Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Perbedaan Domain .COM dan .CO.ID: Pakai yang Mana Ya?

2 min read

Perbedaan domain .com dan .co.id

Memilih domain untuk website memang bukan hal yang mudah. Apalagi kalau Anda harus memilih antara .com dan .co.id. Ini bisa jadi membingungkan kalau Anda belum tahu perbedaan domain .com dan .co.id.

Kalau Anda bingung mau pilih .com atau .co.id, Anda sudah berkunjung di artikel yang tepat!

Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan .com dan .co.id. dari beberapa aspek, supaya Anda bisa memilih domain yang cocok untuk website Anda.

Tanpa perlu berbasa-basi, yuk pelajari bedanya .com dan .co.id!

4 Perbedaan Domain .COM dan .CO.ID

Inilah perbedaan .com dan .co.id yang perlu Anda ketahui:

1. Jenis Top Level Domain

Perbedaan domain .com dan .co.id yang pertama adalah pada jenis Top Level Domain keduanya. 

Domain .com merupakan generic Top Level Domain (gTLD), yaitu ekstensi domain yang paling umum digunakan di dunia, dan bisa dipakai oleh siapa saja. 

Sementara itu, domain .co.id yang merupakan country code Top Level Domain (ccTLD) untuk Indonesia. Jadi, penggunaannya tentu ditujukan untuk website dari Indonesia.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .ID

2. Target Audiens

Tak hanya pada penggunaan website, domain .co.id juga lebih tepat untuk menarget konsumen Indonesia. Apalagi kalau Anda ingin mendapatkan pengunjung dari Google.

Faktanya, Google masih merekomendasikan ccTLD sebagai domain untuk website yang menargetkan pengunjung dari negara tertentu. 

Sedangkan, penggunaan ekstensi domain .com lebih cocok untuk website yang ingin menjangkau target audiens di pasar global. Itulah perbedaan domain .com dan .co.id dari aspek target audiens.

3. Persyaratan

Perbedaan domain .com dan .co.id yang berikutnya adalah persyaratan membeli domain .com lebih mudah. Sebab, Anda hanya diharuskan untuk mengisi identitas pemilik, tanpa adanya verifikasi identitas lain lebih lanjut. 

Berbeda halnya kalau Anda ingin membeli domain .co.id. Anda akan diwajibkan untuk melampirkan scan KTP, SIUP/TDP atau Akta Notaris, hingga Surat Kepemilikan Merk. Sebab, domain .co.id diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki badan hukum.

4. Harga

Perbedaan .com dan .co.id yang terakhir adalah dari sisi harga. Domain dengan ekstensi .com harganya jauh lebih murah yaitu Rp 115.000 per tahun. Sementara, harga domain untuk ekstensi domain .co.id adalah sebesar Rp 275.000 untuk durasi 1 tahun.

Perbedaan domain .com dan .co.id

Sudah tahu apa bedanya .com dan .co.id, ‘kan? Lalu, apakah Anda termasuk ke dalam siapa saja yang cocok memakai salah satu dari kedua domain tersebut?

Baca juga: Promo Domain ID

Domain .COM dan .CO.ID: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?

Domain .com merujuk ke penggunaan “commercial atau bisnis. Jadi, ekstensi ini cocok untuk digunakan pemilik bisnis yang usahanya ingin dijalankan secara online dengan website. Sebagai contoh, website untuk blog, toko online, company profile, dan lainnya.

Pun demikian, saat ini banyak pemilik website yang menggunakan domain .com karena ekstensi ini lebih dikenal dan mudah diingat oleh audiens. 

Sementara itu, domain .co.id biasanya digunakan oleh perusahaan yang berbasis di Indonesia yang audiens utamanya adalah konsumen lokal. 

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .NET yang Harus Anda Tahu

Sudah Tentukan Domain Pilihan Anda?

Setelah mempelajari perbedaan domain .com dan .co.id, apakah Anda sudah menentukan ekstensi domain yang akan Anda gunakan?

Domain .com bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuat website bisnis dengan target audiens global. Sedangkan, .co.id bisa digunakan untuk website bisnis yang memiliki target audiens yang spesifik di Indonesia.

Lalu, bagaimana cara membelinya sebelum digunakan oleh orang lain? Tenang, Anda bisa beli domain murah untuk website Anda di Niagahoster!

Cukup lakukan pengecekan apakah domain yang Anda inginkan masih tersedia, lalu lakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang ada. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga QRIS.

Ga cuma itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan domain gratis di Niagahoster, lho!

Dengan semua kemudahan itu, tunggu apa lagi nih? Yuk, miliki domain pilihan Anda sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *