Cara Parkir Domain di cPanel - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Parkir domain digunakan untuk mengarahkan nama domain baru ke alamat berbeda. Agar lebih mudah dipahami, kami berikan sedikit gambaran. Semisal Anda memiliki domain bernama contohpertama.com. Kemudian, Anda ingin menampilkan halaman website yang sama seperti contohkedua.org secara sementara. Maka, Anda dapat memanfaatkan fitur parked domain (Aliases) di cPanel. Dalam tutorial ini kami akan membahas cara parkir domain pada hosting yang menggunakan cPanel.

Jika hosting yang Anda gunakan tidak menggunakan cPanel, Anda tidak perlu khawatir. Pada dasarnya proses melakukan parkir domain tidak jauh berbeda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke cPanel
  • Nama domain

Langkah 1: Akses Menu Aliases (Parked Domain)

Aliases adalah menu pada cPanel untuk menambahkan domain mana yang ingin Anda parkir. Untuk mengakses menu Aliases, pastikan Anda memiliki akses ke cPanel dari akun hosting tempat website Anda berada. Silakan login cPanel, kemudian masuk ke kolom Domains dan pilih menu Aliases.

cara parkir domain

Langkah 2: Cara Parkir Domain

Masukkan nama domain yang ingin Anda tambahkan ke kolom isian Domain. Klik tombol Add Domain untuk melanjutkan.

Pada langkah ini proses parkir domain sudah selesai. Silakan tunggu proses propagasi DNS maksimal 24 jam.

Pastikan domain Anda aktif dan sudah mengarah ke nameserver hosting Anda sebelum memulai proses parkir domain ini.

Anda dapat meminta bantuan layanan penyedia domain Anda mengenai petunjuk mengarahkan domain ke nameserver akun hosting Anda. Jika Anda menggunakan layanan Niagahoster, silakan ikuti petunjuk berikut ini untuk mengarahkan domain ke nameserver hosting.

Kesimpulan

Saat ini Anda telah menyelesaikan tutorial cara parkir domain di cPanel. Nama domain baru Anda akan menampilkan halaman yang sama dengan domain utama Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait bahasan pada artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Kami akan dengan senang hati membalasnya! Jangan lupa klik Subscribe melalui form yang disediakan, untuk terus mendapatkan artikel terbaru langsung ke alamat email Anda 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.