Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

WHM : Pengertian, Manfaat, Fitur dan Perbedaannya dengan cPanel

5 min read

Featured image vps kvm

Anda mungkin sedang bertanya: apa itu WHM? Anda juga heran kenapa panel ini sering dikaitkan dengan cPanel yang merupakan control panel hosting yang populer? Nah, apa sih sebenarnya perbedaan keduanya? 

Wah, banyak sekali pertanyaan yang perlu dijawab, ya. Tenang saja, semuanya akan kami bahas lengkap di artikel ini, kok. 

WHM adalah panel yang digunakan untuk mengelola akun cPanel sehingga Anda bisa memonitor banyak cPanel hanya dari satu panel saja. Agar lebih jelas, yuk langsung saja simak artikel lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Cara Membuat Akun cPanel di WHM

Apa Itu WHM?

Web Host Manager atau biasa disebut WHM adalah panel manajemen akun untuk cPanel. Dengan kata lain, WHM adalah panel administrator akun cPanel. 

Jadi, tak heran lagi kan kalau WHM selalu dikaitkan dengan cPanel?

Anda bisa memantau penggunaan resource cPanel, melakukan pengaturan, dan memodifikasi akun cPanel langsung dari WHM dengan mudah. Bahkan, dengan satu akun WHM, Anda bisa mengelola banyak akun cPanel.

Penggunaan panel ini sangat cocok bagi Anda yang perlu melakukan monitoring terhadap banyak akun cPanel. Misalnya, untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis reseller hosting.

Panel ini biasanya digunakan pada layanan hosting Virtual Private Server (VPS). Alasannya, VPS memiliki kontrol penuh terhadap server dan resource yang lebih besar dari shared hosting. Sehingga, akan lebih mudah dalam membagi resource pada setiap akun cPanel nantinya.

Nah, Anda sudah mengetahui apa itu WHM. Sekarang, sebagai sebuah manajemen akun cPanel, sebenarnya apa saja manfaat WHM yang bisa menjadi alasan mengapa Anda perlu mulai menggunakannya?

Manfaat WHM

Panel yang digunakan pada VPS ini memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Manajemen akun cPanel lebih terkendali. Anda bisa melakukan pemantauan aktivitas pada setiap cPanel dengan mudah. Bahkan, Anda juga bisa mengatur bandwidth dan disk space yang digunakan untuk setiap akun cPanel.
  • User-friendly. Tampilannya yang ramah pengguna akan membuat Anda lebih cepat beradaptasi dengan WHM. Kontrol panel dengan Graphic User Interface (GUI) ini memudahkan Anda untuk melakukan konfigurasi server, bahkan untuk Anda yang tidak memiliki latar belakang teknis sekalipun. 
  • Cepat. Membuat akun cPanel dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik saja. Tak hanya itu, semua proses untuk mengatur atau memonitor akun cPanel pun dapat langsung dilakukan dengan mudah dan cepat pada dashboard WHM.
  • Aman. Anda akan membuat akun cPanel yang berbeda untuk setiap domain. Sehingga, jika ada satu domain yang diretas, maka domain yang lainnya tidak akan terpengaruh dan akan tetap aman. 
  • Memiliki banyak fitur. Panel ini memiliki banyak fitur untuk melakukan pengelolaan akun cPanel, seperti menyediakan CMS untuk pengguna cPanel, plugin cPanel, fitur backup, dll.
  • Kompatibel dengan berbagai browser. WHM cPanel dapat berjalan di berbagai browser seperti Opera, Safari, Mozilla Firefox, Chrome dan Internet Explorer.
  • Harga lebih murah. Dengan WHM cPanel yang sederhana dan mudah digunakan, Anda bisa meminimalkan biaya operator teknis dan system administrator. Anda juga bisa membuat banyak akun cPanel dengan satu akun WHM saja. Dengan harga yang lebih murah, Anda akan mendapat keuntungan berlipat.
  • Bisa digunakan untuk menjadi reseller hosting. Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis reseller hosting, menggunakan WHM adalah pilihan yang tepat. Di WHM, Anda bisa membuat akun cPanel baru dan menjualnya pada user lain.
  • Bisa digunakan untuk branding bisnis Anda. Memiliki fitur kustomisasi brand untuk melakukan modifikasi pada style dan branding bisnis reseller hosting Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki interface unik yang menjadi identitas dari bisnis Anda.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa manfaat WHM. Selanjutnya, yuk pelajari fitur apa saja yang disediakan WHM dan kegunaannya!

Fitur dan Kegunaan WHM

tampilan dashboard panel WHM

Berikut ini adalah beberapa fitur dan kegunaan WHM:

1. Membuat, Menghapus dan Menangguhkan Akun cPanel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WHM memungkinkan Anda membuat banyak akun cPanel. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses fitur Create A New Account. Anda bisa membuat halaman default untuk setiap akun yang dibuat.

Selain itu, Anda juga memiliki otoritas untuk menghapus ataupun melakukan suspend (menangguhkan akun) terhadap akun cPanel tertentu pada fitur List Accounts. Hal ini bisa dilakukan jika klien Anda melanggar persetujuan ataupun masa berlaku akun telah habis.

2. Mengakses DNS Zones pada Semua Domain di WHM

WHM memungkinkan Anda untuk mengakses DNS Zones pada semua domain. Hal ini dapat dilakukan karena Anda merupakan admin dari semua akun hosting yang Anda miliki.

3. Melakukan Monitoring Server

fitur monitoring server

Anda bisa melakukan pemantauan aktivitas server langsung melalui WHM dengan fitur berikut ini:

  • Process Manager: Berfungsi untuk melacak semua proses yang sedang berjalan pada server.
  • Service Manager: Berfungsi untuk  mengelola aktivitas yang berlangsung di background (background activity).
  • Show Current Disk Usage: Berfungsi untuk menunjukkan besarnya penggunaan kapasitas ruang penyimpanan.

4. Menginstal dan Mengelola SSL

SSL merupakan komponen penting untuk website. Apalagi kalau Anda adalah seorang reseller hosting, tentunya menyediakan SSL sebagai perlindungan keamanan website untuk klien adalah hal yang sangat dianjurkan.

Klien tentu akan memilih hosting dengan fitur dan layanan yang lengkap, kan?

Oleh karena itu, untuk mendukung bisnis Anda, WHM memiliki fitur SSL/TLS yang bertujuan untuk menginstal dan mengelola SSL.

5. Melakukan Kustomisasi Brand untuk Bisnis Anda

Meskipun sebagai reseller hosting Anda tidak menjual produk sendiri, tapi Anda tetap bisa melakukan kustomisasi brand agar bisnis hosting terlihat sebagai milik Anda sendiri.

Fitur Customization di WHM adalah solusinya, fitur ini mendukung Anda untuk bisa melakukan modifikasi brand. Anda bisa menambahkan logo sendiri, link ke dokumentasi, mengatur tampilan cPanel juga menambahkan profil umum perusahaan/bisnis Anda. 

6. Mengatur Paket Hosting yang Ditawarkan

Kalau Anda ingin mulai menjalankan bisnis sebagai reseller hosting, Anda bisa menyediakan berbagai paket hosting untuk ditawarkan pada klien Anda. 

WHM menyediakan kemudahan untuk mengatur resource dengan kapasitas yang berbeda untuk setiap paket hosting yang Anda tawarkan. 

Sehingga, Anda bisa memiliki beragam paket hosting dengan harga bervariasi tergantung besarnya resource (ruang penyimpanan atau storage) yang digunakan. 

Selain itu, WHM juga memudahkan Anda untuk menyediakan fitur upgrade domain pada layanan hosting tanpa memindahkan semua file yang telah ada.

7. Melakukan Transfer File ke WHM

WHM memungkinkan Anda sebagai reseller hosting untuk membantu klien melakukan transfer file website dari hosting sebelumnya ke hosting Anda.

8. Melakukan Backup File

WHM memiliki fitur Backup otomatis yang bisa Anda aktifkan untuk setiap akun cPanel yang Anda miliki. Nantinya, semua data hasil backup akan diunggah ke tempat penyimpanan Cloud (Cloud Storage) seperti Google Drive, WebDAV, dll. 

9. Mengamankan Domain

fitur cpHulk di WHM untuk mengamankan domain dari serangan brute force

Di WHM, Anda bisa mengamankan domain dari serangan pihak luar dengan mengaktifkan fitur cPHulk Brute Force Protection. Fitur ini akan melindungi cPanel dari brute force login yang mungkin dilakukan oleh peretas situs Anda.

10. Market Provider Manager

Market Provider Manager merupakan fitur yang dibutuhkan terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis reseller hosting. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan dan mengelola produk yang bisa dibeli klien melalui cPanel, seperti sertifikat SSL maupun layanan upgrade paket hosting.

11. Menyediakan CMS untuk cPanel

Dengan fitur Manage cPAddons Site Software, Anda bisa menyediakan beberapa pilihan Content Management System (CMS) di cPanel klien Anda. Nah, CMS ini dapat menjadi keunggulan hosting Anda, karena bisa memudahkan klien untuk melakukan manajemen konten website mereka.

12. Menyediakan Plugin untuk cPanel

WHM menyediakan fitur untuk mengelola plugin cPanel pada menu Manage Plugins. Beberapa plugin yang kompatibel dengan cPanel adalah Munin (untuk monitoring server), ClamAV (sebagai perlindungan terhadap virus) dan Solr (teks indeks).

13. Melakukan Modifikasi Server

WHM memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk menambah ataupun melakukan modifikasi pada berbagai hal di server Anda. Misalnya, mengubah default tema halaman login, perubahan pesan notifikasi sampai perlindungan terhadap spam.

Perbedaan cPanel dan WHM

Setelah mengetahui apa itu WHM, manfaat dan juga kegunaan WHM, kami merangkum beberapa perbedaan cPanel & WHM dalam tabel berikut ini:

ParametercPanelWHM
Panel KontrolControl panel yang digunakan oleh end-user untuk mengatur akun hosting pribadiControl panel yang digunakan oleh pengguna untuk mengatur banyak akun cPanel (biasanya digunakan reseller hosting)
AccessHanya mengizinkan akses ke akun web hosting milik pribadi sajaMengizinkan akses ke root
Port NumberPort 2083Port 2087
Passwords ResetDapat diubah dan diatur ulang oleh end-user (customer) tanpa mempengaruhi apapunKetika password WHM diubah, maka password cPanel semua klien juga akan ikut berubah.
DomainsBisa menambah dan menghapus Addon Domain ataupun SubdomainHanya bisa menambahkan domain, tidak bisa Subdomain

Kesimpulan

Pada artikel ini, Anda sudah mengetahui apa itu WHM, manfaat WHM, fitur dan juga perbedaannya dengan cPanel. 

Singkatnya, cPanel adalah control panel yang digunakan oleh end-user untuk mengelola akun hosting pribadi. Sedangkan WHM adalah panel admin dari cPanel yang biasa digunakan oleh reseller hosting untuk mengelola beberapa akun cPanel. 

WHM memiliki banyak fitur, diantaranya fitur monitoring server, fitur backup, dan CMS untuk cPanel yang dikelola. Fitur-fitur tersebut juga ditampilkan dengan antarmuka yang user-friendly sehingga proses pengelolaannya menjadi mudah.

WHM adalah panel yang powerful, tapi tetap harus didukung dengan menggunakan VPS yang mumpuni. Tentu saja, layanan VPS Cloud Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat.

VPS Niagahoster menyediakan pilihan control panel yang beragam, cPanel WHM adalah salah satunya. 

Anda juga bebas mengkombinasikan panel yang Anda gunakan dengan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, Cloud VPS Niagahoster menggunakan Cloud System dengan SSD yang membuat performa server menjadi lebih cepat dan andal.

Niagahoster juga menjamin uptime sebesar 99.98%, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan downtime. Dengan begitu, semua cPanel yang Anda kelola pun akan aman terkendali.

Menariknya, semua fitur di atas bisa Anda nikmati dengan harga mulai dari Rp104rb/bulan saja. Cukup murah, bukan?

Yuk, mulai gunakan panel WHM di Cloud VPS Hosting Niagahoster sekarang juga!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *