Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Pengertian Bandwidth dan Fungsinya (Lengkap)

4 min read

pengertian bandwidth

Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Kata bandwidth sering kita dengar apalagi saat membahas mengenai topik Virtual Private Server (VPS). Apa pengertian bandwidth internet itu?

Pada artikel ini nanti saya akan membahas mengenai pengertian bandwidth, fungsi bandwidth, cara kerja bandwidth, dan yang terakhir adalah hubungan bandwidth dengan VPS. Bandwidth yang akan dibahas pada artikel ini nanti adalah bandwidth yang ada pada internet, bukan yang lainnya.

Apa Itu Bandwidth Internet?

Bandwidth adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu. Pengertian lain dari bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Jadi bandwidth internet merupakan kapasitas maksimal jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Terdapat juga istilah Bandwith Analog. Bandwidth Analog adalah perbedaan antara frekuensi paling rendah dan frekuensi paling tinggi pada suatu rentang frekuensi yang dapat diukur dengan satuan Hertz (Hz) untuk mengetahui data atau informasi yang dapat ditransmisikan pada suatu waktu.

Bandwidth sering dianalogikan dengan lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat maka lalu lintas akan semakin lancar. Kebalikannya, jika kendaraan yang lewat banyak maka lalu lintas di jalan tersebut akan tersendat sehingga akan mempengaruhi aktivitas kendaraan lain.

Semakin besar jalan (bandwidth) maka akan semakin banyak pula kendaraan yang dapat melaluinya. Maka tidak salah jika bandwidth menjadi pertimbangan pengguna jaringan internet. Dikarenakan semakin besar bandwidth maka semakin cepat pertukaran data yang terjadi dan semakin banyak data yang dapat melaluinya dalam satu waktu.

Fungsi Bandwidth

Jika dibagi kembali ada beberapa fungsi yang berhubungan dengan bandwidth berdasarkan perannya dalam jaringan internet. Apa itu fungsi bandwidth? Berikut ini adalah beberapa fungsi bandwidth yang dibagi berdasarkan penggunaannya.

1. Ukuran Media Pengiriman Data

Fungsi bandwidth yang pertama adalah sebagai ukuran media atau jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu komputer atau jaringan tertentu. Fungsi ini hampir berlaku di semua tempat yang memiliki jaringan komputer.

Bandwidth sangat berguna apalagi jika berhubungan dengan distribusi jaringan. Ukuran bandwidth umumnya digunakan sebagai patokan pengguna untuk memilih provider atau penyedia layanan yang berhubungan dengan koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, maka terlihat semakin baik pula layanan yang diberikan.

2. Membagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi lain bandwidth adalah sebagai pembagi kecepatan transfer data. Sehingga kecepatan yang dimiliki dapat didistribusikan secara adil ke seluruh pengguna. Pembagian ini juga untuk membatasi agar antar pengguna tidak saling berebut bandwidth.

Jika tidak dibagi maka bisa jadi seluruh bandwidth yang dialokasikan ke jaringan tersebut hanya dipakai oleh satu pengguna saja dan pengguna lain tidak mendapatkan. Misalnya pada saat mengunduh file dari internet yang sangat besar.

Pada saat melakukan proses mengunduh maka akan terjadi permintaan data yang cukup besar dan tentu saja itu akan membanjiri bandwidth pada jaringan. Jika tidak dibatasi, maka koneksi pengguna lain akan lambat atau bahkan tidak dapat terkoneksi sama sekali. Apalagi yang melakukan pengunduhan menggunakan ‘download manager’ tertentu.

3. Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator jaringan terkadang melakukan pembatasan besar data yang dapat diakses atau diunduh dari internet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengganggu stabilitas jaringan karena mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Itulah fungsi-fungsi bandwidth yang sedikit banyak bisa memberikan gambaran umum untuk memahami bandwidth. Meskipun sebenarnya bandwidth adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kapasitas besarnya kabel ethernet atau besarnya jaringan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Account Suspended pada Hosting

Contoh Bandwidth Pada Komputer

Yang dimaksud bandwidth dalam jaringan komputer adalah kecepatan suatu jaringan melakukan transfer data yang dihitung per detik. Pengukuran kecepatan dalam bits per second. Sebagai contoh apabila kita menggunakan koneksi Local Area Network (LAN), maka kecepatan transfer datanya mencapai 100 mbps. Semakin besar bandwidth sebuah jaringan semakin cepat pula data yang ditransfer.

Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis yaitu:

1. Badwidth Digital

Satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second dalam sebuah jaringan yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa hambatan. Bandwidth ini mengirimkan informasi secara digital, baik melalui saluran kabel atau tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

2. Bandwidth Analog

Fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakan adalah satuan hitungnya menggunakan  Hertz.

Contoh Bandwidth Pada Hosting

Apa itu pengertian bandwidth pada hosting? Jika Anda membuka halaman penyedia hosting pasti akan menemukan kata bandwidth di sana. Bandwidth yang tertera pada layanan hosting tersebut biasanya digunakan untuk menentukan berapa banyak besar pertukaran data yang terjadi pada akun hosting.

Akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang ditentukan maka akan ter-suspend atau websitenya tidak bisa diakses dalam waktu tertentu. Itu dulu. Saat ini, layanan hosting sudah tidak menerapkan peraturan seperti ini lagi. Contoh bandwidth yang diterapkan oleh Niagahoster  yang memberikan web hosting murah unlimited bandwidth untuk penggunanya dengan harga terjangkau.

Baca juga: Cek Bandwidth cPanel

Niagahoster memberikan unlimited disk space dan bandwidth (data transfer) pada paket pelajar, personal dan bisnis. Ini berarti bahwa Niagahoster tidak akan menetapkan batas khusus untuk sumber daya dan Anda dapat menggunakan sumber daya yang dibutuhkan.

Bandwidth Pada VPS

Berbeda dengan layanan hosting, pada Virtual Private Server (VPS) peraturan penggunaan bandwidth masih digunakan. Besarnya batasan bandwidth yang dapat dipakai tergantung dari paket yang digunakan. Biasanya semakin bagus paket, maka semakin besar bandwidth yang didapatkan dalam satu VPS.

Apa itu bandwidth

Sebagai contoh, di atas adalah besarnya bandwidth pada salah satu paket di Niagahoster yang ditawarkan. Di sana diberikan keterangan bahwa kapasitas bandwidth untuk paket tersebut adalah 3000 GB. Artinya keseluruhan data yang masuk dan keluar dalam satu bulan harus tidak lebih dari 3000 GB.

VPS yang sudah melebihi kapasitas bandwidth yang ditentukan maka kecepatannya akan berkurang. Jadi jika VPS yang digunakan merupakan cloud VPS hosting dan digunakan untuk menjalankan beberapa website, maka kecepatan akses website akan melambat. Biasanya perhitungan banyaknya bandwidth yang digunakan pada VPS akan diatur ulang setelah satu bulan penggunaan.

Baca juga : Cara Menggunakan VPS

Pengecekan Penggunaan Bandwidth VPS Linux

Anda dapat melakukan pengecekan penggunaan bandwidth pada VPS Linux langsung melalui teks perintah dengan menggunakan aplikasi vnstat. Aplikasi ini belum tersedia pada saat melakukan instalasi sistem operasi, jadi harus diinstal dulu menggunakan beberapa baris perintah.

Akses VPS menggunakan SSH menggunakan username dan password yang ada.

  • RHEL/CentOS/Fedora

$ yum install vnstat

  • Debian/Ubuntu/Mint

$ sudo apt-get install vnstat

Baca juga: Cara Menggunakan SSH

Setelah selesai, penggunaannya cukup mudah, cukup ketikan vnstat pada teks perintah. Hasilnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

pengertian bandwidth - vnstat

Source: howtoforge.com

Keterangan:

    • Rx : Transfer bandwidth masuk (download)
    • Tx : Transfer bandwidth keluar (upload)
    • Estimated : Perkiraan konsumsi bandwidth dihitung dari awal bulan

Istilah-istilah yang Terkait Bandwidth

Selain pengertian bandwith yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini ada istilah-istilah lain yang biasanya berhubungan dengan pengertian bandwidth:

  • Egress bandwidth adalah atribut yang digunakan untuk menentukan kecepatan unggah (upload). Egress bandwidth merupakan kebalikan dari ingress. Ingress merupakan kecepatan mengunduh pada jaringan internet.
  • Manajemen bandwidth adalah istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang dapat digunakan oleh suatu institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.
  •  
  • Unmetered bandwidth adalah jumlah traffic, transfer data (upload dan download) untuk mengakses akun ataupun situs anda baik yang anda lakukan sendiri ataupun oleh pengunjung situs tidak dibatasi.

Kesimpulan

Pengertian bandwidth merupakan penjelasan yang tidak bisa lepas dari hal-hal yang berhubungan dengan jaringan internet. Sedangkan dalam pemilihan layanan yang berhubungan dengan pertukaran data seperti hosting dan VPS, bandwidth menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

Setidaknya, ada tiga fungsi bandwidth yaitu sebagai media pengiriman data, indikator pembagi kecepatan data, dan digunakan untuk mengatur besar data yang diperbolehkan untuk diproses. Salah satu penerapan dari batasan ini adalah pada layanan VPS. Penyedia VPS biasanya akan membatasi jumlah bandwidth yang dapat digunakan setiap bulannya. Jika melebihi batasan yang ditentukan, maka kecepatan akses akan menjadi lambat.

Setelah membaca artikel ini semoga dapat memberikan sedikit informasi kepada Anda mengenai pengertian bandwidth, fungsi bandwidth, cara kerja bandwidth, dan contoh bandwidth.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai bandwidth ini, semoga bermanfaat dan memberikan sedikit tambahan pengetahuan untuk Anda. Berikut ini ada beberapa artikel yang mungkin bisa membantu Anda untuk mempelajari materi terkait dengan bandwidth:

Product Mentioned
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *