Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Optimasi SEO Off Page (Update 2018)

6 min read

Cara Optimasi SEO Off Page di Website Anda-01

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Cara Optimasi SEO On Page:  Judul, URL & Permalink, Konten, Heading, dan Gambar. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara optimasi SEO Off Page.

Anda tentu menginginkan website yang sedang dikelola berada di posisi atas mesin pencarian, dengan tujuan untuk menaikan trafik yang masuk ke blog atau website. Satu trik SEO saja tidak akan cukup, Anda perlu melakukan optimasi SEO yang lengkap. Setidaknya ada dua faktor SEO yang perlu Anda lakukan, yaitu optimasi SEO Off Page dan SEO On Page.

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page tidak terkait dengan konten atau halaman web (On Page) melainkan berhubungan dengan website, seperti umur domain dan hubungan dengan domain yang lain. Teknik ini tentu dapat membuat website Anda ditampilkan di posisi atas mesin pencarian.

SEO Off Page juga sangat mempengaruhi bagaimana SEO bekerja. Elemen SEO Off Page digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan bagian mana yang lebih cocok untuk ditampilkan. Anda juga dapat membaca artikel tentang Apa itu SEO dan belajar SEO dasar untuk memahami konsep dasar dari SEO terlebih dahulu.

Mesin pencari menggunakan authority untuk menentukan konten mana yang mempunyai kualitas baik. Selain itu, backlinks atau link dari website lain juga mempunyai peranan penting dikarenakan itu menjadi sinyal kepercayaan untuk mesin pencari. Sedangkan authority, backlink, atau interlinking merupakan bagian dari cara optimasi SEO Off Page.

Kenapa SEO Off Page Penting?

Google atau mesin pencari melalui bot miliknya akan melakukan crawling banyak sekali halaman website sebelum menampilkan hasil pencarian. Proses ini tentunya juga membutuhkan navigasi agar Google dapat menemukan hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang diperoleh.

Proses ini akan mendata seluruh website dan keterhubungan antara website satu dengan yang yang lainnya.

Google yang sudah mendata seluruh website akan memberikan skor yang tinggi untuk website yang mempunyai tautan (link) dari website lainnya. Ini akan menjadi indikator yang baik untuk website yang banyak direferensikan oleh website lainnya.

Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas tautan ‘yang biasanya indikatornya adalah nilai domain authority’, maka semakin besar pula kemungkinan website muncul di bagian pertama hasil pencarian.

Penjelasan di atas menjadi alasan mengapa optimasi SEO Off Page penting untuk dilakukan, karena salah satu faktor SEO Off Page adalah membangun link dari website lain (backlink).

Jika optimasi SEO Off Page sudah dilakukan maka keuntungan yang diperoleh antara lain:

  1. Meningkatkan peringkat SERP: SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.
  2. Meningkatkan Page Rank halaman web atau website: PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.
  3. Mendapatkan lebih banyak unique visitor website: Unique visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu.
  4. Reputasi website meningkat: Optimasi SEO Off Page yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan reputasi website oleh mesin pencari.

Faktor SEO Off Page

Pada intinya pada SEO Off Page yang diutamakan adalah menyebarkan link artikel atau website ke seluruh jaringan internet. Ini akan membangun jaringan website atau istilah mudahnya membangun jaringan link dan membangun jaringan link ini tidak bisa terlepas dari backlink.

Jadi fokus pada SEO Off Page adalah bagaimana membangun backlink-backlink ini menjadi jaringan link yang berkualitas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi apakah SEO Off Page yang kita bangun baik atau tidak.

  1. Reputasi Website
    Anda perlu memilih kembali website apa saja yang mempunyai reputasi yang baik oleh Google. Hal ini bisa dilihat dari percakapan di dalam website tersebut, jika lebih banyak menghasilkan stigma negatif atau mengandung unsur pembajakan hak cipta, maka Anda perlu berhati-hati ketika memasang website di halaman itu.
  2. Kualitas Backlink
    Anda perlu memperhatikan juga kualitas backlink yang ingin digunakan. Ada beberapa hal yang menjadi bagian untuk menilai apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak, antara lain: umur domain, reputasi, keaktifan, dan kualitas konten website.
  3. Anchor Pada Backlink
    Anchor adalah teks yang sudah disisipkan kata untuk menuju ke halaman lainnya. Ini tidak lain adalah untuk membangun backlink di dalam website itu sendiri. Biasanya teks yang digunakan untuk anchor adalah kata kunci dari artikel yang ditautkan.
  4. Keunikan Backlink
    Backlink hanya dari domain saja tidak cukup bahkan bisa dianggap spam. Anda hanya perlu menanamkan beberapa link saja di dalam satu backlink. Ini untuk menjaga keberagaman backlink.

Bagaimana Mendapatkan Backlink untuk Optimasi SEO Off Page dan Membangun Reputasi Website?

Update: Beberapa cara dibawah ini mungkin terbilang lama, tetapi masih dapat memancing pengunjung untuk mengakses website Anda. Ada beberapa cara terbaru yang saat ini sedang dikembangkan yaitu Link Building dan Guest Blogging. Kedua teknik ini juga dibahas di bagian bawah.

1. Melakukan Link Building Website dan Guest Blogging

Tujuan dari optimasi SEO Off Page adalah untuk membangun kepercayaan dan otoritas website Anda dari mesin pencari. Kedua faktor utamanya adalah link dan reputasi. Bagaimana cara membangu link dan reputasi yang baik? Caranya adalah dengan melakukan teknik link building dan guest blogging.

Apa itu Link Building?

Mesin pencari akan melihat tautan (link) yang mengarah ke website Anda sebagai dukungan. Link yang mengarah ke website Anda menjadi sinyal positif untuk mesin pencari, karena itu menandakan bahwa website Anda cukup bernilai/relevan/dapat dipercaya karena ditautkan oleh website lain.

Inilah mengapa link building (membangun tautan) adalah salah satu teknik optimasi SEO Off Page yang penting.

Tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam membangun link building, karena tidak setiap domain/website dapat menjadi bagian dari link building yang baik.

Ada beberapa kriteria website yang baik untuk dijadikan bagian dari link building.

  • Relevansi antara konten dan halaman web dengan konten Anda
  • Website authority dari pemberik link (authority website lain)
  • Anchor text dari link yang diarahkan ke website Anda
  • Jumlah dari yang mengarah pada website Anda

Apa itu Guest Blogging?

Di atas Link Building terdapat Guest Blogging, kenapa di atas?

Jika link building hanya membangun tautan dari website lain ke website kita, ketika menerapkan teknik guest blogging, setidaknya ada dua keuntungan yang diperoleh: (1) Membangun link building (2) Membangun Reputasi.

Guest Blogging adalah teknik optimasi SEO Off Page dengan membuat artikel/postingan di halaman website lain. Website itu membiarkan penulis untuk mengarahkan link (tautan) ke website pribadi Anda. Link ini dapat menjadi iklan untuk mengenalkan pengunjung mengenai website yang sedang Anda kembangkan. Disamping itu ada keuntungan untuk membangun reputasi penulis dan brand melalui artikel yang ditulis.

Untuk mengimplementasikan teknik ini, dapat dimulai dengan mencari situs dengan authority yang baik. Anda dapat menggunakan beberapa tool yang bisa membantu Anda menyarankan website yang baik untuk menulis guest blogging sekaligus link building.

2. Memanfaatkan Profil, Postingan Sosial Media, Forum

Bangun backlink website Anda melalui sosial media dengan menyertakan domain website di profil sosial media.

Bisa juga menyertakan domain website Anda melalui post yang Anda buat di sosial media. Ada beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan website Anda, seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan Scoopit.

Semua link yang Anda sebarkan dari sosial media tersebut akan dihitung sebagai total link yang terhubung dengan website Anda.

Kedua cara tersebut dianggap cukup membantu untuk menumbuhkan kepercayaan mesin pencari terhadap website Anda.

Saat ini komentar pada website kurang berpengaruh banyak pada SEO Anda akan tetapi bisa dicoba untuk mengenalkan website Anda.

Lengkapi profil Anda dan jawablah pertanyaan yang diajukan oleh user lain sehingga membaca profil Anda. Jadi pastikan pada profil Anda terdapat alamat website yang Anda punya.

3. Menggunakan Situs Penyedia Backlink Gratis

Situs ini dapat Anda gunakan untuk mendaftarkan bisnis Anda sehingga terdaftar pada website mereka. Saat memproses pendaftaran masukan website milik Anda supaya bisa menjadi backlink dari website Anda.

Sebelum mendaftarkan bisnis Anda, lakukan pencarian melalui Yelp.com atau Folkd.coim untuk memastikan bahwa website Anda belum terdaftar di situs itu.

Yelp dan Folkd hanyalah dua dari sekian banyak situs yang menyediakan backlink gratis.

4. Meninggalkan Komentar di Blog

Beberapa pengelola website menggunakan cara ini untuk mendapatkan pengunjung dari beberapa site. Akan tetapi algoritma google sudah mulai menyaring mendaftar link yang berasal dari komentar dikarenakan banyak sekali komentar spam yang bermunculan.

Agar komentar Anda tidak masuk ke dalam kategori spam dan merusak reputasi SEO website, Anda bisa mencoba menggunakan cara berikut :

  1. Memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel
  2. Tidak menyertakan URL pada komentar
  3. Memasang gravatar pada profil yang Anda gunakan

Tiga cara tersebut bisa Anda coba untuk mengenalkan website Anda melalui komentar dan tentu saja untuk menaikan kepercayaan mesin pencari sehingga optimasi SEO lebih optimal.

Meskipun cara ini biasanya tidak memberikan dampak yang besar dalam membangun backlink, tetapi cukup untuk dicoba dan membangun reputasi atau popularitas website Anda.

5. Menulis Testimoni

Hampir seluruh perusahaan besar, menengah, atau kecil membutuhkan testimoni untuk perusahaan mereka. Atau bahkan di beberapa perusahaan menampilkan testimoni Anda di beranda mereka, dan beberapa memiliki halaman yang lengkap untuk memberikan informasi kepada pelanggan (yang selalu memiliki tautan di beranda – biasanya sesuai seperti “kisah sukses pelanggan”)

Jadi bagaimana Anda mengubah ini menjadi metode mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk situs Anda?

Pertama adalah dengan membuat daftar produk atau layanan yang sudah pernah Anda gunakan. Kemudian lihat, dari daftar tersebut, produk mana yang mempunyai halaman untuk testimoni. Jika ada, luangkan waktu sejenak untuk menulis testimoni untuk mereka, kemudian hubungi, atau kirimkan tulisan tersebut melalui halaman kontak dan pesan.

Nah! Anda bahkan tidak perlu meminta tautan kepada mereka, karena biasanya mereka akan memasukkannya secara otomatis – hanya karena untuk membuktikan bahwa testimoni yang Anda berikan adalah benar adanya.

6. Membuat Infografis (Infographic)

Infografis adalah tren yang hangat di SEO dan itu adalah tambahan yang bagus untuk mengenalkan website Anda kepada pengguna internet. Strategi ini masih jarang digunakan oleh kebanyakan pakar SEO, jadi Anda dapat memanfaatkannya lebih dulu untuk mempromosikan website Anda dan membangun backlink yang berkualitas.

Hal ini mungkin saja karena mereka berpikiran untuk membuat infografis membutuhkan desain yang cukup rumit, padahal tidak. Anda dapat menggunakan situs job advertisement ‘iklan pekerjaan’ online yang sudah banyak tersebar di internet untuk merekrut seorang freelancer desainer dengan harga yang terjangkau.

Infografis menyajikan informasi dengan cara estetika visual yang pasti akan menghasilkan saham online. Yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan ide itu, menulis blok informasi singkat dan ringkas, dan menyewa seorang desainer untuk menghidupkannya.

Anda juga dapat memanfaatkan situs seperti Piktochart untuk membuat infografis sendiri.

Nah ketika infografis sudah ada, langkah selanjutnya adalah membagikan infografis melalui sosial media. Anda dapat memanfaatkan situs seperti Visual.ly, DailyInfoGraphic.com, dan AmazingInfoGraphics.com.

Anda juga dapat membagikan infografis kepada subscriber website atau membagikannya kepada pengunjung website pada saat itu.

7.  Memanfaatkan Social Bookmark, Artikel Direktori Hingga Website Directory

Anda juga dapat memanfaatkan Social Bookmark atau Article Directory untuk melakukan optimasi Off Page SEO Anda. Submit artikel Anda melalui sit generated konten seperti Medium, Kompasiana, atau Slidshare untuk memasukkan konten yang sudah Anda buat kemudian mengarahkannya ke domain website Anda sendiri.

Aplikasi yang Dapat Membantu Anda Melakukan Optimasi SEO Off Page

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan riset sebelum mempraktekkan panduan cara optimasi SEO Off Page. Aplikasi-aplikasi ini menganalisa bagaimana website Anda bekerja dan memberikan saran apa saja yang dapat dilakukan agar SEO di dalam website lebih optimal.

  1. Alexa
  2. Ahref
  3. Moz
  4. Google AdWords
  5. Majestic

Kesimpulan

Cara optimasi SEO Off Page mencakup banyak aspek, tidak hanya bagaimana website lain memberikan timbal balik, melainkan juga bagaimana pemilik website mengarahkan artikel dari satu ke beberapa artikel lainnya.

Keseluruhan faktor SEO Off Page tentu saja memberikan pengaruh besar bagi kualitas SEO pada website. Jadi perlu diperhatikan dan dikembangkan lagi.

Cara optimasi SEO Off Page tentu tidak akan berjalan baik jika performa website tidak dikembangkan juga, berikut beberapa panduan yang mungkin juga berguna untuk Anda pelajari.

Semoga artikel Cara Optimasi SEO Off Page ini bermanfaat untuk Anda, jika masih ada pertanyaan atau komentar boleh kok isi form di bawah ini 🙂

0
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 3 =