Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Apa Itu SERP? Kenapa Penting Bagi SEO?

6 min read

Featured Image Apa Itu SERP Kenapa Penting Bagi SEO

Saat belajar SEO untuk dapat meningkatkan trafik website, Anda tentu akan menjumpai istilah SERP. Lalu, pertanyaan pun muncul: “Apa itu SERP? Dan, kenapa sih SERP begitu penting dalam pembahasan SEO?”

Penasaran, kan? Nah, semua pertanyaan Anda tersebut akan terjawab di artikel ini kok. Jadi, tak perlu khawatir. Yuk, mulai saja pembahasannya sampai selesai! 

Apa Itu SERP?

SERP (Search Engine Results Pages) adalah halaman yang ditampilkan Google dan mesin pencari lainnya untuk menunjukkan hasil dari pencarian pengguna. 

SERP terdiri dari hasil pencarian organik dan berbayar, seperti ini:

contoh tampilan SERP

Uniknya, walaupun menggunakan kata kunci yang sama, tampilan SERP bisa berbeda-beda antar pengguna. 

Kenapa bisa demikian ya?

Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan berbagai faktor yang relevan dengan pengguna saat ini. Sebagai contoh, tempat tinggal pengguna, riwayat pencarian, media sosial yang digunakan, dan pengaturan lainnya. 

Jadi, pengguna yang berada di Indonesia dan Amerika bisa saja mendapatkan SERP yang berbeda saat menggunakan kata kunci yang sama. 

Lalu, kenapa SERP sering disebut dalam panduan SEO? Berikut ini penjelasannya.

Kenapa SERP Penting Bagi SEO?

Alasan utamanya karena tujuan akhir dari semua upaya SEO adalah menempatkan website di SERP, terutama di posisi teratas untuk hasil pencarian organik.

Jadi, SEO adalah upaya gratis agar website Anda bisa muncul di SERP. 

Namun, tidak semua SERP penting untuk SEO, lho. Sebab, hanya  halaman pertama dari SERP saja yang memberikan keuntungan untuk website Anda.

Kebanyakan orang mengklik hasil pencarian di halaman pertama SERP saja dan hampir tidak mungkin pergi ke halaman dua. Jika hasil pencarian posisi #1 mendapatkan rata-rata klik sebesar 31,7%, hanya 0.78% pengguna yang mengklik website di halaman kedua SERP.

Nah, tidak heran kan kalau orang berlomba-lomba menerapkan strategi SEO supaya websitenya berada di halaman pertama SERP?

Baca juga: 10+ Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google

Bagaimana Caranya Agar Website Muncul di SERP?

SERP sendiri terdiri dari tiga komponen, yaitu iklan berbayar, hasil organik, dan fitur SERP. Maka dari itu, ada tiga cara supaya website Anda bisa muncul di SERP Google. Apa saja itu?

1. Gunakan Iklan Berbayar

Ketika menggunakan iklan berbayar, website Anda akan muncul di SERP dengan tampilan seperti ini:

Tampilan iklan di SERP Google

Praktik memunculkan website di SERP dengan iklan berbayar ini disebut dengan Search Engine Marketing (SEM). Anda perlu memenangkan bidding agar iklan bisa ditempatkan di posisi atas dari SERP. 

Metode yang digunakan adalah Pay Per Click (PPC) di mana Anda hanya harus membayar iklan tersebut jika ada orang yang mengkliknya saja. Jadi, Anda harus menyiapkan budget khusus untuk iklan ini.

Jika tertarik untuk menerapkan cara ini, Anda bisa membacanya panduannya di → Apa Itu Search Engine Marketing dan Mengapa Harus Menggunakannya?

2. Lakukan Optimasi SEO untuk Pencarian Organik

Supaya muncul di pencarian organik Google, Anda harus memperhatikan Meta Tag, yang terdiri dari meta title (judul), URL slug, dan meta description. 

Meta Tag yang muncul pada SERP Google

Berikut penjelasan singkat ketiganya:

  • Meta title: judul yang muncul di di bagian paling atas hasil pencarian. Bertujuan untuk menginformasikan isi konten Anda kepada pengunjung.
  • URL slug: bagian dari URL/permalink website Anda yang merujuk pada sebuah konten. 
  • Meta description: rangkuman konten website yang muncul di hasil pencarian. Jadi, pengunjung bisa tahu gambaran konten Anda.

Nah, hasil pencarian organik di SERP itu semuanya diambil dari database yang berisi miliaran website bernama Google Index. Ini artinya, website Anda wajib masuk ke Google Index terlebih dahulu agar bisa muncul organik di SERP—tak peduli di halaman berapa.

Tenang, masuk ke Google Index itu tak sulit, kok! Anda ikuti saja caranya di → 9+ Cara Mudah Agar Website Cepat Diindeks Google

Selain memperhatikan meta tag dan masuk Google Index, Anda juga perlu update info mengenai algoritma Google. Kenapa demikian?

Sebab, Google menggunakan algoritma super canggih yang selalu diperbarui untuk mengurutkan hasil pencarian organik. Banyak faktor penilaian yang digunakan sehingga hanya hasil yang relevan dan berkualitas saja yang bisa muncul di halaman pertama SERP. 

Nah, agar lebih tahu tentang update algoritma Google untuk bisa masuk SERP. pelajari informasi lengkapnya di → [Wajib Tahu] Update Algoritma Google Terbaru

Selain itu, pastikan Anda tidak begitu saja mempercayai mitos-mitos SEO yang merugikan, ya! Nah, untuk itu, kami sudah merangkumnya dalam bentuk ebook yang bisa Anda download gratis. Selain berbagai mitos yang keliru, Anda akan tahu cara optimasi terbaik yang bisa dilakukan.

3. Manfaatkan Fitur SERP

Memanfaatkan berbagai fitur SERP cukup efektif untuk membuat website Anda muncul di hasil pencarian Google. Jadi, Anda bisa menggunakan yang paling sesuai dengan tujuan.

Berikut adalah beberapa fitur SERP yang sering muncul di Google:

1. Featured Snippets

Featured Snippet adalah fitur yang menampilkan cuplikan konten salah satu website dengan informasi paling relevan dengan kata kunci tertentu. Umumnya, Featured Snippet berada di atas SERP. Inilah yang membuatnya sering disebut ranking #0.

contoh featured snippet di SERP

Ada tiga format Featured Snippet yang paling umum, yaitu paragraf, daftar (list), dan tabel. Namun, kadang ditampilkan juga format dalam bentuk video. 

Untuk bisa mendapatkan Featured Snippet, sebuah website harus berada di posisi lima besar SERP dan memiliki struktur artikel yang rapi dan SEO friendly. Jika Google mudah memahaminya, bukan tidak mungkin artikel tersebut direkomendasikan untuk menjadi Featured Snippet. 

Ingin tahu cara membuat artikel SEO friendly? Tenang! Kami sudah menuliskan panduan lengkapnya untuk Anda di → 17 Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog

2. Rich Snippets

Rich Snippets adalah versi lebih lengkap dari hasil pencarian biasa. Selain informasi standar, hasil organik tersebut juga memuat review dari sebuah website. Jadi, akan terlihat lebih menonjol di SERP. 

Contoh Rich Snippet di SERP Google

Dengan tampilan seperti contoh di atas, bukan tidak mungkin orang akan mengklik website Anda dibanding kompetitor yang muncul tanpa Rich Snippet, bukan?

Nah, jika ingin memunculkan Rich Snippet untuk website Anda, ikuti panduan lengkapnya di → Cara Mudah Menambahkan Schema & Rich Snippet di WordPress

3. Knowledge Cards

Knowledge Cards muncul di atas SERP Google dan menampilkan jawaban singkat dari kata kunci yang dicari. Fitur SERP ini bisa muncul dalam berbagai format. Kami berikan dua contoh yang paling umum:

Contoh tampilan Knowledge Card

Dari contoh di atas, tampak bahwa pertanyaan dengan jawaban yang singkat, langsung ditampilkan tanpa harus repot masuk ke website tertentu terlebih dahulu. 

Anda bisa saja mendapatkan fitur ini meskipun ada ketentuan yang harus dimiliki. Salah satunya, website tersebut harus dianggap sumber informasi terpercaya menurut Google. Tak jarang, data dari Knowledge Cards diambil dari sumber pihak ketiga yang terkait dengan Google secara langsung.

4. Knowledge Panel

Knowledge Panel adalah fitur SERP yang memberikan informasi utama dari kata kunci. Di perangkat mobile, fitur ini biasanya muncul di atas SERP. Sementara di komputer, akan muncul di bagian kanan layar.

Inilah tampilan Knowledge Panel di SERP

Sama seperti Knowledge Cards, data dari Knowledge Panel juga berasal dari sumber-sumber terpercaya. Contohnya, Wikipedia seperti terlihat pada contoh di atas. 

Namun, hasil yang dimunculkan juga bisa berupa link ke website/media sosial terkait kata kunci yang dicari seperti pada contoh di bawah ini:

Contoh lain dari Knowledge Panel yang menampilkan link layanan Google lainnya

Lalu, bagaimana cara menempatkan informasi website di Knowledge Panel? 

Anda perlu melakukan optimasi local SEO website Anda. Tujuannya, menjangkau target lokal dari kata kunci pencarian tertentu. Jadi, saat orang mencari bisnis Anda, informasi seperti Gojek di atas yang akan dimunculkan.

Masih asing dengan istilah local SEO? Tak perlu khawatir! Kami sudah membahasnya dengan mendalam di → Panduan Lengkap Local SEO untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

5. Kumpulan Gambar

Seperti namanya, Kumpulan Gambar atau Image Packs akan menampilkan thumbnails dari berbagai gambar yang sesuai dengan kata kunci. Umumnya, fitur SERP menempatkan gambar hasil pencarian di posisi atas.

Semua thumbnails gambar yang ditampilkan dikelola oleh layanan Google Images. Ketika di klik, pengguna akan mendapatkan informasi sumber gambar agar bisa melanjutkan ke website tersebut. 

Kumpulan Gambar sebagai salah satu fitur SERP

Untuk memanfaatkan fitur kumpulan gambar, Anda bisa meningkatkan upaya image SEO Anda sesuai panduan di artikel berikut → Panduan Lengkap Memaksimalkan Image SEO untuk Website.

6. Berita Utama

Berita Utama (Top Stories) akan menampilkan artikel/berita terbaru dan video sesuai kata kunci pencarian. Hasil pencarian akan menampilkan thumbnail gambar, judul, nama website, dan waktu rilis berita. 

Contoh Berita Utama di hasil pencarian Google

Seperti halnya fitur SERP lain, Berita Utama juga sering ditempatkan di bagian atas SERP. Namun, sebanyak 99,31% berasal dari website yang terdaftar di Google News.

Nah, Anda ingin membuat website berita Anda tampil di SERP dengan fitur ini? Pastikan website berita Anda sudah terdaftar di Google News mengikuti panduan berikut → Panduan Cara Daftar Google News dengan Mudah

7. Orang Juga Bertanya

Fitur Orang Juga Bertanya menampilkan pertanyan yang sering ditanyakan pengguna terkait kata kunci tertentu. Di dalam kotak daftar pertanyaan akan terdapat jawaban singkat layaknya Featured Snippets. 

Fitur SERP bernama Orang Juga Bertanya yang bisa Anda gunakan.

Ingin website Anda dapat memanfaatkan fitur SERP ini? Buatlah konten yang informatif dan memiliki jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang sering diajukan pengguna. 

8. Hasil Belanja

Seperti namanya, Hasil Belanja adalah fitur SERP yang akan memunculkan iklan dari produk yang relevan dengan kata kunci, terutama yang memiliki maksud untuk membeli produk. Contohnya, “beli hp murah” atau “hp android terbaik.”

Contoh tampilan hasil belanja
Sumber gambar: Ahrefs

Setiap hasil belanja berisi informasi lengkap produk, mulai dari nama, harga, penjual, ulasan, hingga promo yang sedang berjalan.

Sayangnya, hasil belanja bukan termasuk hasil pencarian organik tapi merupakan fitur SERP yang berupa iklan. Jika Anda ingin memanfaatkannya, pastikan Anda memiliki budget khusus dan pelajari panduannya dengan baik.

9. Kotak Twitter

Kotak Twitter menampilkan tweet terbaru yang relevan dengan kata kunci tertentu. Google akan mengutamakan tweet yang berasal dari akun Twitter resmi. Sebagai contoh jika Anda mengetikkan “Niagahoster”, hasil yang muncul adalah sebagai berikut:

Kotak Twitter yang menunjukkan pencarian dengan kata kunci Niagahoster.

Fitur SERP ini bisa mendukung upaya promosi bisnis jika Anda telah membangun upaya Twitter Marketing yang baik. Sebab, setiap ada pencarian yang terkait bisnis Anda, fitur SERP ini akan memunculkan tweet terbaru yang Anda miliki. 

10. Sitelink

Sitelink akan menampilkan halaman-halaman terpopuler dari website Anda. Informasi tersebut akan berada di bagian atas SERP tepat di bawah hasil pencarian organik teratas.

Contoh bagaimana sitelink website ditampilkan oleh Google

Sitelink sangat bermanfaat untuk meningkatkan tingkat klik/CTR, meningkatkan product awareness, bahkan membuat website Anda lebih terpercaya berkat informasi yang lengkap.  

Bagaimana cara membuat Sitelink agar dapat memanfaatkan fitur SERP ini? Kami sudah menyiapkan panduan lengkapnya untuk Anda → Panduan Lengkap Cara Membuat Sitelink di WordPress

11. Hasil Pencarian Video

Hasil pencarian video juga merupakan fitur SERP yang bisa Anda manfaatkan. Jika Anda menargetkan pengguna Google, pastikan video Anda sudah diupload ke YouTube. Alasannya, semua hasil pencarian video terkait dengan layanan ini.

Pada dasarnya, hasil pencarian video terbagi dua: video dari YouTube langsung dan video dari website yang berasal dari YouTube. 

Di dalam hasil pencarian video, Google akan menampilkan informasi singkat terkait video seperti judul, tanggal upload, pihak yang melakukan upload, durasi video, dan deskripsi singkatnya.

Contoh hasil pencarian video

Sesuai jenisnya, inilah yang perlu Anda lakukan agar video Anda muncul di SERP:

  • Memastikan video yang diupload video sudah teroptimasi secara SEO sesuai dengan Panduan SEO YouTube.
  • Melakukan embed video YouTube dengan benar ke dalam artikel menggunakan judul yang sesuai dengan target kata kunci. 

Munculkan Website Anda di SERP Sekarang Juga!

Memahami SERP sangat penting untuk perkembangan website Anda. Apalagi jika website tersebut mampu berada di halaman pertama. 

Anda sudah belajar berbagai cara agar website bisa muncul di SERP. Mulai dari menggunakan iklan berbayar, melakukan optimasi SEO untuk hasil organik hingga memanfaatkan berbagai fitur SERP. 

Dengan informasi di atas, Anda sudah mampu membuat website Anda untuk bisa muncul di SERP sesuai tujuan bisnis. Semakin tinggi posisi di SERP, semakin besar kemungkinan pengunjung website Anda. 

Nah, untuk meningkatkan SEO website, Anda perlu mempelajari berbagai hal penting untuk optimasi tersebut. Kami sudah merangkum informasinya dalam ebook Checklist SEO yang bisa Anda download gratis!

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]