menemukan konten lain pada website. 

Secara tidak langsung, penggunaan internal link ini dapat membantu meningkatkan peringkat halaman website di hasil pencarian. Sebab, internal link memudahkan bot melakukan crawling dan memahami konteks antar halaman website.

Contoh internal link di artikel Niagahoster:

contoh internal link

External link adalah referensi tautan ke halaman lain di luar website Anda sendiri. Istilah link yang satu ini digunakan untuk merujuk ke informasi lebih lanjut tentang suatu topik dan bisa dianggap sebagai rekomendasi pemilik website.

Contoh external link di artikel Niagahoster:

Selain link, URL adalah istilah lain yang sering didengar oleh pengguna internet. Tak jarang orang mengira bahwa link adalah sama dengan URL. Padahal sebenarnya link dan URL itu berbeda, lho. 

Lalu, apa saja perbedaan link dengan URL? Simak tabel berikut ini, ya.

Indikator PerbandinganLinkURL
KepanjanganHyperlinkUniform Resource Locator
DefinisiLink membantu pengguna mengakses website secara online.Alamat khusus yang digunakan untuk menandai resource halaman di internet. Misal, halaman HTML, dokumen CSS, gambar, dsb.
Protokol Link tidak mengikuti protokol apapun.URL mengikuti protokol, seperti HTTP dan HTTPS. 
Sintaksis Link tidak memiliki sintaksis yang pasti.Sintaksis URL berisi protokol, titik dua, domain, dan nomor port.
Karakter Karakter apapun bisa digunakan untuk link.Ada aturan khusus untuk penggunaan karakter tertentu dalam URL.
Fungsi Membantu meningkatkan pengunjung dengan visibilitasnya di hasil pencarian.Membuat tautan lebih mudah dikelola.

Dari tabel di atas, bisa dipahami bahwa arti link adalah objek HTML yang memungkinkan pengguna internet untuk pindah dari satu halaman website ke halaman lain. Sedangkan URL atau Uniform Resource Locator adalah alamat yang membawa Anda ke sebuah website dan bahkan bagian spesifik website yang ingin dituju.

Link menjadi bagian penting dalam SEO karena berpengaruh langsung ke ranking website di hasil pencarian dan seberapa banyak traffic organik yang website terima. 

Semakin banyak backlink atau external link yang sebuah website terima dari website terpercaya lainnya, semakin besar peluang Google menempatkan website pada halaman #1. Dari situlah website akan mendapatkan lebih banyak traffic organik. Apalagi, jika website tersebut mendapatkan ranking teratas. 

Di sisi lain, internal link juga ada pengaruhnya ke SEO. Dengan menaruh internal link yang relevan di halaman website, bot Google akan lebih mudah melakukan crawling di halaman-halaman website lainnya. Ditambah, cara ini memudahkan bot memahami hubungan antara konten di website.

Pada intinya, keberadaan link berpengaruh terhadap kualitas SEO sebuah konten website. Oleh karena itulah, banyak pemilik website yang melakukan optimasi SEO dengan melakukan link building. Termasuk internal link dan external link.

Baca Juga: 15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website

Itu dia penjelasan tentang arti link, fungsi link, hingga perannya dalam SEO. Jadi, bisa Anda pahami bahwa link adalah tautan yang berfungsi menghubungkan user  ke informasi yang ada di internet. Selain itu, link juga mendukung penyebaran informasi di internet dengan lebih cepat.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam tentang link dan cara optimasi SEO website, bisa banget nih download ebook tentang 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO di Niagahoster secara gratis. Penasaran dengan topiknya? Yuk, klik link ebooknya di sini!

ebook optimasi seo

Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]