Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Tanpa Modal [Terbaru]

9 min read

Cara Lengkap Mendapatkan Uang dari Instagram Tanpa Modal

Ingin mendapatkan penghasilan fantastis dengan cara praktis? Bahkan, hanya berbekal penggunaan platform media sosial saja? Kalau iya, ini saatnya Anda mengetahui cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal.

Yap, Anda tidak salah baca. Bahkan jika belum memiliki followers banyak pun, Anda bisa menggunakan tips yang akan kami berikan.

Nah, apa saja ya cara menghasilkan uang dari Instagram tanpa modal? Cara mendapatkan uang dari Instagram yaitu:

  1. Menjadi product reviewer
  2. Menjual produk handmade
  3. Menawarkan jasa paid promote
  4. Menjual barang preloved
  5. Menawarkan jasa admin Instagram
  6. Menawarkan jasa titip
  7. Bergabung dengan program afiliasi
  8. Menawarkan jasa desain feed
  9. Aktifkan Live Badges
  10. Menghubungkan Instagram dengan website

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak cara mendapatkan uang di Instagram!

Mengapa Anda Perlu Melakukan Cara Mendapatkan Uang di Instagram?

Sebelum mengetahui cara mendapatkan uang dari Instagram, mari mulai dengan pertanyaan: “mengapa berbisnis di Instagram itu menjanjikan?”

Jawabannya sederhana, Instagram adalah salah satu platform terbaik untuk berbisnis. Kenapa bisa demikian? 

Anda tentu tahu bahwa Instagram adalah platform media sosial populer dengan lebih dari  1 milyar pengguna. Nah, yang mungkin Anda belum tahu adalah Instagram memiliki berbagai fitur yang mendukung bisnis, terutama bagi UMKM.

Berbagai fitur yang memudahkan cara dapat uang dari Instagram bisa Anda gunakan dengan mudah. Mulai dari Shopping Post untuk mempercepat transaksi hingga hashtag yang memudahkan pencarian untuk melakukan riset pasar.

Nah, dengan jumlah pengguna yang besar, mulai terbayang kan seberapa besar prospek berbisnis dengan platform ini? Faktanya, 87% pelaku usaha mengaku penghasilannya meroket berkat media sosial ini lho. 

Anda semakin penasaran cara menghasilkan uang dari Instagram?

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram 

Berikut adalah cara mendapatkan uang dari dari Instagram tanpa modal:

1. Menjadi Product Reviewer

Apa yang Anda lakukan sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kemungkinan besar, Anda akan mencari review atau ulasan produk dari orang lain terlebih dahulu. Tujuannya biar tidak salah membeli produk. 

Menariknya, 97% orang juga menjawab hal yang sama dengan Anda. Itu artinya, review produk dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam melakukan transaksi. Dengan begitu, menjadi product reviewer bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Instagram.

Bagaimana caranya? Anda cukup melakukan review produk yang Anda sukai. Jika mampu melakukannya dengan baik, bukan tidak mungkin perusahaan produk tersebut rela membayar Anda.

Di Instagram sendiri, ada banyak product reviewer yang sukses dengan berbagai niche. Mulai dari makanan, pakaian, bahkan buku. Coba saja tengok akun salah satu bookstagrammer yang cukup populer ini, Hana Book Review.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Product Reviewer

Berawal dari menjadi book reviewer, Hana berhasil menjaring ribuan followers. Bahkan, ia mampu membuka beberapa toko online-nya sendiri. Kolom komentarnya juga selalu ramai dengan orang-orang yang mencari ulasan buku.

Namun, untuk berhasil melakukan cara mendapatkan uang dari Instagram ini, perlu strategi khusus. Untuk itu, berikut kami berikan tips untuk menjadi product reviewer yang sukses.

  • Tentukan jenis produk untuk diulas. Dengan fokus ke satu jenis produk, Anda akan memiliki personal branding yang kuat;
  • Pelajari produk tersebut sedetail mungkin. Pastikan Anda mengenali produk tersebut luar dan dalam sehingga bisa memberikan ulasan dengan rinci;
  • Buat daftar pro dan kontra. Agar ulasan seimbang dan netral, temukan pro dan kontra dari produk;
  • Berikan ulasan yang jujur. Jangan merusak kepercayaan audiens dengan menutupi sisi negatif produk;
  • Berikan alasan mengapa produk tersebut layak dibeli. Di akhir, berikan kesimpulan akhir yang berisi mengapa produk tersebut layak audiens beli.

Dengan memberikan ulasan berkualitas, makin banyak audiens yang terbantu. Semakin banyak follower Anda, semakin besar kemungkinan mendapat tawaran kerjasama untuk melakukan review produk, bukan? 

2. Menjual Produk Buatan Sendiri

Cara dapat uang dari Instagram berikutnya yaitu menjual produk buatan sendiri. Seberapa potensial bisnis ini?  Dalam sebuah survey, 81% orang lebih memilih membeli produk handmade. Jadi prospek bisnis ini cukup menjanjikan.  

Saat ini, kualitas produk handmade lebih meyakinkan karena pemilik usaha mengontrol produk secara langsung. Selain itu, orang-orang juga menyukai sesuatu yang unik.

Di Instagram, potensi berjualan produk handmade juga cukup bagus kok. Bahkan, dengan interaksi yang lebih intens dengan pemilik bisnis melalui platform ini, kepercayaan konsumen tentu lebih besar. Terutama, dibandingkan dengan marketplace.

Anda bisa mencontoh kesuksesan Dapur Bundil. Bisnis kuliner yang menjual sambal dan bandeng presto buatan sendiri ini berhasil menjadi restoran online  dengan banyak pelanggan. Bahkan, Dapur Bundil juga aktif membuka Pre-Order agar dapat melayani permintaan pelanggan lebih baik. 

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Menjual Produk Sendiri

Nah, jika cara mendapatkan uang dari Instagram dengan menjual produk handmade menarik bagi Anda, coba ikuti tips ini.

  • Buat produk yang sesuai dengan minat dan keahlian. Ini akan memudahkan Anda untuk bereksplorasi menghasilkan produk dengan ide segar;
  • Miliki akun Instagram dengan nama yang unik. Dengan membuat nama toko yang bagus, brand Anda lebih gampang diingat;
  • Tulis bio Instagram dengan jelas. Pastikan audiens tahu bahwa Anda membuat sendiri produk tersebut. Seperti Dapur Bundil yang menulis ‘Sambal dan Bandeng Presto dimasak @diladol’;
  • Kemas produk dengan packaging yang unik dan menarik. Kemasan yang cantik akan memberikan kesan yang baik di mata pembeli. Beri tahu mereka bahwa Anda cukup memperhatikan mereka.

Untuk memudahkan Anda berjualan, Instagram sudah menyediakan fitur Instagram Shopping. Ini memungkinkan calon pelanggan dapat langsung membeli tanpa harus beralih ke aplikasi lain.

Kerennya lagi, 130 juta orang mengklik shopping post di Instagram setiap bulannya, lho. Itu artinya, belanja produk melalui Instagram memang banyak peminatnya, bukan?

3. Membuka Paid Promote

Selanjutnya, ada paid promote sebagai cara mendapatkan uang dari instagram. Paid promote adalah layanan promosi berbayar di sosial media.

Mungkin, ini cara menghasilkan uang dari Instagram yang paling sering Anda temukan. Baik dalam bentuk Instagram Story ataupun Feed Instagram. Salah satu alasannya karena tak perlu modal untuk memulainya.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Paid Promote

Pertanyaannya, benarkah Anda bisa membuka jasa paid promote tanpa mengeluarkan uang sepeser pun?

Tentu saja ini bukan sekedar omong kosong ya. Coba Anda bayangkan, seluruh materi promosi berasal dari perusahaan yang bersangkutan. Anda cukup memposting materi tersebut sesuai instruksi. Entah dalam bentuk foto ataupun video. 

Bagi Anda yang setiap hari menggunakan Instagram, langkah tersebut tidak cukup sulit, bukan?

Menariknya lagi, banyak perusahaan tergiur dengan layanan paid promote. Terutama bisnis UMKM. Alasannya, penawaran harga paid promote relatif lebih murah jika dibandingkan dengan tarif endorse influencer yang cukup tinggi.

Nah, jika Anda ingin berhasil dalam menekuni bisnis paid promote, sebaiknya simak beberapa saran ini:

  • Gunakan akun real. Jangan pernah tergiur untuk menggunakan akun robot atau menggunakan followers palsu, selalu gunakan akun real. Sebab, kredibilitas Anda menjadi taruhannya. Belum lagi, akun real lebih mudah mendapat klien yang royal;
  • Berikan pelayanan yang memuaskan. Anda tidak boleh lupa bahwa yang memiliki jasa paid promote bukan Anda saja. Jadi, selalu berikan layanan lebih baik ke klien. Misalnya, dengan menjadi admin yang rajin merespon direct message (DM) dan komentar di setiap postingan;
  • Selektif memilih perusahaan. Pastikan Anda hanya bekerja sama dengan perusahaan kredibel dan produk yang Anda promosikan berkualitas baik.  Hal ini untuk menjaga kepercayaan follower Anda;
  • Tingkatkan engagement akun paid promote. Engagement menjadi salah satu tolok ukur perusahaan dalam memilih jasa paid promote. Tingkatkanlah engagement Anda dengan sering memposting konten, menggunakan hashtag yang tepat, dan lain-lain.

Paid promote direkomendasikan bagi Anda yang memiliki banyak follower. Sebab, perusahaan akan lebih memilih jasa paid promote yang konten promosinya dilihat lebih banyak orang.

4. Menjual Barang Preloved

Anda pernah membeli pakaian dan ternyata tidak pernah menggunakannya? Nah, daripada menyimpannya, Anda bisa menjual kembali barang tersebut. 

Menjual barang preloved menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal yang sedang tren saat ini. Bahkan, selebritis seperti Ashanty, Eva Celia, hingga Luna Maya pun juga melakukannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Preloved

Lalu, bagaimana sih kiat sukses cara mendapatkan uang dari Instagram ini? Yuk simak beberapa tips berikut!

  • Jual barang yang masih layak pakai. Pastikan barang yang dijual masih bisa digunakan dengan baik;
  • Berikan alasan menjual barang tersebut. Sampaikan kepada pembeli alasan menjual barang, apakah karena lama tidak dipakai atau sudah memiliki barang yang lain;
  • Jelaskan kelebihan dan kekurangan barang preloved Anda. Menginformasikan kekurangan barang dapat membangun kepercayaan pembeli. Kekurangan barang tidak harus berupa kerusakan fisik, tapi bisa jadi jangka waktu pembelian, lama pemakaian, dan banyak lagi;
  • Berikan perbandingan harga beli dan harga jual yang Anda tawarkan. Infokan berapa harga pembelian barang tersebut sehingga menarik calon pembeli. Dengan kualitas sama bagus, pembeli tentu memilih mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

Supaya makin banyak orang yang tertarik bisnis preloved Anda, lakukanlah promosi dengan gencar. Bisa dengan memberikan gratis ongkir, flash sale, dan lain-lain. Cara lengkapnya bisa Anda temukan di sini.

5. Melayani Jasa Admin Instagram

Akun instagram untuk bisnis tentu perlu dikelola dengan serius. Kendalanya, tak banyak yang mampu melakukannya dengan baik. Nah, ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menjadi admin Instagram. 

Dengan keahlian yang dimiliki, Anda bisa menawarkan jasa admin Instagram untuk pebisnis yang membutuhkannya. Sebab, biasanya pemilik bisnis-lah yang menjadi admin dengan kemampuan terbatas. Seiring order yang melonjak, mereka sering kerepotan mengurus penjualan online sekaligus promosi di Instagram.

Oleh karena itu, bisnis jasa admin Instagram cukup potensial. Apalagi, di Indonesia sendiri sudah ada lebih dari 25 juta akun bisnis yang didominasi UMKM.

Nah, seperti apa sih layanan jasa admin Instagram yang dibutuhkan perusahaan? Sebagai inspirasi, mari menengok contoh layanan jasa admin Instagram berikut.

Melayani Jasa Admin Instagram

Socialkreatif adalah sebuah agency yang melayani pengelolaan sosial media Instagram. Sudah banyak perusahaan yang mempercayakan akun mereka kepada agency ini. Misalnya Life Tree Clinic dan My Fits.

Nah, supaya Anda juga bisa berhasil dalam cara mendapatkan uang dari Instagram ini, kami memiliki beberapa tips:

  • Buat akun Instagram yang profesional. Lakukan pengaturan desain feed, konsistensi mengupload konten, dan lain-lain;
  • Terus tingkatkan engagement rate. Buktikan keberhasilan Anda dalam mengelola sosial media dengan terus mendongkrak engagement baik dari konten, interaksi dengan pengunjung, dan berbagai hal lainnya;
  • Kenali perusahaan yang bekerjasama dengan Anda. Pelajari produk dan layanan mereka sedetail mungkin sehingga Anda bisa membuat konten yang sesuai;
  • Ikuti tren di sosial media. Tren akan membantu Anda membuat ide-ide segar yang menarik.

Menjadi admin Instagram memang akan menyita waktu dan konsentrasi Anda. Agar pekerjaan Anda lebih mudah, gunakanlah Instagram tools terbaik untuk bisnis. Dengan tools tersebut, pengelolaan sosial media akan menjadi lebih mudah dan efisien.

6. Menawarkan Bisnis Jasa Titip (JasTip)

Anda memiliki hobi window shopping alias melihat-lihat barang di toko? Kalau iya, cara mendapatkan uang dari Instagram ini pasti akan Anda sukai. 

Yap, apa lagi kalau bukan menawarkan bisnis jasa titip?

Sesuai namanya, melayani jasa titip berarti Anda membelikan produk sesuai permintaan atau titipan konsumen. Anda bisa memotret suatu produk di toko dan kemudian menawarkannya melalui Instagram. Jika calon konsumen tertarik, Anda bisa membeli produk tersebut untuk mereka. 

Namun, bagaimana jastip bisa menjadi cara menghasilkan uang dari Instagram ya? 

Sekilas memang barang yang dibeli dari jastip berharga lebih mahal. Namun, konsumen tetap mau membelinya karena lebih praktis. Tak perlu mengantri lama di toko hingga berebutan dengan pembeli lainnya.

Nah, salah satu contoh bisnis jasa titip yang cukup populer yaitu Metamorv.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Jastip

Berdiri sejak tahun 2014, Metamorv menjadi salah satu layanan jasa titip pakaian yang cukup eksis. Online shop ini melayani jasa titip untuk merk-merk ternama seperti Uniqlo, Stradivarius, H&M, dan banyak lagi. Menariknya, Metamorv juga membuat akun jastip khusus produk pria dan anak-anak juga.

Nah, jika Anda berminat dengan cara mendapatkan uang dari Instagram ini, coba ikuti beberapa tips berikut:

  • Tetapkan jenis barang. Anda bisa membuka jastip khusus untuk merek tertentu atau segmentasi pasar tertentu. Misalnya, pakaian khusus wanita, pakaian anak, dan lain-lain;
  • Terus memantau tren. Ikuti perkembangan tren sehingga Anda bisa menawarkan sesuatu yang konsumen butuhkan;
  • Pahami aturan di toko yang Anda kunjungi. Tidak semua toko mengizinkan pembeli memfoto produknya. Sebaiknya tanyakan dulu aturan di toko yang dikunjungi.
  • Potret barang dengan resolusi bagus. Pastikan foto tersebut menampilkan detail produk dengan jelas.

Jika mampu melakukannya secara profesional dan menjaga kepercayaan konsumen, jasa titip masih menjadi cara menghasilkan uang dari Instagram yang menjanjikan hingga di masa mendatang. 

7. Bergabung dalam Program Afiliasi

Ingin berbisnis tapi tidak memiliki produk? Bergabung dengan program afiliasi bisa menjadi solusi!

Afiliasi adalah program yang memberi Anda komisi apabila berhasil membuat orang lain membeli suatu produk. Ibaratnya, Anda menjadi marketing yang mempromosikan produk pihak lain. Salah satunya melalui Instagram.

Bisa dikatakan menjadi affiliate merupakan cara menghasilkan uang dari Instagram yang menyenangkan. Bukan hanya karena bisa dilakukan tanpa modal, Anda bisa menjalankannya secara fleksibel, kapan pun dan di mana pun. 

Lalu, bagaimana sih tips agar sukses menjalankan bisnis afiliasi di Instagram? Ini dia caranya.

  • Fokus dalam memilih niche tertentu. Pilih niche yang sesuai minat Anda agar nyaman melakukannya. Misalnya, memilih produk teknologi;
  • Selektif dalam memilih perusahaan penyedia afiliasi. Temukan penyedia layanan afiliasi yang tepat dan menawarkan produk dengan kualitas baik;
  • Pelajari produk afiliasi. Pastikan Anda mengetahui detail produk sehingga ketika mempromosikannya, Anda tahu betul informasi tentang produk tersebut;
  • Promosikan produk afiliasi Anda. Agar bisnis Anda menjangkau audiens secara luas, jangan lupa mempromosikan produk baik melalui feed, story, atau bahkan melakukan paid promote.
  • Cantumkan link afiliasi pada bio Instagram. Supaya orang-orang dapat dengan mudah melakukan pembelian, pasang link afiliasi pada bio Instagram Anda.

Masih bingung akan mencoba program afiliasi apa? Program Afiliasi Niagahoster bisa menjadi pilihan yang baik. Kenapa demikian?

Program Afiliasi Niagahoster

Dengan modal Rp0, Anda bisa meraih komisi 70%. Apalagi dengan kualitas produk yang baik, Anda menjadi lebih yakin mempromosikannya kepada follower Anda. Dengan demikian bisnis tersebut bisa dijalankan dalam waktu yang cukup lama, bukan?

8. Menawarkan Jasa Desain Feed

Saat ini, feed Instagram adalah elemen yang penting, terutama bagi kalangan influencer maupun selebgram. Semakin menarik feed, makin tinggi pula potensi menarik banyak orang untuk menjadi followers mereka.

Tak heran, peluang jasa desain feed untuk cara dapat uang di Instagram pun cukup besar. Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk mendesain seluruh tampilan feed sesuai request klien.

Nah agar bisnis jasa desain feed Anda dilirik, coba ikuti beberapa tips berikut:

  • Asah skill desain. Pahami bagaimana cara membuat desain Instagram yang menarik. Mulai dari filter foto, desain template, dsb.
  • Perluas wawasan. Setiap klien pasti punya kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, pengetahuan Anda tentang berbagai macam desain feed dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi desain terbaik.
  • Sediakan berbagai paket desain. Paket desain yang variatif memungkinkan klien memilih mana yang paling sesuai kebutuhan mereka.
  • Berikan pelayanan yang maksimal. Buat klien Anda nyaman dengan memberikan informasi estimasi waktu penyelesaian, harga yang menarik, komunikasi yang mudah, dll.

Agar cara mendapatkan uang dari Instagram ini makin terlihat meyakinkan dan profesional, jangan lupa tunjukkan portfolio Anda. Misalnya, dengan membuat website portfolio.

contoh website portfolio jasa desain feed Instagram

9. Aktifkan Live Badges

Instagram Badges adalah cara dapat uang di Instagram yang cukup praktis.

Singkatnya, Anda hanya perlu melakukan live di Instagram, lalu saat penonton ataupun followers membeli “lencana” atau badges, Anda akan mendapatkan pemasukan.

Sumber: Later.com

Besaran pemasukan tergantung berapa jumlah lencana yang dibeli pemirsa Anda. Mereka bisa membeli satu hingga tiga lencana secara berkali-kali.

Kalau Anda tertarik, cara mendapatkan uang dari Instagram ini bisa Anda lakukan setelah syarat ini terpenuhi:

  • Memiliki akun bisnis Instagram
  • Berusia lebih dari 18 tahun
  • Sesuai dengan Kebijakan Monetisasi Partner Instagram dan Panduan Komunitas
  • Berada dalam negara yang menyediakan fitur Live Badges
  • Memiliki lebih dari 10 ribu followers

Mengaktifkan Live Badges, Anda pun bisa mendapatkan pemasukan tambahan.

Tapi, jangan lupa saat melakukan live, pastikan Anda memberikan tontonan yang menarik dan bermanfaat. Misalnya, menyapa pelanggan bisnis, menjadi instruktur zumba, demo masak, dsb.

10. Menghubungkan Instagram dengan Website

Beda dengan cara mendapatkan uang dari Instagram sebelum-sebelumnya, tips ini bisa diterapkan untuk segala jenis pekerjaan yang Anda pilih di atas.

Yap, menghubungkan Instagram dengan website. Tujuannya adalah untuk memperbesar peluang prospek. Mengapa demikian?

Alasannya, Instagram memiliki ruang yang lebih terbatas untuk memberikan informasi detail terkait produk ataupun perusahaan. Sedangkan website, bisa menutup ketidaksempurnaan itu dengan memberikan informasi yang lebih lengkap dan rinci.

Misalnya, Anda punya bisnis tanaman. Instagram memang bagus untuk promosi. Namun kalau Anda ingin mengedukasi calon pembeli dengan lebih baik, bisa lemparkan mereka ke website saja. Lewat website, mereka juga bisa bertransaksi.

Nah, itu tadi baru sekilas manfaatnya. Kalau menurut Anda meningkatkan peluang prospek memang penting, silakan rasakan keuntungan lainnya dengan mencantumkan link website pada bio Instagram Anda.

Dapatkan Penghasilan dari Instagram Sekarang Juga!

Anda sudah mengetahui berbagai cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal. Cukup banyak peluang yang ditawarkan, bukan?

Nah, dengan berbagai cara tersebut, Anda memiliki banyak pilihan sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Namun, tentu belum lengkap tanpa mengetahui cara memanfaatkan Instagram Bisnis dengan jitu. 

Namun selain Instagram, masih ada banyak cara menghasilkan uang dari internet, lho. Temukan jawabannya pada artikel berikut →  30+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet [Terbaru]

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Jika Anda memiliki cara mendapatkan uang dari Instagram lain, jangan ragu membagikannya di kolom komentar ya..

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!