Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

15+ Panduan Menggunakan VPS Webuzo [Terlengkap]

5 min read

Staging WordPress di CyberPanel

Webuzo adalah salah satu control panel yang biasa digunakan pada layanan VPS. Control panel ini memiliki fitur lengkap termasuk App Auto Installer yang memudahkan Anda untuk menginstall aplikasi dengan satu kali klik saja.

Selain itu, tampilan Webuzo yang user-friendly dan sangat mirip dengan cPanel akan membuat pengguna lebih cepat beradaptasi. Tak heran, kini panel Webuzo kian diminati. Apalagi, cara instalasi dan konfigurasinya pun sangat mudah.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan Webuzo sebagai panel VPS, kami sudah merangkum panduan lengkap menggunakan VPS Webuzo untuk Anda. Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Cara Install Webuzo di VPS

Untuk menggunakan Webuzo, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan instalasi Webuzo di VPS. 

Bagi pengguna Niagahoster, Anda bisa mendapatkan layanan tambahan instalasi otomatis Webuzo ketika melakukan order VPS di Member Area.

Namun,umumnya instalasi panel Webuzo bisa dilakukan sendiri. Syaratnya, spesifikasi minimal server VPS Anda adalah sebagai berikut:

  • RAM minimal 1 GB (disarankan 2 GB untuk performa yang lebih baik)
  • Kapasitas penyimpanan setidaknya 5 GB (disarankan 10 GB)
  • Sistem operasi CentOS, Red Hat Enterprise Linux, Scientific Linux, Ubuntu LTS
  • Belum menginstal PHP, Apache dan MySQL di server

Nah, jika server Anda sudah sesuai dengan persyaratan di atas, Anda bisa langsung menginstall Webuzo hanya dengan empat langkah mudah , yaitu: menghapus instalasi web server, mengunduh webuzo, menginstall webuzo dan melakukan konfigurasi Webuzo.

2. Cara Menghubungkan Domain ke VPS Webuzo

Jika panel Webuzo sudah terinstall di VPS, Anda perlu menghubungkan domain ke VPS agar bisa diakses. Pastikan domain yang Anda miliki sudah aktif dan siap digunakan. 

Anda juga perlu menyiapkan username dan password VPS untuk login ke panel Webuzo serta IP VPS untuk menambahkan A record pada domain Anda. 

3. Menambahkan Addon Domain di Webuzo

Sama seperti panel lainnya, Anda juga bisa menambahkan addon domain di VPS Webuzo. Caranya, cukup dengan mengakses menu Add Domain di Enduser Panel pada dashboard Webuzo Anda.

Selanjutnya, isikan seluruh informasi yang diperlukan pada form Add New Domain, kemudian update Nameserver VPS Anda dengan mengikuti langkah berikutnya. Konfigurasi ini akan memakan waktu paling lama 1 x 24 jam.

4. Membuat Nameserver di Panel Webuzo

Nameserver adalah sebuah nama web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu. 

Anda bisa membuat Nameserver di Webuzo melalui panel Webuzo Admin di port 2004 dengan mengakses url IPVPS:2004. Bisa juga Anda menggunakan  port 2002  dengan mengakses panel Enduser Softaculous Webuzo di alamat IPVPS:2002.

Setelah Nameserver di Webuzo berhasil dibuat, Anda perlu mendaftarkan Nameserver tersebut di tempat Anda membeli domain. Pengguna Niagahoster bisa mendaftarkannya di Member Area.

5. Membuat Akun Email di Panel Webuzo

Jika Anda ingin menggunakan email untuk berkomunikasi dengan klien, membuat email dengan domain website sendiri adalah hal yang penting. Email dengan domain yang unik akan meningkatkan kepercayaan klien terhadap bisnis Anda.

Di Webuzo, Anda hanya perlu mengakses menu Email Account untuk membuat akun email. Nantinya, akun email yang Anda buat bisa diakses melalui aplikasi webmail bernama SquirrelMail melalui panel Webuzo.

Selain membuat akun email baru, Anda juga bisa mengubah password email dan menghapus akun email yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

6. WebMail Lite Sebagai Alternatif SquirrelMail

Secara default, email yang Anda buat di Webuzo dapat diakses melalui SquirrelMail. Namun, tidak semua pengguna menyukai tampilan antarmuka dari SquirrelMail. 

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan WebMail Lite untuk mengakses email.Tampilan WebMail Lite yang lebih user-friendly akan memudahkan pengguna untuk beradaptasi dan melakukan pengelolaan email. 

Anda bisa menginstall WebMail Lite langsung dari panel Webuzo dengan melakukan pencarian WebMail Lite di search bar Webuzo Anda.Jika Anda sudah berhasil menginstall WebMail Lite tapi masih belum bisa login juga, silakan install Dovecot di VPS Webuzo Anda. 

7. Membuat Database MySQL di Webuzo

Database berfungsi untuk menyimpan semua data di website. Maka, pengelolaan database yang baik sangatlah penting. Di panel Webuzo, Anda bisa membuat database pada menu Add Database.

Di menu Manage Databases, Anda bisa membuat database user,  melakukan setting privileges, mengubah password database user serta menghapus database. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengakses database yang Anda miliki melalui phpMyAdmin.

8. Cara Install WordPress di Webuzo

WordPress merupakan CMS populer yang masih diminati banyak pengguna. Tak heran, Webuzo menyediakan fitur instalasi WordPress sekali klik untuk memudahkan pengguna.

Namun, sebelum menginstall WordPress, Anda perlu memastikan script WordPress telah aktif pada dashboard VPS Webuzo Anda terlebih dulu. Jika sudah aktif, Anda bisa langsung melakukan instalasi dengan masuk ke menu WordPress di Webuzo. 

9. Mengubah Port SSH pada Panel Webuzo

Standarnya, port yang dipakai untuk SSH adalah port 22. Namun, port ini tidak cukup aman karena sudah diketahui banyak orang. Sehingga, memungkinkan orang lain untuk melakukan serangan brute force login ke server Anda.

Maka dari itu, penggantian port SSH perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan server Anda.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengubah port SSH di panel VPS Webuzo, yaitu mengubah port melalui PuTTY atau mengubahnya melalui panel Webuzo langsung. 

10. Mengubah Password Login Panel Webuzo

Untuk masuk ke dashboard panel Webuzo, Anda perlu login dengan username dan password akun VPS Anda. 

Nah, ketika ingin mengubah password login, Webuzo menyediakan fitur untuk mengganti password pada menu Security.

Yang perlu diingat, meskipun Anda bisa mengubah password login Webuzo, namun Anda tidak bisa mengubah user Webuzo.

11. Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi dengan FileZilla

Dengan FTP, pengguna bisa melakukan koneksi ke server dan melakukan pertukaran data dengan mudah.

Pada panel Webuzo, Anda bisa membuat akun FTP dengan dua cara, yaitu melalui menu Manage FTP atau melalui menu Add FTP Account

Selain membuat akun baru, menu Manage FTP juga bisa digunakan untuk mengubah akun FTP dan mengganti password akun FTP.Jika akun FTP sudah berhasil dibuat, Anda bisa langsung melakukan koneksi ke server dengan bantuan aplikasi client FTP seperti FileZilla.

12. Update Versi PHP di Webuzo

PHP merupakan bahasa pemrograman yang rutin merilis versi terbaru, baik untuk menambah fitur baru atau menyempurnakan versi sebelumnya. 

Melakukan update versi PHP adalah langkah yang sangat direkomendasikan. Anda dapat mengubah versi PHP di panel VPS Webuzo dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi lain.

Caranya, lakukan edit versi PHP pada menu Default Apps di Advanced Setting.

13. Install SSL Gratis Let’s Encrypt

Secure Socket Layer atau SSL adalah salah satu komponen penting untuk mengamankan proses pertukaran data pada website. 

Jika Anda menggunakan VPS Webuzo Niagahoster, Anda bisa mendapatkan SSL Let’s Encrypt secara gratis. Caranya, lakukan instalasi sertifikat SSL di menu Lets Encrypt pada panel Webuzo Anda.

Tunggulah hingga proses instalasi selesai, lalu lakukan refresh pada halaman web Anda.

14. Install SSL Berbayar Comodo Positive

Kebanyakan SSL gratis akan expired setelah 30-90 hari dan perlu diperbarui. Itu tidak akan terjadi kalau menggunakan SSL berbayar. Anda bisa menentukan sendiri waktu periode berlangganan. Sebagai contoh, Comodo SSL yang menawarkan pilihan 1-6 tahun masa langganan. 

Di panel Webuzo, Anda bisa menginstall SSL Comodo Positive melalui menu Install Certificate.

Setelah instalasi berhasil, URL HTTP Anda akan berubah menjadi HTTPS. Dengan protokol keamanan, upaya SEO website Anda akan jadi lebih mudah.

15. Install Firewall CSF di Webuzo

Firewall berfungsi untuk melindungi server dari berbagai serangan luar. Salah satu aplikasi keamanan server Linux yang dapat Anda gunakan untuk VPS adalah Config Server Security & Firewall (CSF).

Menariknya, CSF dapat Anda install langsung dari panel Webuzo melalui menu Security. Cara instalasi dan konfigurasinya pun sangat mudah untuk dilakukan.

16. Optimasi VPS Panel Webuzo

Fitur lengkap yang disediakan panel Webuzo cukup menguras resource dan  memberatkan kinerja VPS. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan cara mengaktifkan Webuzo saat sedang diperlukan saja.

Dengan melakukan ini, VPS akan menjadi lebih ringan karena hanya menjalankan service yang dibutuhkan oleh website saja. Sehingga, penggunaan resource VPS akan lebih optimal.

17. Migrasi dari cPanel ke Webuzo

Bagi Anda pengguna hosting yang ingin beralih ke VPS, Webuzo menyediakan fitur migrasi dari cPanel ke Webuzo. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lagi kesulitan untuk memindahkan data dari cPanel.

Fitur migrasi ini dapat Anda temukan pada menu Server Utilities. Kemudian, pilih Import From cPanel dan isikan detail yang diperlukan. Jangan lupa, klik submit untuk memulai proses pemindahan data. 

Tunggu hingga Anda mendapatkan notifikasi bahwa import sudah berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami sudah memberikan panduan lengkap menggunakan VPS dengan panel Webuzo. Mulai dari cara install Webuzo di VPS sampai cara melakukan migrasi website dari cPanel ke Webuzo.

Penggunaan Webuzo pada VPS memerlukan resource yang cukup besar. Oleh karena itu, selalu gunakan hosting yang menyediakan layanan untuk melakukan upgrade resource dengan mudah.

Nah, layanan Cloud VPS Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihannya. 

Dengan menggunakan layanan Cloud VPS Niagahoster, Anda bisa mulai dengan resource yang kecil dulu, kemudian upgrade layanan sesuai kebutuhan Anda kapan saja.

Selain itu, VPS Niagahoster juga menyediakan layanan Auto Deploy Panel yang memudahkan Anda untuk melakukan instalasi Webuzo. Menariknya, hal tersebut bisa dilakukan bersamaan dengan instalasi OS di dashboard VPS Niagahoster hanya dengan sekali klik saja.

Yang paling penting, fitur tersebut dapat Anda nikmati dengan harga mulai dari Rp104rb/bulan saja!

Tawaran yang sangat menarik, bukan? Yuk, mulai berlangganan VPS murah berkualitas dari Niagahoster sekarang!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *