Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Tahukah Anda Perbedaan Domain .COM dan .ID? Simak di Sini!

2 min read

Kalau ngomongin tentang domain website paling populer, mungkin domain .COM dan .ID yang pertama muncul di pikiran Anda. Alasannya, sudah banyak website yang memakai ekstensi ini.

Tapi meski sama-sama banyak penggunanya, ternyata perbedaan domain .COM dan .ID cukup jauh, lho. Baik dari jenis TLD, pengelolaan, performa SEO, hingga syarat pembeliannya.

Nah biar Anda tidak keliru memilih, coba simak deh perbedaan domain COM dan ID ini!

5+ Perbedaan Domain .COM dan ID

Berikut perbedaan COM dan ID yang harus Anda ketahui sebelum membuat website:

1. Jenis Top Level Domain (TLD)

Dari jenis top level domain-nya saja, domain .COM dan .ID sudah berbeda.

Domain .COM termasuk Generic Top Level Domain (gTLD) alias untuk penggunaan umum. Sedangkan .ID merupakan Country Code Level Domain (ccTLD), yang khusus menggambarkan asal website dari Indonesia.

Karena jenis TLD-nya berbeda, penggunaan atau hak kepemilikannya pun tak sama. Mari simak perbedaan COM dan ID selanjutnya.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .IN

2. Hak Kepemilikan

Meskipun domain .COM adalah kependekan dari komersial, sebenarnya siapapun bisa menggunakan ekstensi ini untuk membuat website apapun. Entah bisnis, blog pribadi, dsb.

Tentunya, itu lain dengan .ID yang khusus untuk website asal Indonesia. Tak heran, pengguna domain ini biasanya adalah warga Indonesia, website pemerintahan RI, ataupun organisasi dan bisnis yang berbasis di Indonesia.

Meski begitu, sebenarnya Anda bisa beli domain terpercaya .COM maupun .ID domain murah tanpa syarat apapun, kok.

Baca Juga: Panduan Domain untuk Pemula

3. Pengelolaan

Perlu Anda tahu, domain .COM dikelola oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Ini merupakan lembaga pemerintahan Internet global yang mengawasi pengembangan domain secara internasional.

Di sisi lain, .ID dikeluarkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Yang mana, organisasi ini secara khusus mengawasi pendaftaran domain bagi masyarakat Indonesia.

4. Branding

Yang terlintas pada benak mayoritas orang saat mendengar ‘ID’ pastilah negara Indonesia. Begitu juga saat mengakses website dengan ekstensi domain .ID.

Oleh sebab itu, .ID bagus bagi pengusaha atau siapapun yang ingin menonjolkan identitas Indonesia pada website-nya.

Baca Juga: Strategi Memilih Nama Domain Bisnis

5. Performa SEO

Perbedaan domain .COM dan .ID selanjutnya, performa SEO. Domain .COM bisa jadi unggul untuk pencarian global. Sedangkan .ID bagus untuk mendongkrak pencarian lokal alias local SEO.

Alasannya, Google mengenali .COM sebagai ekstensi domain untuk pencarian umum. Lain dengan .ID yang lebih ditujukan untuk hasil pencarian Indonesia.

6. Harga

Setelah Anda tahu sekilas keunggulan domain .ID, jangan heran kalau harga ekstensi ini jauh lebih mahal daripada .COM. Kisarannya di Rp200ribu’an. Sedangkan domain .COM hanya sekitar Rp115ribu’an.

Kelebihan Domain .COM

Kalau kita rangkum, kelebihan domain .COM kira-kira begini:

  • Popularitasnya tinggi. Karena penggunaannya cukup populer, website dengan domain .COM jadi makin mudah diingat;
  • Menggambarkan bisnis atau kegiatan komersial;
  • Bagus untuk SEO secara umum. Terutama bagi Anda yang mengincar target audiens internasional;
  • Pendaftaran mudah dan tidak menuntut syarat apapun;
  • Harga lebih murah.

Jadi, domain .COM cocok bagi pemilik bisnis ataupun organisasi dengan jangkauan global, ataupun individu yang ingin membuat blog pribadi ataupun website portfolio.

Kelebihan Domain .ID

Lanjut ke kelebihan domain .ID, ini yang bisa Anda dapatkan:

  • Kredibilitas tinggi. Karena membawa identitas Indonesia, domain .ID membuat website terdengar lebih profesional dan terpercaya;
  • Branding sebagai website asal Indonesia lebih kuat;
  • Mendongkrak local SEO;
  • Tersedia banyak kuota nama domain. Mengingat, pengguna domain .ID lebih sedikit daripada .COM;
  • Pendaftaran mudah dan tidak menuntut syarat apapun.

Dari berbagai keunggulan domain .ID di atas, bisa Anda simpulkan ekstensi ini tepat bagi pengusaha yang membidik target pasar Indonesia, begitu juga organisasi ataupun individu yang ingin mengangkat branding lokal.

Jadi, Mau Pakai Domain .COM atau .ID?

Sekarang, Anda sudah tahu perbedaan domain .COM dan .ID. Secara garis besar, domain .COM cocok untuk website dengan jangkauan pasar global. Sedangkan .ID bagus untuk Anda yang membidik pasar Indonesia.

Nah setelah mengetahui masing-masing perbedaan .COM dan .ID, kini saatnya Anda memutuskan: mau pakai domain .COM, atau .ID?

Apapun pilihan Anda, Niagahoster menyediakan baik domain .COM maupun .ID. Soal keamanan, tenang saja. Sebab, Niagahoster sudah terakreditasi ICANN sehingga domainnya sudah pasti terpercaya.

Selain itu, Niagahoster juga menyediakan fitur kelola domain yang super lengkap. Mulai dari DNS Management, Domain Forwarding, sampai Unlock Domain. Bahkan, Anda bisa berkesempatan untuk mendapat domain berkualitas secara gratis di sini!

Jadi, Anda mau pakai domain .COM atau .ID, nih?

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]