Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Cek Bandwidth di cPanel

1 min read

Cara cek bandwidth di cPanel dapat Anda lihat pada fitur Bandwidth. Penggunaan bandwidth pada hosting Anda adalah jumlah dari semua traffic yang masuk dan keluar pada akun hosting Anda. Penggunaan bandwidth meliputi visitor yang mengakses situs Anda, email masuk dan keluar, serta upload file FTP.

cPanel akan secara otomatis mengirimkan peringatan bandwidth ke alamat email Anda ketika penggunaan mencapai 80%, 90%, 98% dan 100%. Anda dapat memperbarui alamat email pada cPanel melalui menu Contact Information pada kolom Preferences.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke cPanel

Langkah 1: Cek Ringkasan Singkat Penggunaan Bandwidth

Anda dapat langsung melakukan pengecekan secara singkat mengenai penggunaan bandwith pada cPanel di akun hosting Anda. Caranya cukup mudah, silakan login ke cPanel dan pada bagian sebelah kanan akan terlihat ringkasan singkat mengenai penggunaan bandwidth.

mengecek bandwidth

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terdapat jumlah penggunaan bandwidth pada akun hosting. Itu adalah penggunaan bandwidth secara keseluruhan. Jika Anda ingin mengecek penggunaan bandwidth secara spesifik berdasarkan website yang terinstal pada hosting Anda, dapat memilih menu Bandwidth. Untuk langkahnya silakan ikuti langkah di bawah ini.

Langkah 2: Cara Cek Bandwidth di cPanel

Detail lengkap penggunaan bandwidth dapat Anda temukan dengan memilih menu Bandwidth pada kolom Metrics di cPanel.

Fitur ini memungkinkan Anda melihat penggunaan bandwidth untuk website Anda. Akan terlihat penggunaan bandwidth di bulan berjalan. Ini termasuk penggunaan semua HTTP (web) dan POP (email), berikut penggunaan bandwidth FTP jika administrator mengaktifkan bandwidth FTP.

cek bandwidth

Kesimpulan

Selamat, Anda telah belajar cara mengecek penggunaan bandwidth di cPanel. Ini akan berguna ketika Anda memerlukan informasi yang menyebabkan bandwidth Anda mencapai limit.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan ulasan pada artikel ini, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar. Silakan klik Subscribe untuk terus mendapatkan artikel terbaru kami langung dari alamat email Anda 😊

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − four =