Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Testimoni Adalah: Pengertian dan Penggunaannya untuk Bisnis

6 min read

cara memasang tertimonial brand besar

Testimoni adalah salah satu bukti valid untuk menunjukkan reputasi bisnis. Dengan memasang testimoni, kepercayaan calon pembeli akan terbangun sehingga mereka yakin untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Sayangnya, tidak semua pemilik usaha menyadari bahwa testimoni merupakan aspek yang penting bagi bisnis. Beberapa mungkin mengira bahwa kualitas produk saja sudah cukup untuk menggaet pelanggan.

Faktanya, 92% calon konsumen membaca review online dan testimoni sebelum membeli produk, yang mana 62% dari mereka memutuskan bertransaksi setelah melihat testimoni yang positif.

Nah, Anda ingin memahami lebih pengertian testimoni, manfaatnya, hingga cara mendapatkan testimoni positif? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Testimoni?

Testimoni adalah pendapat, pengalaman, atau kesaksian dari konsumen yang sudah memakai produk atau jasa Anda. Bentuknya bisa berupa ucapan secara lisan maupun tertulis, ataupun gambar dan video.

Contoh testimoni bisa berupa kutipan pendapat dari pelanggan yang dipasang di media pemasaran seperti website bisnis. Misalnya, Niagahoster yang mengutip opini Fabian Budi Seputro, pemilik Sate Ratu, tentang kualitas layanan support Niagahoster.

contoh testimoni Sate Ratu di website Niagahoster

Biasanya, isi testimoni adalah pengalaman pribadi pelanggan, nilai atau rate, hingga rekomendasi untuk calon konsumen lainnya. 

Dengan testimoni yang positif, calon konsumen akan terbantu saat membuat keputusan pembelian. Bagi bisnis, testimoni juga menjadi feedback bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa.

Perbedaan Testimoni vs Review

Meski sama-sama merupakan social proof, beberapa orang mungkin sering terbalik antara testimoni dengan review. Padahal, keduanya berbeda lho. Testimoni fokus pada pengalaman pribadi secara umum, sedangkan review berisi ulasan lebih detail terkait produk/layanan.

Sebagai contoh, mari lihat testimoni salah satu pengguna Niagahoster di bawah ini. Seperti yang Anda lihat, ini adalah testimoni positif yang berfungsi untuk menunjukkan dukungan terhadap produk atau layanan Niagahoster. 

testimoni Rizaldi Galih tentang layanan Niagahoster

Tentu ini berbeda dengan review yang cenderung lebih objektif dan mengulas kelebihan dan kekurangan produk atau layanan secara lengkap. Misalnya, review Niagahoster dari Bitcatcha berikut.

review Bitcacha tentang Niagahoster

Meski lebih singkat, manfaat testimoni cukup besar bagi bisnis, lho. Selengkapnya, mari lanjut ke penjelasan di bawah!

6 Manfaat Testimoni Bagi Bisnis

Seperti yang tadi dibahas, testimoni adalah bukti sosial yang mampu membantu meningkatkan reputasi bisnis dan memperkuat kepercayaan calon konsumen pada produk/layanan Anda.

Ini dia mengapa manfaat testimoni penting bagi bisnis:

1. Meningkatkan kepercayaan calon pelanggan

Testimoni yang bersifat positif dari pelanggan mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli pada produk atau layanan Anda. Karena, mereka lebih yakin setelah melihat pendapat positif dari orang yang sudah lebih dulu menggunakan produk/layanan Anda.

2. Menunjukkan portfolio klien yang beragam

Menampilkan testimoni sama seperti memberikan gambaran orang-orang yang telah menggunakan produk atau jasa Anda. Dengan begitu, calon konsumen tahu bahwa bisnis Anda mampu melayani berbagai jenis pelanggan dan pengalamannya pun positif.

3. Mendongkrak reputasi bisnis

Selanjutnya, fungsi testimoni adalah meningkatkan reputasi bisnis. Lewat testimoni positif, calon pelanggan Anda semakin percaya dengan kredibilitas bisnis Anda. 

4. Menggenjot pembelian atau konversi

Ketika calon pelanggan sudah percaya dengan kredibilitas bisnis, motivasi mereka untuk menggunakan produk/layanan Anda pun akan meningkat. Sebab, mereka melihat bahwa produk/layanan Anda punya nilai tambah dan bisa menjadi solusi masalah mereka.

5. Memaksimalkan performa SEO

Selain meningkatkan performa bisnis, rupanya testimoni mampu meroketkan ranking website di mesin pencarian. Alasannya, Google menjadikan sistem ulasan produk sebagai salah satu parameter untuk merekomendasikan website pada halaman teratasnya.

6. Meningkatkan retensi pelanggan

Karena testimoni mampu meningkatkan rasa percaya konsumen, customer retention atau loyalitas pelanggan pun juga terbentuk. Alasannya, pelanggan merasa bahwa produk/layanan Anda memenuhi kebutuhan mereka dan orang lain pun juga merekomendasikannya.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa testimoni adalah salah satu ‘senjata’ penting bagi kelangsungan hidup bisnis. Lalu, bagaimana cara menerapkan testimoni untuk bisnis Anda? Mari pelajari berbagai jenis dan contoh testimoni!

Jenis-jenis dan Contoh Testimoni

Testimoni adalah bukti sosial yang menunjukkan kehebatan bisnis Anda di mata pelanggan. Namun, tidak semua testimoni itu sama, lho. Mari lihat berbagai jenis dan contoh testimoni.

1. Quote Testimonial

Quote testimonial adalah kutipan langsung dari pembeli yang memuji produk atau layanan Anda. Jenis testimoni  ini bisa Anda tempatkan di berbagai platform, seperti media sosial ataupun website.

Anda bisa melihat contoh testimoni ini di Trello, sebuah perusahaan pembuat aplikasi project management. Pada website-nya, Trello memajang beberapa tanggapan positif dari beberapa klien pentingnya.

contoh jenis testimoni quote pada Trello

2. Success Story Testimonial

Sesuai namanya, success story adalah salah satu bentuk testimoni berupa cerita tentang kesuksesan konsumen setelah menggunakan produk Anda. Dengan tipe testimoni ini, Anda bisa menjabarkan pengalaman konsumen secara lebih detail.

Sebagai contoh, SEMRush menunjukkan success story testimonial dengan format blog post di halaman khusus. SEMRush memanfaatkan jenis testimoni ini untuk menunjukkan bagaimana bisnis mereka mampu menciptakan produk yang bermanfaat bagi konsumennya.

Success Story testimonial SEMRush

3. Interview Testimonial

Interview testimonial adalah testimoni yang dihasilkan dari wawancara dengan konsumen yang puas dengan brand Anda. 

Keunggulan wawancara sebagai bentuk testimoni adalah informasi tentang nilai produk bisa ditunjukkan secara lebih alami karena pesan yang disampaikan menggunakan sudut pandang pelanggan. Dengan begitu, pesan dapat lebih sesuai dengan calon konsumen.

Contoh testimoni ini bisa Anda lihat dari hasil interview Niagahoster dengan Sandhika Galih. Oh ya, Sandhika Galih adalah salah satu afiliator program afiliasi Indonesia dari Niagahoster yang cukup sukses.

hasil interview Niagahoster dengan Sandhika Galih

4. Social testimonial

Berikutnya, social testimonial. Jenis testimoni ini mengharuskan Anda aktif di media sosial karena biasanya datang dari pengguna yang secara sukarela membagikan testimoninya ke media sosial.

Jadi bisa dibilang, social testimonial adalah salah satu contoh word of mouth marketing di mana konsumen merekomendasikan produk ke orang sekitarnya, seperti pengikut mereka.

Biasanya, brand akan berinteraksi dengan konsumen dan mengambil beberapa testimoni untuk dipasang di website maupun dibagikan kembali ke media sosial.

Anda bisa melihat contoh nyatanya dari Chris Lema, blogger dan coach seputar produk dan digital marketing, di mana dia membuat galeri testimoni konsumen pada website-nya.

social testimonial Chris Lema

5. Influencer Testimonial

Sesuai namanya, influencer testimonial adalah testimoni yang didapat dari influencer. Ini bisa jadi strategi pemasaran yang efektif, mengingat influencer mampu mempengaruhi orang lain untuk menjadi calon konsumen bisnis.

Salah satu contoh testimoni dari influencer dilakukan oleh Bridestory dengan mengangkat pengalaman influencer seperti Sandra Dewi dan Olivia Lazuardy setelah menggunakan produk mereka.

jenis testimoni influencer BrideStory

6. Video Testimonial

Video testimonial adalah testimoni berupa video. Faktanya, 79% konsumen suka menonton video testimonial untuk mengenal lebih dalam suatu brand, produk, ataupun layanannya.

Niagahoster juga memanfaatkan strategi testimonial ini lho di YouTube dan websitenya.  Sehingga baik pengunjung YouTube maupun website dapat menyaksikan video testimoni tersebut.

Video testimonial Krafthaus

7. Mashup Testimonial

Apakah brand Anda memiliki komunitas pelanggan? Jika iya, komunitas tersebut bisa dijadikan alat pemasaran, lho. Anda bisa menggunakan mashup testimonial atau kumpulan video testimoni untuk menunjukkan kualitas produk Anda.

Contoh testimoni keren yang bisa Anda tiru adalah Yoast, yang menggabungkan lebih dari 10 testimoni dalam sebuah video yang menyatukan pendapat banyak orang di seluruh dunia tentang “apa yang disukai dari Yoast?”.

mashup testimonial Yoast

Cara Mendapatkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Testimoni positif menunjukkan kepuasan konsumen terhadap produk atau layanan Anda. Namun, saat Anda meminta testimoni ke konsumen, bisa jadi yang mereka berikan adalah testimoni negatif.

Lalu, bagaimana cara agar bukan testimoni negatif yang Anda terima? Mari simak cara mendapatkan testimoni positif dari pelanggan!

1. Periksa ulasan di Google Bisnis

Mengecek ulasan di Google Bisnis dapat memberikan wawasan tentang bagaimana pelanggan melihat bisnis Anda. Yang mana, Anda bisa memilah testimoni positif dan mana yang testimoni negatif.

Tapi, jangan lupa juga jadikan testimoni negatif sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

2. Aktifkan Google Alert dan pantau mention di media sosial

Dengan mengaktifkan Google Alert dan aktif di media sosial, Anda akan segera mengetahui jika seseorang menyebut merk Anda ataupun memberikan testimoni. Anda pun bisa mengutip ucapan mereka ataupun lanjut meminta testimoni secara langsung.

3. Ajukan permintaan testimoni langsung kepada pelanggan

Meminta pelanggan untuk memberikan testimoni adalah hal yang penting untuk membangun citra positif bisnis. Tidak perlu malu, karena ini bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan testimoni positif dari pelanggan yang puas dengan produk atau jasa Anda. 

4. Berikan panduan tentang informasi yang Anda harapkan

Saat mengajukan permintaan testimoni kepada pelanggan, jangan lupa berikan panduan yang jelas. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat memberikan testimoni yang spesifik, relevan, dan sesuai dengan harapan Anda.

5. Berikan insentif kepala pelanggan yang memberikan testimoni

Memberikan bentuk apresiasi berupa insentif kepada pelanggan yang memberikan testimoni mampu meningkatkan motivasi mereka untuk memberikan testimoni positif. Insentif tersebut bisa berupa diskon, voucher belanja, atau hadiah lainnya.

Cara Menggunakan Testimoni di Website

Website merupakan platform strategis untuk memasang testimoni karena dapat diakses oleh calon pembeli dari berbagai lokasi dan kapan saja.

Dengan memasang testimoni terutama di website toko online, calon pembeli dapat melihat pengalaman konsumen yang merasa puas. Tentunya, ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk atau jasa Anda.

Selengkapnya, ini dia cara menggunakan testimoni di website:

1. Tampilkan testimoni di halaman utama website

Halaman utama website (homepage) biasanya menjadi titik pertama pengunjung melihat website. Itulah mengapa testimoni yang dipasang di halaman utama akan meningkatkan kesan pertama yang positif dan meyakinkan mereka akan produk atau jasa Anda.

2. Buat halaman khusus testimoni

Tidak harus selalu di halaman utama, Anda juga bisa membuat halaman khusus testimoni. Dengan memiliki halaman testimoni, Anda bisa menampilkan lebih banyak testimonial positif dari konsumen.

Belum tahu bagaimana cara membuat halaman testimoni? Tenang, kami punya artikel yang membahas lengkap tentang cara membuat review di WordPress

3. Pasang testimoni pada halaman produk atau jasa

Memasang testimoni pada halaman produk atau layanan membantu calon pembeli dalam membuat keputusan untuk membeli. Testimoni yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Agar lebih jelas, mari lihat contoh landing page program afiliasi Niagahoster. Di sini, Niagahoster menampilkan beberapa testimoni afiliator Niagahoster yang merasa puas dengan program ini.

4. Gunakan berbagai jenis testimonial

Calon pembeli punya preferensi yang berbeda dalam menerima informasi. Oleh sebab itu, gunakan berbagai jenis testimonial seperti teks, gambar, foto, dan video untuk menampilkan testimoni Anda.

Dengan memperlihatkan berbagai jenis testimonial, calon pelanggan dapat memahami lebih jelas tentang pengalaman konsumen yang telah bertransaksi di toko online Anda.

Testimoni Adalah Aspek Penting Bisnis. Pasang Sekarang!

Testimoni adalah alat pemasaran yang penting bagi bisnis, terutama bisnis online. Sebab, testimoni positif dari pelanggan mampu meningkatkan reputasi bisnis, penjualan, performa SEO, hingga kepercayaan konsumen.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda perlu secara aktif meminta dan mengumpulkan testimoni dari pelanggan. Jangan lupa juga, tampilkan testimoni di berbagai platform yang efektif, seperti website.

Nah, kalau Anda tertarik membuat halaman testimoni pada website bisnis Anda, web hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat. Hosting terbaik dari Niagahoster memungkinkan Anda membuat website serta halaman testimoni yang aman, mudah diakses pengunjung, dan tentunya hampir tidak pernah down.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk buat website dan halaman testimoni Anda sekarang!

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *