Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Apa Itu cPanel dan Cara Menggunakannya? (Tersedia Ebook)

4 min read

Apa itu cPanel dan Cara Menggunakannya_blog

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai apa itu cPanel dan cara menggunakannya. Setelah mengetahui segala fitur, manfaat dan fungsi cPanel akan saya bahas mengenai cara menggunakan cPanel untuk server Anda. Di akhir artikel ini saya memiliki tautan untuk mengunduh ebook cPanel. Keduanya gratis, hanya untuk Anda.

Apa Itu cPanel Hosting?

cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting yang meliputi manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya. Tanpa cPanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. cPanel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan.

cPanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel meliputi Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

cPanel Hosting Dashboard 

Apa itu cPanel - 1

Melalui dukungan tersebut, cPanel hosting Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Melakukan pengaturan PHP dan Apache Handler.
  • Mengelola email yang mengarah ke domain Anda.
  • Melakukan upload/restore/backup file website.

Fungsi dan fitur cPanel secara lengkap akan  saya bahas pada bagian selanjutnya.

Fungsi & Manfaat cPanel

Secara sederhana, fungsi cPanel adalah untuk memudahkan pengelolaan website yang ada dalam akun hosting Anda. cPanel sangat memudahkan konfigurasi yang berkaitan dengan domain dan hosting. Di samping itu, cPanel juga dapat menambahkan beberapa aplikasi tambahan yang perlu dipasang guna mendukung website agar bekerja dengan baik.

Bandingkan tampilan berikut.

Tampilan cPanel untuk mengakses file manager.

Apa itu cPanel - Halaman public html

Tampilan teks perintah, yang fungsinya sama untuk mengakses file manager.

Apa itu cPanel - Terminal Public HTML

Pengguna yang sebelumnya belum pernah mengenal Linux kemungkinan besar akan kebingungan melihat gambar yang diatas. Gambar kedua merupakan gambar yang sama-sama menampilkan file website, fungsinya juga sama dengan gambar yang pertama. Hanya saja, gambar kedua menggunakan teks perintah untuk mengaksesnya.

Jadi, fungsi cPanel pada hakikatnya adalah mempermudah pengguna. Mempermudah di bagian apa?

  1. Mempermudah pengelolaan file website;
  2. Mempermudah pengaturan website;
  3. Mempermudah pengaturan dan manajemen email;
  4. Mempermudah pengelolaan domain;
  5. Mempermudah mengelola database;
  6. Mempermudah konfigurasi modul PHP yang dipakai;
  7. Mempermudah pengaturan keamanan pada hosting;
  8. Mempermudah proses backup dan restore website.

Supaya lebih jelas mengenai manfaat dan fungsi cPanel, pada bagian ini saya akan menjelaskan mengenai apa saja fitur penting yang ada di cPanel.

Baca juga: Cara Setting DNS di cPanel dengan Mudah

Cara Menggunakan cPanel di Hosting

Sebagai panel kontrol yang banyak digunakan oleh beragam penyedia layanan hosting dan domain. Tentu saja ada banyak fitur cPanel yang banyak dibutuhkan oleh penggunanya. Setelah Anda mengetahui apa itu cPanel, Anda harus mengetahui fitur-fitur yang terdapat di cPanel. 

Berikut ini adalah beberapa fitur cPanel di hosting yang bisa Anda manfaatkan berdasarkan fungsi dan manfaatnya.

1. Mempermudah Pengelolaan File Website

Tampilan menu Files di cPanel

Apa itu cPanel - 3 Files

Pada cPanel terdapat fitur pengelolaan file yang bisa digunakan untuk menghapus, menyunting, dan menyalin file website yang ada di hosting. Selain itu, terdapat juga pengaturan FTP yang bisa Anda gunakan untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa harus login cPanel terlebih dahulu.

2. Mempermudah Pengelolaan Domain

Tampilan menu Domain di cPanel

Apa itu cPanel - 5 Domain

Salah satu menu cPanel mengizinkan Anda untuk melakukan pengaturan domain. Menu tersebut berisi fitur addon domain, subdomain, redirect, dan lain sebagainya. Fitur yang tersedia di sana dapat dimanfaatkan untuk mengatur bagaimana cPanel menangani permintaan pada saat browser mengakses domain Anda.

3. Mempermudah Pengaturan & Manajemen Email

Tampilan menu Email di cPanel

Apa itu cPanel - 6 Email

cPanel juga menyediakan menu berisi beragam fitur yang berhubungan dengan email. Anda dapat membuat alamat email baru dengan nama domain Anda sendiri di sini. Selain itu, terdapat juga fitur untuk membuka dan melihat email masuk, lengkap dengan kapasitas penyimpanan yang dipakai pada setiap akun email.

4. Mempermudah Pengaturan Website (SEO)

Tampilan menu SEO di cPanel

Apa itu cPanel - 7 SEO

Di salah satu menu yang terdapat di daftar fitur cPanel ada beberapa fitur mengenai Search Engine Optimization (SEO). Fitur ini akan memberikan panduan untuk Anda mengenai hal apa saja yang perlu Anda lakukan guna meningkatkan kualitas SEO di website.

5. Mempermudah Pengelolaan Database

Anda juga dapat mengelola database melalui menu yang terdapat di cPanel. Salah satu fitur yang terdapat dalam menu database adalah fitur untuk membuka phpMyAdmin. Dalam menu tersebut, Anda juga bisa menambahkan menghapus database yang ada serta memberikan hak akses kepada akun yang berwenang.

6. Mempermudah Konfigurasi Modul PHP yang Digunakan

Tampilan fitur untuk mengatur PHP di cPanel

Apa itu cPanel - 9 PHP

Salah satu bagian paling penting dalam web hosting adalah kemampuannya untuk bisa menjalankan sistem atau website dengan baik. Persyaratan yang biasanya perlu disesuaikan adalah versi PHP yang digunakan berikut modul-modul yang tersedia. cPanel mampu memberikan kemudahan itu dengan menyediakan fitur pemilihan versi PHP yang ingin digunakan. Bahkan Anda bisa melakukan instalasi sendiri  PHP Extension dari file terpisah.

7. Mempermudah Pengaturan Keamanan pada Hosting

Tampilan menu keamanan yang ada di cPanel

Apa itu cPanel - 10 Keamanan

cPanel mampu mempermudah pekerjaan Anda dalam mengatur keamanan pada website Anda sehingga Anda dapat terhindar dari tindak kejahatan di dunia maya. Anda juga dapat menginstal SSL pada menu ini. Keamanan yang dimaksud adalah keamanan engkripsi SSL yang dapat mengenkripsi pertukaran data yang terjadi pada halaman website.

8. Mempermudah Proses Backup dan Restore Website

Tampilan menu backup dan restore di cPanel

Apa itu cPanel - 3 Files (1)

Fitur cPanel penting lainnya adalah kemampuan melakukan backup dan restore. Anda bisa menikmati fasilitas full backup yang langsung mem-backup seluruh data termasuk database. Ini tentu sangat membantu.

Baca juga: Cara Membuat cPanel di WHM

Apakah Beli Hosting Gratis cPanel?

Ketika Anda menggunakan layanan hosting, Anda sudah mendapatkan cPanel gratis. Setelah melakukan aktivasi akun hosting, Anda bisa langsung mengelola website Anda melalui cPanel.

cPanel bisa Anda akses melalui DomainAnda/cpanel. Namun, jika Anda menggunakan layanan Niagahoster, Anda bisa langsung menuju cPanel melalui member area. Detailnya bisa Anda ikuti di panduan 

https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-login-cpanel-akun-hosting-di-niagahoster

Ebook cPanel Hosting Untuk Anda

Niagahoster menyediakan ebook yang berisi kumpulan tutorial mengenai cPanel yang bisa Andaunduh secara gratis. Semuanya lengkap di sini, ada berbagai macam panduan yang dapat memaksimalkan penggunaan cPanel untuk mengelola hosting.

Kesimpulan

cPanel merupakan panel kontrol yang mempunyai banyak fitur yang sangat membantu pengguna dalam hal pengelolaan web hosting. Tidak hanya sebatas pengelolaan website saja,  pengguna juga memiliki keleluasaan dalam mengelola email yang masuk ke domain mereka.

Dibandingkan dengan teks perintah yang cukup sulit untuk dipahami, cPanel memberikan solusi praktis yang bisa langsung dipelajari dengan mudah. Anda juga dapat mencoba untuk melihat fitut-fitur yang ada pada cPanel melalui halaman demo cPanel. Niagahoster bisa menjadi pilihan tepat untuk cPanel hosting Anda. 

Baca juga: Cara Pindah Hosting Antar cPanel

Terima kasih telah membaca artikel mengenai apa itu cPanel dan cara menggunakannya. Jika masih ada pertanyaan mengenai apa itu cPanel jangan sungkan untuk menanyakannya melalui komentar di bawah. Semoga setelah membaca artikel ini Anda sudah mengerti mengenai fungsi cpanel, pengertian cpanel, dimana download cpanel, manfaat cpanel, apa itu cpanel dan cara menggunakannya. Informasi lebih lengkap berikut panduannya bisa Anda dapatkan di ebook cPanel yang saya bagikan.

Cara Membuat Email di cPanel

3
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

2 Replies to “Apa Itu cPanel dan Cara Menggunakannya? (Tersedia Ebook)”

    1. Halo Priyan,

      Apa informasi kesalahananya?
      Jika sudah tidak bisa dengan username dan password yang benar.
      Kami sarankan untuk menghubungi Customer Support di mana hosting Anda berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + five =