Digital marketing adalah salah satu skill penting yang wajib Anda kuasai untuk memasarkan produk atau layanan. Kenapa begitu?
Sebab, kelebihan digital marketing yaitu memungkinkan strategi promosi Anda lebih praktis dan efektif. Jadi tak heran, saat ini banyak pemilik bisnis yang mengaplikasikan pemasaran digital untuk promosi.
Nah, jika Anda berminat belajar skill ini dan menjadi digital marketer expert yang sukses, yuk mulai dengan mempelajari apa itu digital marketing di artikel ini!
Apa Itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah upaya pemasaran produk atau jasa dengan media digital dan internet. Tujuannya untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dan meningkatkan penjualan. Digital marketing bisa dilakukan di berbagai platform mulai dari website, email, hingga media sosial.
Mengapa saat ini digital marketing bisa menjadi metode pemasaran yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan produk?
Alasannya, kini pengguna internet di dunia ada sekitar 5,3 miliar orang. Artinya, makin banyak orang terhubung dengan internet sehingga memicu peningkatan kegiatan transaksi online.
Melihat peluang emas itu, pemilik bisnis pun mengadopsi strategi online marketing seperti pemasaran digital. Tujuannya, supaya bisnis mereka bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.
Tak hanya itu, masih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan digital marketing. Apa saja itu? Scroll ke bawah, yuk.
Baca Juga: Jiwa Wirausaha: Kunci Sukses Membangun Bisnis Di Era Digital!
Kelebihan dan Manfaat Digital Marketing
Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kami akan membahas kelebihan dan manfaat digital marketing yang bisa Anda nikmati:
1. Jangkauan Tepat Sasaran
Pertama, kelebihan digital marketing adalah jangkauannya tepat sasaran. Sebab, Anda bisa membidik audiens secara spesifik. Mulai dari wilayah, umur, gender, hingga detail lainnya.
Misalnya, Anda memakai Facebook Ads dan target pasar Anda yaitu audiens berusia 21-65 tahun di Mojokerto yang tertarik dengan produk gratis.
Dengan teknologi machine learning yang diterapkan platform iklan online tersebut, iklan Anda hanya akan muncul ke audiens yang history pencarian, transaksi, dan minatnya sesuai dengan kriteria. Alhasil, iklan online pun jadi lebih tepat sasaran daripada menggunakan pemasaran tradisional.
Jadi, bisa dibilang manfaat digital marketing adalah meningkatkan efektivitas bisnis baik dari segi waktu, biaya, dan tenaga.
2. Hemat Biaya
Mungkin Anda penasaran, berapa sih biaya yang diperlukan untuk memulai digital marketing? Tenang, biayanya tidak mahal kok. Sebab, salah satu kelebihan digital marketing adalah hemat. Bahkan, Anda bebas menentukan budget sendiri, lho.
Kira-kira, ini kisaran biaya untuk melakukan pemasaran digital:
Kisaran Biaya Digital Marketing
Jenis Digital Marketing | Biaya |
Membuat website | Rp26ribu – Rp2,5juta |
Search Engine Optimization (SEO) | Gratis – berbayar (menyesuaikan tools yang dipakai) |
Search Engine Marketing (SEM) | Mulai dari Rp4juta |
Email Marketing | Rp80ribu – Rp360ribu |
PPC (Google Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, dll) | Rp10ribu – jutaan (menyesuaikan kebutuhan) |
Tentunya, biaya pemasaran digital jauh lebih rendah daripada pemasaran konvensional. Tidak percaya? Secara garis besar, ini dia biaya iklan tradisional:
Kisaran Biaya Iklan Tradisional
Jenis Iklan Tradisional | Biaya |
Display koran | Rp61ribu/mmk |
Pasang baliho/billboard | Rp600ribu/m2 |
Iklan di TV nasional | Rp14juta – Rp100juta |
Jadi bisa Anda simpulkan, manfaat digital marketing adalah biayanya yang jauh lebih terjangkau daripada iklan konvensional.
Baca Juga: Mahal atau Murah? Inilah Biaya Pembuatan Website di 2022
3. Mampu Menjalin Komunikasi Personal dengan Calon Pelanggan
Dengan pemasaran digital, Anda mampu menjalin komunikasi personal atau personalized marketing dengan calon pelanggan.
Tentu ini penting, mengingat 80% pelanggan cenderung membeli produk atau layanan dari merek yang memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Tak heran, personalized marketing menjadi salah satu trend bisnis online.
Nah, metode pemasaran ini bisa dilakukan karena beragam marketing tools yang mampu merekam data real-time hasil respons iklan online seperti demografi audiens.
Kemudian, kegiatan pemasaran ini bisa diterapkan untuk retargeting alias pendekatan kembali ke pengunjung yang sudah berinteraksi dengan website dan iklan Anda. Semisal, mengirim info produk baru lewat email.
4. Memperkuat Brand Awareness
Digital marketing adalah salah satu cara ampuh untuk memperkuat brand awareness. Brand awareness sendiri merupakan rasa familier yang dimiliki pelanggan atas sebuah produk atau jasa.
Kenapa digital marketing bagus untuk brand awareness? Alasannya, kelebihan digital marketing adalah mampu meningkatkan paparan brand ke target audiens-nya.
Di era digital ini, umumnya orang-orang akan mencari produk atau jasa yang diinginkan di internet sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.
Dengan menerapkan pemasaran digital, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan calon konsumen. Apalagi jika halaman review produk Anda dipenuhi ulasan yang bagus. Tentunya mereka akan merasa yakin bahwa brand Anda bisa dipercaya.
5. Eksekusi Lebih Cepat dan Sesuai Keinginan
Selanjutnya, manfaat digital marketing adalah waktu eksekusinya yang lebih singkat dibanding pemasaran konvensional. Bahkan, Anda bisa menjalankannya dalam waktu harian saja. Kira-kira, seperti ini contoh timeline-nya:
Perkiraan Waktu Eksekusi Digital Marketing
Aktivitas | Waktu |
Merancang konten dan design iklan | 3 hari |
Mempublikasikan di website | 1 menit |
Mengatur iklan online | 1 jam |
Menunggu review iklan online | 1 hari |
Total Waktu | 4 hari 1 jam 1 menit |
Kurang dari seminggu saja, Anda sudah bisa meluncurkan kampanye pemasaran digital Anda. Tidak hanya di satu channel, melainkan berbagai saluran marketing. Baik Facebook, Instagram, Google, dsb.
6. Efektivitas Strategi Mudah Diukur
Kelebihan digital marketing berikutnya, memudahkan Anda mengukur efektivitas strategi.
Setiap channel marketing biasanya menyediakan alat pengukuran data yang bisa membantu Anda melacak digital marketing metric. Misalnya, website dengan Google Analytics, Facebook Ads dengan menu Tracking, sampai Instagram dengan Insights.
Ini akan memudahkan Anda menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengevaluasi strategi marketing yang dijalankan:
- Apakah iklan menjangkau target audiens yang tepat?
- Seberapa besar konversi yang dihasilkan lewat channel marketing saya?
- Konten mana yang populer dan bisa dimanfaatkan lebih lanjut?
7. Meningkatkan ROI Perusahaan
Kesuksesan pemasaran digital dapat dilihat dari return of investment (ROI). ROI adalah persen profit yang diterima perusahaan setelah menginvestasikan uang dengan besaran tertentu.
Kabar gembiranya, manfaat digital marketing adalah memudahkan Anda mengukur ROI perusahaan. Sebab, Anda bisa melakukan performance tracking dari setiap marketing campaign. Dengan begitu, gampang untuk melihat berapa besar pengeluaran dan hasil yang perusahaan terima.
Di bawah ini adalah estimasi ROI dari berbagai jenis channel digital marketing (First Page Sage, 2021):
Estimasi ROI Digital Marketing
Jenis Digital Marketing | ROI (3 tahun) |
Website yang menerapkan SEO | 748% |
SEM & PPC | 36% |
Email Marketing | 261% |
Ads | 87% |
Angka yang cukup fantastis bukan? Jadi, bisa Anda simpulkan bahwa kelebihan digital marketing adalah mampu menumbuhkan bisnis.
Meski begitu, jangan anggap semua strategi pemasaran digital itu sama saja. Nah, di poin selanjutnya, kami akan membahas jenis digital marketing dan perannya masing-masing.
Jenis Digital Marketing dan Contohnya
Setelah mengetahui kelebihan dan manfaat digital marketing, Anda pasti makin tergoda mempelajari taktik ini. Sebelum belajar lebih jauh untuk menjadi digital marketer expert, sebaiknya Anda memahami dulu jenis digital marketing dan bagaimana penerapannya.
Ini dia jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan:
1. Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah taktik supaya website dan kontennya menduduki halaman pertama pencarian Google. Tujuannya, agar website lebih mudah ditemukan dan menjaring banyak visitor.
Penting Anda ketahui juga, strategi Search Engine Optimization dibedakan menjadi tiga:
- SEO on page: fokus pada konten website. Misalnya memposting artikel SEO-Friendly;
- SEO off page: upaya mengoptimasi website dari luar. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan relevansi situs;
- Technical SEO: upaya mengoptimasi back-end website sehingga performanya oke. Baik dari struktur web, kecepatan website, dsb.
Contoh digital marketing yang satu ini adalah ketika seseorang ingin membeli sepatu olahraga. Kemungkinan, mereka akan mengunjungi top 3 halaman website yang muncul di Google.
Makanya, penting bagi perusahaan mengoptimasi website-nya supaya bisa menduduki ranking teratas Google. Itulah mengapa, teknik SEO yang dilakukan dengan tepat bisa menjadi strategi promosi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan produk.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Singkatnya, SEM adalah upaya mengiklankan website di halaman pencarian. Karena berbayar, hasil Search Engine Marketing pun lebih instan daripada SEO.
Halaman website Anda akan menduduki halaman pertama Google dengan lebih cepat, serta punya tanda ‘iklan’ pada bagian atasnya. Contoh digital marketing ini bisa Anda lihat di gambar berikut.
Manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mempraktikkan Search Engine Marketing pun ada banyak, yaitu:
- Meningkatkan conversion rate;
- Hasil relatif lebih cepat daripada SEO;
- Bisa menentukan target audiens;
- Biaya terbilang lebih minim daripada metode iklan tradisional.
3. Content Marketing
Content marketing adalah upaya menghasilkan dan mendistribusikan konten yang mampu memikat target pasar dan mengubah mereka menjadi pelanggan.
Jadi bukan konten asal, jenis digital marketing ini mengajak Anda merancang konten dengan prinsip: penting, relevan, dan konsisten. Sehingga, konten akan relevan bagi bisnis, menjawab kebutuhan target audiens, serta diproduksi secara konsisten.
Sebagai tambahan, teknik pemasaran ini tidak terbatas pada artikel atau video saja, melainkan juga copywriting pada iklan. Nah, copywriting adalah teknik membujuk pembaca untuk mengikuti perintah Anda.
Contoh digital marketing ini ialah jika perusahaan menjual produk tema website, maka digital marketer bisa membuat konten yang berhubungan dengan produk. Misalnya, keunggulan yang ditawarkan, cara membuat website, sampai tips membuat website.
4. Email Marketing
Jika Anda ingin menjalankan taktik pemasaran digital secara personal, email marketing adalah pilihan tepat. Selain praktis, manfaat email marketing juga banyak:
- Biaya yang dikeluarkan kecil tetapi hasilnya maksimal;
- Jangkauan luas;
- Email mampu menyampaikan pesan perusahaan secara efektif;
- Mudah menjangkau konsumen lewat berbagai perangkat berbeda.
Cara kerja email marketing dimulai dari mengumpulkan email list calon konsumen Anda. Setelah proses list building selesai, Anda mengirimkan berbagai info menarik terkait perusahaan Anda ke mereka.
Agar strategi ini makin ampuh, Anda perlu membuat pesan yang personal dan relevan. Caranya, dengan menyapa pelanggan dengan nama mereka sendiri, mengingatkan tagihan pembayaran, serta mengirim rekomendasi konten yang sesuai minat calon pelanggan.
Dalam praktiknya, contoh digital marketing ini bisa Anda lihat pada gambar di bawah.
5. Video Marketing
Mungkin video marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang paling populer. Faktanya, 89% marketer setuju teknik promosi lewat video cukup berdampak pada ROI perusahaan.
Bukan tanpa alasan, keuntungan menerapkan strategi pemasaran ini dalam upaya digital marketing adalah:
- Video meningkatkan pemahaman konsumen akan produk Anda;
- Meningkatkan conversion;
- Video menjadi tren terkini;
- Pelanggan lebih suka membagikan video.
Format video marketing pun berbagai macam: video demo, event, tutorial, interview, hingga product update. Salah satu contoh digital marketing dengan video marketing yaitu video di YouTube Niagahoster Indonesia.
6. Social Media Marketing
Social media marketing adalah upaya promosi melalui media sosial. Baik itu Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain-lain.
Social media itu platform yang paling ampuh untuk mempromosikan produk dan berkomunikasi dengan calon konsumen. Berinteraksi dan menjawab pertanyaan mereka ialah cara terbaik untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Bahkan 64% konsumen ingin brand melakukan interaksi dengan mereka di media sosial.
Contoh digital marketing ini telah dilakukan oleh brand Flip yang aktif membangun interaksi dengan gaya bahasa kasual sesuai dengan brand voice-nya.
Tapi meski kelihatannya sekadar posting-posting dan reply konten viral, sebenarnya taktik ini perlu perencanaan matang. Apalagi, karakter audiens setiap channel sosial media itu berbeda.
Artinya, Anda perlu mendalami social media marketing demi membangun taktik yang jitu. Dengan begitu, Anda akan tahu kekuatan hingga kelemahan setiap platform. Tujuannya tentu supaya Anda bisa merancang strategi marketing yang cocok dan sejalan dengan misi bisnis Anda.
7. Pay Per Click (PPC)
Pay Per Clik (PPC) adalah strategi marketing di mana pebisnis hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik atau direspons audiens.
Kelebihan PPC antara lain:
- Dapat mengatur target audiens;
- Dapat disesuaikan dengan budget Anda;
- Algoritma tidak mempengaruhi PPC;
- Target audiens sulit membedakan PPC dengan organik.
Lain dengan SEM, penggunaan PPC lebih umum. Bukan hanya untuk mesin pencari saja, PPC juga hadir dalam bentuk iklan apapun yang bisa diklik. Semisal Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dll.
Berikut adalah contoh digital marketing untuk jasa travel. Iklan PPC jasa tersebut tidak memiliki banyak teks sesuai dengan platform Instagram yang fokus dengan visualnya.
8. Native Advertising
Mungkin, Anda jarang mendengar istilah Native Advertising. Native Advertising adalah konten berbayar yang dipasang di platform tertentu. Uniknya, format kontennya mirip dengan postingan biasa. Sehingga, lebih menarik untuk diklik.
9. Affiliate Marketing
Selanjutnya, yang termasuk jenis digital marketing adalah affiliate marketing. Ini merupakan strategi perusahaan untuk bermitra dengan pihak lain menggunakan sistem komisi. Artinya, mitra afiliasi akan mendapatkan bayaran jika berhasil menjual produk melalui link tertentu.
Pertanyaannya, kenapa membuka program afiliasi menguntungkan bagi pebisnis?
Alasannya:
- Memasarkan produk secara efektif dengan budget minimal;
- Memperluas jangkauan promosi;
- Minim risiko;
- Mendapatkan traffic dari customer para afiliator.
Singkat kata, strategi ini memungkinkan Anda melebarkan sayap bisnis dengan biaya minimal. Sebab, kegiatan promosi ditanggung sendiri oleh mitra afiliasi.
Teknik pemasaran ini sudah diterapkan Niagahoster dengan membuat Program Afiliasi Niagahoster.
10. Customer Service Automation
Customer service automation adalah sistem layanan pelanggan yang mengeliminasi proses manual untuk mencapai sesuatu. Misal, penyediaan chat bot pada website perusahaan, pengiriman invoice pembayaran secara otomatis lewat email, dan lain-lain.
Bagi bisnis, manfaat penggunaan customer service automation yaitu:
- Meningkatkan produktivitas tim customer service;
- Mengurangi waktu antrian calon konsumen;
- Meminimalisasi potensi human error;
- Menghemat budget.
Dari sisi digital, customer service automation juga berperan cukup penting. Terutama untuk mengumpulkan data calon konsumen, juga memudahkan perusahaan menjalankan strategi bisnis.
Contoh digital marketing ini yaitu mengirim rekomendasi produk berdasarkan pertanyaan calon konsumen, sampai menyelesaikan keluhan dengan mengarahkan pelanggan ke artikel blog.
Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?
Sampai sini, mungkin Anda bertanya-tanya. Lalu bagaimana cara memulai digital marketing? Temukan jawabannya di bawah ini yuk.
1. Membuat Website
Sudah tahu apa itu website, ‘kan? Kebetulan, cara memulai digital marketing adalah dengan membuat website. Berdasarkan tujuan penggunaannya, tipe website ada banyak. Mulai dari website pribadi, website toko online, blog, dan masih banyak lagi.
Manfaat website untuk mempraktikkan digital marketing adalah:
- Bisa membuat website toko online sekaligus pusat informasi perusahaan;
- Punya email dengan domain sendiri;
- Media untuk press release;
- Memudahkan calon konsumen menemukan produk Anda jika website berhasil berada di halaman pertama pencarian Google;
- Memasang iklan.
2. Menjalankan Blog
Blog adalah website yang memuat konten berupa artikel, video, dan foto dan fokusnya ke satu bidang tertentu. Dengan kata lain, praktik content marketing di blog memang cukup kuat.
Tapi bukan hanya untuk penggunaan personal, banyak perusahaan menjalankan blog dan website sekaligus. Sebab, keduanya bisa saling membantu. Blog untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan, sedangkan web untuk membangun branding dan transaksi.
Lebih lengkapnya, manfaat blog untuk digital marketing adalah:
- Sebagai sarana publikasi;
- Sarana branding;
- Mempromosikan produk atau jasa.
Baca Juga: Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya
3. Meluncurkan Landing Page
Landing page adalah halaman dalam website yang dirancang khusus untuk bertransaksi. Halaman ini juga yang menjadi tempat pendaratan visitor yang mengakses website dengan mengklik ads atau paid search.
Sesuai fungsinya, ada beberapa jenis landing page:
- Lead generation landing pages: untuk mengumpulkan data calon pelanggan (nama, alamat email, dll);
- Click-through landing pages: untuk menggiring pelanggan ke transaksi secara to-the-point. Biasanya ada tombol semacam Order Sekarang, Berlangganan Sekarang, dan semacamnya.
4. Membuat Social Media
Nah, langkah terakhir dalam cara memulai digital marketing yaitu dengan membuka akun social media. Bisa Instagram, Facebook, TikTok, atau platform lainnya sesuai dengan audiens yang ditargetkan.
Melalui sosial media, Anda bisa menjalankan berbagai kampanye pemasaran. Terutama yang bertujuan meningkatkan engagement atau membutuhkan interaksi target audiens.
Baca Juga: Apa Itu Experiental Marketing
Yuk Kuasai Digital Marketing Supaya Bisnis Makin Moncer!
Sudah paham pengertian digital marketing, ‘kan? Jadi, digital marketing adalah upaya pemasaran produk atau layanan lewat media digital.
Dengan mempraktikkannya, promosi produk Anda akan lebih efektif karena mampu membidik target pasar yang tepat. Ada beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda lakukan mulai dari SEO, SEM, Content Marketing, Email Marketing, sampai Customer Service Automation.
Tapi mungkin saking banyaknya jenis digital marketing, Anda jadi bingung harus mulai belajar digital marketing dari mana.
Nah, untuk memudahkan Anda belajar, kami sudah menyiapkan roadmap untuk memahami apa itu digital marketing secara sistematis. Sehingga, Anda hanya tinggal mengikuti langkah demi langkahnya saja.
Tertarik? Yuk pelajari digital marketing lewat ebook di bawah ini!