Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Rekomendasi 7+ Domain untuk Yayasan dan Organisasi

2 min read

rekomendasi domain untuk yayasan

Semua website perlu domain yang tepat sebagai identitas online-nya, termasuk website untuk yayasan. Lalu, domain untuk yayasan harus seperti apa, ya?

Supaya tidak salah memilih domain, Anda perlu mengenal jenis-jenis domain untuk organisasi dan yayasan di artikel ini. Yuk, simak bersama!

7+ Domain untuk Yayasan dan Organisasi yang Bisa Anda Gunakan

Ini dia sembilan domain yang bisa Anda pilih untuk website yayasan atau organisasi:

1. .ORG

Domain .org dikenal secara internasional sebagai domain untuk yayasan dan organisasi. Jadi, kalau website Anda menggunakan domain tersebut, akan menunjukkan  bahwa website tersebut milik sebuah organisasi atau yayasan.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu memenuhi syarat apapun untuk mendapatkan domain .org. Sebab, pendaftaran domain ini tidak membutuhkan dokumen spesifik untuk pertanggungjawaban secara hukum.

2. .OR.ID

Layaknya .org, .or.id adalah domain untuk organisasi dan yayasan. Bedanya, .or.id  merupakan country code top level domain (ccTLD) Indonesia. Jad, domain .or.id cocok untuk organisasi yang beroperasi di Indonesia.

Organisasi dan yayasan yang menggunakan domain .or.id haruslah resmi. Oleh karena itu, pendaftaran .or.id perlu menyertakan KTP pimpinan organisasi dan surat keterangan dari organisasi atau akta notaris.

Baca Juga: Apa Itu Ekstensi Domain?

3. .ID

Jika .or.id tidak tersedia sebagai nama domain untuk organisasi yang diinginkan, Anda bisa memilih .id. 

Domain tersebut bebas digunakan untuk semua website yang berasal dari Indonesia, termasuk website yayasan. Pendaftaran domain .id termasuk yang tidak memerlukan syarat khusus. 

Dengan domain .id, Anda bisa menunjukkan identitas website sebagai situs milik yayasan di Indonesia dengan praktis.

Baca Juga: 5 Kelebihan Domain ID yang Wajib Anda Ketahui

4. .CO.ID

.co.id merupakan domain yang bisa digunakan oleh lembaga komersial yang beroperasi di Indonesia. Namun, yayasan dan organisasi juga boleh menggunakan domain tersebut untuk websitenya.

Jika ingin mendapatkan domain .co.id, yayasan Anda harus berbadan hukum. Pada saat pembelian domain, Anda akan diminta untuk melampirkan KTP pimpinan yayasan beserta SIUP, TDP, akta notaris, atau surat izin yang setara.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .CO.ID

5. .MY.ID

.my.id adalah domain Indonesia yang fleksibel untuk berbagai jenis kebutuhan, termasuk digunakan sebagai domain untuk organisasi. Meskipun sebenarnya, domain ini lebih banyak dimanfaatkan untuk website yang lebih personal.

Domain my.id menawarkan dua keunggulan. Pertama, pilihan nama domain .my.id masih sangat beragam. Sebab, pengguna .my.id belum begitu banyak jika dibandingkan dengan domain populer seperti .co.id.

Kedua, harga domain ini masih sangat terjangkau, karena mulai dari Rp25.000/tahun saja.

Menariknya lagi, pendaftaran domain .my.id tidak memerlukan syarat apapun, sehingga Anda tidak perlu menyiapkan dokumen tertentu.

6. .BIZ.ID

Sesuai namanya, .biz.id adalah domain yang umumnya ditujukan untuk website  bisnis yang ada di Indonesia. 

Akan tetapi, .biz.id juga juga bisa dimanfaatkan sebagai domain untuk organisasi atau lembaga yang bergerak di bidang niaga.

Jika ingin mendapatkan domain .biz.id, Anda tidak perlu menyertakan dokumen khusus karena domain  ini bisa dibeli oleh siapapun. 

7. .SCH.ID

Apabila yayasan Anda bergerak di bidang pendidikan, maka Anda bisa menggunakan domain untuk pendidikan seperti .sch.id. Sebab, penggunaan domain tersebut tidak terbatas untuk sekolah formal saja, tetapi juga lembaga pendidikan informal.

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftarkan domain .sch.id, yaitu:

  • KTP kepala yayasan atau penanggung jawab
  • Surat permohonan kepala yayasan
  • Surat kuasa dari kepala yayasan kepada penanggung jawab untuk mendaftarkan domain
  • Surat keputusan pendirian yayasan dari kementerian atau SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait

Baca Juga: Cara Membuat Website Sekolah dengan Biaya Rendah

8. .PONPES.ID

Sesuai namanya, .ponpes.id adalah domain untuk organisasi yang mengelola pondok pesantren. 

Syarat pendaftaran domain ini lebih sederhana dari domain .sch.id, yaitu hanya berupa KTP kepala yayasan atau penanggung jawab. Jika mewakilkan seseorang untuk mendaftarkan domain, pimpinan yayasan perlu melampirkan surat kuasa.

9. .AC.ID

.ac.id adalah domain untuk organisasi atau lembaga pendidikan tinggi. Itulah kenapa akademi pendidikan umumnya menggunakan domain ini. 

Untuk mendaftarkan domain .ac.id, Anda perlu melampirkan beberapa dokumen berikut ini:

  • KTP penanggung jawab
  • Surat keputusan pendirian organisasi atau lembaga dari Depdiknas
  • Surat keputusan dari pimpinan organisasi untuk pendaftaran domain
  • Surat kuasa kepada penanggung jawab terkait pendaftaran domain 

Baca Juga: Cara Menggunakan Domain untuk Pemula

Mana Domain untuk Yayasan yang Anda Pilih?

Itu tadi sembilan domain untuk yayasan dan organisasi yang bisa Anda gunakan. Jika bingung dalam memilih domain yang tepat, Anda bisa menyimak rekomendasi domain untuk masing-masing kebutuhan:

  • .org, .or.id, .co.id, .my.id, .id: yayasan secara umum
  • .co.id, .biz.id : organisasi yang terkait dengan bisnis
  • .sch.id, .ponpes.id, .ac.id: yayasan yang bergerak di bidang pendidikan

Nah, dari semua opsi yang sudah dibahas, mana yang ingin Anda gunakan sesuai dengan organisasi atau yayasan yang Anda jalankan? 

Apapun pilihannya, Anda bisa mempercayakan pendaftaran domain di Niagahoster. Sebab, Niagahoster adalah penyedia domain yang diakreditasi oleh PANDI (pengelola nama domain Indonesia).

Tak hanya pilihan domainnya banyak dan harganya terjangkau, fitur pengelolaan domain di Niagahoster lengkap, mulai dari DNS management hingga unlock domain

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan domain untuk organisasi Anda!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *