Imas Indra Imas is a detail-oriented and an experimental writer. She developed her creative instinct after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Now she immerses herself in the realm of SEO and content optimization so that she can help both bloggers and business owners to find their audience online.

Ketahui Mesin Pencari Selain Google di Artikel Berikut

12 min read

mesin pencari selain google

Kemungkinan besar Anda mencari segala sesuatu di internet lewat Google. Mungkin juga selama ini Anda tahu Google sebagai satu-satunya mesin pencari. Akan tetapi, tahukah Anda ternyata ada banyak alternatif selain Google?

Menurut sebuah website, terdapat 25 mesin pencari yang bersaing memperebutkan market share global. Setiap mesin pencari tersebut tentunya melebihi kelebihan dan fitur unik masing-masing.

Di artikel ini, kami akan mengulas 20 mesin pencari di antaranya. Namun, sebelum sampai ke sana, kami akan jelaskan pentingnya alasan di balik memakai mesin pencari selain Google. Dengan begitu, Anda bisa benar-benar paham dan terpikir untuk menjajal mesin pencari lainnya. Yuk langsung saja kita bahas!

Baca juga: 10+ Penyebab Deindex Google dan Cara Mengatasinya

Mengapa Memakai Mesin Pencari Selain Google?

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak dipakai di dunia. Lebih dari 75 persen informasi internet didapatkan lewat Google. Dominasi Google inilah yang mungkin membuat banyak orang yang menganggap Google sebagai satu-satunya mesin pencari di internet.

Padahal, ada banyak daftar mesin pencari selain Google. Setiap mesin pencari alternatif ini menawarkan fitur menarik dan kelebihan tersendiri. Akan tetapi, dari sisi pengguna Google sendiri, ada alasan menarik mengapa Anda perlu menjajal mesin pencari selain Google.

Pertama, Google mengumpulkan data penggunanya. Bukan rahasia lagi kalau Google kerap mengumpulkan data pengguna. Bahkan bisa dibilang, semua operasi Google sangat tergantung dari pengumpulan data tersebut.

Raksasa mesin pencari ini mengumpulkan data apapun tentang penggunanya. Mulai dari data pribadi, kata kunci pencarian, ketertarikan pada isu tertentu, penggunaan aplikasi, hingga lokasi kemana saja Anda pergi.

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki perhatian pada isu privasi dan keamanan data, Anda perlu memikirkan dengan serius alasan ini.

Kedua, Google menampilkan hasil pencarian yang tidak netral. Google akan menampilkan hasil pencarian dan rekomendasi konten dengan menyesuaikan data pribadi yang sebelumnya dikumpulkan. Itu mengapa hasil pencarian antara satu orang dengan yang lain tidak bisa sama.

Hal di atas cukup menjelaskan mengapa iklan sebuah produk bisa muncul terus-menerus, setelah Anda browsing barang di toko online.

Ketiga, Google tidak menjawab pertanyaan Anda. Ia hanya menampilkan konten yang mungkin menjawab pertanyaan Anda. Itu artinya Anda takkan benar-benar bisa bergantung pada Google untuk mendapatkan jawaban pas yang diinginkan.

Karena dalam sistem internalnya sendiri, Google hanya akan menampilkan konten yang menurut dengan sistem optimasi yang diterapkan. Konten yang teroptimasi sesuai dengan SEO akan memiliki kemungkinan untuk tampil di hasil pencarian teratas.

Baca juga: 5 Tips Menaikkan Peringkat Website di Google

Macam-macam Mesin Pencari

Sebelum bicara lebih lanjut soal mesin pencarian selain Google, ada baiknya untuk mengeksplor lebih dulu macam-macam mesin pencari. Hal perlu dilakukan supaya Anda paham bahwa mesin pencari tak melulu memiliki sistem yang sama seperti Google.

Dengan memahami macam-macam mesin pencari, Anda juga bisa mengetahui mengapa satu mesin pencari memiliki fitur dan kelebihan spesifik. Apalagi jika dibandingka dengan mesin pencari lainnya.

Di bagian ini kita akan membahas empat macam mesin pencari, yaitu crawlers, directories, hybrid, dan meta.

