Cara Menggunakan VPS - Niagahoster

Virtual Private Server (VPS) adalah tipe server yang menggunakan resource yang dedicated. VPS menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi resource pada hardware server fisik. Pembagian ini dilakukan secara virtualisasi sehingga pada satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS. Meskipun banyak yang sudah menggunakan layanan ini, sebagian orang masih belum tahu cara menggunakan VPS dengan baik sesuai kebutuhannya.

Beberapa layanan penyedia jasa VPS menerapkan sistem penggabungan beberapa server fisik (cluster computing) dan pembagian resource menjadi beberapa VPS.

VPS memberikan resource secara khusus pada satu layanan sehingga berbeda dengan shared hosting. Pada VPS, resource yang tersedia hanya digunakan oleh satu pengguna sehingga tidak memengaruhi pengguna lain.

Saat ini banyak penyedia layanan VPS tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. . Salah satu penyedia layanan VPS di Indonesia adalah Niagahoster. Layanan VPS sangat fleksibel sehingga penyedia biasanya memberikan penawaran paket-paket sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada artikel ini akan diulas mengenai bagaimana cara menggunakan VPS hosting.

Saya coba berikan contoh terkait layanan VPS. Di Niagahoster, misalnya, layanan yang ditawarkan adalah VPS Hosting dengan layanan Root. Apa itu layanan Root? Layanan Root memberikan akses penuh kepada pengguna untuk menggunakan VPS. Tidak ada batasan, sehingga pengguna dapat menggunakan VPS sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini,  pihak Niagahoster hanya memastikan jika layanan VPS aman dan bisa digunakan.

Sebenarnya, ada beberapa cara menggunakan VPS, seperti menggunakan panel atau tanpa panel. Berbeda lagi dengan cara menggunakan VPS Windows dikarenakan sistem operasi yang digunakan juga beda. Kebanyakan VPS panel akan menggunakan sistem operasi Linux dibandingkan dengan windows.

Cara Menggunakan VPS Tanpa Panel

VPS tanpa panel layaknya menjalankan server tanpa Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka. Bagi pemula, saya tidak menyarankan penggunaan VPS tipe ini karena Anda setidaknya harus menguasai perintah dasar Linux. Hal ini disebabkan VPS menggunakan Linux sebagai sistem operasinya.

Sebagai simulasi, Anda dapat menginstall sistem operasi server pada sebuah komputer desktop atau laptop yang diberikan IP statis, kemudian mengaksesnya dari perangkat lain menggunakan SSH.

Ada beberapa keuntungan menggunakan VPS tanpa panel:

  • Konfigurasi yang fleksibel

Jika Anda menggunakan VPS tanpa panel, maka segala bentuk konfigurasi dapat diterapkan selama perangkat keras VPS dan sistem operasi mendukung perangkat lunak yang ingin dijalankan.

  • Pengaturan keamanan

Anda dapat menerapkan aturan keamanan sesuai dengan kebutuhan VPS yang sedang dikembangkan, seperti menambahkan script, routing, dan lain sebagainya. Hal lain yang bisa saja dilakukan adalah menghilangkan akses root login, mengganti port SSH, dan menggunakan firewall. Meskipun semua konfigurasi ini juga dapat dilakukan saat menggunakan panel, akan lebih fleksibel jika tanpa panel.

  • Website yang highload

VPS tanpa panel disarankan bagi Anda yang memiliki  website dengan load cukup tinggi. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan resource VPS agar dapat digunakan di website. Saat mengelola panel, sebagian resource akan digunakan untuk menjalankan panel tersebut sehingga tidak dapat dimaksimalkan untuk website.

Cara Menggunakan VPS dengan Panel

Jika Anda masih baru dalam dunia VPS, maka saya menyarankan untuk menggunakan VPS dengan panel. . VPS dengan panel akan memudahkan Anda dalam penggunaan dan konfigurasi. Semua fitur dapat diatur menggunakan tampilan GUI yang tersedia tanpa harus berurusan dengan layar terminal atau command prompt.

Cara menggunakan VPS dengan panel tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan cara menggunakan VPS tanpa panel. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum memutuskan menggunakan VPS dengan panel.

Saat ini sudah banyak panel yang ditawarkan oleh penyedia layanan VPS untuk menjalankan server Anda. Berikut ini adalah daftar panel yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan VPS, khususnya layanan hosting.

  • Webuzo Panel

cara menggunakan vps webuzo

Webuzo merupakan single user control panel yang biasanya digunakan pada layanan VPS. Panel Webuzo banyak digunakan oleh pengguna VPS karena fiturnya yang lengkap dan user-friendly. Tidak hanya itu, instalasi Webuzo juga cukup mudah.

Webuzo menyediakan banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun website: managemen domain, managemen user File Transfer Protocol (FTP), managemen database yang menggunakan MySQL dan Rockmongo, managemen DNS Zone, managemen MXEntry records, managemen CRON, Advanced Security menggunakan IP Block, CSR, Private keys.

Ketika instalasi berhasil dilakukan, secara default, webuzo memiliki beberapa paket yang telah terinstal. Webuzo akan menjalankan konfigurasi database, mail server, FTP, dan beberapa service penting lainnya.

Adapun kelebihan panel Webuzo sebagai berikut:

  • Proses instalasi yang mudah

Proses instalasi Webuzo cukup mudah untuk diikuti karena sudah tersedia file berisi script perintah instalasi. . Jadi, Anda tinggal menjalankan script instalasi tersebut. Setelah selesai, secara otomatis Webuzo terinstal pada VPS yang Anda kelola.

  • Tampilan yang user-friendly

Tampilan Webuzo juga cukup mudah untuk dipahami. Penempatan menunya sesuai dengan fitur yang disediakan. Jika Anda sudah familiar dengan cPanel, saya rasa tidak akan kesusahan untuk memahami tampilan dari Webuzo.

  • Ada versi gratisnya

Webuzo menyediakan versi gratis, tapi tentu saja ada batasannya. Tidak semua fitur bisa digunakan dalam versi gratis ini.

  • Terdapat Softaculous yang memiliki banyak modul untuk berbagai macam aplikasi.

Adanya Softaculous membuat panel ini cukup menarik untuk digunakan. Softaculous memilikii banyak modul yang dapat diinstal menggunakan klik mouse, mulai dari modul PHP, Apache sampai dengan instalasi WordPress maupun CMS lainnya.

Ada minimal persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan panel Webuzo pada VPS Anda:

  • yum / apt-get / tar / wget sudah terinstall
  • VPS belum diisi atau masih dalam keadaan fresh instal
  • RAM minimum 512MB (direkomendasikan 1GB)
  • Disk space minimum 5GB (direkomendasikan 10GB)

Selain Webuzo, ada panel lain yang cukup terkenal dan sudah banyak digunakan oleh banyak pengguna VPS hosting, yaitu WHM.

  • Web Host Manager (WHM)

cpanel whm logo cara menggunakan vps

Berbeda dengan Webuzo yang hanya single-user, WHM dapat membuat beberapa user dalam satu panel. Web Host Manager (WHM) merupakan aplikasi sangat lengkap yang mengizinkan pengguna untuk mengakses back-end dari cPanel. Aplikasi ini dapat Anda pasang pada VPS yang sudah aktif dan membuat akun cPanel sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat membuat dan menghapus beberapa akun cPanel dalam satu panel WHM. WHM memberikan banyak pengaturan dan fleksibilitas untuk mengatur beberapa website dalam satu waktu. Ada banyak alasan yang menarik untuk menggunakan WHM, salah satunya adalah dapat menawarkan layanan penyedia hosting sendiri (reseller hosting).

Ada beberapa fitur WHM yang perlu diketahui, seperti pengaturan dasar WHM/cPanel, Nameserver IPs, konfigurasi resolver, konfigurasi Apache dan masih banyak lagi. Lihat daftar fitur WHM untuk mengetahui fitur-fitur lainnya.

Di bawah ini merupakan kelebihan panel WHM:

  • Keamanan maksimal

Terdapat fitur automated deployment yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pengaturan pada WHM. Fitur ini memudahkan Anda dalam proses maintenance dengan melakukan update keamanan dan aplikasi secara berkala.

  • Terdapat fitur monitoring

Sebuah server tentunya harus berjalan selama 24 jam dalam satu hari sehingga perlu pengawasan yang memadai. WHM menyediakan fitur untuk melakukan pengawasan service apa saja yang berjalan di server, seperti disk space, bandwidth, dan lain sebagainya. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan jika salah satu akun tidak menggunakan resource secara berlebihan.

  • Pengoperasian yang mudah

WHM menggunakan tampilan antarmuka, menggantikan fungsi teks command (perintah layaknya command promp) yang cukup membingungkan saat melakukan konfigurasi. Antarmuka yang disediakan lebih praktis dan mudah digunakan. Jadi, jika Anda merupakan pengguna baru VPS, maka sebaiknya gunakan VPS hosting dengan panel WHM. . Selain fiturnya yang lengkap, panel ini juga memiliki antarmuka yang mudah dipelajari, bahkan bagi pengguna baru.

  • Manajemen akun lebih mudah

Pengelola server mendapatkan kemudahan dalam menggunakan WHM karena panel ini bisa dimanfaatkan untuk mengelola server ketika Anda hendak melakukan pengaturan, pembuatan, penghapusan, dan penonaktifan sementara semua akun cPanel.

  • Support reseller

Fitur terakhir ini memberikan kesempatan pada Anda untuk menyediakan hosting bagi pengguna lain.  Manfaatkan fitur Reseller Management System untuk membuat akun reseller. . Nantinya akun reseller ini memiliki satu panel cPanel untuk mengelola website yang terdaftar. . Satu akun mampu mengelola akses ke semua domain DNS zone, melakukan pengaturan hosting, dan control panel hosting. Semuanya dapat diakses melalui satu akun.

Penutup

Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara menggunakan VPS, yaitu dengan panel dan tanpa panel. Untuk pemula, menggunakan VPS dengan panel dirasa akan lebih mudah dibandingkan dengan tanpa panel. Pada VPS tanpa panel, seluruh konfigurasi harus dilakukan dengan menggunakan teks command. Sementara itu,  jika menggunakan VPS dengan panel, maka seluruh konfigurasi akan dimudahkan dengan tampilan antarmuka panel yang tidak sulit untuk dipahami.

Artikel ini mengenalkan panel Webuzo dan panel WHM. Kedua panel ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Panel Webuzo lebih murah dibandingkan dengan panel WHM. Namun, di sisi lain, selain  mampu membuat beberapa user dalam satu panel, WHM juga bisa dimanfaatkan sebagai reseller cPanel. Sehingga pengguna dapat menjadi penyedia layanan hosting bagi penyedia lainnya.

Cukup sekian dulu ulasan mengenai cara menggunakan VPS. Mohon maaf jika masih ada kekurangan. Jika ada saran atau tambahan lain, bisa disampaikan melalui komentar, ya 😀 dan jangan lupa subscribe :’D

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.

two + nine =