Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

9 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

8 min read

seo tools gratis untuk riset keywords

“SEO itu gampang! Cukup masukkan kata kunci di konten. Nanti Google akan mengindeks kontenmu. Tinggal tunggu waktu sampai kontenmu menempati ranking tertentu. Pokoknya beres lah!”

tidak semudah itu ferguso

Saya sepakat kalau belajar SEO sebetulnya sangat mudah. Pada prinsipnya, Anda hanya perlu menembak kata kunci pencarian yang tepat untuk bisa menempati posisi teratas di Google.

 Belajar SEO: Panduan untuk Pemula (On Page dan Off Page)

Hanya saja, bukan berarti praktik SEO itu sendiri mudah. Ada begitu banyak riset dan analisis yang dilakukan. Apalagi terkait dengan kata kunci. Ibarat rumah, kata kunci adalah pondasi. Kalau kata kunci saja salah, besar kemungkinan rumah doyong dan ambruk.

Jadi jangan heran kalau banyak perusahaan berinvestasi mahal pada SEO tools. Ambil contoh saja Ahrefs. Platform analisis SEO dan web ini mematok harga yang cukup tinggi. Untuk fitur termurah saja, Anda perlu merogoh $99 atau sekitar Rp1,5 juta per bulan. Untuk fitur termahal, tinggal kalikan sepuluh atau hampir Rp15 juta sebulan.

Untungnya, Anda belum perlu mengeluarkan uang sebanyak itu. Sebab, ada banyak SEO tools gratis yang tersedia di internet. Lewat SEO tools gratis ini, Anda juga punya kesempatan untuk bersaing dan merajai hasil pencarian Google.

9 SEO Tools Gratis yang Wajib Anda Coba

Kabar bahagia bagi sobat misqueen hemat, di bawah ini Anda bisa temukan ulasan SEO tools yang bisa dipakai secara gratis. Anda bisa pilih satu atau gunakan beberapa di antaranya sekaligus.

1. Google Keyword Planner

google keyword planner seo tools

Google Keyword Planner merupakan bagian dari platform iklan milik Google. Layanan ini sebetulnya digunakan untuk mencari dan menganalisis kata kunci yang tepat untuk iklan. Namun, pada praktiknya, Keyword Planner juga bisa dipakai sebagai SEO tool. 

Ada dua alasan mengapa platform ini menjadi keyword tool gratis favorit banyak orang. Pertama, karena ia dimiliki oleh Google. Sebagai platform Google, Keyword Planner memiliki akses data keyword pencarian yang lengkap. Poin ini saja sudah menambah nilai akurasi dari riset keyword.

Kedua, Google Keyword Planner didesain khusus untuk bisnis. Dengan peruntukkan yang spesifik, Anda bisa mendapatkan insight yang mendukung conversion rate untuk naik. Insight semacam ini akan sangat berharga jika Anda mau menerapkan strategi content marketing untuk bisnis.

Lalu, apa tepatnya yang bisa Anda dapat dari Google Keyword Planner? Setidaknya Anda bisa mengakses empat hal ini:

  • Ide kata kunci dari gabungan kata, URL website, ataupun kategori produk;
  • Jumlah volume kata kunci dan tren kata kunci di mesin pencarian;
  • Daftar ide kata kunci dari kombinasi beberapa kata kunci;
  • Perkiraan performa kata kunci, jumlah klik, dan biaya beriklan di Google Ads.

Cukup lengkap, bukan? Kesemua data di atas bisa Anda dapat tanpa membayar uang sepeser pun. Kini, giliran Anda yang mencoba-coba meriset kata kunci sesuai dengan bidang industri, bahasa, dan lokasi bisnis.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat. Data yang ditampilkan Google Keyword Planner hanya mencakup pada paid search. Ketika dipakai memprediksi tingkat persaingan keyword, data yang tampil hanya memuat persaingan antara pengguna Keyword Planner itu sendiri.

Dengan kata lain, Google Keyword Planner takkan benar-benar bisa menunjukkan tingkat persaingan kata kunci. Maka dari itu, ada baiknya Anda tak menjadikan Keyword Planner sebagai satu-satunya SEO tool.

2. Google Search Console

google search console seo tools

Keyword tool gratis satu ini masih dari Google. Dengan menggunakan Google Search Console, Anda bisa memantau web, menjaga performanya, dan mengatasi masalah website yang berhubungan dengan hasil pencarian Google.

Secara lebih rinci, ada beberapa layanan yang bisa diakses dengan platform ini. Berikut di antaranya:

  • Memonitor proses crawling bot Google pada website;
  • Memperbaiki masalah indeksasi dan menjadi media untuk meminta permohonan indeksasi ulang web;
  • Melihat trafik pencarian kata kunci di Google. Termasuk di dalamnya melihat kata kunci efektif pada website;
  • Menerima peringatan ketika terdapat aktivitas kurang wajar pada website;
  • Menunjukkan website mana saja yang memuat link menuju web Anda (backlink);
  • Memperlihatkan masalah AMP, versi website pada ponsel, dan fitur pencarian lainnya.

Dari daftar di atas, Anda bisa tebak: riset keywords hanyalah bagian kecil dari kegunaan Google Search Console. Meski begitu, bukan berarti fitur pencarian kata kunci ini tidak berarti. Justru, bagian ini sangat-sangat unik. 

Melalui Google Search Console, Anda bisa tahu bagaimana performa kata kunci yang Anda gunakan di web. Data ini merupakan bekal penting bagi Anda untuk melakukan optimasi SEO on-page

Lalu bagaimana caranya riset keywords?

Mudah saja. Kalau Anda sudah menambahkan website ke Google Search Console, Anda tinggal buka platform yang dimaksud. Lalu, klik menu Performance di sebelah kiri halaman.

Nantinya, Anda akan diperlihatkan grafik performa website di hasil pencarian Google. Lebih lengkapnya, grafik ini memuat angka jumlah klik ke website, impresi, CTR, dan rata-rata ranking di hasil pencarian. 

Ketika Anda scroll ke bawah, klik tab Queries dan perhatikan kata kunci apa saja yang muncul. Kata kunci tersebut yang perlu dijadikan amunisi untuk optimasi konten. Silakan update konten yang dibuat dengan memasukkan kata kunci ke elemen-elemen strategis seperti headings, nama file gambar, alt text, dan konten itu sendiri.

3. Ubersuggest

ubersuggest seo tools

Ubersuggest masuk dalam jajaran SEO tools gratis terbaik yang tak boleh Anda lewatkan. 

Untuk ukuran keyword tool gratis, Ubersuggest menawarkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari overview performa domain, laporan efektivitas SEO per halaman, rekomendasi keywords, ide-ide konten, dan data backlink. 

Di samping semua fitur yang ditawarkan, Ubersuggest juga memiliki user interface yang sangat ramah dan intuitif. Takkan butuh waktu lama supaya Anda paham cara kerja platform ini. Maka, Anda tak usah terintimidasi dengan tombol menu yang cukup banyak.

Supaya bisa menjawab tujuan artikel di awal, bagian ini akan membahas fitur-fitur Ubersuggest yang berkaitan dengan riset keywords. Setidaknya ada tiga fitur yang bisa Anda manfaatkan. Ketiganya yaitu, keyword ideas, content ideas, dan keywords.

Keyword ideas

Persis seperti judulnya, di sinilah Anda bisa mendapat ide keywords strategis untuk web. Caranya sangat mudah. Anda tinggal masukkan kata kunci yang disasar ke kolom yang disediakan. Lalu, jangan lupa untuk ubah settingan ke bahasa target yang diinginkan. 

Seketika Ubersuggest akan memberikan daftar rekomendasi kata kunci. Setiap rekomendasi keywords yang diberikan dilengkapi dengan data berupa volume, biaya cost per click (CPC) untuk iklan, kompetisi kata kunci di kategori paid search, serta kompetisi kata kunci secara SEO.

Jika Anda klik satu rekomendasi keywords yang diberikan, Ubersuggest akan langsung menampilkan daftar keyword overview. Daftar tersebut memuat seratus besar website yang memuat keyword yang dimaksud. Tak cuma itu saja, daftar juga dilengkapi dengan jumlah estimasi pengunjung web per bulan, backlink, domain score, dan jumlah share di sosmed.

Kesemua data yang ditampilkan masih bisa dikustomisasi lagi. Anda bisa melihat data dari kata kunci yang persis dimasukkan di tab Suggestions. Lalu, bisa juga melihat kata kunci rekomendasi (tak selalu persis dengan keywords yang Anda masukkan) di tab Related. Untuk opsi terakhir biasanya memuat rekomendasi keywords populer dan tingkat persaingan tinggi.

Content ideas

Cara kerja content ideas masih sangat mirip keyword ideas. Anda masukkan kata kunci yang dicari, lalu Ubersuggest mencarikan semua konten yang memuat kata kunci di judul dan komponen URL (slug).

Di samping semua daftar konten, ada data soal estimasi jumlah pengunjung, backlink, dan social shares di Pinterest dan Facebook yang bisa diintip. Setiap konten yang ada di daftar juga bisa Anda buka. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan konten macam apa yang dibuat oleh kompetitor.

Sampai sini, Anda tinggal membuat konten yang lebih bagus dari milik kompetitor. 

Keywords

Melalui opsi keywords, Anda bisa mencari tahu kata kunci apa yang dipakai website kompetitor. Setiap kata kunci yang dipakai kompetitor akan disertai data soal volume, ranking di mesin pencari, estimasi kunjungan, dan angka SEO difficulty.

Anda juga akan disodori keyword overview untuk tiap kata kunci. Ubersuggest akan memuat website papan atas yang menggunakan kata kunci serupa. Kemudian Anda bisa membandingkan bagaimana efektivitas dan performa kata kunci ketika dipakai web lainnya.

4. Keywordtool.io

keyword tool gratis seo

Kalau Anda mengincar long tail keyword untuk SEO, Keywordtool.io merupakan pilihan yang sangat tepat. 

Platform ini bisa jadi menyediakan cara untuk mencari rekomendasi keyword yang cukup panjang. Sudah jadi rahasia umum kalau untuk menaikkan trafik dari SEO, Anda perlu menargetkan long tail keyword. Kata kunci macam ini punya tingkat persaingan yang lebih rendah dan memungkinkan Anda mendapatkan ranking tinggi di mesin pencarian.

Baiknya lagi, Keyword Tool tak hanya menyediakan platform pencarian kata kunci untuk di Google saja. Ia bahkan memiliki opsi riset kata kunci untuk tujuh medium lainnya. Mulai dari YouTube, Blog, Amazon, eBay, PlayStore, Instagram dan Twitter. 

Selain pilihan medium yang terbilang lengkap, keyword tool gratis ini juga menyediakan opsi lokasi dan bahasa. Pilihan bahasa untuk sebuah negara pun tidak hanya sebatas satu saja. Ambil contoh Indonesia di mana opsi bahasanya juga mencakup bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan bahasa Bali.

Segala opsi dan fitur di atas bukan sekedar gimmick saja. Kesemua opsi dan fitur di atas juga dibarengi dengan hasil pencarian keyword yang mumpuni. Untuk setiap satu entry kata kunci, Keyword Tool akan merekomendasikan 750+ long tail keyword. 

Dibandingkan SEO tools gratis lainnya, Keyword Tool juga bisa diandalkan. Ini karena 99,99% layanannya selalu bisa digunakan. Tak heran juga, karena platform satu ini memang begitu ringan dan cepat untuk digunakan.

Sayangnya, untuk melihat data secara lengkap, Anda tetap perlu berlangganan Keyword Tool Pro. Akan tetapi, kalau kebutuhan Anda masih dirasa sederhana, fitur gratis yang ditawarkan saja sudah lebih dari cukup.

5. WordStream

wordstream keyword tool gratis

WordStream membantu marketer di seluruh dunia untuk menjalankan online marketing. Ia menyediakan software-software khusus untuk marketer di berbagai medium. Termasuk di dalamnya, yaitu software untuk bisnis skala kecil dan menengah, agensi, dan ecommerce.

Software khusus untuk bisnis UKM misalnya, memiliki beberapa fitur seperti memantau progres pembuatan campaign iklan, optimisasi, dan laporan performa iklan. Beda lagi dengan software yang diperuntukkan bagi agensi. Di mana optimasi campaign iklan dan manajemen budget untuk tiap campaign.

Terlepas dari semua layanan canggih itu, WordStream juga menyediakan layanan gratis untuk Anda. Setidaknya ada enam jenis layanan gratis yang bisa dipakai untuk marketer online seperti Anda:

  • Google Ads Performance Grader;
  • Facebook Ads Performance Grader;
  • AdWords Landing Page Grader;
  • Free Keyword Tool;
  • Facebook Opportunity Calculator;
  • Smart Ads Creator.

Di sini kami akan bahas Free Keyword Tool yang ditawarkan WordStream. Secara umum, prinsip kerja fitur ini sama dengan SEO tool lainnya. Anda hanya wajib masukkan kata kunci atau URL di kolom tersedia. Bisa juga menambahkan industri dan cakupan negara yang dituju (opsional) di kolom sebelah kanan. 

Tidak butuh waktu lama, WordStream akan menampilan daftar rekomendasi kata kunci beserta search volume-nya. Namun sayangnya, data berisi tingkat kompetisi keywords, harga iklan cost per click (CPC), dan opportunity score hanya diperlihatkan ketika Anda membuka akun free trial.

6. Wordtracker

wordtracker seo tools gratis

Wordtracker merupakan SEO tools yang merangkap sebagai market research tool. Pada satu halaman yang sama, Anda bisa mendapatkan kata kunci untuk SEO sekaligus kata kunci iklan berbasis pay per click atau PPC.

Kalau Anda menganggap fitur di atas belum cukup menarik, Anda pasti akan terkejut ketika menjajal langsung Wordtracker. Bukan saja desain tampilan dan user interface yang bersih dan mudah dipahami, opsi tampilan datanya juga amat beragam. Malahan, Wordtracker ini bisa disandingkan ━ justru melebihi ━ Keyword Planner milik Google.

Kalau boleh disebutkan, berikut adalah fitur Wordtracker yang tak dimiliki oleh Google Keyword Planner:

  • Akses kata kunci asli (tidak digrup atau disederhanakan oleh Google);
  • Metrik kompetisi SEO;
  • Perbandingan hasil pencarian (SERP);
  • Live chat customer service;
  • Pencarian kata kunci sekunder / related keywords;
  • Opsi pencarian kata kunci untuk Google, Amazon, YouTube, dan Ebay;
  • Pencarian kata kunci berkonotasi negatif.

Seolah belum cukup, Wordtracker memberikan 10.000 rekomendasi kata kunci untuk tiap entri yang dimasukkan. Anda juga bisa mengatur secara manual kata apa yang ingin dimasukkan atau tidak dimasukkan dalam riset keyword. 

Satu lagi, terdapat kolom khusus di mana Anda bisa menyimpan kata kunci yang sudah diriset. Luar biasa, bukan?

7. KWFinder

kwfinder seo tools gratis terbaik

Bagi KWFinder, SEO bukanlah rocket science. Kami pun sepakat soal itu. Anda tak perlu menjadi seorang ahli untuk tahu bagaimana SEO bekerja. Begitu pula dengan bagaimana sebuah website bisa menempati posisi atas mesin pencarian.

Masih menurut KWFinder, untuk menempati rank bagus di mesin pencari, Anda hanya perlu menembak kata kunci yang pas. Tepatnya kata kunci yang persaingannya rendah sekaligus volume pencariannya tinggi. Berbekal prinsip ini saja, kami yakin seorang pemula dalam dunia SEO bisa langsung paham apa yang perlu dilaukan dalam riset keywords.

Bicara tentang pemula, nampaknya KWFinder ini memang ditujukan untuk segmen pasar tersebut. Sebab, dibandingkan keyword tool gratis lainnya, KWFinder memiliki display halaman yang benar-benar luwes dan menggemaskan. Kesan kaku sama sekali luput dalam pandangan.

Karena desain tampilan pula, semua data yang terlampir di halaman terasa lebih ramah dan mudah dimengerti. Kalau Anda punya “fobia” pada angka, percayalah KWFinder justru akan memperbaiki hubungan Anda dengan angka.

Kalau soal fitur dan cara kerja, KWFinder sebenarnya sangat mirip dengan SEO tool lain. Anda hanya perlu masukkan kata kunci target atau domain, lokasi target, dan bahasa. Secara otomatis, KWFinder akan memproses kata kunci tersebut. Hasilnya, Anda akan dibawa ke halaman dengan dua pembagian kolom utama.

Di kolom sebelah kiri, terdapat daftar rekomendasi keywords. Untuk setiap rekomendasi, Anda bisa mengintip tren pemakaian keyword dalam 12 bulan terakhir, volume pencarian, rate CPC dan PPC, serta tingkat kesulitan keyword secara SEO. Di kolom ini juga, Anda bisa menentukan satu di antara tiga jenis keyword: related keywords, autocomplete, dan questions

Baru di sebelah kanan, Anda bisa melihat performa SERP kata kunci yang dimaksud. Website yang menempati ranking teratas akan dianalsis angka domain authority, page authority, citation flow, trust flows, backlink, social shares di Facebook, link profile strength, dan estimasi pengunjung per bulan.

8. Google

google keyword tool gratis

Google. Ya, Anda tak salah baca. Mesin pencari Google juga bisa dijadikan keyword tool gratis terbaik. Tak perlu membayar, tidak perlu membuat akun, tidak perlu repot tahu data ini dan itu. Asal…. 

Anda menggunakannya dalam mode incognito atau guest window. Hanya lewat kedua mode itu, Google mampu membantu Anda mencari long tail keyword secara akurat. Kalau Anda memakai mode biasa, kata kunci yang ditampilkan akan dipengaruhi oleh riwayat pencarian. Dengan kata lain, kata kunci yang dihasilkan takkan seakurat yang diharapkan.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Anda cukup masukkan kata kunci yang disasar dan tunggu Google merekomendasikan kata kunci turunan. Persis seperti yang tampak pada gambar di atas. 

Bisa juga Anda memasukkan kata kunci dan melihat hasil pencarian. Lalu, scroll ke bawah untuk mencari rekomendasi kata kunci pencarian lainnya.

Begitu praktis dan mudah, bukan?

9. LSI Keywords

lsi keyword tool gratis

Keywords tak melulu soal kata kunci utama atau kata kunci sekunder. Google juga mempertimbangkan kata-kata yang berhubungan dengan topik yang ditulis. Lewat cara inilah, Google tahu bahwa konten yang Anda buat relevan untuk user.

Meski kesannya bisa dikira-kira dan sekilas seperti sinonim, menentukan kata-kata yang dimaksud juga perlu data. Itu mengapa Anda memerlukan SEO tool dalam bentuk LSI Keywords. 

Platform ini membolehkan Anda mencari LSI keywords berdasarkan kata kunci utama dan topik yang berkaitan dengan konten. Untuk membuat rekomendasinya lebih akurat, Anda bisa memasukkan sampai dengan 10 kata kunci yang diinginkan sekaligus. 

Baru setelah itu, Anda akan mendapatkan serentetan rekomendasi keywords. Lengkap dengan jumlah pencarian per bulan, rate CPC, dan tingkat kompetisi SEO. Berbeda dengan konsep kata kunci utama yang dipakai untuk tujuan ranking, rekomendasi LSI Keywords digunakan untuk memperkuat keterkaitan antara konten yang Anda buat dengan search intent lebih luwes.

Manakah Keyword Tool Gratis Terbaik Versi Anda?

Di atas, kami sudah ulas SEO tools gratis apa saja yang bisa dijadikan alternatif riset keywords. Seperti biasanya, setiap tools memiliki fitur unggulan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, untuk menjawab kebutuhan Anda berikut kami rangkum kesemua info penting soal keyword tool gratis.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah menermukan SEO tool terbaik versi Anda? 
Kalau sudah, jangan lupa untuk lanjutkan ke langkah selanjutnya: teknis optimasi SEO untuk tingkatkan trafik.

3
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − fifteen =