Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Cara Uninstall Webuzo di VPS Linux [Mudah & Cepat]

1 min read

22_6_30_Cara Uninstall Webuzo di VPS Linux [Mudah & Cepat]

Webuzo adalah salah satu Control Panel yang banyak diinstall di VPS Linux. Namun, bisa jadi karena satu atau beberapa alasan, Anda ingin menghapusnya dari server. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara uninstall Webuzo di VPS?

Tenang, cara hapus Webuzo di VPS Linux sama sekali tidak sulit kok. Bahkan, Anda bisa mencopot Webuzo dari server hanya dalam waktu satu menit!

Penasaran bagaimana caranya? Tanpa basa-basi ini dia tutorial lengkapnya!

Tutorial Cara Uninstall Webuzo di VPS Linux

Sebelum praktik, kami informasikan dulu bahwa cara ini bisa Anda terapkan di semua OS VPS Linux, seperti Debian, Ubuntu, dan CentOS. Jika sudah siap, ini dia cara uninstall Webuzo di VPS:

  1. Masukkan Perintah Uninstall Webuzo di Terminal
  2. Validasi Uninstall Webuzo di URL Port

Langsung saja mari menuju langkah yang pertama!

Baca juga: Panduan VPS Webuzo

1. Masukkan Perintah Uninstall Webuzo di Terminal

Seperti biasa, cara uninstall Webuzo di VPS Anda mulai dengan login ke server VPS. Di sini, gunakan aplikasi terminal apapun yang Anda punya untuk mengakses VPS lewat metode SSH.

Jika sudah login, jalankan beberapa perintah berikut secara berurutan:

rm -rf install.sh
rm -rf /usr/local/apps/
rm -rf /var/lib/mysql
rm -rf /usr/local/webuzo/
rm -rf /usr/local/emps/
rm -rf /var/webuzo
rm -rf /var/softaculous/

Tampilan di terminal kurang lebih seperti ini:

cara uninstall webuzo di vps

Jika sudah, artinya Anda telah berhasil mengikuti cara hapus Webuzo di VPS. Loh, kok cepat banget? Memang, tapi sebaiknya Anda tetap mengikuti langkah selanjutnya untuk memastikan Webuzo sudah di-uninstall dengan benar.

Baca juga: Cara Instal Webuzo

2. Validasi Uninstall Webuzo di URL Port

Cara uninstall Webuzo di VPS langkah kedua ini dilakukan untuk mengecek apakah Webuzo sudah benar-benar dicopot dari server. Untuk mengetahuinya, ketikkan URL berikut di browser:

http://ipvpsanda:2005/

Jika sudah, tampilan yang muncul seperti ini:

uninstall webuzo berhasil

Selamat! Anda telah berhasil mempraktikkan semua langkah-langkah cara hapus Webuzo di VPS Linux. Bagaimana, tidak sampai satu menit, kan?

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengelola server lewat panduan VPS WHM. Atau, bisa juga mengikuti panduan menggunakan VPS tanpa panel apapun. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Menghubungkan Domain ke VPS Webuzo

Cara Hapus Webuzo di VPS Linux Ternyata Gampang Banget!

Di artikel kali ini, Anda sudah belajar sendiri cara uninstall Webuzo di VPS Linux. Ternyata, langkah-langkahnya sangat mudah dan ringkas, sehingga bisa selesai dalam waktu sekejap saja.

Dengan VPS, Anda bebas menginstall Control Panel apapun sesuka hati. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan keandalan dari penyedia server. Tidak mau kan, proses instalasi berhenti di tengah jalan gara-gara server VPS tumbang?

Nah, jika Anda butuh penyedia VPS dengan server tahan banting, Niagahoster bisa jadi pilihan. Tersedia paket Cloud VPS Hosting dengan jaminan Uptime 99.9% untuk server bebas down untuk VPS Anda.

Selain itu, ada juga Network Link 100Mb/S yang memastikan proses transfer data Anda berjalan secepat kilat. Ditambah lagi, 2x Burstable RAM untuk mengantisipasi lonjakan beban kerja server secara tiba-tiba.

Jadi tunggu apa lagi, nikmati kemudahan mengelola VPS dengan server terbaik bersama Cloud VPS Hosting Niagahoster!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *