Salmaa Awwaabiin Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.

Apa Itu Black Friday & Apa yang Harus Disiapkan?

5 min read

Black Friday adalah event belanja yang digelar menjelang akhir tahun. Event ini selalu menarik konsumen dengan penawaran berbagai diskon istimewa. Sementara bagi pebisnis, inilah momen untuk meningkatkan penjualan mereka.

Lalu, apa itu Black Friday sebenarnya? Apa saja yang harus disiapkan untuk menyambutnya?

Artikel ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut. Namun sebelum itu, yuk kenali dulu pengertian Black Friday dan sejarahnya.

Apa itu Black Friday?

Black Friday adalah event belanja tahunan yang menandai dimulainya musim liburan akhir tahun. Event ini banyak ditunggu oleh konsumen karena memberikan banyak diskon.

Di sisi lain, bagi pebisnis, Black Friday artinya juga kesempatan meningkatkan penjualan karena makin banyak orang berbelanja. Itulah kenapa perlu dipersiapkan dengan baik.

Apa yang terjadi saat Black Friday? Setiap tahun, tentu akan ada perubahan. Namun, umumnya banyak toko atau penjual produk yang mencoba menarik calon pembeli dengan menawarkan promo dan diskon yang menarik.

Jadi, tak heran kalau menjelang Black Friday adalah hari-hari di mana banyak bisnis membagikan kupon promo. Nantinya, bisa ditukar dengan potongan harga atau hadiah unik saat konsumen melakukan pembelian produk.

Inilah yang membuat Black Friday adalah event yang ditunggu-tunggu baik oleh penjual dan konsumen.

apa itu ecommerce

Nah, apakah Black Friday adalah event yang juga ada di Indonesia? Tentu.

Meskipun belum terlalu lama digelar, Black Friday di Indonesia sudah cukup populer. Event ini dimulai oleh beberapa e-commerce yang menawarkan diskon besar pada perayaan event. Pada akhirnya, kegiatan promosi seperti ini menjadi event rutin.

Tak hanya itu, setiap tahunnya, semakin banyak jumlah toko online yang turut berpartisipasi dalam event ini. Produk online yang ditawarkan pun semakin beragam, mulai dari gadget hingga baju.

Pun demikian, data menunjukkan bahwa selama event Black Friday di seluruh dunia, produk yang banyak dibeli masih dari kategori elektronik. Pembelian terbanyak pun masih datang dari pengguna mobile yang berbelanja online.

Itu tadi penjelasan tentang apa itu Black Friday. Nah, bagaiamana sejarah event belanja ini?

Sejarah Black Friday

Sejarah Black Friday sebagai sebuah event belanja terkait dengan perayaan ThanksGiving, yaitu tradisi ucap syukur masyarakat Amerika. Hari Jumat setelah setelah tradisi tersebut menjadi waktu pelaksanaan Black Friday.

Kenapa dinamakan Black Friday? Ada beberapa versi cerita dari sejarah Black Friday.

Ada yang mengatakan bahwa saat dimulainya musim liburan akhir tahun, banyak konsumen yang tumpah ruah untuk berbelanja. Akibatnya, banyak terjadi kemacetan atau hingga menyebabkan korban akibat berdesakan di momen itu.

Cerita lain menjelaskan bahwa dalam dunia bisnis atau pasar, warna hitam merupakan simbol keuntungan. Sementara, warna merah diartikan kerugian.

Nah, karena pada momen belanja untuk liburan ini baik penjual dan konsumen sama-sama untung, maka disebut Black Friday.

Tanggal pelaksanaan Black Friday adalah berbeda setiap tahunnya. Umumnya, event ini digelar pada Jumat keempat di bulan November.

Nah, kapan Black Friday dirayakan pada tahun ini? Jawabannya, tanggal 25 November 2022.

Black Friday adalah Event tahunan yang jatuh pada 25 November tahun ini

9 Tips Menyambut Black Friday agar Bisnis Makin Cuan

Sudah cukup memahami pengertian Black Friday? Mari pelajari cara mempersiapkan bisnis untuk event Black Friday!

1. Mulai Lebih Awal

Anda sudah tahu kapan Black Friday digelar tahun ini, bukan? Jadi, mulailah penjualan produk di event ini lebih awal. 

Dengan cara ini, bukan hanya Anda bisa menggelar event lebih lama, tapi juga memberi kesempatan konsumen berbelanja lebih leluasa. Aktivitasnya bisa dimulai dengan menginformasikan event atau bahkan membagikan kupon promo Black Friday.

Jangan salah, bisnis besar seperti Walmart pun melakukannya. Mereka bahkan menggelar event ini selama 3 minggu penuh. Tak hanya itu, ada program early access bagi anggota khusus dengan penawaran lebih menarik.

walmart memulai black friday lebih awal

Itu berarti, Anda bisa mencobanya pada bisnis Anda untuk mengetahui apakah hasil penjualannya akan lebih baik. Pun demikian, pastikan bahwa Anda menentukan akhir dari promo Black Friday agar penawaran lebih berkesan spesial. 

Lakukan tips ini:

  • Bagikan kupon promo di awal
  • Perpanjang masa belanja
  • Infokan akhir promo untuk membangun urgensi

Cek : Promo Domain Murah Niagahoster!

2. Perbaiki Deskripsi Produk

Ketika Black Friday, pebisnis tentu ingin semua produk yang dijual laku. Namun, sebaiknya persiapkan beberapa produk yang Anda unggulkan dalam event belanja tersebut.

Setelah itu, cek kembali deskripsi produk yang diberikan. Apabila masih belum sesuai untuk menarik konsumen agar mau membelinya, lakukan perbaikan.

deskripsi produk yang baik itu penting

Dengan menentukan produk utama, Anda jadi lebih mudah untuk menentukan target audiens. Kemudian, Anda bisa membuat deskripsi sesuai calon pembeli tersebut dengan bahasa yang natural.

Tak hanya itu, pastikan setiap deskripsi produk mengarah ke manfaat yang akan didapatkan konsumen. Hindari informasi yang hanya fokus pada fitur saja. Jadi, bisa membantu konsumen memutuskan pembelian dengan cepat.

Lakukan tips ini:

  • Pilih produk unggulan
  • Ulas semua manfaat produk di deskripsi
  • Gunakan bahasa komunikatif

3. Tawarkan Diskon yang Pas

Berapa diskon yang harus ditawarkan pada Black Friday? Tentunya, strategi bisnis Anda yang bisa memperhitungkannya dengan tepat. 

Pun begitu, diskon untuk event belanja sebaiknya tidak terlalu kecil karena tidak menarik bagi konsumen. Namun, jangan terlalu tinggi sehingga margin keuntungan Anda jadi mepet. Angka 20% hingga 80% bisa dikatakan cukup ideal. 

Selanjutnya, gunakan diskon yang ditentukan sebagai sarana untuk menarik perhatian konsumen di berbagai channel promosi. Sebagai contoh, Niagahoster juga menginformasikan adanya kupon promo kepada calon konsumen.

contoh kupon promo black friday yang diberikan pada pelanggan

Lakukan tips ini:

  • Tentukan besaran diskon antara 20-80%
  • Tampilkan di halaman utama website
  • Berikan hitungan mundur bahwa hanya berlaku selama event

4. Siapkan Strategi Cross Selling

Black Friday adalah event yang memang digunakan konsumen untuk berbelanja. Jadi, undang mereka untuk membeli berbagai produk yang mereka butuhkan. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan cross selling. Teknik ini berusaha menawarkan konsumen untuk membeli produk lain yang melengkapi produk yang sudah dibeli. 

Sebagai contoh, untuk pembelian sepatu bisa cross sell ke produk kaos kaki. Lalu, untuk pembelian mouse, bisa ditawarkan produk berupa mousepad.

Dengan tips Black Friday ini, konsumen akan merasa Anda memahami kebutuhan mereka. Plus, bisa berbelanja berbagai produk sekaligus dengan mudah. 

Lakukan tips ini:

  • Mulai tentukan produk untuk cross selling
  • Pertimbangkan produk bundling dengan harga miring
  • Siapkan halaman rekomendasi cross selling yang intuitif

5. Promosikan Lewat Media Sosial

Menggelar event belanja besar tanpa menginformasikan ke konsumen tentu strategi yang keliru. Maka, gunakan channel promosi seperti media sosial untuk melakukannya.

Salah satu cara mengetahui promo adalah dengan memantau sosial media

Kenapa media sosial cukup efektif untuk promosi Black Friday dan Niagahoster juga melakukannya? 

Sebab, informasinya bisa cepat dilihat oleh konsumen. Tak hanya itu, bahasa promosi yang digunakan cukup personal sehingga lebih menarik atau tidak salesy. 

Menariknya, engagement yang didapatkan dari media sosial membantu informasi produk bisa disampaikan lebih jelas, dan menjangkau lebih banyak orang. 

Lakukan tips ini:

  • Pilih platform media sosial yang tepat
  • Post informasi tentang event secara rutin
  • Ajak follower melakukan engagement dengan hadiah kupon Black Friday

6. Informasikan Lewat Email 

Media sosial memang lebih cepat menjangkau audiens. Namun, pembelian produk karena upaya email marketing jauh lebih besar dan menguntungkan

Maka dari itu, kirimlah email promosi untuk menggenjot penjualan selama Black Friday digelar.

Email marketing utamanya menarget leads, yaitu orang yang sudah memiliki ketertarikan dengan bisnis. Dengan begitu, peluang untuk membujuk mereka agar membeli produk tentu lebih besar. 

Tak hanya untuk menarik calon konsumen, email marketing juga cukup efektif untuk mengajak kembali pengunjung yang meninggalkan keranjang belanja. 

statistik abandoned cart yang tinggi di black friday

Tak bisa dipungkiri bahwa abandoned cart masih menjadi fakta dari setiap Black Friday. Bahkan, pernah tercatat di angka 77,79%. Itu artinya, kalau Anda bisa memanfaatkannya, peluang cuannya tentu lebih menjanjikan.

Lakukan tips ini:

  • Kirim email tentang event Black Friday lebih awal
  • Highlight kelebihan dari promo event secara jelas, baik diskon atau bonus lain
  • Jalankan strategi retargetting untuk abandoned cart

7. Genjot dengan Word of Mouth

Menjalankan upaya pemasaran reguler perlu dilakukan. Namun, strategi word of mouth, jangan dipandang sebelah mata, ya?

Black Friday adalah event yang cukup populer dalam lingkup keluarga, pertemanan hingga lingkup yang lebih luas. Sebab, ingin orang terdekat mendapatkan harga produk terbaik. 

Faktanya, 43% orang cenderung membeli produk yang disarankan teman selama Black Friday.

Salah satu kelebihan dari memanfaatkan word of mouth adalah informasi yang lebih natural. Jadi, tidak terkesan sebagai upaya marketing yang agresif.

Lakukan tips ini:

  • Gelar event untuk mendukung word of mouth dengan hadiah menarik
  • Informasikan event jauh-jauh hari agar word of mouth bekerja

8. Optimalkan SEO Website

87% penjualan online berasal dari pencarian di mesin pencari. Jadi, agar sale Black Friday Anda sukses, optimalkan SEO website toko online Anda.

Apa maksudnya? Setiap kali orang mencari informasi promo Black Friday, website Anda harus bisa muncul di hasil pencarian tersebut. Tentunya, perlu disesuaikan dengan kata kunci yang tepat sesuai produk yang Anda jual. 

Tentunya, langkah ini tidak bisa dimulai hanya beberapa hari menjelang digelarnya Black Friday. Anda bisa mengupayakan optimasi pada website sebelum informasi promo disebarluaskan. 

Jadi, ketika orang ingin mencari informasi lebih lanjut, bisa dengan mudah menemukan website Anda. Hal ini perlu dijalankan sesuai pilihan produk yang Anda unggulkan di event Black Friday.

Lakukan tips ini:

  • Optimalkan halaman produk andalan secara SEO
  • Tambahkan kata kunci atau penjelasan terkait Black Friday
  • Target posisi teratas untuk halaman produk sesuai audiens

9. Periksa Performance Website

Ketika Black Friday berlangsung, jangan kaget kalau ada lonjakan pengunjung di toko online Anda. Hal ini juga terjadi di website lain. Yang membedakan adalah performa website saat diserbu calon konsumen. 

Sebaik apapun promosi yang Anda lakukan, ketika website Anda down, transaksi penjualan tentu tidak dapat dijalankan. Tak hanya itu, pembeli bisa saja beralih ke bisnis lain yang menawarkan promosi serupa. 

Itulah kenapa mempersiapkan performa website untuk event belanja ini tak kalah penting. Tak hanya dari kemampuan menerima trafik, tapi juga kecepatannya.

Waktu ideal untuk loading halaman adalah kisaran 3 detik saja. Hal ini berlaku baik pada akses ke halaman utama produk hingga setiap perpindahan pada proses transaksi. 

Lakukan Tips Ini:

  • Pastikan loading website cepat
  • Temukan kendala pada proses transaksi/checkout
  • Upayakan server mampu menampung banyak orang sekaligus

Siap Menyambut Black Friday Tahun Ini?

Sekarang Anda sudah tahu Black Friday adalah event belanja yang menjanjikan keuntungan. Terutama, bagi pebisnis. Anda sudah tidak sabar untuk menyambut event ini dengan baik?

Tak perlu khawatir, di artikel ini, kami sudah membagikan tips jelang Black Friday agar Anda lebih siap ketika event itu tiba. Kalau Anda berjualan online lewat website, menggunakan layanan hosting berkualitas agar mampu menampung pengunjung dengan baik.

Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting dengan jaminan uptime hingga 99,99%. Itu artinya kualitas hostingnya dapat diandalkan. Belum lagi, akses ke website bisa lebih cepat dengan dukungan server tercepat di dunia, LiteSpeed.

Sudah siap membuat campaign Black Friday bisnis Anda dengan website?

Promo Unlimited Hosting Diskon hingga 75%

Salmaa Awwaabiin Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.