Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Redirect Domain Melalui cPanel Paling Mudah [Anti Gagal!]

3 min read

Cara Redirect Domain Melalui cPanel

Anda sedang mencari cara redirect domain? Anda telah mengunjungi artikel yang tepat! Langkah ini sangat penting dilakukan terutama jika Anda ingin mengarahkan domain lama ke halaman website lain atau ke domain baru?

Cara redirect domain ini pun bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan fitur Redirect pada cPanel.

Nah, di artikel ini kami akan membahas cara redirect domain ke website lain melalui cPanel. Sebagai contoh, pada tutorial ini kami akan menggunakan website dengan nama domain websitepercobaan.com dan mengarahkannya ke google.com.

Langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Cara Menambahkan Domain di cPanel

Bagaimana Cara Redirect Domain Melalui cPanel?

Berikut adalah cara redirect domain website dengan menggunakan cPanel:

  1. Login ke cPanel website Anda
  2. Cari menu redirects
  3. Pilih tipe redirect domain
  4. Arahkan domain Anda ke domain lain
  5. Lakukan konfigurasi www
  6. Lakukan pengecekan

Nah, ingin tahu penjelasan detailnya? Mari kita bahas satu per satu:

1. Login ke cPanel

Cara redirect domain yang pertama ialah login ke cPanel dengan akun hosting Anda. Jika Anda pengguna hosting Niagahoster, Anda bisa login cPanel melalui member area Niagahoster.

Login ke member area dengan akun hosting Anda. Jika sudah login, klik tombol Kelola Layanan pada akun hosting Anda. Di halaman berikutnya, pilih opsi Lihat Semua Menu cPanel. Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke dashboard cPanel.

member area niagahoster untuk lihat semua fitur cpanel

2. Cari Menu Redirects

Jika sudah login ke cPanel, cari menu Redirects dan buka menu tersebut.

Cari Menu Redirects

Baca Juga: Cara Redirect Domain Tanpa Hosting yang Harus Anda Tahu

3. Pilih Tipe Redirect Domain

Pilih Tipe Redirects

Untuk mengarahkan domain ke domain lain, Anda perlu pilih tipe (Type) redirect domain. Ada tipe permanen dan temporary. Berikut penjelasannya:

  • Permanent – Pilihan ini berfungsi untuk memberitahu search engine dan pengunjung bahwa URL tersebut sudah diubah secara permanen (diarahkan ke alamat lain). Jadi, setiap URL tersebut dibuka akan langsung diarahkan ke alamat baru. Pilihan ini yang akan kita gunakan pada tutorial ini.
  • Temporary – Pilihan ini berfungsi untuk memberitahu search engine, jika URL sudah dirubah. Tapi untuk pengunjung dari browser, sebelum diredirect akan tampil url lama terlebih dahulu. Sederhananya, tipe ini akan memberitahu browser seperti: “Hey, nomor telepon saya sudah diganti untuk sementara, tapi belum pasti berapa lama, jika ada kepentingan, silakan menghubungi nomor lama dulu apakah sudah aktif atau belum. Jika belum, Anda akan diarahkan ke nomor baru secara otomatis”.

Baca juga: Redirect 301: Manfaat dan Cara Menggunakannya

4. Arahkan Domain ke Domain Lain

Arahkan Domain ke Domain Lain dalam tutorial cara redirect domain

Selanjutnya, pada menu dropdwon https?://(www.)?, pilih domain yang akan Anda arahkan. Berikut penjelasannya:

  • All Public Domains – Pilihan ini berfungsi untuk meredirect semua domain yang ada di cPanel.
  • Your chosen domain name – Pilihan ini berfungsi ntuk menentukan domain tertentu untuk diredirect. Pilihan ini yang akan kita gunakan pada tutorial ini.

Lalu, pada kolom berikutnya, masukan slug dari website Anda, jika Anda ingin meredirect subfolder tertentu. Pada contoh ini kami masukkan subfolder. Sehingga nanti link yang akan diredirect adalah https://websitepercobaan.com/subfolder. Silakan kosongkan jika anda ingin mengarahkan domain utama Anda.

Kemudian Kolom Redirects to, masukkan URL tujuan redirect. Contoh ini akan mencoba redirect ke http://google.com. Hasilnya, jika Anda mengakses URL http://www.websitepercobaan.com/subfolder akan diarahkan ke http://google.com.

Jangan lupa untuk menambahkan “http://” sebelum nama domain tujuan karena hal ini wajib ditambahkan (akan muncul peringatan jika Anda lupa menambahkan.

Baca juga: Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

5. Konfigurasi www

Konfigurasi www dalam langkah-langkah cara redirect domain

Pada bagian “www.redirection”, Anda harus memilih salah satu dari 3 pilihan yang ada.

  • Only redirect with www. – Pilihan ini akan melakukan redirect jika domain diakses mengunakan “www”. Sebagai contoh jika mengakses: www.websitepercobaan.com/subfolder pada browser.
  • Redirect dengan atau tanpa www. – Pilihan ini adalah kombinasi pilihan pertama dan ketiga, jadi website Anda akan di-redirect dengan atau tanpa “www”.
  • Do Not Rediret www . – Pilihan ini berfungsi untuk me-redirect URL tanpa “www” didepan nama domain. Sebagai contoh, URL akan diredirect jika mengakses websitepercobaan.com/subfolder pada browser.

Kami menyarankan centang pilihan Redirect dengan atau tanpa www.

Lalu ada pilihan Wild Card Redirect. Fitur ini akan me-redirect semua file dalam direktori ke nama file yang sama dalam direktori tujuan. Anda tidak dapat mengarahkan domain utama ke direktori berbeda dalam website Anda. Jika Anda memilih pilihan ini, semua file dalam folder yang di-redirect akan diarahkan ke file yang sama di folder tujuan.

Sebagai contoh, jika Wild Card Redirect diaktifkan untuk homedomain.com/subfolder ke destinationdomain.com. Hasilnya homedomain.com/subfolder/picture1.png akan diarahkan langsung ke destinationdomain.com/subfolder/picture1.png.

Jika sudah selesai klik tombol Add.

Cara Redirect Domain Berhasil

Baca juga: Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

6. Lakukan Pengecekan

Setelah  menyelesaikan semua langkah redirect, saatnya untuk melakukan pengecekan. Silakan akses URL yang Anda redirect melalui browser. Jika masih belum berhasil diarahkan ke URL baru, silakan lakukan langkah di bawah ini.

  • Cek apakah website Anda berjalan dengan baik melalui situs downforeveryoneorjustme.com.
  • Hapus cache browser Anda (tekan Ctrl+Shift+Delete pada keyboard). Biasanya browser masih menampilkan konten pada cache dari website ketika redirect tidak berfungsi.
  • Coba akses melalui browser yang berbeda.
  • Cek kembali apakah domain Anda sudah terarah dengan baik ke nameserver hosting Anda (Anda dapat mengeceknya melalui intodns.com).

Cara Menghapus Redirect Domain

Apabila cara redirect domain di atas tidak bekerja dengan baik dan redirect Anda tetap tidak berfungsi, silakan hapus dan lakukan pengaturan dari Langkah 1. Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat URL yang di-redirect pada bagian Current Redirects.

Cara Hapus Redirect Domain

Pada bagian Actions, silakan klik Delete. Pilihan ini akan menghapus URL yang di-redirect.

Baca juga: Panduan Lengkap Redirect Menggunakan .htaccess

Cara Redirect Domain Mudah Sekali, Bukan?

Itu tadi cara redirect domain ke domain lain melalui cPanel yang bisa Anda coba. Jika tidak berfungsi dengan baik, coba cek terlebih dahulu apakah website tujuan sedang down atau hapus cache browser Anda.

Apabila masih gagal, Anda dapat menghapus pengaturan redirect dan memulainya dari langkah awal sampai redirect berfungsi.

Praktek langsung adalah cara terbaik, jadi jangan ragu untuk melakukan percobaan semua pilihan yang ada pada fitur redirect ini.

Nah, kalau Anda ingin pindah domain baru Anda bisa beli domain termurah dan terlengkap di Niagahoster. Oya, domain Niagahoster sering ada promo diskon lho.

Ga cuma itu, Anda juga bisa mengalihkan domain Anda ke Niagahoster dengan mudah! Karena Niagahoster menawarkan syarat transfer domain yang ga ribet dengan biaya terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung aja cek domain Anda!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

19 Replies to “Cara Redirect Domain Melalui cPanel Paling Mudah [Anti Gagal!]”

  1. apa cara di atas sama dengan cara yang dipaparkan di artikel https://www.niagahoster.co.id/kb/mengalihkan-akses-url-domain-dengan-atau-tanpa-www

    1. Halo,

      Untuk artikel ini membahas redirect domain ke nama domain yang berbeda, misalnya dari abc.com ke domainanda.com.

  2. Halo juga,

    Jadi mengatur akses url tanpa ke url dengan www harus melalui htacces?

    Untuk cara pengalihan seperti artikel di atas apakah bisa juga digunakan untuk pengalihan url tanpa ke url dengan www?

  3. Domain expired yang baru diaktifkan lalu dirediret money site, guna mendapatkan backlink dari domain expired. Apakah me-redirect nya juga seperti langkah-langkah diatas pak? Mohon pencerahan nya.

  4. informasi bermanfaat dan membantu saya. Akhirnya bisa juga redirect website via cpanel. Terimakasih sudah update

  5. Halo, saya mau tanya redirect itu efeknya langsung semua data, artikel dsb dipindahkan ke domain baru atau mau tunggu 1-2 hari lagi ?

  6. saya sudah mengikuti tutorialnya diatas, memang domain ke redirect misal duniastr,info menuju duniastr,online namun konten yang ada di duniastr,info tidak meredirect ke domain duniastr,online. Lalu solusinya bagaimana pak? kalo satu per satu menggunakan plugin lama karena terlalu banyak konten yang harus di redirect.
    Terima kasih 🙂

  7. Setelah setting redirect dan centang Wild Card Redirect nya, yang ter-redirect baru homepage nya saja, halaman lainnya masih domain yang lama. Apakah harus nunggu beberapa waktu agar bisa terredirect semuanya?

  8. apakah redirect domain berpengaruh pada ranking bapak?
    misalnya abc,com sudah masuk di page 1 ..lalu kita ganti dengan 999,com
    apakah tetap abc,com atau 999,com yang akan di page 1 . mohon pencerahan

    1. Kalau mengganti domain disarankan untuk melakukan redirect 301, tapi pasti rangking akan berubah. Tidak sama dengan yang sebelumnya.

  9. saya sudah pelajari dan praktekan, alhamdulillah situs saya Bandung IT bisa lebih baik lagi untuk seo nya. makasih banyak ya info nya min. sukses selalu…. Salam kenal.

  10. Untuk nama domain yang mau di jadiin link tujuan apakah harus di posting artikelnya seperti web awal atau tinggal redirect semua artikel sudah masuk ke web baru ?

    1. Hai kak. Jika redirect yang dimaksud antar sesama artikel, alangkah baiknya membuat artikel di website yang baru tersebut.

  11. Ini bisa dipakai buat untuk redirect url blogger ke wordpress ngga ya?
    Kan blogger model url post include %month%year.
    Habis migrasi pengen custom url, tapi takut serp hilang

    1. Hai, kak. Secara teori redirect dari Blogger ke WordPress dengan metode ini bisa-bisa aja. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mungkin bisa dicoba redirect pada website staging terlebih dahulu? Baru kalau semuanya aman, silakan redirect ke website versi live.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *