Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membuat Blog dengan Mudah

7 min read

Cara Membuat Blog

Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pengalaman, pemikiran, atau opini dari satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten baru ke konten terlama)

Melalui blog Anda bisa berbagi pengalaman melalui tulisan. Baik itu pengalaman perjalanan, pengalaman mengikuti suatu kegiatan atau event, maupun pengalaman menggunakan satu produk.

Anda juga bisa menuliskan opini atau pemikiran Anda mengenai fenomena tertentu di blog Anda. Misalnya, tahun 2019 adalah tahun politik, Anda bisa menuliskan opini mengenai masing-masing kandidat.

Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari blog. Dari mengasah kemampuan menulis, menambah keterampilan mengelola platform blog, membangun koneksi dengan blogger lain, hingga menghasilkan uang melalui blog.

Membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Siapapun bisa membuat blog, termasuk Anda. Anda yang tidak memahami coding pun bisa membuat blog dengan mudah.

Dengan bantuan platform pembuatan blog seperti WordPress dan Blogger, Anda bisa membuat blog hanya dalam hitungan menit! Ingin tahu cara membuat blog dengan mudah menggunakan WordPress dan Blogspot? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Cara Membuat Blog

1. Memilih Topik/Niche Blog

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan topik utama blog Anda. Memilih niche atau topik blog penting karena dua alasan. Alasan pertama adalah agar Anda bisa menikmati proses mengembangkan blog sesuai dengan minat dan hobi.

Alasan kedua adalah agar Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog. Dengan memilih niche atau topik blog yang banyak dicari orang, kemungkinan untuk menghasilkan uang lebih besar. Anda harus bisa menemukan niche atau topik blog yang bisa memenuhi dua syarat tersebut, yaitu sesuai dengan minat dan bisa menghasilkan uang. Anda bisa mengabaikan syarat kedua jika memang tidak berniat mencari uang melalui blog.

Terdapat berbagai niche atau topik blog, dari traveling, parenting, marketing, otomotif, teknologi, sastra, kuliner, sampai arsitektur. Pilihlah topik atau niche yang paling Anda minati. Syukur-syukur niche yang Anda minati juga berpotensi untuk menghasilkan uang.

2. Memilih Platform Blog

Setelah menetapkan niche atau topik blog mana yang ingin Anda geluti, kini saatnya untuk memilih platform blog yang akan Anda gunakan. Platform blog ini akan Anda gunakan untuk mengelola blog, dari publish artikel sampai optimasi blog.

Dari sekian banyak platform blogging, terdapat tiga platform blog yang populer di Indonesia. Tiga platform ini terkenal bukan hanya karena kemudahan pengoperasiannya, tetapi juga karena gratis.

Perbandingan WordPress.org, WordPress.com, dan Blogger

Tiga platform blog tersebut adalah Blogger, WordPress.com, dan WordPress.org. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan. Perbandingan antara ketiga platform dapat Anda lihat di infografik di bawah ini.

 

infografik cara membuat blog

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa WordPress.org memungkinkan Anda untuk mengelola blog dengan lebih leluasa dibanding dua platform lainnya. Anda memang perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan WordPress.org. Biaya tersebut untuk menyewa hosting dan membeli domain, bukan untuk software WordPress.

Meskipun harus merogoh kocek, Anda bisa menentukan kapasitas penyimpanan, bebas memilih ekstensi domain, tema lebih beragam, dan yang terpenting adalah bisa memasang iklan dengan bebas. Artinya, Anda bisa menghasilkan uang melalui blog lebih mudah menggunakan WordPress.org.

Baca Juga: Pilih Blogspot atau WordPress?

3. Memilih Hosting dan Domain

Jika Anda memilih untuk menggunakan WordPress.com atau Blogger, Anda tidak perlu memilih hosting dan domain karena sudah termasuk dalam satu paket blog. Bagi Anda yang ingin menggunakan WordPress.org, Anda perlu menentukan penyedia hosting dan domain untuk blog Anda.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia hosting dan domain?  Ada enam faktor penting yang harus diperhatikan ketika memilih web hosting:

  • Kualitas Performa Server

Kualitas performa server menentukan performa website Anda. Performa server berkualitas tinggi juga akan mendukung performa website Anda dengan baik. Server tidak sering down sehingga website selalu bisa diakses. 

Lokasi server juga perlu diperhatikan karena lokasi server paling ideal adalah server yang berada di lokasi target pembaca Anda. Misalnya, target pembaca Anda adalah orang Indonesia, maka pilihlah penyedia web hosting yang lokasi servernya di Indonesia.

  • Customer Support 24 Jam

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami masalah teknis di web hosting Anda? Tentu menghubungi Customer Support. Pastikan penyedia web hosting yang akan Anda gunakan menyediakan layanan customer support 24 jam, bisa dihubungi lewat berbagai cara komunikasi, dan tentu menyelesaikan masalah teknis Anda.

  • Harga Terjangkau

Dalam membeli sebuah barang tentu Anda harus mempertimbangkan harga. Anda harus membandingkan setiap paket hosting, mana yang paling cocok untuk Anda. Sesuaikan anggaran, kebutuhan, dan paket hosting yang ditawarkan.

Apabila kebutuhan Anda baru sebatas coba-coba, Anda bisa memilih paket hosting termurah seperti Paket Bayi di Niagahoster, tetapi fiturnya terbatas. Ketika kebutuhan kapasitas penyimpanan Anda mulai meningkat, Anda bisa meng-upgradenya ke paket di atasnya Paket Pelajar, Personal, atau Bisnis.

  • Garansi Uang Kembali

Mungkin ini adalah pertama kali membuat blog dengan hosting dan domain sendiri. Pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan garansi uang kembali. Anda bisa mendapatkan kembali biaya sewa hosting Anda jika merasa tidak puas dengan pelayanannya.

  • Fitur yang Ditawarkan

Ada harga, ada rupa. Anda juga perlu mempertimbangkan, apakah fitur yang didapatkan setimpal dengan harga yang dibayarkan. Beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan adalah domain gratis, bandwidth unlimited, SSL gratis, cPanel lengkap, dan spam protection.

  • Review Pelanggan

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah cek review dari pengguna penyedia web hosting. Lihat review pelanggan di blog, forum, media sosial, dan situs review web hosting terpercaya. Jadikan review pengguna lain sebagai salah satu bahan pertimbangan Anda dalam memilih web hosting.

4. Install Blog

Di poin ini saya akan membahas cara instalasi blog di tiga platform, yaitu WordPress.org, WordPress.com, dan Blogger. 

Cara Membuat Blog di WordPress.org

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, untuk menggunakan WordPress.org Anda harus memiliki hosting dan domain. Untuk Anda yang belum memiliki layanan hosting dan domain, pada langkah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkannya. Di bawah ini saya menggunakan layanan hosting dan domain dari Niagahoster. 

a. Pesan Hosting dan Domain

Langkah 1. Buka Niagahoster

Langkah 2. Terdapat empat pilihan paket hosting yang dapat Anda gunakan, silakan klik tombol Klik Sekarang, pada contoh ini kami memilih paket hosting Personal (sudah termasuk domain gratis).

cara membuat blog hosting

Langkah 3. Tentukan durasi paket hosting, pada contoh ini kami memilih durasi untuk satu tahun, kemudian klik tombol Selanjutnya.

tentukan durasi hosting blog

Langkah 4. Ketikkan nama domain baru yang ingin digunakan untuk blog Anda, kemudian tekan tombol Cari Domain. Jika tidak tersedia, silakan gunakan nama domain yang berbeda.

domain gratis

Langkah 5. Jika domain Anda tersedia seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, silakan tekan tombol Tambah Ke Cart.

tambah domain ke cart

Cara lebih lengkapnya untuk membeli hosting dan domain, dapat Anda baca di panduan ini.

b. Login ke cPanel dan Install WordPress

Setelah Anda mendapatkan detail login ke cPanel, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi WordPress. Caranya sangat mudah, silakan ikuti langkah di bawah ini.

Langkah 1. Silakan login ke cPanel melalui tautan yang diinformasikan melalui email, biasanya seperti ini: http://namadomainanda/cpanel

login cpanel

Langkah 2. Pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER silakan klik logo WordPress

instal wordpress

Langkah 3. Klik tombol Install Now

instal blog wordpress

Langkah 4. Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain, kolom In Directory silakan dikosongkan

pilih domain

Langkah 5. Isi nama website Anda beserta deskripsinya, pada kolom Site Name dan Site Description

isi nama blog

Langkah 6. Tentukan username dan password untuk login ke dashboard WordPress Anda.

buat password blog

Langkah 7. Pilih tema untuk blog Anda, kemudian klik tombol Install.

tema wordpress

Langkah 8. Setelah proses instalasi selesai, akan tampil pesan sukses yang berisi alamat blog beserta URL login ke dashboard admin.

url login blog

 

Cara Membuat Blog di Blogger

Jika Anda ingin membuat blog yang benar-benar gratis, Anda bisa menggunakan Blogger atau WordPress.com. Di poin ini akan saya jelaskan cara membuat blog gratis di Blogger.

Langkah 1. Buka Blogger

cara membuat blogger

Langkah 2. Untuk membuat blog di Blogger Anda harus mempunyai akun Gmail. Jika sudah memiliki akun Gmail, Anda bisa menggunakan kata sandi yang sama ketika login di Gmail untuk membuat Blogger.

cara membuat blogger google

Langkah 3. Buat profil Blogger

cara membuat blogger profil

Langkah 4. Tulis display name

cara membuat blogger display

Langkah 5. Setelah itu akan muncul laman untuk Create New Blog

cara membuat blogger new

Langkah 6. Masukkan judul blog dan nama domain blog

cara membuat blogger domain

Langkah 7. Blog sudah bisa digunakan.

cara membuat blogger post

Jika Anda menggunakan Blogger dan ingin mengganti domain blogspot menjadi domain sendiri, Anda bisa melakukannya dengan mudah di Niagahoster. Anda bisa mengikuti panduan Cara Custom Domain Blogspot di Niagahoster

Cara Membuat Blog di WordPress.com

Langkah 1. Buka WordPress.com, lalu klik mulai

cara membuat blog wordpress.com

Langkah 2. Masukkan email, nama pengguna, dan kata sandi

cara membuat blog wordpress.com mulai

Langkah 3. Lengkapi informasi penting seperti nama blog, niche blog, tujuan blog, dan tingkat kemahiran membuat situs web.

cara membuat blog wordpress.com info

Langkah 4. Tentukan nama domain. Anda bisa menulis nama domain apa saja. Akan tetapi, WordPress bebas menambahkan kombinasi angka atau huruf di nama domain Anda. Seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini:

cara membuat blog wordpress.com domain

Langkah 5. Pilih mulai dengan gratis. Setelah itu WordPress.com akan mengirimkan email konfirmasi dan Anda bisa mengaktifkan blog dari email tersebut.

cara membuat blog wordpress lanjutkan

Langkah 6. Blog sudah siap digunakan

cara membuat blog wordpress situs

5. Optimasi blog

Setelah selesai memasang WordPress di cPanel, banyak langkah optimasi yang harus Anda lakukan agar blog Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dan mendapatkan banyak pengunjung. Berikut adalah langkah-langkah yang wajib Anda lakukan setelah menginstall WordPress.

1. Lengkapi Informasi Website

install wordpress lengkapi informasi

Tujuan orang mengunjungi website adalah untuk memperoleh informasi tentang Anda seperti bisnis apa yang Anda jalankan atau siapa pemilik perusahaannya. Jika Anda mengelola blog, Anda perlu menampilkan informasi singkat tentang siapa Anda dan latar belakang tentang blog yang Anda kelola.

Agar informasi dasar tentang website atau blog Anda lengkap beberapa hal harus dilakukan. Pertama, mengganti Site Title (Nama website atau blog) dan Tagline. Buka dasbor WordPress, lalu klik Setting > General. Setelah itu Anda bisa menuliskan Site Title dan tagline sesuai keinginan Anda.

Selesai mengisi Site Title dan Tagline, Anda juga perlu membuat laman About Us/About Me yang berisi informasi singkat tentang bisnis atau diri Anda. Buka dasbor WordPress, lalu klik Page > Add New.   

2. Pengaturan SEO

setelah install wordpress yoast

Bicara tentang website dan blog tidak pernah lepas dari SEO. Secara sederhana, SEO atau Search Engine Optimization adalah tools yang membuat website Anda dapat muncul di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya.

Pengaturan SEO harus dilakukan sejak website pertama kali dibuat. Terdapat banyak tahap untuk mengatur SEO WordPress di website Anda. Salah satunya adalah dengan memasang plugin SEO.

Plugin SEO memudahkan Anda untuk membangun SEO di website. Beberapa plugin yang wajib Anda install adalah Yoast SEO dan SEO internal link. Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO terbaik dari WordPress. Penggunanya sudah mencapai 5 juta dan terus bertambah.

Yoast SEO akan membantu Anda untuk menambahkan SEO title dan meta deskripsi untuk postingan dan laman website. Sedangkan SEO internal link membantu Anda untuk menambahkan internal link secara otomatis.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mempelajari tentang SEO WordPress di artikel Tips Mudah SEO WordPress ini.

3. Pasang Google Analytics

google analytics install wordpress

Jika Anda sudah mengatur SEO WordPress dengan benar, besar kemungkinan akan banyak trafik di website Anda. Untuk mengetahui bagaimana perilaku pengunjung website atau blog, Anda bisa menggunakan Google Analytics.

Google Analytics dapat membantu Anda untuk memahami pengunjung website atau blog. Apa yang mereka cari, artikel mana yang paling banyak pembacanya, artikel manya yang kurang populer, berapa lama pengunjung membaca blog atau website dan lain-lain.

Insight tersebut dapat Anda manfaatkan untuk bisa menyediakan konten lebih baik untuk pengunjung. Anda dapat memasang Google Analytics dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini.

4. Buat Sitemap

setelah install wordpress sitemap

Sitemap adalah sebuah daftar dari halaman website yang dapat diakses oleh user dan search engine. Fungsi sitemap adalah untuk memberi petunjuk ke user dan search engine mengenai semua halaman yang dapat diakses di website tersebut.

Ada beberapa cara membuat sitemap, yaitu menggunakan Yoast SEO dan Sitemap XML. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel ini.

5. Ubah Permalink

install wordpress permalink

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL. Contohnya seperti di bawah ini.

https://websiteanda.com/2017/08/10/judul-postingan

Sayangnya permalink seperti contoh di atas kurang disukai Google. Google lebih suka permalink yang singkat dan hanya mengandung keyword yang sesuai dengan isi artikel. Seperti contoh di bawah ini

https://websiteanda.com/judul-postingan

Untuk mengubah struktur permalink yang perlu Anda lakukan adalah menuju Setting > Permalink. Kemudian pilih permalink jenis Post Name. Kemudian save pilihan tersebut.

Selain lima langkah optimasi di atas, masih ada banyak proses optimasi yang harus Anda lakukan. Selengkapnya dapat Anda baca di 20+ Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress.

Kesimpulan

Demikian tutorial membuat blog di WordPress.org, WordPress.com, dan Blogger. Anda dapat memilih salah satu dari ketiga platform blog tersebut. Tentu masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan. Blogger dan WordPress.com memang gratis, tetapi banyak batasannya. Dari ekstensi domain yang tidak bisa diganti, tidak bisa memasang plugin, tidak bisa memasang iklan, hingga tema yang terbatas.

Di sisi lain, WordPress.org memberikan Anda keleluasaan untuk mengelola blog dengan bebas. Anda bisa menggunakan ekstensi domain apa saja, memasang plugin untuk meningkatkan performa website, dan yang terpenting bisa memasang iklan dengan bebas.

Blog yang Anda buat dapat Anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan melalui iklan, endorsement, atau afiliasi. Jadi Anda bisa mendapatkan kembali modal yang Anda keluarkan untuk menyewa hosting dan membeli domain. Bahkan Anda bisa mendapatkan lebih dari biaya hosting dan domain. Jadi tunggu apa lagi? Mulai blog Anda sekarang juga dan hasilkan uang dengan mudah dari blog!

 

 

 

 

6
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

29 Replies to “Cara Membuat Blog dengan Mudah”

  1. Terima kasih, artikel ini dapat membantu saya untuk membuat blog secara pribadi . Hanya saja ini membutuhkan uang, andai saja ada yang gratis hehehe

    1. Tidak ada yang gratis, semuanya berbayar. Hanya saja, ada yang dibayar dengan uang, ada yang dibayar dengan tenaga & waktu 🙂

  2. makasih artikelnya, semoga saja ada yang labih murah lagi… gua transfer dah blogspot gue ke hosting niaga.

  3. Artikelnya dari ujung atas sampai bawah detail sekali.
    Hanya sebagai saran saja, mungkin bisa diperluas dengan pembahasan cara membuat blog 2 atau 3 platform lainnya yang terbanyak digunakan saat ini, jadi tidak hanya sebatas wordpress saja sih.

    1. Baik Mas Putra,
      terimakasih atas masukan anda, kami akan mempertimbangakan saran yang anda berikan tersebut kedepannya.

  4. Niagahoster memang perusahaan hosting terbaik! Selain murah, juga menyediakan artikel yang membantu penggunanya. Thanks

  5. Terima kasih untuk tutorialnya, membuat blog di Niagahoster memang mudah. Niaga Hoster juga memiliki pilihan hosting yang memiliki bandwidth unlimited, sehingga sangat cocok untuk blog pribadi maupun blog bisnis.

  6. Terimakasih atas Pencerahannya, di Niaga Hoster apakah ada paket yang space nya kecil" ya? karena saya butuh untuk sekedar website kecil"an, space 100-150 mb sudah sangat cukup, biar lebih efisien…

    1. Untuk paket paling kecil di Niagahoster adalah paket bayi dengan space 500MB, silakan cek di sini: https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia

  7. pak adakah pengamanan yang harus saya lakukan jika saya menggunakan cms wordpress. Takut kena hack pak soalnya

    1. Ada, berikut tutorialnya:
      https://www.niagahoster.co.id/blog/12-cara-mengamankan-wordpress/
      https://www.niagahoster.co.id/blog/19-tips-keamanan-wordpress/

  8. Pak misalkan saya sudah pernah membuat blog dengan blogger namun saya ingin pindah ke wordpress seft hosted apakah bisa??

    1. Bisa, caranya seperti tutorial berikut: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-migrasi-blogger-ke-wordpress-tanpa-kehilangan-google-ranking/

  9. Ah saya baru tahu ternyata Niagahoster pakai cloudflare, kalau tahu sebelumnya saya mungkin pilih hosting Anda 😀 . Des lalu saya googling bbrp hosting Indonesia, termasuk Niagahoster saya baca2. Saya inginnya hosting yg pakai CDN dan SSL. Saya bookmark dulu web ini deh sampai hosting saat ini habis setahun kedepan 😉 . Btw klo untuk pindahan hosting apa dikenakan biaya? dan apakah support/teknisi Niagahoster yang melakukan proses pindahnya atau harus dikerjakan si pemilik blog?.

    1. Untuk proses transfer hosting akan dibantu oleh support kami secara gratis, dengan syarat hosting Anda sebelumnya harus menggunakan cPanel. Sedangkan untuk biaya hosting Anda bisa cek melalui tautan berikut: https://www.niagahoster.co.id/promosi-transfer

      Jika ada pertanyaan lain, jangan segan untuk menghubungi support kami melalui chat atau telepon. 🙂

  10. Infonya detail sekali. Makasih. Sy pengen banget nyoba bikin blog dr dulu cuma kurang begitu mengerti caranya. Dan sekarang akan sy coba.

  11. terima kasih pak artikel anda sangat bermanfaat, sekarang saya bisa buat blog dengan mudah dari gratisan sampai jadi domain sendiri… terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 7 =