Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Memperpanjang Domain Expired & Secara Otomatis

3 min read

Apa Saja Manfaat Domain untuk Bisnis Ini Dia 5+ Jawabannya!

Website tidak bisa diakses karena Anda lupa memperbarui domain? Jangan panik. Anda masih bisa mengaktifkannya kembali dengan cara memperpanjang domain expired.

Penting bagi Anda untuk tahu kapan harus perpanjang domain, apalagi kalau punya website bisnis. Sebab, telat perpanjang domain sehari saja akan membuat website Anda jadi tidak bisa diakses. Bisa-bisa kepercayaan pelanggan akan hilang seketika! 

Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara renew domain yang sudah expired secara langkah demi langkah. Yuk, langsung saja simak tutorial lengkapnya di sini!

CTA banner web hosting

Mengapa Domain Harus Diperpanjang?

Domain adalah alamat yang digunakan oleh pengunjung untuk mengakses website Anda. Nah, sebagai pemilik website, penting untuk memahami mengapa memperpanjang domain merupakan langkah penting dalam menjaga keberlangsungan website Anda.

Sebab, ketika domain Anda kedaluwarsa, website dan layanan email akan langsung down dan tidak bisa diakses.

Ditambah lagi jika domain expired dan tidak diperpanjang, maka orang lain bisa mendaftarkan nama domain tersebut. Akibatnya, Anda tak lagi memiliki hak untuk menggunakan domain tersebut. 

Tentu saja hal ini akan merugikan Anda, terutama jika domain sudah dikenal dan terhubung dengan bisnis Anda. Bisa-bisa reputasi bisnis Anda akan menurun dan Anda kehilangan kepercayaan dari pelanggan lama, lho.

Oleh karena itu, Anda harus selalu memantau kapan nama domain Anda harus diperpanjang agar tidak terjadi hal-hal yang pada akhirnya malah merusak reputasi dan bisnis Anda. Mau tahu caranya? Scroll ke bawah yuk!

Cara Memperpanjang Domain Expired di Niagahoster

Tak perlu khawatir apabila Anda lupa memperpanjang domain. Setelah ini, kami akan memberikan panduan lengkap cara memperbarui domain expired yang bisa Anda ikuti. 

Berikut ini cara renew domain expired di tiap periode dalam siklus hidup domain:

Periode Grace

Beberapa domain masuk ke periode Grace setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Selama periode ini, Anda bisa melakukan perpanjangan domain tanpa adanya biaya tambahan.

Durasi periode Grace juga dapat bervariasi tergantung pada jenis TLD yang Anda gunakan. Bahkan, ada beberapa Top Level Domain (TLD) yang tidak memiliki periode Grace dan langsung masuk ke periode Redemption setelah kedaluwarsa.

Tapi pada umumnya, periode Grace berlangsung selama 35-40 hari.

Apabila domain Anda sudah memasuki masa ini, biasanya registrar akan mengirimkan email notifikasi bahwa domain sudah dinonaktifkan. Contohnya seperti email dengan keterangan bahwa domain sudah expired yang dikirimkan oleh Niagahoster berikut.

tampilan email domain sudah expired

Lantas, bagaimana cara memperpanjang domain expired saat berada di periode Grace?

  1. Pertama, akses niagahoster.co.id, lalu masuk ke akun Anda dengan klik tombol Log In.
langkah pertama dalam cara renew domain yaitu login ke akun niagahoster

  1. Isi email dan password akun di kolom yang tersedia, kemudian klik Log In untuk mengakses hPanel. Atau Anda juga bisa menggunakan social login dengan akun Google atau Facebook yang digunakan untuk mendaftar ke Niagahoster.
halaman login akun niagahoster

  1. Pilih tab Tagihan di menu bagian atas hPanel. Setelah itu, klik Perpanjang sekarang pada domain yang akan Anda perpanjang.
cara memperpanjang domain expired di hpanel

  1. Klik Pilih Metode Pembayaran di popup yang menampilkan detail tagihan layanan Anda.
langkah pilih metode pembayaran dalam cara memperpanjang domain expired

  1. Klik opsi metode bayar yang Anda inginkan. Kemudian, Anda akan diarahkan ke instruksi pembayaran di halaman berikutnya.
langkah pilih metode pembayaran dalam cara memperpanjang domain expired

  1. Bayar tagihan Anda sesuai dengan kode pembayaran yang diterima.
cara perpanjang domain expired selanjutnya adalah membayar tagihan sesuai nominal

  1. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapat email yang menyatakan bahwa domain sudah aktif kembali dari Niagahoster.
tampilan email domain sudah aktif kembali

Periode Redemption

Setelah periode Grace, domain akan memasuki periode Redemption atau masa Penebusan selama kurang lebih 30 hari. Di tahap ini, diperlukan biaya khusus selain biaya perpanjangan untuk renew domain tersebut.

status domain yang menunjukkan masa penebusan

Beberapa TLD tidak memiliki periode penebusan dan langsung masuk ke dalam periode Pending Deletion setelah berakhir.

Jika domain Anda sudah berada dalam tahap ini, Anda dapat menghubungi tim Customer Support kami yang akan membantu seputar cara memperpanjang domain expired di masa penebusan.

Periode Pending Deletion

Domain akan berada dalam periode yang disebut Pending Deletion atau penghapusan yang tertunda selama kurang lebih 5 hari setelah periode Redemption berakhir.

Pending Deletion berarti domain tersebut akan kedaluwarsa, tetapi belum bisa dibeli oleh publik.

Selama periode ini, Anda sudah tidak bisa melakukan perpanjangan domain. Jadi, Anda hanya dapat menunggu sampai nama domain dihapus dan kembali ke periode Available atau tersedia.

Sudah punya domain incaran? Yuk ambil sebelum keduluan orang lain!

Mau Domain Murah

Apa yang Terjadi Jika Domain Tidak Diperpanjang?

Supaya Anda tahu waktu yang tepat untuk renew domain tanpa harus bayar biaya tambahan, ini dia tahapan yang terjadi setelah domain kedaluwarsa:

  • Hari 0 setelah domain expired. Periode Grace dimulai pada hari di saat masa aktif domain berakhir. Di hari tersebut, registrar akan mengirimkan reminder bahwa masa aktif domain telah habis. Meski begitu, domain masih bisa diperpanjang tanpa ada biaya tambahan.
  • Hari 37 setelah domain expired. Domain memasuki periode Redemption selama 30 hari. Dalam periode ini, domain hanya bisa diaktifkan kembali melalui proses restore dengan total biaya 400% dari biaya perpanjang domain normal.
  • Hari 67 setelah domain expired. Setelah berakhirnya periode Redemption, domain memasuki periode Pending Deletion atau sedang menunggu antrian penghapusan oleh registry. Di tahap ini, domain sudah tidak dapat diperpanjang lagi. Jadi, domain akan tersedia (available) di pasaran setelah masa 7 hari Pending Deletion berakhir.

Cara Perpanjang Domain secara Otomatis 

Tidak perpanjang domain tepat waktu dapat menyebabkan website tidak dapat diakses. Anda bisa kehilangan pelanggan, bahkan mungkin kehilangan nama domain yang sudah dikenal untuk bisnis Anda.

Untungnya, Niagahoster punya fitur Auto Renewal yang akan memastikan layanan yang Anda gunakan selalu dalam keadaan aktif. Tak cuma itu, fitur ini juga memungkinkan Anda mengaktifkan pembayaran otomatis dari metode pembayaran yang ditambahkan.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan perpanjang domain otomatis di Niagahoster:

  1. Di halaman utama hPanel, pilih Domain yang ada di menu bagian atas.
cara perpanjang domain otomatis di hpanel

  1. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan bagian Domain Saya. Selanjutnya, cari nama domain yang ingin Anda perbarui secara otomatis. Lalu, klik toggle Perpanjangan otomatis untuk mengaktifkan fitur Auto Renewal.
toggle perpanjangan domain otomatis di hpanel

  1. Di pop-up yang muncul, klik tombol Tambah Metode Pembayaran. Nantinya, Anda akan dikenakan biaya perpanjangan secara otomatis dari metode pembayaran yang dipilih.
tambah metode pembayaran untuk auto renew domain

Selamat! Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Auto Renewal. Tak perlu khawatir lupa perpanjang domain lagi deh.

Cara Mengaktifkan Domain Expired Itu Mudah, ‘kan?

Sampai sini, Anda sudah tahu cara memperpanjang domain expired dan apa yang terjadi jika Anda tidak melakukan perpanjangan domain.

Cara perpanjang domain expired memang cukup mudah. Namun, untuk menghindari website yang tidak bisa diakses akibat lupa perpanjang domain, kami sarankan Anda mengaktifkan fitur Auto Renewal.

Nah, kemudahan fitur ini bisa Anda nikmati jika Anda mendaftarkan domain di Niagahoster. Selain soal fitur tadi, kenapa sih harus punya domain dari Niagahoster?

Pertama, Niagahoster adalah layanan domain terpercaya dengan akreditasi ICANN. Kedua, tersedia berbagai ekstensi domain untuk Anda pilih. Ketiga, Anda bisa mendapatkan berbagai promo domain, domain murah dan ekstensi lainnya mulai Rp14 ribuan saja!

Menariknya lagi, Anda bisa transfer domain dari layanan lain dengan biaya terjangkau di Niagahoster. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk cek ketersediaan domain impian Anda sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *