Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Apa itu Promosi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Cara Melakukannya

5 min read

apa itu promosi

Promosi adalah salah satu kegiatan yang menjadi ujung tombak bisnis untuk membuat brand dan produk Anda dikenal. Dengan promosi yang tepat, potensi untuk dapat meningkatkan penjualan makin besar.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang merintis bisnis, penting untuk memahami apa itu promosi dan langkah yang tepat untuk menjalankannya.

Nah, di artikel berikut ini, kami akan menjelaskan lengkap berbagai tujuan promosi, dan contoh promosi yang baik? Mari mulai dengan mempelajari pengertian promosi dulu.

Apa itu Promosi?

Promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, dan mempengaruhi orang agar bersedia membeli produk.

Dengan kata lain, maksud promosi adalah memasarkan produk ke sebanyak mungkin orang agar mereka tahu tentang produk apa yang ditawarkan dan manfaat apa yang akan mereka dapatkan.

Mungkin Anda pernah lihat gambar seperti ini?

konten visual salah satu contoh promosi

Inilah salah satu contoh promosi produk kecantikan.

Promosi memang bisa dilakukan lewat berbagai cara. Bisa dengan membuat konten visual di majalah atau di baliho, atau konten audio visual berupa iklan di radio dan televisi.

Pun demikian, upaya melakukan promosi mulai berkembang dan menjanjikan hasil yang tak kalah baik. Contohnya, bekerjasama influencer untuk kampanye produk tertentu, hingga menggelar suatu event besar saat mengenalkan brand.

contoh  event sebagai promosi produk baru

Yang paling menarik, kini banyak media yang bisa digunakan untuk mendukung sebuah upaya promosi yang efektif. Mulai dari menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, YouTube hingga memanfaatkan website dan blog. 

promosi lewat media sosial mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen

Semua upaya untuk melakukan promosi secara online dikenal dengan pemasaran digital

Menjual produk lewat digital marketing cukup potensial. Sebab, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia yang bisa menjadi target dari upaya promosi Anda. Sebab, ketika menjalankan promosi secara digital, Anda:

  • Mudah menjangkau target pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke miliaran pengguna internet di seluruh dunia;
  • Lebih mudah dan cepat untuk menjalin komunikasi dua arah dengan audiens
  • Bebas menentukan waktu dan durasi pelaksanaan program pemasaran.

Nah, sebenarnya siapa saja sih yang harus melakukan promosi ataupun online marketing? 

Semua pelaku bisnis perlu melakukan promosi. Baik pemilik usaha online seperti penjual produk fashion atau elektronik, dan Anda yang menjalankan bisnis secara offline seperti cafe maupun restoran. 

 Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

Tujuan Promosi

Sekarang Anda sudah tahu apa itu promosi. Lantas, tujuan promosi itu sebenarnya untuk apa sih? 

Tujuan promosi adalah untuk merangsang minat calon konsumen terhadap produk, dengan menciptakan kesadaran terkait apa yang mereka butuhkan dan bagaimana bisnis Anda bisa menjadi solusinya. 

tujuan promosi yang utama adalah mendapatkan pelanggan baru

Sebagai contoh, Niagahoster mempromosikan produk Cloud Hosting yang menawarkan performa optimal dengan harga diskon. 

Selain bertujuan menginformasikan adanya potongan harga tersebut, promosi tersebut akan membuat audiens lebih mengenal produk Niagahoster yang beragam sesuai kebutuhan tiap pengguna. 

Selain itu, masih banyak lagi tujuan promosi yang perlu Anda ketahui, seperti: 

1. Membentuk citra produk atau brandDengan konten-konten promosi yang menarik dan dapat ditemukan di berbagai tempat, Anda bisa meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Misalnya, brand Shopee yang merupakan platform online, menggunakan promosi di channel online YouTube agar audiens aware tentang bisnis mereka.

contoh promosi shopee

2. Meningkatkan Penjualan– Promosi juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk. Sebab, promosi akan memperkenalkan benefit produk yang bisa didapatkan oleh konsumen. Sehingga, peluang menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk akan lebih besar.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen – Kompetitor akan berusaha merebut hati pelanggan Anda. Namun, selama Anda selalu memberikan penawaran menarik, akan lebih mudah mempertahankan pelanggan setia Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan upaya promosi secara rutin, sehingga konsumen mengetahui setiap penawaran spesial yang Anda berikan. 

Itulah beberapa tujuan promosi secara umum yang perlu Anda ketahui. Lalu, apa fungsi promosi sebagai kegiatan pemasaran?

Sebelum pembahasan selanjutnya, kami informasikan bahwa Niagahoster memiliki halaman khusus yang berisi promosi domain & hosting dengan harga spesial!

Fungsi dan Manfaat Promosi

Utamanya, fungsi promosi adalah mengenalkan bisnis atau produk ke konsumen.

Jika dianalogikan, bisnis ibarat badan, promosi ibarat kaki, dan konsumen adalah tujuan yang ingin dituju. Jadi, fungsi promosi adalah membantu sebuah bisnis menjangkau target konsumennya.

Salah satunya contoh fungsi promosi itu adalah brand awareness. Maksudnya, setiap upaya promosi yang dilakukan harus mampu membuat calon konsumen mengenai brand dengan baik. Di tahap awal, cukup  mengenal elemen brand seperti font, warna, dan lainnya. 

Pada akhirnya, ketika calon konsumen makin familiar dengan brand, mereka akan tahu berbagai produk yang dimilikinya. Dengan begitu, akan kian mudah meyakinkan mereka membeli produk yang ditawarkan ketika mereka membutuhkannya. 

Tak hanya itu, beberapa promosi bisnis juga memiliki banyak manfaat manfaat ketika berjalan dengan baik, seperti:

1. Mampu Menarik Perhatian Pasar dengan Cepat

Dari manakah biasanya Anda mengetahui adanya produk baru dari salah satu brand? Benar, dari program promosi yang mereka lakukan. 

Walaupun jenis kegiatan yang dijalankan bisa beragam, promosi yang baik tak pernah luput dari perhatian masyarakat. 

Anda tentu masih ingat tentang driver ojek online yang beruntung mendapatkan mobil mewah seharga Rp 12.000. Ya, pada momen Harbolnas tahun lalu, salah satu marketplace menyelenggarakan promo barang dengan harga Rp 12.000.

Promo tersebut berhasil menyedot perhatian masyarakat. Pasalnya, berbagai barang yang bahkan masuk kategori mewah dibanderol dengan harga Rp 12.000 saja. Apa yang terjadi? Jutaan orang berebut mendapatkannya.

2. Promosi Untuk Menjaga Loyalitas Konsumen  

Anda tentu menyadari bahwa kompetitor tentu akan berusaha untuk merebut hati pelanggan Anda. 

Namun, jika Anda rajin melakukan kegiatan promosi dengan berbagai penawaran menarik, konsumen akan tetap setia menggunakan produk Anda. Alasannya, manfaat yang mereka terima dari Anda lebih menjanjikan. 

Bagi Anda sebagai pemilik bisnis, menjual produk kepada konsumen setia tentu lebih mudah. Faktanya, kemungkinan keberhasilannya mencapai 60 hingga 70%.

3. Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Bagi bisnis online, brand awareness sangat penting. Brand awareness mampu menguatkan hubungan antara produk Anda dengan konsumen untuk jangka panjang. 

Sebagai contoh, jika ingin membeli air mineral, sebagian Anda menyebut Aqua. Padahal banyak merk air mineral lain yang secara kualitas tidak jauh berbeda. Hal inilah yang disebut sebagai brand awareness.  

Jika promosi yang Anda lakukan berhasil dan mampu membangun branding dengan kuat, produk Anda akan melekat di hati konsumen. 

Dengan intensitas promosi yang terukur, brand awareness bisa dibangun dengan baik. 

4. Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Sebuah promosi yang dilakukan dengan baik akan mampu mendongkrak penjualan. 

Sebagai contoh, perusahaan penerbangan JetBlue berhasil mencapai peningkatan pendapatan hingga 1640% melalui promosi!

JetBlue tidak menciptakan produk baru. Perusahaan tersebut hanya melakukan pendekatan yang berbeda dibanding kompetitor. Mereka merancang program otomasi email untuk tujuan promosi bagi konsumen yang belum menyelesaikan pemesanan tiket di website mereka. Terbukti berhasil!

Beberapa Contoh Promosi yang Efektif

Sudah tahu pentingnya fungsi promosi, tapi bingung mau promosi dengan cara apa? Tenang, kami punya contohnya..

1. Promosi Dengan Cashback

cashback jadi andalan cara promosi yang efektif untuk dijalankan

Contoh promosi efektif yang pertama yaitu dengan menerapkan Cashback. Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian produk dan nominal tertentu.

Cashback masih menjadi promosi yang menarik bagi konsumen. Itulah kenapa beberapa bisnis menggelar berbagai event promo dengan daya tarik penawaran cashback. 

Baca Juga: Kode Referral: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

2. Promosi Flash Sale

flash sale promosi adalah teknis promosi yang mampu menggaet pelanggan dengan cepat

Selanjutnya, ada contoh promosi efektif dengan Flash Sale, yaitu menjual produk dengan jumlah terbatas, harga murah dan waktu terbatas. 

Mungkin saja Anda sudah mengenal Flash sale dari salah satu marketplace besar di Indonesia, kan? Banyak calon konsumen yang nggak mau melewati kesempatan langka ini. Produk yang dijual melalui Flash sale hampir pasti ludes dalam waktu singkat!

Melihat ini, banyak pelaku bisnis yang mulai rutin menerapkan langkah promosi flash sale. Mungkin Anda salah satunya yang mulai tertarik?

3. Menggandeng Influencer

contoh kerjasama dengan influencer untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada brand

Sesuai namanya, seorang influencer memang memiliki pengaruh yang besar terhadap followernya, termasuk dalam hal pembelian produk. Faktanya, 82% konsumen membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer yang diikutinya!

Dengan kondisi tersebut, menggandeng influencer untuk melakukan promo produk adalah sebuah strategi yang layak dicoba. Itulah alasan banyak bisnis yang menjadikan influencer marketing sebagai strategi pemasaran mereka.

Nah, memanfaatkan influencer adalah contoh promosi yang bisa Anda terapkan untuk memasarkan produk Anda. 

4. Buy 1 Get 1

contoh promosi produk dengan gratis produk fashion

Buy 1 get 1 adalah salah satu upaya mempromosikan produk dengan direct marketing. Contoh promosi ini cocok dilakukan untuk berbagai jenis produk, mulai dari produk keperluan rumah tangga, hingga fashion dan kuliner. 

Buy 1 get 1 adalah cara promosi yang sama-sama menguntungkan bagi pebisnis dan konsumen. Bagi konsumen, mereka akan senang karena mendapatkan value tambahan. Sedangkan bagi pemilik bisnis, langkah promosi ini cukup efektif untuk mengenalkan produk baru, sambil tetap mendapatkan profit yang baik.

Kampanye promosi ini akan membuat Anda mampu menjual produk lebih banyak, karena konsumen sebenarnya membeli dua produk sekaligus. 

5. Promosi Dengan Penawaran Free Ongkir

Bagi Anda yang menjual produk di ecommerce, promosi free ongkir tentu sering Anda lakukan. Sebab, contoh promosi ini bisa menjangkau konsumen lebih luas tanpa membuat mereka khawatir akan adanya biaya tambahan.

Padahal, free ongkir juga bisa Anda lakukan ketika menjalankan promosi melalui website. Apabila menggunakan WordPress, Anda hanya cukup memasang plugin ongkir, dan menentukan pengaturannya. 

Dengan pendekatan bebas ongkos kirim ini, penjualan online produk bisnis Anda bisa lebih ditingkatkan. 

6. Promosi Dengan Blog

contoh blog yang digunakan untuk menawarkan produk ke konsumen

Fungsi utama blog untuk memberikan informasi lengkap dan terbaru membuatnya cocok untuk digunakan promosi. Bahkan banyak bisnis besar yang mempromosikan produk lewat blog mereka. 

Contoh promosi lewat blog biasanya berupa artikel yang memuat informasi fitur produk terbaru hingga promo spesial di waktu tertentu. Contohnya, Black Friday dan Harbolnas. 

Dengan informasi lengkap melalui blog, pengunjung nantinya akan diarahkan ke halaman utama untuk melakukan pembelian produk sesuai promosi yang ditawarkan. Itulah mengapa fungsi promosi dengan blog begitu penting untuk bisnis Anda.

Ingin promosi lewat blog? Anda bisa membuat blog terlebih dahulu dengan beberapa langkah, kemudian hubungkan informasi dari blog ke website utama Anda. Jangan lupa gunakan layanan web hosting yang andal ya..

Siap Menjalankan Promosi Untuk Bisnis Anda?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu promosi dan tujuan promosi yang dapat membantu bisnis berkembang. Promosi adalah salah satu upaya wajib bagi pemilik bisnis untuk mendongkrak penjualan produk dan membuat brand bisnis lebih dikenal luas. 

Meskipun promosi bisa dilakukan secara offline, upaya promosi online akan jauh lebih efektif. Sebab, mampu menjangkau audiens lebih luas dan lebih tepat sasaran. 

Itulah kenapa menjalankan promosi online dengan strategi digital marketing yang tepat, sangat disarankan. 

Nah, kalau ingin tahu cara belajar bisnis online. Lebih spesifiknya lagi, bagaimana tips menjalankan digital marketing dengan benar, download ebook gratis Panduan Digital Marketing kami! Dengan begitu, Anda mampu mempromosikan produk dan brand di berbagai channel online dengan jitu!

banner ebook panduan digital marketing
Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *