Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkannya

3 min read

cek DA PA

Melakukan cek DA PA blog atau website secara rutin itu perlu. DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan indikator yang berfungsi untuk memudahkan pengguna meninjau performa website secara keseluruhan.

Harapannya setelah Anda cek DA PA dan tahu skornya, Anda bisa punya peluang untuk meningkatkan ranking website.

Tetapi, bagaimana cara meningkatkan skor DA dan PA? Apakah keduanya benar-benar memiliki pengaruh untuk menaikkan ranking di mesin pencari? 

Nah, artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Kami akan membahas beberapa hal dari: pengertian DA dan PA, cara cek DA PA dan berbagai faktor penentu skor DA PA blog atau website. Yuk, langsung simak! 

Apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)?

Domain Authority (DA) merupakan angka atau skor yang dikembangkan oleh Moz — salah satu tools SEO populer — untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencari. Skala ini terhitung dari angka dari 1 hingga 100. 

Semakin tinggi skor DA suatu website, semakin tinggi pula kesempatan website tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

Namun, bukan berarti DA jadi satu-satunya faktor penentu ranking website di Google. Skor DA itu cuma prediksi dan bukan metrik yang resmi digunakan Google untuk menentukan ranking website (penjelasan detail soal ini, Anda bisa lihat di bagian faktor penentu skor DA).

Di samping Domain Authority, Anda juga harus peduli dengan yang namanya skor Page Authority (PA). Page Authority adalah skor yang juga dikembangkan oleh Moz untuk menunjukkan peluang ranking halaman website di mesin pencari. 

Skala dari skor PA juga berlaku antara 1 hingga 100, sama dengan skor pada DA. Semakin tinggi angka skor, semakin tinggi pula peluang halaman website bisa berada di peringkat tinggi mesin pencari.

Dengan tau skor PA, Anda pun bisa mengevaluasi bagian konten mana saja yang perlu ditingkatkan kualitasnya agar bisa mengungguli milik kompetitor. 

Bagaimana Cara Cek DA PA Blog dan Website?

Anda bisa cek DA PA website dengan beberapa tools DA PA checker berikut:

1. Cek DA PA dengan Website SEO Checker

Dengan tool ini, Anda bisa cek DA PA secara gratis. Berikut cara check DA PA di Website SEO Checker:

1. Masuk ke halaman Website SEO Checker.

2. Ketikkan alamat website Anda di kolom “Domain Authority Checker – DA checker”

website seo checker untuk mengecek da pa

3. Centang kotak “Saya bukan robot”.

4. Tunggu sebentar sampai Website SEO Checker menampilkan DA PA website Anda.

hasil website seo checker

2. Cek DA PA dengan MOZ

MOZ memungkinkan Anda cek DA PA website secara gratis. Walaupun penggunaan per bulan dibatasi, DA PA checker ini tetap membantu untuk mengetahui skor authority Anda dengan mudah. Berikut caranya:

1. Untuk bisa cek DA PA, Anda perlu mengunjungi link tools Moz di https://analytics.moz.com/

2. Masukkan alamat website atau blog pada kolom analisis. Di contoh ini kami memasukkan alamat Niagahoster. Lalu, klik Analyze.

cek DA PA

3. Setelah itu, Anda akan ditampilkan kolom overview yang berisi skor DA, Linking Domains, Inbound Links dan Ranking Keywords. 

4. Jika ingin melihat skor PA, klik Compare Link Profiles di menu sidebar kiri.

Cara cek DA PA

5. Lalu, klik Exact Page untuk cek DA PA sekaligus.

Cara Cek DA PA Blog

3. Cek DA PA dengan Ahrefs

Agak berbeda dengan MOZ, Ahrefs tidak menggunakan istilah DA dan PA. Melainkan, DR alias domain rating. Domain rating menunjukkan kekuatan backlink sebuah website..

Ini dia cara mengecek website authority secara gratis melalui Ahrefs:

1. Buka Website Authority Checker Ahrefs.

2. Pada kolom analisis, masukkan alamat website Anda. Jangan lupa, tekan Check Authority.  

cek da pa dengan Ahrefs

3. Centang kotak “I’m not a robot”.

4. Sekarang, Anda bisa melihat berapa skor domain rating website.

hasil da pa checker ahrefs

4. Cek DA PA dengan Majestic

Dibandingkan MOZ dan Ahrefs, versi gratis Majestic tidak secara gamblang menunjukkan skor DA dan PA. Tapi, Anda bisa melihat backlink history, backlink breakdown, duplicate backlink, dan metrik lainnya dari sebuah website.

Sekarang, mari kita lihat dulu cara cek DA PA lewat Majestic:

1. Buka halaman website Majestic.

2. Masukkan alamat website ke dalam kotak analisis.

check da pa dengan Majestic

3. Tunggu sampai Majestic menampilkan hasil analisis website.

4. Scroll hingga ke bawah sampai Anda menemukan seluruh metrik terkait backlink.

hasil domain rating website

5. Cek DA PA dengan SEMRush

Cara cek DA PA selanjutnya, menggunakan SEMRush. DA PA checker ini memakai istilah Authority Score untuk menunjukkan kualitas domain dan halaman website-nya.

Ini cara cek DA PA dengan SEMRush:

1. Masuk ke halaman Domain Overview SEMRush.

2. Ketikkan alamat website ke dalam kotak analisis.

da pa checker SEMRush

3. Tunggu sebentar sampai SEMRush menampilkan skor authority website.

hasil domain overview

Faktor Penentu Skor Domain Authority

Perlu diketahui bahwa terdapat sekitar 40 lebih faktor untuk Moz menentukan skor DA pada suatu website. Sedangkan Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menentukan ranking website.

Selain itu, definisi dari setiap skor juga sangat relatif. Tidak ada penjelasan akurat yang mengatakan skor 30, 50, 70 dan seterusnya, adalah skor yang baik atau buruk.

Meskipun terdapat 40 lebih faktor penentu skor Domain Authority, tapi ada beberapa faktor di antaranya yang paling berpengaruh, yaitu: 

  • Backlinks yang berkualitas – satu backlink dari website populer jauh lebih unggul ketimbang dua backlink dari website berkualitas rendah. Jadi, pastikan Anda tidak hanya memperhitungkan dari segi kuantitas / jumlah backlink. Tapi juga kualitasnya. Tips mendapatkan backlinks berkualitas bisa Anda simak di laman ini.
  • Jumlah referring domain yang tinggi – mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda akan lebih menunjang skor DA — daripada memperoleh banyak jumlah backlink dari website yang sama.
  • Kualitas konten – konten merupakan faktor utama dari SERP. Jadi, tidaklah heran mengapa kualitas konten pada website juga mempengaruhi skor pada DA.
  • Social signals – Domain Authority menilai popularitas website melalui social signals atau engagements seperti jumlah share, like dan comment. 
  • Search Engine Friendliness – Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur keseluruhan website. Faktor ini penting dalam pemberian skor DA. Ia akan menilai apakah penggunaan website bersifat user friendly atau tidak.

Nah, setelah Anda tahu beberapa faktor DA yang paling berpengaruh, mungkin pertanyaan Anda selanjutnya adalah: Apakah Domain Authority tetap penting bagi website?

Penting. Sebab, Domain Authority diciptakan sebagai metrik pembanding antara kualitas website Anda dengan website kompetitor. Artinya, jika skor DA Anda lebih rendah, gunakan hasilnya untuk bahan evaluasi agar kualitas website Anda bisa lebih ditingkatkan. 

Lakukan analisis dari berbagai sisi. Misalnya dari segi inbound links, backlinks, kecepatan website, CTR (Click Through Rate), popularitas domain, dan sebagainya. Dengan kualitas website yang semakin meningkat, peluang untuk menduduki peringkat teratas di mesin pencari pun akan semakin besar.

Baca Juga: Apa Itu Domain Rating? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Penutup

Sangat disarankan untuk Anda rutin cek DA PA website atau blog secara teratur. Supaya Anda bisa tahu perkembangan website Anda dibandingkan para pesaing. 

Namun, jangan juga terlalu terobsesi dengan skor keduanya. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, DA PA hanyalah sebuah angka untuk membantu Anda membandingkan kualitas satu website dengan lainnya. 

Dari situ, Anda bisa lihat bagian mana yang harus Anda tingkatkan agar kualitas website bisa lebih baik. Entah sisi SEO on-page, off-page, technical, atau lainnya.

Nah, bila Anda ingin belajar lebih lengkap bagaimana cara mendapatkan ranking di peringkat satu, silahkan ikuti panduan lengkapnya melalui ebook kami di bawah ini.

Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *