Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Ingin Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan? Perhatikan 5 Tren Berikut!

6 min read

Ingin Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan Perhatikan 5 Tren Berikut!

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Selain menjadi momentum untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Banyak usaha yang mendapat rezeki melimpah dari datangnya bulan suci ini.

Contohnya usaha yang menjual baju lebaran, kebutuhan rumah tangga, oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Produk-produk tersebut biasanya penjualannya melonjak mulai dari sebelum hingga saat bulan Ramadhan. Sehingga, tak heran jika bulan ini menjadi momen yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

ilustrasi sukses di bulan ramadhan

Nah, untuk memanfaatkan momen ini, tentu Anda harus tahu berbagai tren bisnis yang berpotensi muncul di bulan Ramadhan, serta cara memanfaatkan tren-tren tersebut. 

Di artikel ini, kita akan membahasnya secara mendalam. Tapi sebelum itu, mari kita lihat prospek bulan Ramadhan bagi para pebisnis!

Cari Berkah, Makin Mudah di Bulan Ramadhan

Tingginya intensitas belanja di bulan Ramadhan memang menggiurkan. Akan tetapi, apakah peluang bisnis bulan Ramadhan di masa pandemi masih menguntungkan? 

Tentu saja masih. Berdasarkan data Google, jumlah orang yang tertarik untuk berbelanja online mengalami peningkatan hingga 79% di bulan Ramadhan 2020.

Selain itu, data dari Facebook juga menunjukkan bahwa 51% pembeli lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja online sejak pandemi COVID-19.

Jadi, Anda tak perlu khawatir. Karena penggunaan platform online seperti website atau media sosial dapat menjadi penyelamat bisnis Anda di masa pandemi.

Tapi, Anda tetap harus menjalankan strategi yang tepat. Karena situasi saat ini berbeda dengan bulan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai ilustrasi, mari kita lihat tren pencarian “baju lebaran” selama lima tahun terakhir di Google Trends:

tren-pencarian-baju-lebaran-di-google-trends

Seperti yang Anda lihat, keyword-nya sama-sama melonjak di bulan Ramadhan. Tapi di tahun 2020, volume pencariannya tidak sebesar di tahun-tahun sebelumnya. Nah, perubahan tren seperti inilah yang perlu Anda antisipasi.

Jadi, jangan sampai salah langkah. Pastikan Anda mengetahui tren yang muncul. Sehingga Anda bisa merancang strategi terbaik untuk menarik konsumen potensial di bulan Ramadhan.

Apa Saja Tren Bisnis di Bulan Ramadhan 2021?

Menjelang bulan Ramadhan 2021, ada beberapa tren yang terdeteksi oleh Google dan Facebook. Oleh karena itu, mari kita lihat rangkumannya! 

infografik tren bisnis bulan ramadhan

1. Bisnis Online Semakin Diminati

Tahukah Anda? Bulan Ramadhan tidak hanya memicu peningkatan jumlah konsumen, tapi juga jumlah orang yang tertarik untuk memulai bisnis online. Terhitung pencarian untuk keyword “cara menjadi penjual online” meningkat sebesar 44%

Dengan semakin ramainya pasar digital di Indonesia. Berikut adalah beberapa perilaku konsumen yang terdeteksi:

  • Konsumen berlomba-lomba mencari diskon dan promosi mulai dari sebelum, hingga saat bulan Ramadhan berlangsung.
  • Periode puncak berbelanja terjadi pada 10 hari sebelum memasuki bulan Ramadhan.
  • Faktor terbesar yang menjadi pertimbangan saat berbelanja di bulan Ramadhan adalah kualitas produk dan layanan.
  • Produk yang paling laku adalah produk makanan dan minuman. Diikuti oleh produk fashion, kesehatan, kecantikan, dan perhiasan.

Sebanyak 39% konsumen mengaku bahwa mereka sudah merencanakan belanja untuk kebutuhan bulan Ramadhan satu bulan sebelumnya . Bahkan, 20% konsumen berkata bahwa mereka sudah selesai berbelanja saat Ramadhan baru dimulai.

2. Kemudahan Akses Semakin Dibutuhkan

Semakin mudah bisnis Anda dijangkau via online, semakin besar pula kemungkinan produk Anda sukses di bulan Ramadhan. 

Faktanya, akses online memang menjadi salah satu faktor penting di bulan Ramadhan tahun ini. Karena, 42% konsumen semakin jarang berbelanja di toko fisik.

51% dari mereka malah lebih sering berbelanja via online. Alasannya? Mereka merasa bahwa belanja online tiga kali lebih aman dibanding belanja di toko fisik.

ilustrasi belanja online di bulan ramadhan

Buktinya saat ini 55% orang Indonesia lebih sering menggunakan layanan pesan makanan via online. Bagi bisnis kuliner yang tidak menyediakan layanan pesan antar, tentu ini adalah peluang yang terlewatkan.

Oleh karena itu, pastikan bisnis Anda sudah menggunakan platform online. Sehingga, calon konsumen bisa lebih mudah mengakses produk atau layanan Anda.

3. Semakin Banyak Orang yang Ingin Berbagi

Di bulan Ramadhan, banyak orang yang mengejar pahala dengan cara berbagi ke sesama. Entah itu berbagi ke panti asuhan, masjid, atau ke anggota keluarga yang membutuhkan. 

Tak heran jika pencarian untuk keyword “donasi” mengalami peningkatan dua kali lipat di bulan Ramadhan. Bahkan volume pencarian untuk keyword “kirim makanan” dan “kirim parcel” meningkat sebesar empat kali lipat.

Selain itu, 91% konsumen mengaku bahwa mereka terlibat dengan kegiatan amal selama bulan Ramadhan.

Ini adalah peluang bagi bisnis Anda untuk mengajak konsumen beramal. Contohnya seperti yang dilakukan Niagahoster melalui program Niagahoster Poin. Setiap pembelian produk Niagahoster, pelanggan akan mendapat poin yang nantinya bisa digunakan untuk berdonasi.

kupon donasi niagahoster poin

Mengapa cara ini perlu Anda coba? Karena 75% konsumen setuju bahwa bisnis harus turut berbagi saat bulan Ramadhan. Dengan melakukannya, bisnis Anda akan mendapat citra positif.

Saat memanfaatkan tren ini, pastikan orientasi Anda bukan untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi memfasilitasi pelanggan Anda untuk beramal.

4. Banyak Orang yang Mencari Hiburan Digital

Dulu, orang-orang menghabiskan waktu di bulan Ramadhan dengan berkumpul bersama teman atau sanak saudara. Tapi, hal ini sulit dilakukan di masa pandemi karena semuanya mesti terpisah jarak.

Jadi, untuk mengisi waktu saat berpuasa, banyak orang yang mencari hiburan di internet. Buktinya, pencarian topik hiburan di Google meningkat dua kali lipat di bulan Ramadhan.

Tidak hanya itu, 41% pengguna internet di Indonesia juga jadi lebih sering mencari hiburan di platform streaming seperti YouTube.

Saat mencari hiburan digital, 48% konsumen juga berkata bahwa mereka lebih sering menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet.

Berdasarkan data tersebut, Anda dapat menyajikan konten digital yang mampu menghibur target konsumen. Terutama konsumen yang menggunakan perangkat mobile.

Baca juga: Cara Membuat Website Mobile Friendly dalam 11 Langkah

5. Influencer Menjadi Referensi Utama saat Berbelanja

Dengan banyaknya konsumen yang mencari hiburan digital, influencer menjadi semakin populer. Sebab, mereka seringkali menampilkan konten yang menarik.

Berdasarkan riset di bulan Ramadhan, 80% konsumen mengaku bahwa mereka mengikuti akun public figure di Facebook. Dan 46% dari mereka setuju bahwa public figure dan selebritis dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam berbelanja.

Dengan begitu, untuk memaksimalkan peluang bisnis di masa Ramadhan, Anda dapat bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan bisnis Anda.

Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan awareness bisnis Anda. Selain itu, jika produk Anda dipromosikan influencer yang tepat, produk Anda akan menjadi lebih kredibel.

Buat Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan dengan 5 Tips Berikut!

Setelah membaca kelima tren di atas, mungkin Anda bertanya-tanya. Bagaimana cara memanfaatkan seluruh tren tersebut?

Itulah mengapa di bagian ini Anda akan melihat lima tips ampuh untuk memanfaatkan tren di bulan Ramadhan. Mari kita mulai!

1. Bangun Online Presence

Dengan banyaknya konsumen yang beralih ke platform online, tentu bisnis Anda harus go online juga, kan? 

Jadi, Anda perlu membangun online presence. Contohnya seperti membangun website, membuka akun media sosial, atau membuka toko di online marketplace.

Intinya, bisnis Anda harus ada di tempat yang sering dikunjungi target konsumen. Anda bisa mulai dengan membangun akun media sosial terlebih dulu. Karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya dan Anda bisa langsung berinteraksi dengan target konsumen di sana.

Tapi, mengandalkan media sosial saja tidak cukup. Anda juga perlu membuat website agar bisnis Anda bisa lebih mudah ditemukan di Google.

Baca juga: Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

Tidak hanya itu, website juga memungkinkan Anda untuk menampilkan kampanye Ramadhan secara lebih fleksibel, sesuai yang style bisnis Anda. Contohnya seperti yang bisa Anda lihat di website Jakmall:

halaman utama promo ramadhan jakmall

Apakah membuat website itu sulit? Tentu saja tidak. Anda bahkan bisa membuat website tanpa perlu keahlian coding!

Mau tahu caranya? Anda bisa mempelajari langkah-langkahnya di ebook gratis Niagahoster yang membahas tentang cara membuat website di WordPress. Klik banner di bawah untuk mengunduh ebook-nya!

sukses di bulan ramadhan dengan ebook membuat website wordpress

2. Praktikkan Digital Marketing

Setelah membangun online presence, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pemasaran digital.

Dengan praktik digital marketing, Anda bisa lebih mudah menjangkau target konsumen. Sehingga, kampanye pemasaran bisnis Anda akan menjadi lebih efektif.

Contohnya, untuk memanfaatkan tren belanja besar-besaran sebelum bulan Ramadhan, Anda bisa mencoba beberapa praktik digital marketing berikut:

  • Memasang iklan di Google yang mengarah ke landing page promo Ramadhan.
  • Menargetkan keywordkeyword bertemakan Ramadhan di Google.
  • Mengiklankan produk Anda di media sosial. Iklannya ditujukan ke pengguna yang karakteristiknya sesuai dengan target konsumen Anda.

Nah, jika Anda sudah melakukan praktik-praktik tersebut sebelum bulan puasa dimulai, Anda sudah selangkah lebih maju dibanding kompetitor Anda.

Apakah Anda tertarik untuk mempelajari digital marketing secara lebih mendalam? Anda bisa mendapatkannya di ebook gratis Niagahoster yang berisi panduan lengkap digital marketing untuk pemula.

Di dalamnya, Anda tidak hanya mempelajari wawasan dasar tentang digital marketing, tapi juga berbagai tips dan strateginya. Klik banner di bawah untuk mendownload ebook-nya!

sukses di bulan ramadhan dengan ebook panduan digital marketing

3. Jadikan Bisnis Anda sebagai Sarana untuk Berbagi

Dengan meningkatnya tren untuk berbagi di bulan Ramadhan, bisnis Anda harus bisa memfasilitasi para pelanggan untuk berbagi, contohnya melalui sedekah atau zakat.

Selain memberikan citra positif pada bisnis Anda. Cara ini juga dapat membuat konsumen merasa lebih simpatik dengan brand Anda. Dengan begitu, kemungkinan sukses di bulan Ramadhan pun semakin besar.

Lalu, bagaimana caranya? Pertama-tama, Anda harus menyampaikan misi Anda dulu ke para pelanggan Anda. Sehingga, mereka tahu bahwa bisnis Anda dapat menjadi sarana untuk berbagi.

Berikut adalah beberapa cara yang umum digunakan untuk menyediakan sarana berbagi:

  • Menerima donasi langsung dari para pelanggan. Contohnya seperti kampanye eBadah Gojek.
    kampanye ebadah gojek
  • Menawarkan pelanggan untuk berdonasi melalui produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan membeli, mereka akan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk donasi. Contohnya seperti Niagahoster Poin dan Poin Berkah Telkomsel.
    poin berkah telkomsel

Lalu kemana donasinya ditujukan? Banyak. Anda bisa mengarahkan para pelanggan untuk berbagi ke lembaga penerima zakat, yayasan panti asuhan, atau lembaga sosial lainnya.

4. Buatlah Konten Sesuai Minat Konsumen

Masih ingat dengan meningkatnya tren pencarian hiburan digital? Ini adalah peluang yang bagus untuk mempromosikan bisnis melalui konten yang menghibur.

Biasanya, di bulan Ramadhan banyak bisnis yang berbondong-bondong menarik perhatian pembeli dengan cara menampilkan iklan dan konten yang menarik. Contohnya seperti iklan Ramadhan yang diunggah Gojek di YouTube:

iklan ebadah gojek di youtube

Tapi, membuat iklan Ramadhan dengan high budget bukanlah satu-satunya cara. Anda juga bisa membuat konten sederhana yang menarik untuk kampanye di bulan Ramadhan, seperti yang dilakukan Tokopedia di akun Instagram mereka:

sukses di bulan ramadhan dengan iklan ramadhan tokopedia di instagram

Jenis konten lain yang bisa Anda gunakan untuk menghibur target konsumen adalah:

  • Artikel blog
  • Infografik
  • Podcast
  • Konten Email (Newsletter)

Intinya, buatlah konten Ramadhan yang sesuai dengan minat konsumen Anda. Di sisi lain, pastikan kontennya sesuai dengan tujuan pemasaran bisnis Anda.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Google Trends untuk SEO & Konten Marketing

5. Memanfaatkan Influencer Marketing

Bekerja sama dengan influencer dapat membantu Anda meningkatkan popularitas dan juga kredibilitas bisnis Anda.

Berdasarkan riset Facebook, lebih dari 50% pengguna berharap untuk mendapat rekomendasi produk dari public figure

sukses di bulan ramadhan dengan promo shopee barokah di instagram

Tapi ingat, Anda juga harus selektif dalam memilih influencer. Pastikan Anda bekerja sama dengan influencer yang karakteristik audiensnya sama dengan target konsumen Anda.

Selain itu, produk dan layanan yang Anda tawarkan juga harus relevan dengan sang influencer. Contohnya, jika Anda menawarkan produk hijab, tentu langkah yang tepat adalah bekerja sama dengan fashion vlogger.

Baca juga: Apa Itu Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Yuk Buat Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan dengan Website! 

Setelah membaca kelima tips di atas, apakah Anda sudah menemukan cara untuk membuat bisnis Anda sukses di bulan Ramadhan tahun ini?

Pertama-tama, mulailah dengan membangun online presence terlebih dahulu. Sehingga bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan di platform digital. Contohnya melalui website atau akun media sosial. 

Setelah itu, Anda bisa mulai menjalankan kampanye pemasaran bulan Ramadhan, baik dengan membuat konten menarik, mengajak pelanggan untuk berdonasi, atau melakukan influencer marketing.

Selain itu, apakah ada lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan? 

Jangan khawatir, masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak jumlah penjualan bisnis Anda. Kami sudah mengumpulkannya ke dalam ebook gratis berisi 35+ tips ampuh untuk meningkatkan penjualan online via website

Tertarik? Klik banner di bawah untuk mendownload ebooknya!

banner ebook 35 tips ampuh meningkatkan penjualan online melalui website

Sumber: Google Ramadan with Digital 2021 & Facebook Ramadan Marketing Insights.

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

2 Replies to “Ingin Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan? Perhatikan 5…”

  1. Jualan busana muslim dan aksesorisnya sepertinya masih menjadi bisnis paling populer dalam menyambut bulan ramadhan ini!

  2. Mumpung bulan ramadan penuh berkah dan rezeky pasti memiliki peluang usaha yang menguntungkan dari makanan bahkan busana. Saya kira untuk peluang usaha dibidang busana ini akan semakin meningkat jika dilakukan dengan cara jualan online.

Comments are closed.

[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]