Cara Membuat Blog dengan Langkah Mudah - Niagahoster

Cara membuat blog untuk sebagian orang adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi dengan alat yang tepat, Anda dapat membuatnya dengan mudah, seperti yang akan kami bahas pada tutorial ini. Seperti diketahui, blog merupakan media yang efektif untuk berbagi informasi kepada orang lain.

Selain itu, melalui blog Anda dapat melakukan personal branding dan menghasilkan uang tentunya. Jika Anda ingin memiliki blog tapi belum mengatahui caranya, artikel ini akan membantu Anda langkah demi langkah sampai blog Anda dapat diakses melalui internet.

Bukan itu saja, melalui langkah pada tutorial ini Anda dapat mengembangkan blog supaya dapat bersaing di mesin pencari Google.

Berikut adalah Cara Membuat Blog

Tutorial ini kami tulis supaya lebih mudah untuk dipahami, terutama bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat blog dari awal sampai blog tersebut bisa mendapatkan peringkat terbaik di search engine seperti Google.

langkah cara membuat blog

Langkah 1: Tentukan Platform yang Tepat untuk Blog

Sebelum Anda mulai membuat blog, penting untuk memutuskan jenis platform yang tepat untuk blog Anda. Saat ini ada banyak jenis platform yang dapat digunakan untuk membuat blog, seperti WordPress, Blogger, Drupal dan platform lainnya.

Dengan platform tersebut, cara membuat blog akan lebih cepat dan efisien. Berdasarkan data dari BuiltWith, WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan, yaitu sebesar 53%.

cms populer untuk membuat blog

Dari data tersebut dapat disimpulkan jika WordPress adalah platform yang paling populer. Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki WordPress adalah sebagai berikut:

  1. WordPress dapat Anda gunakan secara gratis;
  2. Mudah untuk digunakan;
  3. Aman, WordPress selalu melakukan update pada script mereka, sehingga tingkat keamanannya cukup baik. Hal ini terbukit dengan adanya website besar menggunakan WordPress, salah satunya adalah NASA;
  4. Tersedia ratusan theme dan plugin yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Alasan Blog Gratis Bukan Pilihan yang Tepat

Untuk meningkatkan kepercayaan pembaca, alamat sebuah blog merupakan salah satu faktor penentunya. Sebagai contoh Anda dapat melihat website terkenal seperti detik.com menggunakan nama domain mereka sendiri.

Selain dari nama domain, berikut ini masalah yang biasanya dihadapi oleh pengguna blog gratis:

  1. Tidak memiliki kontrol penuh – Blog Anda sewaktu-waktu dapat dihapus oleh layanan blog gratis tanpa alasan yang jelas.
  2. Alamat blog terlalu panjang – Jika Anda menggunakan blog gratis, untuk alamat blog Anda menjadi namabloganda.blogspot.com, akan lebih menarik jika menggunakan namabloganda.com.
  3. Tidak bisa memasang iklan – Kebanyakan layanan blog gratis tidak mengijinkan penggunanya memasang iklan.

Untuk solusi dari beberapa masalah tersebut, Anda dapat menginstal WordPress di layanan hosting, seperti yang akan kami bahas di langkah berikutnya.

Pilih Nama Domain dan Layanan Hosting

Ini adalah bagian terpenting untuk membuat sebuah blog, yaitu menentukan nama domain dan hosting.

  • Hosting – Hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan file blog Anda. Tanpa adanya hosting, domain Anda tidak dapat menampilkan konten seperti tulisan dan gambar. Untuk harga hosting jika dihitung perbulannya hanya berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 80.000. Di Niagahoster, Anda akan mendapatkan domain gratis jika memesan hosting mulai dari paket Pelajar. Berikut ini adalah tips cara menentukan web hosting terbaik untuk blog Anda.
  • Domain – Domain merupakan alamat dari blog Anda, sama seperti www.niagahoster.co.id. Untuk harga nama domain sekitar Rp. 100.000, tergantung jenis domain yang ingin Anda gunakan. Silakan baca artikel mengenai strategi memilih nama domain untuk mendapatkan nama domain yang tepat untuk blog Anda.

Langkah 2: Instalasi Blog

Untuk Anda yang belum memiliki layanan hosting dan domain, pada langkah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkannya.

Pesan Hosting dan Domain

1. Silakan akses tautan berikut: https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia

2. Terdapat empat pilihan paket hosting yang dapat Anda gunakan, silakan klik tombol Klik Sekarang, pada contoh ini kami memilih paket hosting Personal (sudah termasuk domain gratis).

pesan hosting untuk blog

3. Tentukan durasi paket hosting, pada contoh ini kami memilih durasi untuk satu tahun, kemudian klik tombol Selanjutnya.

tentukan durasi hosting blog

4. Ketikkan nama domain baru yang ingin digunakan untuk blog Anda, kemudian tekan tombol Cari Domain. Jika tidak tersedia, silakan gunakan nama domain yang berbeda.

domain gratis

5. Jika domain Anda tersedia seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, silakan tekan tombol Tambah Ke Cart.

tambah domain ke cart

6. Akan tampil rincian pesanan Anda dengan total tagihan, silakan dicek kembali terutama untuk ejaan nama domain.

total tagihan hosting blog

7. Silakan tekan tombol Selanjutnya jika Anda belum memiliki akun Niagahoster, jika Anda sudah memiliki akun Niagahoster silakan login dengan memasukkan email dan password akun Anda di Niagahoster.

login niagahoster

8. Untuk Anda pengguna baru silakan isi data yang diminta.

isi data untuk blog

9. Silakan pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan, pada contoh ini kami menggunakan metode pembayaran transfer Bank.

metode pembayaran

10. Klik tombol Checout Sekarang, atau jika Anda memiliki kode promo silakan masukkan pada kolom kode promosi dan klik tombol Terapkan kemudian klik tombol Checkout Sekarang.

checkout

11. Kemudian klik tombol Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayaran.

konfirmasi pembayaran

12. Silakan lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera dan konfirmasi pembayaran sesui dengan petunjuk yang diberikan.

total tagihan

13. Setelah itu silakan cek email Anda, akan dikirimkan detail login ke cPanel

detail login cpanel

b. Login ke cPanel dan Instal WordPress

Setelah Anda mendapatkan detail login ke cPanel, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi WordPress. Caranya sangat mudah, silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Silakan login ke cPanel melalui tautan yang diinformasikan melalui email, biasanya seperti ini: http://namadomainanda/cpanel

login cpanel

2. Pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER silakan klik logo WordPress

instal wordpress

3. Klik tombol Install Now

instal blog wordpress

4. Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain, kolom In Directory silakan dikosongkan

pilih domain

5. Isi nama website Anda beserta deskripsinya, pada kolom Site Name dan Site Description

isi nama blog

6. Tentukan username dan password untuk login ke dashboard WordPress Anda.

buat password blog

7. Pilih tema untuk blog Anda (tema dapat Anda ganti kapan pun Anda inginkan), kemudian klik tombol Install.

tema wordpress

8. Setelah proses instalasi selesai, akan tampil pesan sukses yang berisi alamat blog beserta URL login ke dashboard admin.

url login blog

Pada langkah ini Anda sudah bisa melakukan pengaturan blog melalui dashboard WordPress, seperti mengubah tampilan dan menerbitkan artikel. Sehingga dapat dikatakan dengan menggunakan WordPress cara membuat blog akan lebih mudah untuk Anda lakukan.

Langkah 3: Pengaturan Blog

Tentu Anda ingin memiliki tampilan blog yang menarik supaya disukai oleh pengunjung, oleh karena itu Anda perlu mengubah tampilan dengan mengganti template yang lebih menarik.

Selain pengunjung, website Anda juga harus disukai oleh search engine, salah satu caranya seperti yang akan dibahas pada langkah ini.

a. Ubah Tampilan Blog

Salah satu keuntungan menggunakan CMS, Anda dapat dengan mudah mengganti tampilan blog hanya dengan melakukan instalasi tema, terutama CMS WordPress.

Tema WordPress sendiri bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar. Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor cara membuat blog yang lebih cepat dan tidak memerlukan kemampuan pemrograman.

Untuk mengganti tema blog Anda, silakan ikuti tutorial mengenai cara mengganti tema WordPress.

b. Buat Blog Disukai Mesin Pencari

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya mesin pencari seperti Google menyukai blog Anda, dua diantaranya yaitu dengan mengubah permalink dan mengatur moderasi komentar. Caranya silakan ikuti langkah di bawah ini:

Ubah Permalink

1. Silakan login ke dashboard WordPress

2. Pilih menu Settings > Permalinks

ubah permalink

3. Pada bagian Common Settings pilih Post name, jangan lupa tekan tombol Save Chenges untuk menyimpan perubahan.

permalink blog

Atur Komentar

Terdapat alasan kenapa Anda harus melakukan pengaturan pada komentar blog. Setiap harinya akan ada banyak komentar spam yang masuk ke blog Anda, biasanya mereka akan meninggalkan tautan yang mengarah ke blog mereka untuk promosi produknya.

Supaya Anda dapat menentukan komentar mana yang ingin ditampilkan, Anda dapat melakukan pengaturan pada komentar.

Pada dashboar WordPress silakan pilih menu Settings > Discusstion, kemudian centang bagian A comments is held for moderation dan Comment must be manually approved.

komentar blog

Langkah 4: Buat Halaman dan Terbitkan Artikel

Setelah selesai melakukan pengaturan pada blog, langkah selanjutnya adalah membuat halaman baru dan menerbitkan artikel.

Buat Halaman Baru

Untuk membuat halaman baru, silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Login ke dashboard WordPress

login blog wordpress

2. Silakan pilih menu Pages > Add New

membuat halaman blog

3. Masukkan judul pada kolom Enter title here, untuk gambar dapat dimasukkan dengan menekan tombol Add Media, kemudian untuk konten halaman diisi pada bagian editor, terakhir klik tombol Publish untuk menerbitkan halaman Anda.

membuat halaman baru di blog

Jika Anda ingin menambahkan halaman kontak di blog, silakan ikuti tutorial cara membuat form kontak.

Buat Postingan Artikel Baru

Untuk menerbitkan artikel baru, tidak jauh berbeda seperti membuat halaman baru, berikut langkahnya:

1. Login ke dashboard WordPress

2. Pilih menu Posts > Add New

membuat postingan baru

3. Masukkan judul artikel pada kolom Enter title here, tambahkan gambar dengan menekan tombol Add Media, dan isi artikel pada kolom editor.

menulis artikel blog

Catatan: Silakan ikuti tutorial cara setting Yoast SEO supaya artikel yang Anda tulis mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. 

4. Tentukan kategori artikel dengan memilih kategori yang sudah ada atau menambahkan kategori baru dengan menekan tautan +Add New Category kemudian tekan enter. Misalnya blog Anda adalah jenis wisata, jika artikel yang Anda tulis mengenai pantai, untuk kategori bisa dibuat Pantai.

menambah kategori blog

5. Tambahkan tag pada kolom Tags kemudian tekan Enter, untuk tag Anda dapat mengisinya lebih dari satu.

tambah tag di blog

6. Publish artikel dengan menekan tombol Publish.

publish artikel blog

Itulah cara membuat blog dengan langkah yang sederhana. Saat ini Anda sudah berhasil menerbitkan artikel pertama, silakan tulis artikel berkualitas lainnya dengan rutin untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog Anda.

Langkah 5: Kembangkan Blog

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, selanjutnya Anda perlu mengembangkan blog supaya mendapatkan posisi teratas di mesin pencari seperti Google atau Bing.

Berikut ini beberapa cara membuat blog Anda supaya dapat bersaing di mesin pencari.

  1. Selain pengunjung, mesin pencari juga akan lebih mudah dalam menelusuri konten di blog Anda jika terdapat sitemap, silakan ikuti tutorial cara membuat sitemap di WordPress untuk menambahkannya.
  2. Supaya mesin pencari mudah menemukan artikel Anda, Anda harus mendaftarkannya ke mesin pencari terlebih dahulu, silakan submit blog ke Google Webmaster dan Bing Webmaster.
  3. Dapatkan laporan mengenai statistik pengunjung blog dengan cara memasang Google Analytics di blog.
  4. Supaya pengunjung dapat dengan mudah menghubungi Anda, buat halaman kontak di WordPress.
  5. Saat ini kecepatan blog merupakan salah satu faktor penentu mesin pencari seperti Google  dalam memberikan rangking sebuah blog, oleh karena itu silakan setting CloudFlare di blog Anda.

Video Tutorial Cara Membuat Blog

Jika Anda ingin melihat langkah demi langkah membuat blog, silakan cek video berikut ini:

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan mengenai tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda, silakan Subscribe melalui form yang sudah disediakan. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Seo-id.net

    Terima kasih, artikel ini dapat membantu saya untuk membuat blog secara pribadi . Hanya saja ini membutuhkan uang, andai saja ada yang gratis hehehe

    • Fadhel Odell

      Tidak ada yang gratis, semuanya berbayar. Hanya saja, ada yang dibayar dengan uang, ada yang dibayar dengan tenaga & waktu 🙂

  • Diandra

    makasih artikelnya, semoga saja ada yang labih murah lagi… gua transfer dah blogspot gue ke hosting niaga.