Pertama, crawler. Jenis mesin pencari semacam ini menggunakan spider, crawler, atau bot untuk membaca setiap halaman dalam web. Setelah itu mereka akan mengumpulkan kata kunci dan menaruh informasi mengenai halaman ke dalam direktori. Informasi yang dianggap paling relevan akan ditampilkan di urutan teratas. Beberapa contoh mesin pencari berbasis crawler adalah Google, Yahoo, Bing, Yandex, Baidu, dan DuckDuckGo.

Kedua, directories. Mesin pencari satu ini bekerja berbasis tenaga manusia. Semua konten yang terindeks ke dalam mesin pencari harus melewati serangkaian proses dan review dari editor. Dengan cara seperti ini, mesin pencari berbasis direktori bisa menjamin konten yang terindeks relevan dan berkualitas.

Ketiga, hybrid atau gabungan antara crawlers dan directories. Seperti namanya, mesin pencari ini menggabungkan tenaga bot dengan manusia. Keduanya bekerja sama untuk memeriksa halaman web serta memasukkannya ke dalam daftar hasil pencarian.

Keempat, meta. Mesin pencari ini bekerja dengan mengumpulkan hasil pencarian di beberapa mesin pencari sekaligus. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui variasi jawaban antara satu mesin pencari dengan lainnya. Salah satu contoh mesin pencari berbasis meta adalah Dogpile.

Apa Saja Mesin Pencari Selain Google?

Di bagian sebelumnya, Anda telah memahami alasan di balik penggunaan mesin pencari alternatif Google. Di samping itu, Anda juga sudah memahami macam-macam mesin pencari yang tersedia di internet.

Kini giliran Anda mengetahui apa saja mesin pencari yang tersedia selain Google. Di bagian ini, kami akan mengulas 20 mesin pencari yang bisa menjadi alternatif Anda berselancar di internet.

1. Bing

mesin pencari selain google

Bing adalah mesin pencari dengan market share terbesar setelah Google dan Baidu. Hal yang mencolok dari mesin pencari ini adalah tampilan visual yang berubah-ubah. Ketika Anda mengunjungi halaman depan Bing, Anda akan disuguhi foto beresolusi tinggi yang diambil dari berbagai tempat di dunia. Anda bisa mengubah tampilan ini dengan mengklik tanda < atau > di bagian kanan bawah.

Selain tampilan visual, Bing dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah tempat menyimpan data hasil pencarian. Dari halaman pencarian Anda bisa menekan tombol dengan simbol plus dan halaman yang Anda inginkan tersimpan di bagian My Saves. Fitur ini tentunya memudahkan Anda mengarsipkan halaman penting. Anda pun tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menyimpan URL secara manual.

Bing juga terhubung dengan Microsoft Office Online. Lewat halaman yang sama Anda bisa membuat berbagai dokumen secara online. Mulai dari Word, Excel,  PowerPoint, OneNote, Sway, hingga OneDrive. Anda cukup login dengan akun Microsoft mengakses dan membuat dokumen yang diinginkan.

2. DuckDuckGo

mesin pencari selain google

DuckDuckGo merupakan mesin pencari yang menghargai privasi Anda. Ia tidak mengumpulkan data apapun yang Anda berikan ke mesin pencari. Entah itu data soal kata kunci sampai informasi pribadi.

DuckDuckGo juga tidak menyimpan jejak pencarian yang Anda lakukan. Karena itu ia tak bisa menjual data ke pengiklan. Di saat yang bersamaan, mesin pencari ini otomatis menonaktifkan bot pelacak iklan. Dengan begini, data pribadi Anda akan tetap aman.

Meski begitu, bukan berarti hasil pencarian DuckDuckGo tidak akurat. Sebagai ganti dari data personal dan kata kunci yang tidak terekam, DuckDuckGo mengumpulkan hasil pencarian dari 100 sumber yang berbeda. Mulai dari crawler-nya sendiri, situs-situs crowd-source, Bing, Yandex, dan lainnya. Itu mengapa hasil pencarian dari mesin pencari satu ini tetap bisa diandalkan.

3. Search Encrypt

mesin pencari selain google

Hampir sama seperti DuckDuckGo, Search Encrypt merupakan mesin pencari yang memiliki perhatian ke privasi dan keamanan data. Ia mengombinasikan Secure Socket Layer (SSL) dengan AES-256 encryption untuk melindungi data Anda. Keduanya tak hanya memastikan data takkan dicuri oleh peretas dan bot, melainkan juga aman dari local users yang terhubung ke komputer Anda.

Di sisi lain, Search Encrypt juga menawarkan pencarian video dan maps yang aman. Untuk map, Search Encrypt menggunakan peta dari Open Street Map yang merupakan proyek kolaboratif yang dapat diedit secara bebas.

Sedangkan untuk pencarian video, mesin pencari satu ini memblokade iklan sambil melindungi data pribadi dan kata kunci pencarian yang Anda pakai. Karenanya, mungkin hasil pencarian video yang Anda temukan takkan selengkap Google. Meski begitu, fitur keamanan yang cukup lengkap menjadikan Search Encrypt sebuah browser yang patut dijajal.

4. Qwant

mesin pencari selain google

Qwant merupakan alternatif lain untuk melindungi privasi dan data pribadi di internet. Qwant menjanjikan diri sebagai mesin pencari yang melindungi data pribadi Anda dan menampilkan hasil pencarian dengan senetral mungkin. Tidak ada konten di internet yang sengaja ditutupi atau tidak ditampilkan oleh Qwant.

Namun, Qwant bukan sekedar privasi dan hasil pencarian saja. Mesin pencari satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur unik. Salah satunya, Anda bisa mencari konten dari berbagai website ecommerce dan direktori lewat Qwant. Untuk itu cukup ketikkan “&” disertai huruf awal website yang diinginkan. Misalnya, Anda bisa mencari tablet Kindle di Amazon dengan mengetikkan “&a Kindle Fire 8” dan mengklik pilihan Amazon di ajax yang muncul. Seketika Anda akan dibawa ke halaman katalog di Amazon.

Di samping itu, Qwant juga memiliki dua produk mesin pencari lain. Keduanya adalah Qwant Junior yang diperuntukkan untuk anak-anak dan Qwant Music khusus untuk mencari lagu dan musik. Terdapat juga Qwant Board, yaitu semacam media sosial untuk membagikan dan menyimpan konten hasil pencarian.

5. Yahoo! Search

mesin pencari selain google

Anda tentunya familiar dengan Yahoo! Search. Mesin pencari ini sempat tenar di dekade 2000-an. Akan tetapi kemudian tergerus oleh kehadiran mesin pencari baru seperti Google dan Bing. Kini, Yahoo! berpartner dengan Microsoft dan Bing untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih lengkap dan relevan bagi user. Karena kerja sama ini, Yahoo juga menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Selain fitur pencarian, Yahoo! juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang kredibel. Salah satunya Yahoo! Answers, di mana Anda bisa menanyakan berbagai pertanyaan bertema spesifik untuk dijawab oleh pengguna internet. Selain itu terdapat pula Yahoo! Finance sebagai sumber informasi seputar ekonomi dan bisnis yang cukup update.

6. Wolfram Alpha

mesin pencari selain google

Wolfram Aplha memiliki visi untuk membuat segala macam ilmu pengetahuan dapat diakses oleh publik. Visi inilah yang membuatnya melakukan kurasi manual dari berbagai website bereputasi. Lalu, menyusun informasi tersebut ke dalam indeks yang dapat dimengerti.

Mesin pencari ini menampilkan hasil pencarian berupa data dan fakta. Kesemuanya ditampilkan dalam satu halaman. Sekilas, cara kerja mesin pencari ini sedikit membingungkan. Sebab, hasil pencarian yang ditampilkan cenderung sangat ringkas. Akan tetapi, jika Anda memiliki pertanyaan spesifik atau berdasarkan background ilmu tertentu, Wolfram Alpha adalah sebuah jawaban.

7. StartPage

mesin pencari selain google

Keamanan privasi adalah hal penting. Begitu pula dengan hasil pencarian yang lengkap. Karena itulah StartPage ada. Mesin pencari satu ini berhasil menggabungkan antara keamanan data pribadi dan hasil pencarian yang relevan dengan Anda.

Bagaimana caranya? StartPage secara legal membayar Google untuk menggunakan sistem mesin pencari yang mereka miliki. Dengan begitu, StartPage berhasil menyajikan hasil pencarian paling lengkap di internet.

Namun, ini belum berakhir sampai situ. StartPage juga turut membayar Google supaya menghilangkan trackers yang mengumpulkan informasi personal Anda. Hasilnya, tidak ada informasi pribadi yang dicuri dan hasil pencarian yang ditampilkan bersifat netral. Sebuah inovasi yang menarik, bukan?

8. Yandex

Yandex merupakan mesin mencari buatan Rusia. Sejak tahun 1997, Yandex telah berkomitmen untuk membantu konsumen dan pebisnis menjalankan dunia online dan offline dengan lebih baik. Visi ini pun ditunjukkan dengan berbagai fitur dan layanan Yandex.

Untuk mesin pencarinya sendiri, Yandex masih mengumpulkan data personal, kata kunci pencarian, dan riwayat pencarian yang dilakukan user. Akan tetapi, hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Yandex sengaja mengumpulkan kesemuanya untuk memaksimalkan relevansi hasil pencarian. Pun data dikumpulkan melalui persetujuan dari user.

Di samping itu, Yandex juga menawarkan berbagai fitur yang tak kalah dengan Google. Mesin pencari ini dilengkapi fitur pencarian gambar, video, peta, translasi dan AppMetrica yang setara dengan Google Analytics. Dilihat dari lengkapnya fitur yang ditawarkan, Yandex bisa menjadi pilihan bagi Anda yang benar-benar ingin meninggalkan layanan Google.

9. Dogpile

mesin pencari selain google

Dogpile merupakan salah satu mesin pencari berbasis meta yang tertua. Browser ini mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai macam mesin pencari. Beberapa di antaranya adalah Google, Yahoo!, Yandex, dan banyak mesin pencari lainnya.

Dengan cara semacam itu, Anda bisa menghemat waktu dengan mendapatkan semua kemungkinan hasil pencarian dalam satu mesin pencari. Coba bandingkan dengan mengentri kata kunci satu per satu di berbagai mesin pencari. Terlebih Dogpile mengaku bahwa mesin pencari buatannya bisa menampilkan 50 persen lebih banyak hasil pencarian dibandingkan browser lainnya.

Selain performa yang dimiliki, Anda bisa menjadikan Dogpile sebagai alternatif Google karena tampilan dan fitur suggestion yang dimiliki. Secara tampilan, Dogpile memiliki visual yang cukup vintage dan lawas. Ini pula yang mungkin membedakan browser ini dengan yang lainnya. Di samping itu, fitur suggestion yang tersedia di sidebar sebelah kanan juga cukup lengkap dan beragam.

10. Gibiru

mesin pencari selain google

Gibiru adalah browser yang memperhatikan aspek privasi sekaligus isu sensor konten. Itu mengapa Gibiru merupakan mesin alternatif yang tepat jika Anda memiliki perhatian pada dua isu tersebut. Di bidang privasi, Gibiru mengaku tidak menyimpan kata kunci, riwayat pencarian, dan IP dari pengguna. Dengan begitu, Gibiru takkan menjual data personal Anda kepada pihak ketiga.

Namun, tak cukup sampai di situ saja. Gibiru juga memiliki perhatian pada sensor konten. Browser ini menganggap mesin pencari umumnya menutup-nutupi beberapa konten yang tidak sesuai dengan standar. Hal ini mempersulit website-website baru untuk mendapatkan pembaca. Itu mengapa Gibiru memberikan dua opsi dalam hasil pencarian, yaitu All Results dan Uncensored.

Jika Anda menginginkan hasil pencarian sebatas pada web dan gambar, seharusnya Gibiru menjadi alternatif yang tepat. Sebab, dengan fitur-fitur di atas Gibiru memang hanya memberikan dua opsi jenis konten untuk dicari. Jenis konten seperti lokasi, video, dan produk belum tersedia dalam browser ini.

11. Internet Archive

mesin pencari selain google

Agak sulit mengatakan Internet Archive sebagai sebuah mesin pencari. Namun, jika berpatokan pada macam-macam mesin pencari yang sudah disebutkan sebelumnya, Internet Archive bisa digolongkan sebagai directories atau mesin pencari yang dikurasi oleh manusia.

“Browser” satu ini bisa bekerja seperti perpustakaan atau museum yang menyimpan berbagai buku, film, software, musik, dan website. Kesemuanya bisa Anda akses secara gratis dari mana pun dan kapan pun. Lewat Internet Archive, Anda bisa menemukan berbagai materi berharga yang barangkali takkan muncul di hasil pencarian Google sekalipun.

12. Wiki.com

mesin pencari selain google

Apakah Anda fans dari Wikipedia atau website sejenisnya? Jika ya, Wiki.com adalah mesin pencari yang tepat untuk Anda!

Wiki.com merupakan mesin pencari yang didedikasikan untuk konten web atau web dalam bentuk wiki atau knowledge base. Lewat browser ini Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar topik tertentu. Cara ini tentunya lebih efektif dibandingkan mencari sepotong informasi di satu website dan melengkapi potongan lainnya di website yang berbeda.

Mesin pencari ini dilengkapi empat opsi pencarian yang bisa dipilih. Keempat opsi tersebut adalah all wikis, wikipedia only, people’s wikis only, dan encyclopedias only. Di samping itu, Wiki.com juga memiliki opsi pencarian di wiki yang Anda susun sendiri. Opsi ini diletakkan di bagian bawah halaman. Lewat opsi-opsi tersebut Anda bisa memaksimalkan hasil pencarian yang diinginkan.

Hal yang lebih menarik lagi, A nda bisa menambahkan halaman wiki atau wiki website yang Anda punyai ke dalam database Wiki.com. Untuk itu, Anda tinggal hubungi Wiki.com dan developer akan langsung memasukkannya dalam database. Tentu saja dengan catatan website yang Anda buat memiliki konten yang cukup dan tidak memiliki potensi spam.

13. CC Search

mesin pencari selain google

CC Search adalah solusi untuk mendapatkan berbagai konten gambar dengan lisensi gratis. Lewat mesin pencari satu ini Anda bisa mendapatkan gambar-gambar ciamik. Gambar tersebut bisa Anda pakai sebagai materi atau pelengkap ilustrasi di berbagai karya Anda. Mulai dari website, presentasi, poster, dan sebagainya.

Tak perlu khawatir pembuat gambar menuntut karyanya dicatut. Semua gambar yang muncul di CC Search dipastikan telah memenuhi sistem lisensi Creative Commons. Ini artinya semua gambar berhak dipakai secara luas oleh publik.

Untuk sementara CC Search hanya menyediakan konten visual berwujud gambar. Gambar-gambar hasil pencarian di CC Search didapatkan dari 18 website database. Beberapa di antaranya adalah DevianArt, Flickr, SVGSilh, dan Brooklyn Museum. Ke depannya, CC Search akan menambahkan fitur pencarian teks dan audio.

14. Baidu

mesin pencari selain google

Baidu merupakan mesin pencari dengan market share terbesar kedua setelah Google. Mesin pencari berbahasa Mandarin ini juga sangat populer di Cina. Bahkan, Baidu menguasai lebih dari setengah market share di negara tirai bambu tersebut.

Baidu menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan Google. Selain pencarian konten berbasis web, Baidu juga dikenal sebagi mesin pencari dengan kemampuan pencarian konten MP3 yang ampuh.

Di samping pencarian lewat kata kunci, Baidu juga dikenal dengan berbagai opsi pencarian lain. Seperti halnya Google, Baidu juga sudah dilengkapi dengan fitur pencarian suara. Dengan fitur ini, Anda bisa lebih mudah mencari entri di mesin pencari.

Tak ketinggalan, Baidu juga memiliki opsi pencarian berdasarkan gambar. Anda bisa mengunggah potongan gambar ke dalam kolom tersedia, maka seketika Baidu akan menunjukkan konten-konten yang mungkin berhubungan dengan gambar yang diunggah.

15. Slideshare

mesin pencari selain google

Anda mungkin tak pernah mengira Slideshare sebagai mesin pencari. Akan tetapi, begitulah adanya. Mesin pencari buatan LinkedIn ini menjadi solusi bagi 80 juta orang profesional yang mencari inspirasi, materi, dan pengetahuan soal berbagai topik. Kesemuanya dikemas dalam bentuk presentasi, gambar, video, dokumen, dan konten visual yang menarik.

Slideshare memang memiliki visi untuk membantu siapa saja belajar cepat dengan materi visual di dalam websitenya. Tercatat setidaknya ada 18 juta konten melingkupi 40 kategori bidang terdapat di sana.

Melalui Slideshare, Anda bebas menyimpan konten-konten yang menurut Anda bermanfaat. Bahkan, Anda pun bisa men-download konten yang diinginkan dan menyimpannya di komputer, tablet, atau ponsel pribadi.

16. Twitter

mesin pencari selain google

Twitter barangkali juga tak terpikir sebagai mesin pencari. Akan tetapi, di saat darurat, Twitter merupakan kanal informasi yang jauh lebih efektif dibandingkan mesin pencari pada umumnya. Hal ini pun tercermin dari tagline Twitter, “See what’s happening in the world right now” atau “Lihat apa yang terjadi di dunia sekarang.” Dengan Twitter, Anda takkan ketinggalan info mengenai topik-topik yang sedang hangat dibicarakan.

Cara kerjanya pun cukup mudah. Anda tinggal memasukkan kata kunci atau hashtag tertentu di kolom pencarian. Lalu Anda akan ditunjukkan berbagai hasil pencarian yang memungkinkan. Mulai dari tweet terpopuler, tweet terbaru, akun twitter terkait, gambar, video, berita, dan broadcast.

Jika Anda belum merasa puas dengan hasilnya, Twitter juga menyediakan opsi pencarian yang lebih lengkap. Anda bisa mengatur filter untuk menemukan tweet spesifik yang dicari. Anda bisa menambahkan filter akun yang dicari, lokasi, waktu, bahasa, rentang waktu, dan lain sebagainya.

17. Swisscows

mesin pencari selain google

Swisscows adalah mesin pencari alternatif yang berkomitmen pada keamanan privasi dan penggunaan data personal. Sama halnya seperti mesin pencari sejenis, Swisscows tidak menyimpan data personal dan riwayat pencarian dari pengguna.

Akan tetapi, komitmen Swisscows tidak hanya sampai situ saja. Mesin pencari ini juga memiliki server sendiri untuk memastikan keamanan data. Swisscows juga meletakkan data center-nya di daerah Alpen, Swiss. Wilayah ini dianggap sebagai salah satu bunker teraman di dunia. Bahkan, mesin pencari ini juga meletakkan segala sesuatu mengenai data di luar Amerika Serikat dan Uni Eropa. Hal ini dilakukan demi memastikan keamanan data.

Di samping komitmennya pada keamanan data, Swisscows juga berdedikasi pada konten-konten ramah keluarga. Mesin pencari ini menyensor konten mengandung kekerasan dan kebencian, serta pornografi. Sebagai gantinya, ia mempromosikan nilai-nilai moral dan pendidikan media digital.

Untuk fiturnya sendiri, ada dua hal menarik yang ditawarkan Swisscows. Pertama, opsi regional search. Lewat opsi satu ini Anda bisa memaksimalkan relevansi hasil pencarian sesuai dengan lokasi Anda berada. Kedua, title-like map. Fitur ini memberikan opsi filter sesuai dengan kedekatan kata kunci dengan tema yang lebih besar. Filter ditampilkan dalam kotak-kotak dengan beragam ukuran serta warna merah atau biru.

18. Ecosia

mesin pencari selain google

Keamanan privasi dan data personal hanyalah satu kelebihan dari Ecosia. Akan tetapi, daya tarik utama dari mesin pencari satu ini adalah komitmennya dalam menyelamatkan lingkungan. Ecosia menanam satu pohon untuk setiap (kira-kira) 45 pencarian yang dilakukan.

Tak hanya soal menanam pohon di daerah membutuhkan. Ecosia juga berkomitmen menjalankan operasinya dengan jejak karbon ─ gas yang dikeluarkan akibat konsumsi energi dari bahan bakar minyak atau fosil ─ seminimal mungkin. Untuk itu, Ecosia membangun panel surya khusus untuk menjalankan server 24 jam miliknya.

Untuk memastikan segala operasinya berjalan dengan fair, Ecosia juga rajin merilis laporan keuangan dan laporan penanaman pohon di beberapa negara. Kesemuanya tersedia dalam bentuk laporan bulanan dan dapat diakses publik. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir dengan tuduhan scam serta penipuan yang kerap dialamatkan pada Ecosia.

19. Boardreader

mesin pencari selain google

Boardreader merupakan mesin pencari yang unik. Berbeda dari mesin pencari pada umumnya, Boardreader didedikasikan untuk mencari grup atau forum di internet. Jadi, jika Anda mencari tempat berdiskusi dan mendapatkan informasi dengan dinamis, Boardreader adalah jawabannya.

Anda tinggal masukkan kata kunci. Lalu Boardreader akan merekomendasikan forum terkait di platform seperti Yahoo! Answers dan Reddit. Anda juga bisa menambahkan filter untuk kata kunci yang dicari. Terdapat filter jenis post, rentang waktu forum diterbitkan, bahasa dalam forum, domain, relevansi, dan jumlah hasil pencarian yang ingin ditampilkan.

Tak hanya itu saja. Boardreader juga memiliki fitur analytics yang tersedia di samping tombol filter. Fitur ini menganalisis tren dan volume pencarian untuk kata kunci yang Anda cari.

20. Ask.com

mesin pencari selain google

Ask.com sedianya adalah platfrom tanya jawab yang dibuat di tahun 1996. Kini, ia berkembang menjadi mesin pencari dengan market share terbesar keenam di dunia.

Ask bekerja sebagaimana mesin pencari pada umumnya. Anda bisa masukkan kata kunci yang dicari di kolom pencarian. Maka seketika, Ask.com akan memunculkan berbagai konten paling relevan sesuai dengan kata kunci. Terdapat dua jenis hasil pencarian yang bisa dipilih, yaitu answers atau konten dalam web dan videos.

Mesin pencari ini juga memiliki plug-in yang bisa ditambahkan ke browser Anda. Lewat software tambahan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai konten menarik langsung di dekstop Anda. Tentu saja konten yang ditampilkan akan menyesuaikan dengan topik yang Anda minati.

Mana Mesin Pencari yang Cocok untuk Anda?

Jawaban dari pertanyaan di atas kembali kepada Anda. Apa yang Anda cari dari sebuah mesin pencari? Apakah karena fiturnya yang lengkap? Apakah karena keamanan privasi dan konten yang bebas sensor? Ataukah karena fitur yang unik dan visi sosialnya?

Kami sadar setiap orang memprioritaskan fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, kami mengelompokkan 20 browser di atas dalam beberapa kategori. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memilih mana yang mesin pencari yang cocok untuk Anda.

  • Fitur setara Google ─ Bing, Yahoo! Search, Baidu, Yandex, Dogpile.
  • Privasi ─ DuckDuckGo, Search Encrypt, Qwant.
  • Konten bebas sensor ─ StartPage, Gibiru, Twitter.
  • Knowledge base dan pusat informasi ─ WolframAlpha, Wiki.com, Internet Archive, CC Search, Slideshare, Boardreader.
  • Fitur unik ─ Ecosia, Swisscows, Ask.com.

Nah, apakah sekarang Anda sudah menemukan mesin pencari jagoan? Tentu Anda tak perlu saklek memilih satu di antara banyaknya rekomendasi di atas. Anda bisa menggunakan beberapa di antaranya sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pengalaman pencarian di internet.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar serba-serbi internet dan dunia digital marketing, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah. Jangan lupa subscribe blog Niagahoster supaya tak ketinggalan info mengenai ulasan dan insight menarik lainnya.

0
Imas Indra Imas is a detail-oriented and an experimental writer. She developed her creative instinct after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Now she immerses herself in the realm of SEO and content optimization so that she can help both bloggers and business owners to find their audience online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 8 =