Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Belajar SEO untuk Pemula Terbaru (Update 2023)

4 min read

Belajar SEO Panduan Terbaru

Tidak ada kata berhenti untuk belajar SEO. Mengingat algoritma Google yang selalu berubah, strategi SEO pun harus selalu diperbarui. Jika tidak, sulit untuk bersaing di halaman pencarian.

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi pada website Anda, bukan?

Nah, di artikel ini, kami mengajak Anda belajar SEO dasar menurut algoritma Google terbaru. Apa saja yang perlu dipelajari?

Untuk memudahkan Anda, kami membagi artikel belajar SEO pemula ini menjadi sembilan bagian utama:

  1. Konsep Dasar SEO
  2. Optimasi Kecepatan Website
  3. Optimasi Website Agar Mobile Friendly
  4. Riset Keyword
  5. Membuat Konten
  6. SEO On Page
  7. Technical SEO
  8. SEO Off Page
  9. Link Building
  10. Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Kami sudah mengurutkan dari pembahasan termudah. Jadi, meskipun Anda masih pemula, akan dapat memahaminya dengan baik.


BAB 1Konsep Dasar SEO

Untuk belajar SEO dasar Anda perlu memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian Google.

Website yang berada di posisi teratas akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan berkualitas secara gratis. Faktanya, posisi nomor 1 di mesin pencarian mendominasi hasil klik 10 kali lipat.

Namun, karena Google merahasiakan teknik perangkingan secara pasti, kita bisa intip beberapa indikator utama dari SEO. Pertama, Google suka website yang cepat. Kedua, Google suka dengan artikel yang bermanfaat dan relevan. Dan, masih banyak lagi.

Apa Itu SEO ›


BAB 2Optimasi Kecepatan Website

Sebelum masuk ke berbagai optimasi lain, secara umum belajar SEO untuk pemula harus dimulai dari optimasi website agar lebih cepat. Sebab, kecepatan adalah salah satu ranking factor Google.

Jangan gunakan asumsi. Lakukan pengecekan menggunakan berbagai tools seperti Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Setelah mendapatkan hasilnya, lakukan optimasi sesuai yang direkomendasikan.

Jika kendala pada server, pastikan kualitas hosting dan lokasi server optimal. Apabila ada kesalahan konfigurasi atau script yang mengganggu, segera perbaiki. Tak lupa, selalu aktifkan teknik kompresi seperti Gzip atau Brotli.

Memastikan website Anda sudah teroptimasi dengan baik adalah syarat untuk mendapatkan hasil optimal

Baca 20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat ›


BAB 3Optimasi Website Agar Mobile-Friendly

Pengguna smartphone semakin meningkat dan akses internet lebih banyak dilakukan dari perangkat mobile. Tidak membuat website Anda mobile friendly adalah sebuah kesalahan.

Apalagi website yang mobile-friendly lebih diprioritaskan Google untuk muncul di peringkat atas hasil pencarian.

Cara melakukannya, Anda bisa memasang tema website yang SEO friendly dan responsif. Tidak hanya itu, jangan lupa gunakan font yang mudah dibaca dan sediakan whitespace yang cukup. Agar lebih optimal, gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages). Dan, beberapa tips lainnya.

Baca Cara Membuat Website Mobile Friendly ›


BAB 4Riset Keyword

Riset keyword menjadi bahasan yang tak kalah penting saat belajar SEO pemula. Membuat konten tanpa riset keyword adalah sebuah kesalahan. Sebab, riset keyword membantu Anda memahami apa yang dibutuhkan pengguna internet saat ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika riset keyword adalah:

Search Volume yang menunjukkan banyaknya sebuah kata kunci diketikkan di Google ketika melakukan pencarian. Keyword Difficulty untuk memahami tingkat kesulitan sebuah kata kunci berada di halaman pertama mesin pencari.

Selain itu, ada Keyword Suggestion yang bermanfaat untuk mengetahui kata kunci yang memiliki tujuan (intent) yang sama. Hasil Pencarian juga penting untuk menganalisa bagaimana kompetitor bisa menduduki peringkat teratas.

Dengan melakukan riset keyword, Anda jadi tahu apa yang terbaik untuk konten website Anda

Baca Cara Riset Keyword yang Akurat ›


BAB 5Membuat Konten

Membuat konten adalah tahapan dalam belajar SEO dasar setelah riset keyword dilakukan.

Untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

Pertama, pastikan konten Anda relevan dengan kebutuhan pembaca. Jika tidak, blog/website Anda mungkin tidak akan dikunjungi. Kedua, buatlah konten yang unik dan memiliki volume pencarian yang baik. Ketiga, berikan informasi yang benar/valid dari sumber yang bisa dipercaya.

Masih banyak tips lain yang bisa Anda gunakan agar artikel website Anda tampil beda dari yang lain.

Baca Cara Menulis Artikel yang SEO-Friendly ›


BAB 6On Page SEO

Tahapan belajar SEO untuk pemula meliputi On Page SEO. Inilah upaya optimasi yang menekankan pada perbaikan faktor internal sebuah website.

Beberapa langkah optimasi tersebut adalah penggunaan permalink yang tepat karena inilah yang menjelaskan isi konten Anda. Tips lain adalah menuliskan meta title dan meta description yang relevan dengan isi namun tidak terpotong di hasil pencarian.

Terkait konten, On Page SEO juga melakukan upaya penataan heading dan subheading dengan benar serta menempatkan kata kunci dengan benar.

Upaya optimasi On Page SEO lain masih cukup banyak. Jadi, pastikan Anda memahaminya dan menggunakannya di dalam website Anda.

Baca Cara Optimasi SEO On Page ›


BAB 7Off Page SEO

Berbeda dengan On Page SEO, langkah optimasi Off Page SEO menekankan pada upaya di luar website itu sendiri.

Ketika belajar SEO dasar untuk melakukan optimasi Off Page, inilah hal yang perlu Anda perhatikan:

Pertama, mendapatkan Brand Mention. Inilah cara efektif untuk mendapatkan trafik yang berkualitas. Google juga mempertimbangkan website yang mendapatkan mention di media untuk mendapat rangking atas.

Lalu, membuat profil Google Bisnisku yang akan memudahkan konsumen menemukan informasi tentang deskripsi bisnis, alamat, jam operasional, foto bisnis Anda.

Beberapa upaya optimasi Off Page lain seperti reviews dan media sosial sharing juga perlu Anda lakukan dengan tepat.

Baca Cara Optimasi SEO Off Page ›


BAB 8Link Building

Menjadi bagian dari Off Page SEO, Link Building tak boleh Anda lupakan ketika belajar SEO pemula. Link building adalah upaya mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website Anda.

Beberapa upaya yang bisa Anda lakukan ketika melakukan link building adalah:

Berupaya mendapatkan Referring Links yang banyak agar menunjukkan website Anda sebagai sumber informasi yang kredibel. Selain jumlah, pastikan link yang Anda dapatkan memiliki relevansi dengan topik.

Tidak cukup dua hal itu, Anda juga perlu membangun Domain Authority, memperhatikan jenis link apakah DoFollow atau NoFollow, dan masih banyak lagi.

Baca Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas ›


BAB 9Local SEO

Ada satu lagi bahasan ketika belajar SEO untuk pemula. Terutama, jika pasar lokal adalah target bisnis Anda, yaitu Local SEO.

Local SEO adalah upaya untuk selalu memunculkan website Anda di peringkat teratas pada pencarian lokal mesin pencari. Langkah ini penting mengingat 46% pencarian dilakukan secara lokal dan 29% diantaranya berakhir dengan pembelian.

Sebenarnya, teknik local SEO menggunakan hampir semua teknik SEO umum di atas. Bedanya, fokus pada pasar lokal. Jadi, Anda akan tetap membangun Google Bisnisku, melakukan riset keyword, dan lainnya.

Baca Panduan Lengkap Local SEO ›


BAB 10Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Ada lebih dari 200 faktor yang digunakan Google untuk menentukan rangking website di hasil pencarian.

Jadi, tak heran kalau persaingan di halaman pertama Google sangatlah ketat. Google memang sengaja mempunyai ratusan faktor penilaian supaya adil dan mencegah manipulasi..

Namun untungnya, Anda tidak harus memenuhi ratusan faktor Google Ranking untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian. Anda hanya perlu fokus kepada beberapa faktor utama. Apa saja itu?

Baca Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? ›

Siap Belajar SEO untuk Pemula?

Bagaimana? Belajar SEO dasar itu mudah, bukan?

Meskipun banyak yang harus dipahami saat mempelajari tutorial SEO, dengan menggunakan langkah yang tepat Anda akan menguasainya dengan cepat. Tentu saja harus ditunjang dengan banyak praktek dan mencatat hasil temuan di website Anda.

Sekali lagi, yang terpenting dari belajar SEO untuk pemula adalah tidak pernah berhenti.

SEO merupakan upaya optimasi yang harus terus menerus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan, kami yakin, Anda mampu melakukannya.

Nah, tunggu apa lagi? Gunakan ilmu yang sudah Anda miliki membuat website Anda menjadi peringkat satu. Selamat mencoba!

Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

16 Replies to “Belajar SEO untuk Pemula Terbaru (Update 2023)”

  1. Jika meningkatkan traffic situs web yang pada dasarnya bukan sebuah blog itu caranya gimana ya. Karena pasti dia tidak kaya konten. Terimakasih

    1. Perlakukannya hampir sama, seperti keyword yang digunakan, meta keyword, dan lain sebagainya.

  2. Cocok banget buat saya artikelnya. Kebetulan saya juga baru buat website, dan menggunakan hosting niagahoster.

  3. Saya sudah menerapkan hal itu mas, tapi masih belum membuahkan hasil. Tapi saya kau bertanya mas, apakah tidak apa-apa kalau kita tidak memasang kolom komentar di blog? Soalnya saat ini saya tidak pasang mas, apakah hal itu bisa berdampak buruk bagi blog? Mohon di jawab mas, makasih.

    1. Kolom komentar dimaksudkan untuk memberikan interaksi dengan pembaca sehingga blog terasa lebih hidup.

  4. Saya sendiri berbeda dari cara di atas, url link judul blog saya panjang. tapi terkadang bisa di P1 R1 Google dengan Kata kuci 1 Kalimat dan volume pencarian diatas 5k/mo, memang persaingannya sedikit tapi bisa mengalahkan wikipedia.

    Mungkin tidak semua artikel bisa di P1 tapi memang konten saya buat sebaik mungkin sesuai dengan yang dibutuhkan pengunjung , mungkin faktor itu yang bisa membuat artikel saya bisa menang dari website lainnya.

    1. Terima kasih tambahannya, saat ini memang sulit untuk memprediksi bagaimana google melakukan indeks pada masing-masing artikel.
      Namun ada beberapa cara yang bisa kita coba, karena ada beberapa cara yang berbeda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
      Apapun caranya, semoga website Anda semakin berkembang kedepannya.

  5. Gan klo permalink format domain/month/years/post_name kira2 bisa nggk buat daftar Google news feed, soalnya pengen pindah dari Blogger ke WP tapi klo ganti format permalink takut visitor ilang, thanks

    1. Dalam SEO ‘katanya’ diharamkan untuk mengganti permalink, kecuali diarahkan menggunakan error 301

  6. kalau untuk mencari backlink nya sendiri yang high quality dan dofollow itu bagaimana yah pak? thanks 🙂

    1. Penentuan backlink yang high quality salah satunya berdasarkan trafik yang masuk pada website itu dan mempunyai domain rating yang tinggi.

  7. Artikelnya sangat bermanfaat mas. Saya baru belajar tentang SEO karena baru punya web. Kebetulan juga hosting di niagahoster. Saya ada pertanyaan, tiap kali kita bikin konten di web, apakah URL nya “harus” diminta indeks di Google Webmaster?

    1. Kalau ingin ada pada pencarian Google memang harus di indeks pada Google Webmaster. Namun, dapat juga dipilih mana saja halaman yang boleh di indeks dan yang tidak boleh di indeks.

  8. Kalau satu website terdiri dari dua bahasa, apakah perlu mendaftarkan ke google webmaster lagi (2x) ?

    1. Disarankan untuk situs web yang menggunakan dua bahasa hanya menggunakan satu bahasa yang dominan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *