Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Beli Hosting di Niagahoster Gratis Domain (Terlengkap)

5 min read

cara beli hosting Niagahoster

Kalau Anda mau membuat website, membeli hosting adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Namun, membeli hosting bisa menjadi membingungkan, terutama jika Anda baru kali pertama mencobanya. 

Saat mempertimbangkan hosting Niagahoster, misalnya, mungkin Anda bingung dengan banyaknya pilihan yang tersedia karena kurangnya pengetahuan tentang layanan hosting. Selain itu, banyak istilah teknis yang kurang Anda pahami.

Tak usah khawatir. Lewat artikel ini, kami akan menjelaskan cara beli hosting di Niagahoster, hingga apa saja checklist yang perlu Anda lakukan setelah membeli hosting. Yang jelas, beli hosting di Niagahoster itu semudah belanja online biasa, kok.

Mari simak panduan lengkap cara beli hosting gratis domain di Niagahoster!

Apa Saja Jenis Layanan Hosting di Niagahoster?

Bagi Anda yang belum terlalu mengenal, Niagahoster adalah penyedia hosting terbaik yang sudah dipercaya lebih dari 250.000 pelanggan di seluruh Indonesia. Jadi, Anda tak perlu khawatir tentang kualitas layanan di Niagahoster.

Nah, ada berbagai jenis layanan hosting di Niagahoster, termasuk Web Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, VPS, dan Email Hosting.

perbedaan jenis layanan hosting di Niagahoster

Perbedaan mendasar setiap jenis hosting di Niagahoster terletak pada sumber daya, kontrol, skalabilitas, hingga kemudahan penggunaannya. Yang mana, ini berpengaruh juga pada kinerja dan harga setiap layanan hosting.

Meski begitu, apa pun jenis hostingnya, di Niagahoster Anda akan mendapatkan kualitas terbaik. Ada banyak alasan kenapa Anda harus memilih Niagahoster. Tak banyak penyedia hosting yang punya reputasi bagus, harga terjangkau, performa produk terbaik, hingga cara pembelian yang mudah.

Sekarang, coba yuk pelajari cara beli hosting di Niagahoster!

Cara Beli Hosting di Niagahoster [Gratis Domain] 

Pada dasarnya, cara beli hosting di Niagahoster untuk setiap produk itu sama saja. Anda dapat membeli hosting di Niagahoster melalui yaitu lewat website dan hPanel.

Mari simak masing-masing langkahnya.

Cara Beli Hosting Lewat Website Niagahoster

Bagi Anda yang mau membeli hosting lewat website Niagahoster, silakan lakukan cara ini. 

1. Kunjungi website Niagahoster. Klik Menu Hosting.

Langkah pertama, kunjungi website Niagahoster. Pada menu di bilah atas, pilih jenis hosting yang Anda inginkan. Di sini, kami mencontohkan dengan memilih layanan Web Hosting.

Homepage Niagahoster menunjukkan pilihan produk pada menu layanan Hosting

2. Klik tombol Pilih Paket pada layanan hosting yang Anda inginkan

Sekarang, Anda diarahkan ke halaman hosting sesuai pilihan Anda. Anda akan melihat beberapa pilihan paket sesuai jenis layanan hosting.

Silakan klik tombol Pilih Paket pada jenis paket yang Anda butuhkan.

Pilih paket pada Web Hosting Bisnis

Nah kalau Anda ingin tahu lebih lanjut tentang daftar paket kami selain yang diuraikan pada gambar di atas, ini penjelasannya:

Web Hosting

Web Hosting merupakan solusi yang ideal untuk website kecil hingga menengah. Dalam layanan Web Hosting dari Niagahoster, Anda akan berbagi server dengan pengguna lain.

Hal ini memungkinkan biaya hosting menjadi lebih terjangkau karena pembagian sumber daya. Meskipun demikian, performa website Anda tetap dapat terjaga dengan baik.

  • Harga: mulai dari Rp23.900 – Rp150.000 per bulan.
  • Paling cocok untuk: pemilik bisnis kecil hingga menengah, blogger, freelancer.

Sebagai tips, kalau Anda masih bingung perbedaan setiap paket hosting, silakan baca artikel Cara Memilih Paket Web Hosting.

CTA banner web hosting

WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah solusi khusus untuk website yang menggunakan platform WordPress.

Dengan layanan ini, Anda dapat menikmati kecepatan akses lebih tinggi, keamanan yang ditingkatkan, dan fitur tambahan untuk pengelolaan dan pemeliharaan situs WordPress Anda seperti WordPress Staging.

  • Harga: mulai dari Rp23.900 – Rp150.000 per bulan.
  • Paling cocok untuk: blogger profesional, pemilik bisnis skala menengah hingga besar, content creator.

WordPress Hosting CTA Button

Cloud Hosting

Niagahoster menyediakan layanan Cloud Hosting yang cocok untuk website dengan kebutuhan sumber daya besar dan skalabilitas handal. Dalam layanan ini, website Anda akan dihoskan pada beberapa server fisik sehingga lebih stabil dan cepat.

  • Harga: mulai dari Rp150.000 – Rp1.090.000 per bulan.
  • Paling cocok untuk: situs e-commerce, pemilik bisnis skala menengah hingga besar.
Cloud Hosting CTA Button

VPS

Layanan VPS dari Niagahoster adalah solusi hosting untuk website yang membutuhkan kontrol penuh terhadap server. Dengan akses root penuh, Anda memiliki kontrol penuh atas server Anda.

Kelebihan VPS adalah sumber daya yang lebih terisolasi, memberikan keamanan dan stabilitas yang lebih tinggi bagi website Anda.

  • Harga: mulai dari Rp75.900 – Rp334.900 per bulan.
  • Paling cocok untuk: pemilik bisnis skala menengah hingga besar, website pemerintah, website sekolah.
Optimalkan situs Anda dengan kecepatan dan kontrol penuh.

Dapatkan VPS

Email Hosting

Email Hosting adalah solusi hosting khusus untuk kebutuhan email dengan kapasitas penyimpanan dan pengiriman yang tinggi.

Layanan ini dilengkapi dengan fitur keamanan dan filter spam untuk melindungi dari serangan dan email yang tidak diinginkan, memungkinkan Anda mengelola komunikasi bisnis dengan efisien dan profesional.

  • Harga: mulai Rp14.129 – Rp35.535 per bulan
  • Paling cocok untuk: pemilik bisnis segala ukuran, blogger, content creator.
Komunikasi bisnis jadi lebih profesional dan aman dengan email hosting.

Pakai Email Hosting

3. Pada halaman Order, pilih durasi paket

Masuk ke halaman order, di sini Anda perlu mengkonfirmasi durasi berlangganan paket hosting yang dipilih. Oh ya, gratis domain berlaku untuk durasi berlangganan minimal 1 tahun.

Memilih durasi hosting di halaman Order

4. Buat Akun atau Login

Setelah memilih durasi paket, Anda dapat menggulirkan mouse ke bawah untuk membuat akun Niagahoster. Anda dapat menggunakan alamat email dan password, maupun akun Google atau Facebook untuk mendaftar.

Bagi Anda yang telah memiliki akun Niagahoster sebelumnya, silakan klik tombol Login.

Registrasi atau login akun Niagahoster

5. Pilih metode pembayaran

Periksa kembali pesanan Anda, lalu centang salah satu metode pembayaran. Niagahoster menyediakan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer virtual account, QRIS, tunai, dan banyak lagi.

Jika Anda memiliki kode kupon, silakan masukkan ke kolom yang tersedia, lalu klik Punya Kode Kupon.

Pilih metode pembayaran sesuai preferensi dan periksa orderan

Setelah itu, periksa kembali orderan hosting Anda. Jika sudah yakin, klik tombol Buat Tagihan Pembayaran untuk checkout pesanan.

6. Selesaikan Pembayaran

Pada tahap ini, Anda cukup melakukan pembayaran sesuai petunjuk yang muncul di layar. Setelah membayar pesanan, Anda dapat menunggu pemberitahuan melalui email bahwa paket hosting Anda telah aktif.

7. Klaim Domain Gratis

Setelah pembayaran dikonfirmasi, Anda dapat masuk ke hPanel. Di sini, Anda bisa langsung klaim domain gratis. Ketikkan nama domain yang Anda inginkan, lalu klik Cari. Apabila domain tersedia, klik Lanjutkan.

mengklaim nama domain gratis

Anda akan diminta melengkapi informasi sebagai pemilik domain. Silakan ikuti instruksi yang tampil di layar. Jika sudah, klik tombol Selesaikan Pendaftaran untuk mendaftarkan nama domain.

menyelesaikan pendaftaran domain

Selamat! Anda telah berhasil membeli hosting di Niagahoster dari website dan mengklaim nama domain secara gratis.

Mau segera coba cara di atas? Langsung klik tombol di bawah ini yuk!

Beli Hosting Niagahoster

Cara Beli Hosting di hPanel Niagahoster

Selain lewat website, Anda juga bisa membeli hosting Niagahoster melalui hPanel, sistem pengelolaan hosting terbaru dari kami Mari simak caranya.

1. Login ke Member Area Niagahoster.

Pertama, silakan login ke hPanel menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

2. Klik Menu Layanan. Pilih Order Layanan Baru.

Setelah masuk ke hPanel, klik ikon Marketplace pada navigasi bagian atas.Layanan di bagian atas.

Akses menu Marketplace di hPanel Niagahoster

Selain menggunakan cara ini, Anda juga bisa langsung menggulir layar ke bawah hingga muncul rekomendasi layanan Niagahoster untuk Anda.

3. Pada halaman Marketplace, pilih layanan yang Anda inginkan

Sekarang, waktunya memilih produk yang Anda butuhkan. Jika sudah, klik tombol Lihat Penawaran atau Cek Promo.

Memilih layanan hosting di menu Marketplace

4. Lakukan Proses Pembelian Hosting dan Domain

Sampai di sini, Anda tinggal memilih paket hosting sesuai budget dan kebutuhan. Setelah itu, Anda tinggal memilih metode pembayaran lalu menyelesaikan pesanan seperti biasa.

Pilih paket hosting sesuai kebutuhan dan budget

Apa Lagi yang Anda Butuhkan Setelah Beli Hosting?

Setelah membeli hosting dan domain, apa saja sih yang perlu Anda lakukan? Kami sudah mempersiapkan beberapa checklist supaya Anda tidak kebingungan.

  • Hubungkan domain ke server

Agar website Anda bisa diakses dengan nama domain yang diinginkan, Anda perlu menghubungkan domain ke server hosting. Di Niagahoster, Anda bisa melakukan ini dengan mudah pada DNS Management yang bisa Anda akses lewat hPanel.

  • Install CMS

Content Management System (CMS) memungkinkan Anda membangun website tanpa coding. Ada banyak pilihan CMS yang bisa Anda instal di Niagahoster, seperti WordPress, Joomla, dan Drupal.

  • Desain website Anda

Desain website Anda dan tambahkan fitur-fitur sesuai kebutuhan. Misalnya, website bisnis biasanya membutuhkan fitur formulir kontak.

Nah, baik mendesain tema dan menambah fitur pada website bisa Anda lakukan dengan menginstal tema dan plugin. Ini bisa Anda lakukan dengan mudah, terutama jika menggunakan CMS seperti WordPress.

  • Buat email dengan domain sendiri

Dengan memiliki hosting dan domain, Anda bisa membuat email dengan domain sendiri. Misalnya, saya@namabisnis.com. Ini penting untuk meningkatkan kesan profesional, apalagi bagi Anda pemilik website bisnis.

  • Aktifkan fitur Whois Protection

Whois Protection adalah layanan untuk melindungi informasi pribadi Anda seperti nama, alamat email, dan nomor telepon sehingga tidak bisa diketahui secara publik. Anda bisa mengaktifkan fitur Whois Privacy ini melalui hPanel Niagahoster.

  • Pasang SSL

Memasang SSL pada website adalah adalah kewajiban, karena ini akan mengamankan aliran informasi dan data pada situs Anda. Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat membeli hosting belum memasang SSL, sebaiknya Anda segera melakukannya.

  • Daftarkan website ke mesin pencari

Begitu website Anda siap dikunjungi, jangan lupa daftarkan situs ke mesin pencari. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Google Search Console. Penjelasan lebih lengkapnya bisa Anda temukan di artikel Panduan Google Search Console.

Cara Beli Hosting di Niagahoster Mudah Kan?

Ternyata, cara beli hosting di Niagahoster itu mudah kan? Kurang lebih, caranya sama seperti belanja online biasa. Untuk mengingat-ingat kembali, ini dia cara beli hosting di Niagahoster:

  1. Kunjungi website Niagahoster atau hPanel
  2. Pilih jenis hosting yang Anda butuhkan
  3. Konfirmasi paket hosting
  4. Registrasi atau login akun
  5. Pilih metode pembayaran
  6. Selesaikan pembayaran
  7. Klaim domain gratis

Dengan memiliki hosting Niagahoster, Anda akan mendapatkan website dengan performa terbaik dan mudah dikelola. Apalagi, Anda juga bisa mendapatkan domain gratis dengan pilihan variasi yang banyak. Seperti .XYZ, .ONLINE, bahkan .COM.

Jadi tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan memiliki website dengan performa terbaik sekarang juga!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *