Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

9 Manfaat Blog yang Wajib Anda Ketahui

5 min read

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa manfaat blog hanyalah sekadar media untuk menuliskan artikel. Tentu tidak selalu demikian. Nyatanya, ada begitu banyak keuntungan membuat blog bagi penulis dan juga pembacanya. 

Memangnya, apa saja sih kegunaan blog? Bagaimana sebuah blog bisa menguntungkan bagi Anda?

Pada dasarnya, manfaat membuat blog ada banyak. Contohnya, sebagai media untuk berbagi pengetahuan, mengasah kemampuan menulis, membangun portofolio online, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau Anda ingin tahu selengkapnya, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Di artikel ini, kami akan membahas tentang apa saja kegunaan blog yang perlu Anda ketahui. 

Tidak perlu basa-basi lagi, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

9 Manfaat Blog

Secara umum, keuntungan membuat blog yaitu: 

  1. Berbagi Pengetahuan
  2. Mengasah Kemampuan Menulis
  3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online
  4. Membangun Jaringan
  5. Menjual Produk
  6. Sebagai Portofolio Online
  7. Manfaat Blog untuk Bisnis
  8. Bangun Kepercayaan
  9. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

Dari daftar di atas, Anda jadi tahu fungsi blog itu cukup banyak. Tapi supaya lebih jelas, mari bedah satu per satu di artikel ini!

1. Berbagi Pengetahuan

keuntungan membuat blog

Tidak semua keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki dapat dengan mudah dibagikan. Alasannya, belum tentu orang-orang di sekitar Anda sepenuhnya tertarik dengan keahlian yang Anda miliki. Ini sebenarnya terkait pada terbatasnya jangkauan yang Anda miliki.

Dengan membangun blog, Anda bisa membagikan pengetahuan Anda secara tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang Anda sajikan. Itulah mengapa salah satu manfaat membuat blog adalah sebagai media untuk berbagi pengetahuan.

Bagian menariknya, Anda bisa menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki, baik itu dari memasang iklan atau menjual sebuah produk.

Sebagai contoh, seorang mantan jurnalis asal Solo “Duto Sri Cahyono” yang sukses mengelola blog khusus pecinta burung bernama Omkicau.com.

Hingga saat, pengunjung blog beliau dapat mencapai di atas 200 ribu per hari. Konten blog-nya sendiri berisi tentang tips perawatan burung, yang membantu permasalahan para kicau mania.

Apabila Anda gemar berbagi pengetahuan maupun menuangkan hal yang Anda kuasai, mengambil manfaat membuat blog dengan menulis bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda.

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan, misalnya, Anda bisa menjadi travel blogger dan berbagi pengetahuan mengenai tempat-tempat menarik yang Anda kunjungi. 

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?

2. Mengasah Kemampuan Menulis

kegunaan blog

Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan mengasah kemampuan menulis. Tentu Anda pun dapat melakukannya. Anda dapat memulai dengan menulis artikel dalam topik tertentu secara rutin.

Hal inilah yang dilakukan oleh para blogger, mereka menghabiskan waktunya dengan menulis. Semakin sering Anda menulis, semakin baik tulisan yang Anda hasilkan.

Hal ini pun telah dibuktikan oleh Raditya Dika, yang mengawali karirnya sebagai penulis dengan membuat sebuah blog. Selain itu, ada pula blogger nyentrik Magelang bernama Agus Mulyadi yang sudah menghasilkan beberapa buku. Tak heran, mengasah kemampuan menulis bisa menjadi salah satu keuntungan membuat blog.

Baca juga: Cara Menjadi Blogger

3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

manfaat blog

Siapa sangka salah satu manfaat membuat blog adalah bisa belajar menghasilkan uang secara online.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencari tambahan pemasukan, Anda dapat melakukannya dengan cara membuat website. Saran kami, buatlah satu blog terlebih dahulu sesuai dengan tema atau niche blog yang Anda kuasai, kemudian maksimalkan dari sana.

Perlu diingat, kegunaan blog yang satu ini seringkali tidak langsung terlihat hasilnya. Sama seperti resep sukses para pebisnis, mengasuh blog membutuhkan ketekunan dalam membuat serta menerbitkan artikel secara rutin. Misalnya, sehari dua kali, atau dua hari sekali.

Setelah pengunjung Anda bertambah banyak, untuk mendapatkan pemasukan Anda dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network.

Selain memasang iklan, Anda juga dapat menjual produk yang Anda miliki sesuai tema blog Anda agar lebih tertarget. Sebagai contoh, jika blog Anda membahas tentang tips fashion, Anda juga bisa menjual barang yang berhubungan dengan fashion. Demikian halnya dengan tema blog lain. Anda dapat menjual apa saja!

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

4. Membangun Jaringan

fungsi blog

Membangun jaringan secara offline tentu tidak mudah, terutama jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk bergaul dan berjejaring. Nah, manfaat blog selanjutnya ini bisa mengatasi kesulitan Anda dengan mudah.

Anda dapat mulai dengan menulis hal-hal bermanfaat dan menarik sesuai bidang yang Anda sukai. Ketika para pembaca tertarik dengan tulisan Anda, mereka mungkin akan mengirimkan pesan atau komentar mengenai hal yang Anda tulis.

Nah, sebelum mereka menuliskan komentar, Anda dapat menetapkan alamat email atau nomor telepon sebagai persyaratan penulisan komentar. Selanjutnya, setelah Anda memiliki rincian kontak mereka, Anda dapat menggunakannya untuk mailing list maupun mempromosikan produk/layanan Anda.

Wah, keuntungan membuat blog yang sangat menarik, ya…

Baca juga: Cara Mengembangkan Email List untuk Email Marketing

5. Menjual Produk

manfaat blog

Jika Anda memiliki usaha offline, fungsi blog yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan setiap harinya.

Keuntungan membuat blog yang satu ini menawarkan solusi bagi banyak permasalahan sekaligus, bahkan dapat menyiasati lokasi tempat usaha yang kurang strategis. Manfaat blog bisa mulai Anda dapatkan ketika produk-produk yang dijual mulai tampil di dunia online.

Kegunaan blog ini berhasil diterapkan oleh Ceppy, pemilik bisnis online tanaman, TanamanMart. Di awal usahanya berbisnis tanaman online, ia juga membuat blog untuk mengoptimasikan SEO websitenya.

Di blog TanamanMart, ia menulis artikel seputar jenis, kasiat, dan cara merawat tanaman yang sebagian besar ia jual. Sehingga di akhir artikel ia bisa mengarahkan pembaca untuk mampir ke toko onlinenya.

Dengan mengambil keuntungan membuat blog untuk optimasi SEO, penjualannya berhasil meningkat.

Dulu saya sudah coba semuanya. Social media yang berbayar dan sebagainya. Sebelum ada Google update, kami fokus di SEO karena itu yang paling terasa dan hasilnya paling bagus.

Jika Anda memiliki website bisnis, cobalah manfaat blog ini untuk mendatangkan lebih banyak cuan.

Baca juga: Cara Monetisasi Blog: Kiat Mendulang uang dari Blogging

6. Sebagai Portofolio Online

keuntungan membuat blog

Berdasarkan MediaBistro, sembilan dari sepuluh perusahaan akan mencari melihat profile secara online sebelum merekrut karyawan. Hampir 43 persen peserta survey tersebut mengatakan bahwa mereka mendapatkan kandidat berkualitas dengan cara ini.

Nah, Anda pun bisa memanfaatkan kegunaan blog sebagai portofolio online Anda. Blog ini nantinya bisa Anda isi dengan tulisan, foto, maupun proyek atau karya yang pernah Anda kerjakan sebelumnya. Bisa dikatakan, memanfaatkan fungsi blog adalah cara cerdas menarik minat perusahaan yang Anda inginkan!

Baca juga: Cara Membuat Website Portofolio

7. Manfaat Blog untuk Bisnis

manfaat blog

Memulai usaha atau bisnis tentu bukan perkara mudah. Anda memerlukan modal yang tidak sedikit untuk sekedar menyewa tempat yang layak, misalnya.

Ketika nantinya pelanggan mulai berdatangan, terdapat banyak batasan yang berpotensi menghambat perkembangan bisnis Anda. Jika dihubungkan dengan tempat, bisa jadi Anda kehabisan space tempat sehingga harus memperluas ukuran fisik ruang usaha Anda maupun pindah tempat.

Ada keuntungan membuat blog utamanya bagi bisnis. Sebagai contoh, Anda dapat mulai dengan menuliskan review produk yang Anda jual. Ketika blog Anda semakin ramai, Anda bisa memasang tarif apabila ada produk yang ingin diulas dalam blog Anda.

Memanfaatkan fungsi blog juga jadi salah satu cara paling ampuh untuk menjangkau pembeli secara online. Jika calon pembeli mencari produk lewat Google, lalu menemukan ulasan produk di blog. Anda bisa mengarahkan mereka untuk mengunjungi laman toko online Anda.

Model bisnis online seperti ini semakin marak dalam beberapa tahun belakangan. Anda bahkan tidak memerlukan modal serta ruang usaha terlalu besar untuk memulai.

Baca juga: Ingin Punya Blog Keren? Buat Pakai WordPress

8. Bangun Kepercayaan

kegunaan membuat blog

Sebagian besar orang tidak akan menjalin kerja sama dengan orang lain tanpa mengetahui latar belakang berikut kemampuan yang dimiliki. Tentu tidak mudah meraih kepercayaan dari orang lain dalam waktu singkat, bukan?

Anda tidak bisa membeli kepercayaan begitu saja. Namun, dengan memanfaatkan keuntungan membuat blog, Anda bisa meningkatkan kepercayaan para pembaca terhadap Anda dalam waktu singkat.

Caranya, Anda hanya perlu menuliskan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca sesuai topik yang mereka sukai. Citrakan diri Anda sebagai figur yang ‘dapat diandalkan’ dan berwawasan luas. Selanjutnya mereka akan lebih mempercayai Anda.

Kegunaan blog yang satu ini efektif untuk menampilkan citra Anda di hadapan orang yang baru Anda kenal.

Selain itu, Anda juga perlu pastikan blog Anda tidak lemot, ya. Sebab sebagian besar pengunjung akan meninggalkan blog yang loadingnya lebih dari tiga detik.

Baca juga: Bangun Kredibilitas Bisnis agar Usaha Anda Semakin Laris! Begini Caranya..

9. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

fungsi blog

Fungsi blog selanjutnya dapat Anda jadikan senjata memperoleh lebih banyak klien. Misalkan Anda telah memiliki suatu bisnis yang menjual sepatu. Nah, Anda dapat memanfaatkan blog dengan terus-menerus menulis artikel mengenai sepatu, baik tentang sepatu yang Anda jual maupun sepatu yang tidak ada di toko Anda.

Konten yang Anda terbitkan secara teratur ini nantinya akan jadi seperti bola salju. Semakin sering Anda menerbitkan artikel secara rutin, semakin banyak pembaca yang datang berkunjung ke website Anda. Ini juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis sepatu Anda.

Tentu saja, frekuensi artikel yang terbit bukanlah satu-satunya tolok ukur utama. Anda perlu memperhatikan kontennya. Buat konten sebaik-baiknya dan utamakan konten yang sekiranya dapat menyelesaikan permasalahan para pelanggan. Setelah itu terbitkan artikel baru sesering mungkin. Calon pelanggan akan datang membanjiri blog yang Anda miliki dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog

Penutup

Itu tadi beberapa manfaat blog yang bisa Anda peroleh. Ternyata fungsi blog ada banyak juga ya. Mulai dari memberikan pengetahuan pada banyak orang, mendapatkan penghasilan, hingga manfaatnya untuk bisnis yaitu meningkatkan pembeli.

Tapi, supaya manfaat blog lebih terasa, Anda harus memilih layanan hosting yang mumpuni. Misalnya, paket Hosting yang disediakan Niagahoster.

Kenapa Anda harus memilih Niagahoster? Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  • Tersedia berbagai fitur pendukung kecepatan;
  • Uptime 99% sehingga blog akan online 24 jam non-stop;
  • Proteksi keamanan berlapis;
  • Customer support standby 24 jam;
  • Tersedia berbagai paket hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan;
  • Dan banyak masih lagi.

Jadi, kalau Anda tidak ingin melewatkan kesempatan merasakan manfaat blog, segera bangun blog Anda dan langganan hosting di Niagahoster!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

One Reply to “9 Manfaat Blog yang Wajib Anda Ketahui”

  1. Ternyata manfaatnya lebih dari sekedar meningkatkan traffic web ya. Pertanyaannya nih min, kalau bikin blog untuk toko online atau company profile, sebaiknya dibuat terpisah dengan domain berbeda atau menjadi halaman khusus sebagai sub-domain ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *