Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Kompres dan Mengekstrak File Zip

3 min read

Featured image cara mengkompres file

Anda ingin mentransfer banyak file sekaligus, tapi tidak ingin ada file yang ketinggalan? Tenang, ada cara zip file sebagai solusinya.

Nantinya, semua file tadi akan menjadi sebuah file yang terkompres dan siap dipindahkan. Bisa antar folder di komputer, dari satu komputer ke komputer lain, hingga diupload ke hosting website.

Cara membuka file zip juga mudah, kok. Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows, atau dengan aplikasi kompres zip seperti 7-zip.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan semuanya. Mulai dari cara kompres file dengan 7zip hingga cara mengekstrak file zip tersebut. Yuk, langsung simak artikel selengkapnya!

Bagaimana Cara Kompres File di Windows?

Di tutorial ini, ada dua cara kompres file di Windows yang bisa Anda coba, yaitu

  1. Cara kompres file menggunakan file explorer
  2. Cara kompres file dengan 7zip

Berikut ini panduan lengkapnya:

1. Cara Kompres Menggunakan File Explorer

Di Windows 10 dan 11, Anda bisa melakukan kompres file zip langsung melalui file explorer tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih file yang akan dikompres.

2. Klik kanan pada file, lalu pilih Send to > Compressed (zipped) folder.

cara zip mile menggunakan file explorer

3. Secara default, sistem akan membuat file kompres zip dengan nama yang sesuai dengan file/folder yang dikompres. Tapi, Anda tetap bisa mengubahnya sesuai dengan nama yang Anda inginkan. 

mengubah nama zip file

2. Cara Kompres dengan Menggunakan 7Zip

Selain cara kompres zip menggunakan File Explorer, cara zip file lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi 7-zip. Keunggulannya, dengan 7-zip Anda bisa mengatur format file kompresi. 

Begini langkah-langkah cara kompres zip file dengan 7zip:

1. Download file instalasi 7-Zip di website resminya. Pilih yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Di tutorial ini, kami mendownload 7-Zip untuk Windows 64-bit.

download aplikasi 7zip

2. Install aplikasi 7-Zip dengan cara klik dua kali pada file instalasi yang telah didownload. Selanjutnya, klik tombol Install dan tunggulah hingga proses instalasi selesai dilakukan.

install aplikasi 7zip

3. Buka aplikasi 7-Zip dan masuklah ke lokasi tempat Anda menyimpan file yang ingin dikompres. 

4. Pilih file yang akan dikompres. Kalau Anda ingin memilih semua file, tekan tombol CTRL + A pada keyboard. Kalau Anda hanya ingin memilih beberapa file saja, klik file yang dipilih sambil menekan tombol CTRL di keyboard.

cara zip file menggunakan 7zip

5. Klik Add, maka pop up pengaturan file kompresi akan muncul seperti ini:

konfigurasi zip file

Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Archive: Nama file hasil kompresi.
  • Archive format: Format file kompresi. Anda bisa memilih untuk menggunakan format 7z, tar, wim ataupun zip. 
  • Compression level: Memilih seberapa banyak Anda ingin mengkompresi file. Semakin tinggi levelnya, waktu yang diperlukan untuk kompresi akan semakin lama.
  • Compression method: Pilih LZMA.
  • Split to volumes, bytes: Anda dapat membagi arsip menjadi bagian-bagian kecil. Ini berguna ketika Anda ingin mengirimkan file dengan ukuran yang besar. Sebagai contoh, jika Anda melakukan burning file berukuran 2 GB ke media CD, Anda dapat mengatur split-nya setiap 650MB. Nah, cara ini akan membuat beberapa arsip berukuran kecil.
  • Encryption: Anda dapat menentukan password untuk file arsip. Jika Anda menggunakan pengaturan ini, nantinya Anda perlu memasukkan password setiap kali melakukan ekstraksi pada file hasil kompresi.

Untuk pengaturan lainnya, biarkan sesuai defaultnya saja. Kalau sudah, klik OK.

6. Selamat, Anda sudah berhasil melakukan kompres file. File hasil kompresi akan terbentuk di lokasi yang sama dengan file aslinya. 

berhasil kompres zip file

Nah, sampai sini Anda sudah mengetahui cara kompres zip file. Sekarang, yuk pelajari cara membuka file zip!

Bagaimana Cara Membuka File Zip?

Jika sebelumnya Anda sudah belajar bagaimana cara mengekstrak file zip, pada tahap ini Anda akan mempelajari dua cara membuka file zip:

  1. Cara mengekstrak file zip dengan file explorer
  2. Cara membuka file zip dengan 7zip

Nah, berikut ini panduan lengkapnya:

1. Cara Mengekstrak File dengan File Explorer

Bagi pengguna Windows, Anda bisa membuka file zip tanpa menggunakan aplikasi tambahan, yaitu dengan menggunakan File Explorer.

Beginilah langkah-langkahnya:

1. Masuklah ke lokasi tempat menyimpan file kompres zip.

2. Klik kanan pada file kompres zip, lalu pilih Open with > Windows Explorer.

cara mebuka file zip dengan file explorer

3. Jendela Windows Explorer akan terbuka. Pilih file yang akan Anda ekstrak. 

a. Jika Anda ingin mengekstrak semua file, langsung saja klik Extract All.

extract all zip file explorer

Kemudian, pilih lokasi tempat menyimpan file hasil ekstraksi. Kalau sudah, klik Extract.

pilih destinasi untuk mengekstrak file

b. Jika Anda hanya ingin mengekstrak beberapa file saja, pilih file sambil menekan tombol CTRL di keyboard. Kemudian, pilih lokasi tempat Anda ingin mengekstrak file.

mengekstrak sebagian file zip dengan file explorer

4. Cek lokasi tempat menyimpan file hasil ekstraksi, harusnya file kompres zip Anda sudah ada di folder tujuan.

2. Cara Membuka File dengan Menggunakan 7Zip

Kalau Anda sudah menggunakan 7-zip di komputer Anda, cara membuka file zip menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu mengikuti dua langkah berikut ini:

1. Masuklah ke lokasi tempat menyimpan file kompres zip.

2. Klik kanan pada file zip, lalu pilih 7-zip > Extract Here jika Anda ingin mengekstrak semua file di lokasi yang sama dengan file kompresi. Atau, Ilih 7-zip > Extract to “folder\” jika Anda ingin mengekstrak file di satu folder baru.

mengeskstrak file menggunakan 7zip

3. Nantinya, file hasil ekstraksi bisa Anda lihat di lokasi yang sama tempat Anda mengekstrak file zip.

Kesimpulan

Demikianlah cara kompres dan ekstrak file zip menggunakan File Explorer dan 7zip. Keduanya sama mudahnya, bukan?

Kompres file menjadi zip bertujuan untuk menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan portabilitas file. Contohnya, ketika Anda ingin mengupload project website ke hosting

Mengupload file project website satu persatu tentu memerlukan waktu yang lama. Selain itu, kalau file tidak semuanya terupload ke hosting bisa menjadi masalah baru, kan?

Nah, dengan kompres file menjadi zip, proses upload website akan menjadi lebih cepat dan aman. Tapi, jangan hanya fokus pada kecepatan transfer saja, kecepatan website juga perlu diperhatikan.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan website WordPress? Tenang. Anda bisa mempelajari langkah mempercepat WordPress melalui ebook GRATIS berikut ini!

ebook kecepatan website

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

One Reply to “Cara Kompres dan Mengekstrak File Zip”

Leave a Reply

Your email address will not be published.