Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

30+ Template Blogger Responsive dan Gratis!

12 min read

Template Blogger Responsive dan Gratis

Apakah Anda mencari template blogger responsive? Blogger sebagai platform blog yang sudah matang telah menyediakan beragam template responsive yang menarik. Namun, jika template bawaan tidak sesuai dengan keinginan Anda, menggunakan template buatan pihak ketiga mungkin bisa menjadi solusi. 

Namun, bagaimana jika Anda ingin menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya? Tidak perlu khawatir. Pada artikel ini, kami akan mengulas 30+ template blogger responsive gratis yang bisa Anda gunakan. 

30+ Template Blogger Responsive dan Gratis

Membuat Kami sudah merangkum 30+ template blogger responsive untuk Anda. Saran kami, gunakanlah template yang sesuai dengan jenis blog yang Anda miliki. 

1. Typography 

Template Blogger Responsive Typography

Bagi Anda yang membangun blog dengan mengedepankan tulisan, inilah template untuk Anda. Typography cocok untuk blog pribadi maupun blog bagi penulis untuk menunjukkan hasil karyanya.

Template blogger ini sangat minimalis sehingga memudahkan Anda menuliskan ide tanpa bingung memilih gambar yang tepat.

Sesuai dengan namanya, Typography menggunakan jenis font yang enak dibaca. Tujuannya, membuat pengunjung Anda ingin berlama-lama membaca posting Anda yang menarik. 

Jangan khawatir dengan performa template ini. Typography ramah SEO dan memiliki waktu loading yang cepat. Tidak hanya itu, template blogger ini sudah fully-responsive dan memiliki banyak fitur, seperti auto-resize thumbnail dan lainnya.

2. Button

Template Blogger Responsive Button

Jika Anda mencari template blogger minimalis dengan dua kolom, Button layak Anda jadikan pilihan. Tampilannya yang segar bisa digunakan untuk blog pribadi, maupun blog yang bertema dekorasi rumah, parenting, dan fashion

Untuk membuat tampilannya ringkas, Button sudah menyediakan drop-down menu. Di bagian atas, Anda juga akan menemukan berbagai ikon media sosial yang memudahkan pengunjung berbagi (share) artikel yang disukai ke teman-teman mereka. 

Tidak hanya itu, template blogger ini sudah mendukung Google Font dengan pilihan font yang lebih banyak. Sayangnya, versi gratis template ini belum mendukung SEO. Namun, Anda bisa menggunakannya di banyak domain dan akan tetap mendapat update seumur hidup. 

3. NeoMag

Template Blogger Responsive NeoMag

Membangun sebuah blog majalah menggunakan NeoMag tentu pilihan tepat. Alasannya, template blogger ini memang dirancang untuk menonjolkan featured image dengan cantik. 

Anda juga bisa menggunakan template ini untuk jenis blog lain seperti blog pribadi ataupun bisnis yang membutuhkan clean layout. Karena mengusung konsep simple namun elegan, NeoMag membutuhkan waktu singkat untuk loading halamannya. 

Walaupun Anda bisa menggunakan template ini secara gratis, Anda harus rela melewatkan adanya pembaruan dan tidak mendapat bantuan layanan (support).

4. Pilvia

Template Blogger Responsive Pilvia

Pilvia adalah template blogger responsive yang dibuat menggunakan Bootstrap. Dengan menggunakan framework ini, tentu saja tampilan yang cantik baik di desktop maupun ponsel menjadi jaminannya.

Template ini memang paling cocok digunakan untuk blog portfolio Anda. Namun, jangan khawatir, Pilvia sebenarnya adalah template multipurpose. Artinya bisa digunakan untuk jenis blog lain seperti blog pribadi atau bisnis. 

Apakah Anda menggunakan Adsense? Pilvia bisa menjadi pilihan tepat karena template ini sudah teroptimasi untuk Adsense. 

Selain itu, Pilvia juga ramah SEO dan memiliki pilihan custom widget untuk membuat blog Anda tampil istimewa. 

5. Ratio

Template Blogger Responsive Ratio

Jika beragam foto yang menarik menjadi andalan Anda menarik pengunjung, gunakanlah Ratio untuk blog Anda. 

Template blogger responsive ini tampil minimalis dengan aksen merah yang elegan. Berpindah antar halaman bukanlah hal sulit berkat dropdown menu yang dihadirkan di bagian atas template ini. 

Penggunaan jenis font yang enak dibaca membuat pengalaman mengunjungi blog Anda kian menyenangkan dengan template blogger ini. Tak lupa, fitur SEO friendly juga disematkan pada Ratio sehingga memudahkan pengguna internet menemukan blog Anda. 

6. StudioPress

Template Blogger Responsive StudioPress

Anda seorang web designer? Atau fotografer? Apapun pekerjaan Anda, StudioPress adalah template blogger yang diciptakan untuk pelaku industri kreatif. 

Jadi, menggunakan template ini untuk blog portfolio atau bisnis freelance Anda sungguh tepat. Tampilannya yang bersih dan simple menunjukkan kesan profesional. 

Apapun browser yang digunakan pengunjung blog Anda, tidak masalah. StudioPress sudah teruji di hampir semua browser dengan kecepatan optimal. 

Salah satu keunggulan template ini adalah animasi lazy loading yang menawan. Bahkan, template ini memiliki fitur untuk melakukan perubahan warna tema dengan mudah. 

7. Sanai

Template Blogger Responsive Sanai

Ketika melihat template blogger ini, Anda mungkin langsung teringat blog Grammarly. Nuansa yang dibangun sekilas sama, ya?

Sanai merupakan template blogger responsive yang telah teroptimasi dari sisi kecepatan. Dengan demikian, pengunjung Anda tidak perlu menunggu lama ketika mengakses blog Anda. 

Apapun jenis blog Anda, Anda bisa mencoba template multipurpose ini. Sanai memiliki tampilan yang elegan, dengan keseimbangan antara pilihan font yang enak dibaca dan ukuran gambar yang pas. 

Tak hanya itu, Sanai sudah dilengkapi dengan Subscribe Box yang berfungsi untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin selalu mendapat update tentang blog Anda. 

8. Ubook

Template Blogger Responsive Ubook

Anda terinspirasi mengikuti jejak Stefanie Sugia atau Sulis? Mereka adalah blogger yang gemar mereview berbagai buku. 

Jika benar demikian, Ubook adalah template blogger responsive yang bisa Anda pilih. Tampilannya simpel dan penataan gambar untuk sampul buku sangat proporsional. 

Didukung dengan font yang mudah dibaca, blog Anda bisa menjadi “surga” bagi para penikmat buku. Sebab mereka pasti akan mencari review buku yang akan mereka beli terlebih dahulu. 

Beragam fitur penting sudah disematkan dalam template ini. Sebut saja, social sharing yang memungkinkan pengunjung berbagi informasi melalui media sosial mereka. Tak hanya itu, template ini juga sudah Ads ready bagi Anda yang berencana menampilkan iklan untuk mendatangkan penghasilan. 

9. Instaset

Template Blogger Responsive Instaset

Instaset adalah template blogger responsive kami berikutnya yang bersifat multipurpose. Anda bisa menggunakannya untuk blog fashion dan gaya hidup, ataupun blog bisnis. 

Tampilan template blogger ini cukup profesional dengan mengandalkan slider berisi empat foto portrait yang disusun berjajar simetris. Dominasi warna hitam dan putih yang proporsional membuat tampilan profesional yang dibangun terlihat. 

Jangan khawatir dengan tampilannya di ponsel, template ini sudah mobile friendly. Tak hanya itu, InstaSet juga Ads Ready bagi Anda yang berencana mendapatkan penghasilan melalui blog Anda. 

10. ViralNews

Template Blogger Responsive ViralNews

Apakah Anda tertarik untuk membuat blog berita dan mendaftarkannya ke Google News? ViralNews layak Anda pilih untuk template blog berita Anda tersebut. 

ViralNews terlihat seperti portal berita terkenal yang sering Anda kunjungi. Mulai dari header banner space untuk menunjukkan nama blog berita Anda, deretan menu untuk mengatur kategori berita yang disajikan, hingga slider untuk menampilkan hot news. Semua tersedia dengan baik. 

Sebenarnya, template blogger ini diadaptasi dari tema WordPress. Karena telah menjadi favorit banyak blogger, dibuatlah versi template blogger responsive yang bisa Anda download dengan gratis.

Jadi, jika Anda menginginkan template blogger responsive yang dilengkapi dengan breadcrumb dan ramah SEO, ViralNews jangan sampai Anda lewatkan. 

11. Rosemary

Template Blogger Responsive Rosemary

Kesan pertama ketika melihat template blogger ini adalah elegan dan mewah! Rosemary merupakan salah satu template blogger terbaik yang dapat membantu blog Anda tampil beda. 

Walaupun template ini cocok digunakan untuk semua jenis blog, Rosemary lebih pas Anda gunakan untuk blog yang terkait dengan fashion dan kecantikan. Alasannya, Rosemary didesain untuk menampilkan foto terbaik dengan cantik. 

Jadi, deretan foto produk bisnis Anda atau produk kecantikan yang Anda review akan terlihat menonjol. 

Template ini dibekali dengan beragam fitur untuk menjadikan blog Anda cepat dikenal melalui widget media sosial yang lengkap. Selain itu, terdapat admin layout yang memudahkan Anda dalam menata layout blog Anda. 

Tidak hanya itu, dengan adanya fitur auto author image akan semakin mudah menampilkan foto Anda pada tiap posting yang Anda lakukan. 

12. Fashion Gossip

Template Blogger Responsive Fashion Gossip

Anda memiliki blog bertema fashion yang banyak mengulas outfit of the day (OOTD) dari para Fashionista? Fashion Gossip bisa jadi pilihan template yang tepat. 

Alasannya, template ini mengadopsi desain minimalis nan berkelas, layaknya majalah fashion terkenal, seperti Vogue dan Elle

Anda cukup fokus pada konten yang Anda buat. Sebab, template blogger ini sudah memiliki beragam fitur untuk membuat blog Anda tampil menarik. Mulai dari featured slider untuk menampilan beragam review unggulan, hingga kolom pencarian yang bisa dikustomisasi. 

Template blogger responsive ini mudah diinstal dan ramah SEO. Jangan khawatir dengan kemudahan membagikan artikel ke media sosial berkat adanya fitur social media integrated button

13. Base

Template Blogger Responsive Base

Jika Anda ingin membangun blog fotografi seperti Feature Shoot, Base patut Anda pertimbangkan sebagai template blogger Anda.

Dengan desain dua kolom yang menampilkan konten Anda dalam boxed style, Base dapat membantu blog Anda tampak beda. Selain itu, hadirnya slider di bagian atas akan langsung menarik perhatian pengunjung akan featured post Anda. 

Semua hasil foto Anda akan mampu ditampilkan dengan apik oleh template ini. 

Namun, Base bukan hanya untuk blog fotografi. Anda bisa menggunakan template ramah SEO ini untuk blog fashion, gaya hidup, dan handmade products.

14. Reading 

Template Blogger Responsive Reading

Ingin membangun sebuah blog dengan tema monokrom? Reading bisa Anda jadikan pilihan. Tampilan yang disuguhkan template blogger ini, berikut tata letak gambarnya, mampu memberikan kesan eksklusif. 

Beragam jenis blog bisa menggunakan template ini, mulai dari blog portofolio, hingga bisnis.

Tidak hanya dari sisi tampilan saja, Reading juga bisa diandalkan untuk meload halaman dengan cepat. Template blogger ini juga sudah dioptimasi untuk SEO sehingga bisa membantu Anda dalam meningkatkan jumlah kunjungan ke blog Anda. 

15. Couture

Template Blogger Responsive Couture

Satu lagi multipurpose template blogger dengan konsep clean design masuk ke daftar kami. Couture menampilkan featured box yang cantik untuk menampilkan posting favorit Anda. 

Jika Anda membangun blog gaya hidup ataupun blog kreasi DIY (Do It Yourself), Couture akan membuat konten menjadi fokus utama pengunjung. Tak lupa, Couture juga menyematkan fitur smooth scroll untuk membuat pengalaman membaca lebih nyaman. 

Template blogger ini membolehkan Anda berkreasi dengan kustomisasi font dan warna. Tentunya agar sesuai dengan tema blog Anda. 

Tak perlu ragu dengan kemampuannya tampil cantik di ponsel. Couture sudah 100% fully responsive. Tidak hanya itu, template blogger ini sudah fully SEO optimized.

16. Edward-Stella

Tampilan Template Edward-Stella

Bagi Anda yang memiliki bisnis wedding organizer, memiliki blog untuk mendukung bisnis Anda tentu merupakan langkah yang tepat. Lalu, template apa yang tepat untuk blog Anda tersebut?

Edward-Stella bisa menjadi jawabannya! Template blogger responsive ini memang khusus dibuat untuk wedding blog. Anda bisa memajang foto pernikahan terbaik dari klien Anda sekaligus dalam rangka mengenalkan kemampuan Anda sebagai wedding organizer

Tidak hanya itu, Anda bisa berbagi kita sukses bisnis wedding di blog Anda. Pilihan ikon, tema warna dan jenis font yang digunakan semakin menguatkan kesan romantis yang dibangun. 

Edward-Stella hadir dengan pilihan tipe halaman dan tata letak, baik lebar maupun kotak. Template blogger ini juga sudah teroptimasi dengan mesin pencari dan responsive. 

17. SEO Rocket

Tampilan Template SEORocket

Kesan ramai akan Anda temukan saat melihat template blogger ini. Ya, SEORocket memang template yang didesain untuk blog pribadi, majalah, berita bahkan blog bisnis. 

Selain tampilannya yang segar dan modern, SEORocket juga memiliki keistimewaan pada fitur yang dimilikinya. SEOBoost memastikan coding template ini dilakukan dengan baik. Hasilnya kecepatan loading halaman yang hanya butuh 350 milisekon saja. 

Tidak hanya itu, berdasarkan pengecekan pada Google Insight Usability Test, hasil yang didapatkan adalah 100/100. Artinya, tampilan template ini akan terlihat optimal pada semua layar perangkat bergerak (ponsel, tablet, dll).

18. Nivan

Tampilan Template Nivan

Nivan sekilas akan mengingatkan anda pada blog HelpScout, sebuah platform untuk layanan pelanggan. Bedanya, Nivan didominasi warna hijau dan memiliki right sidebar.

Template ini cocok bagi pekerja kreatif untuk memamerkan hasil karya di blog mereka. Jika Anda seorang ilustrator, fotografer, dan desainer grafis, Nivan bisa jadi pilihan tepat untuk blog portfolio Anda. 

Beragam fitur yang bisa Anda dapatkan pada versi gratis Nivan antara lain: featured post slider yang menampilan posting terbaik Anda, sleek footer yang membuat tampilan blog Anda lebih minimalis, dan Google Font ready yang memberi Anda pilihan untuk mengganti font sesuai keinginan Anda. 

19. StylishNews

Tampilan Template StylishNews

Anda tentu bisa menebak bahwa StylishNews adalah template blogger responsive yang dikhususkan untuk blog berita atau majalah. 

StylishNews dilengkapi dengan menu dropdown menu yang memudahkan navigasi antar kategori bagi pengunjung Anda. Tidak hanya itu, template ini sudah dilengkapi dengan grid slider untuk menampilkan hingga delapan featured news.

Seperti halnya template blog berita, StylishNews sudah dibekali dengan fitur MultiAuthor. Selain itu, jika pengunjung ingin menikmati konten blog Anda, hadirnya smooth scroll akan membuat pengalaman membaca menjadi lebih nyaman.

StylishNews sudah 100% SEO-friendly dan fully-responsive.

20. Conversion

Tampilan Template Conversion

Conversion adalah template blogger multipurpose berikutnya di daftar kami. Baik untuk blog pribadi maupun bisnis, template ini mampu tampil profesional sekaligus menarik. 

Template ini memiliki slider di bagian atas dengan enam featured post. Di bagian body konten, desain simple dengan konsep clean design membuat template blogger ini layak Anda coba. Tak lupa, pilihan font yang digunakan juga nyaman untuk dibaca di berbagai ukuran layar.

Fitur lain dari Conversion antara lain ads ready, kompatibel dengan browser populer, dan integrated social share button untuk kemudahan membagikan artikel melalui media sosial.

21. MeshMag

Tampilan Template MeshMag

Jika Anda ingin memiliki blog otomotif seperti Indobikermags atau blog traveler seperti The Naked Traveler, MeshMag bisa Anda pilih sebagai template blog Anda. 

Template blogger ini tidak hanya sudah teroptimasi dengan SEO namun juga fully responsive. 

Jika Anda ingin memperkaya blog Anda dengan sidebar widget, tidak perlu khawatir. MeshMag menawarkan unlimited widget yang tidak akan menurunkan performa blog Anda. Tidak hanya itu, Anda bisa menampilkan iklan di blog Anda dengan mudah dengan adanya fitur Ads Ready. 

Sayangnya, Anda harus membeli versi premium untuk mendapatkan berbagai fitur seperti multiple slider, customized sidebar, dan multiple author

22. Creative

Tampilan Template Creative

Sesuai namanya, Creative ditujukan untuk membangun blog dengan tema kreatif, baik fotografi, fashion, kerajinan tangan, tips DIY (Do it Yourself), dan lainnya.

Creative memiliki dua jenis tema yang bisa Anda pilih sesuai desain yang ingin Anda terapkan. Tidak hanya layout yang berbeda, dua jenis slider yang ditawarkan pun tak kalah menarik. 

Tak hanya itu, fitur dari template blogger responsive ini sangat lengkap. Salah satunya, infinite scrolling yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahi konten terbaik Anda dengan mudah. Menariknya, fitur ini bisa dihidupkan/dimatikan sesuai keinginan Anda. 

Untuk membuat keseluruhan pengalaman pengunjung menyenangkan, animasi hover effect semakin memanjakan mata. 

23. Elise

Tampilan Template Elise

Anda ingin membangun blog parenting, fashion maupun lifestyle? Elise layak Anda coba. 

Template blogger yang simple dan modern ini merupakan salah satu template blogger terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis. 

Membanggakan tipografi yang cantik dan hover effect yang keren, Elise tentu akan menjadi template yang membantu Anda membuat pengunjung betah berlama-lama. Yang tak kalah menarik, tentu saja fitur featured carousel yang akan langsung menyedot perhatian pengunjung ketika pertama kali datang. 

Selain itu, Elise dibekali fitur customized comment, integrated social media button dan search widget. Lengkap, bukan?

24. Martin

Tampilan Template Martin

Jika beberapa template blogger portofolio di atas belum mampu membuat Anda menentukan pilihan, Martin bisa menjadi pilihan Anda. 

Mulai dari desainer website, web developer dan programmer, bisa menggunakan template ini.

Pada bagian atas blog, Anda bisa menampilkan foto Anda atau karya terbaik Anda. Lalu, di bagian bawah Anda bisa menampilkan semua karya pada menu masonry yang tertata dengan cantik. 

Bahkan Anda pun bisa memberikan deskripsi singkat tentang hasil karya Anda tersebut. Tujuannya, menunjukkan expertise Anda di bidang tertentu. 

Martin menerapkan layout responsive yang akan tetap tampil baik di berbagai perangkat bergerak (mobile device). Selain itu, Martin ramah SEO dan sudah dioptimasi untuk AdSense jika Anda ingin mendapat penghasilan tambahan dari iklan.

25. FooddyBlog

Tampilan Template Fooddy Blog

Diantara banyak template untuk food blogging, FooddyBlog merupakan salah satu yang terbaik. 

Dengan menggunakan template ini, Anda bisa menampilkan hasil kreasi kuliner Anda dengan baik. Tidak hanya desainnya yang elegan, momen berbagi resep di media sosial akan menjadi lebih mudah. Sebab, integrated share button ada di tiap posting dengan menampilkan animasi yang unik. 

FooddyBlog tampil dengan konsep simple dengan tampilan boxed-style dua kolom. Template ini juga sudah mendukung SEO dan 100% mobile-responsive

Sudah tidak sabar ingin memajang resep masakan favorit Anda? Anda bisa mengunduh template ini dengan gratis. Namun, tentu saja dengan fitur yang sedikit terbatas.

26. Oracle

Tampilan Template Oracle

Jika Anda memiliki bisnis kerajinan tangan, pernik desain interior, dan pakaian, menggunakan template blogger simple seperti Oracle merupakan pilihan terbaik. 

Anda bisa membangun blog seperti milik Etsy yang elegan. Bedanya, Etsy menggunakan konsep tiga kolom, sedangkan template ini menggunakan desain satu halaman penuh (one pager). 

Selain desain yang memungkinkan Anda menonjolkan foto dengan lebih artistik, pilihan font yang digunakan menjadikannya kian eksklusif. Jenis font Serif pada template ini cocok untuk membangun kepercayaan dan brand identity

Dari sisi fitur, Oracle mendukung cross-browser compatibility dan juga SEO friendly

27. Alpha

Tampilan Template Alpha

Alpha merupakan template blogger responsive yang mengusung konsep simple namun intuitif. 

Menampilkan featured image slider yang cukup luas, template ini bisa Anda gunakan membangun blog pribadi, majalah dan portofolio yang baik. Saran kami, gunakanlah foto terbaik pada image slider untuk menghindari foto kabur.

Namun, pastikan ukuran file yang diunggah tidak terlalu besar agar tidak mengorbankan performa. 

Lalu, apa saja fitur Alpha template ini? Mulai dari hadirnya mega menu, numbered page, customized widget hingga super admin panel. Semua tersedia dengan lengkap. 

Jika ingin melakukan kustomisasi beberapa menu, Anda diwajibkan membeli versi Premiumnya.

28. Games

Tampilan Template Games

Bagi anda para gamer yang ingin membangun blog layaknya KotakGame atau Gamebrott, SoraGames bisa jadi pilihan template yang menarik. 

Blog game Anda akan mampu menampilkan review game terbaru maupun tips dan trik bermain game dengan lebih menarik. Apapun jenis game yang Anda tampilkan. Mulai dari First Person Shooter (FPS), Role Play Games (RPG) hingga petualangan. 

Apalagi setelah eSport diujicobakan pada gelaran Sea Games 2018 lalu, antusias para gamer semakin meningkat.

Dari sisi tampilan SoraGames mengedepankan featured image slider untuk berita atau review game terbaru. Selain itu, template ini juga sudah dibekali dengan social media button untuk berbagi artikel di media sosial. 

Tak lupa, SoraGames juga mampu diakses melalui ponsel dengan tampilan sama baiknya berkat fitur mobile responsive.

29. VideoPlay

Tampilan Template VideoPlay

VideoPlay adalah salah satu template blogger responsive untuk blog video streaming. 

Jadikan blog Anda sebagai sarana menampilkan beragam video dari channel YouTube Anda dengan lebih baik. Sebab, template ini memiliki banyak menu untuk mengkategorikan video yang Anda miliki. 

Tak hanya itu, beragam fitur mulai dari slider hingga hover effect akan membuat tampilannya lebih menarik. 

Katakanlah Anda memiliki banyak video tutorial di YouTube. Dengan template ini Anda bisa membangun blog edukasi dengan media video. Semakin banyak video yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda memiliki pengunjung setia blog edukasi Anda. 

30. Momma’s Love

Tampilan Template Momma's Love

Sesuai namanya, template blogger ini cocok untuk blog parenting yang menggunakan konsep layout majalah. 

Momma’s Love bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda membangun blog seperti Keluarga Hamsa atau Grace Melia.

Beragam fitur dimiliki oleh template ini, mulai dari featured post slider untuk memasang empat posting terbaik, hingga kemudahan untuk melakukan kustomisasi warna dan font yang akan Anda gunakan. 

Momma’s Love tak melewatkan fitur social media sharing dan mobile responsive agar mudah diakses melalui ponsel.

31. Folio

Tampilan Template Folio

Tak lengkap rasanya jika melewatkan Folio sebagai salah satu template blogger terbaik. Template dengan konsep one pager ini terlihat sangat eksklusif dan profesional untuk membangun sebuah blog portofolio. 

Semua pekerja kreatif, mulai videografer hingga illustrator bisa menggunakan template ini. Bahkan, untuk pekerja freelance dari bisnis online seperti penulis, template ini bisa jadi pilihan yang terbaik. 

Fitur yang ada dalam Folio pun sangat lengkap. Pengunjung blog Anda akan terkesima dengan aneka animasi yang ditampilkan. Terdapat juga fitur slider yang bisa Anda tempatkan pada bagian tengah blog Anda. 

Yang cukup menggembirakan adalah pilihan social media sharing yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari Twitter hingga LinkedIn

32. Blazing

Tampilan Template Blazing

Satu lagi template blogger responsive yang layak menjadi andalan para ilustrator, desainer grafis, dan fotografer untuk memajang karya. Blazing merupakan template yang menonjolkan konten blog Anda dengan optimal. 

Dengan fitur featured box yang ditawarkan, karya Anda maupun produk digital yang Anda jual akan terpajang dengan baik.

Blazing juga memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi warna sesuai yang Anda butuhkan. Tak hanya itu, template dengan konsep dua kolom ini memiliki fitur navigasi halaman angka, comment widget dan header yang bisa dikustomisasi.

Kenapa Menggunakan Template Responsive Blogger?

Setelah melihat semua template blogger responsive, sebagian Anda mungkin bertanya: “Kenapa harus menggunakan template responsive?”

Desain responsive adalah sebuah teknik desain dimana website harus mampu tampil baik di berbagai ukuran layar, utamanya pada perangkat bergerak (mobile device). 

Nah, apa alasan menggunakan desain responsive untuk blog Anda?

1. Disukai Mesin Pencari

Sejak 21 April 2015, Google menetapkan bahwa website yang mampu tampil baik di perangkat mobile akan mendapat prioritas rangking di mesin pencari. 

Artinya, jika Anda tidak mengikuti ketentuan ini, blog Anda tidak bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Meskipun konten Anda berkualitas, jika menyulitkan pengguna ponsel untuk mengaksesnya, tidak akan direkomendasikan Google. 

2. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Saat ini sebagian besar orang mengakses internet melalui perangkat mobile mereka. Faktanya, 58% dari total semua trafik website berasal dari perangkat mobile

Maka, jika Anda ingin menjangkau lebih banyak orang agar mengunjungi blog Anda, website Anda harus memiliki desain yang responsive. 

3. Tidak Ditinggal Pengunjung

Jika pengguna internet mengunjungi blog Anda dan tidak tampak menarik di ponsel mereka, mereka akan segera pergi. 

Dari sebuah studi, Google menyebutkan 61% pengguna tersebut tidak akan kembali lagi dan bahkan 40% dari mereka langsung beralih ke blog kompetitor. 

Bagi sebuah blog bisnis atau blog freelancer, hal ini tentu berdampak sangat serius. 

4. Tampil Lebih Profesional

Terutama bagi Anda yang membangun blog bisnis atau portofolio, menggunakan template blogger responsive akan menunjukkan profesionalitas Anda. Sebab, pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan mengunjungi blog Anda. 

Jika ingin membuat blog Anda semakin terpercaya, sebaiknya Anda menggunakan custom domain untuk menampilkan brand identity Anda. Jadi, Anda tidak lagi menggunakan nama bisnisdigital.blogspot.com, namun bisnisdigital.com.

Di Niagahoster, kami memiliki fitur One Click Blogspot Integration yang dapat mempercepat pergantian dari blogspot ke custom domain.

Saatnya Menentukan Template Blogger Pilihan Anda

Banyak juga ya pilihan template blogger responsive yang bisa Anda gunakan? Tentunya semua pilihan di atas membuat Anda lebih leluasa dalam mempercantik tampilan blog Anda. 

Selain menarik, template responsive blogger juga memberikan jaminan performansi yang baik pada blog Anda. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pengunjung Anda. Dengan demikian, pengunjung akan semakin betah berlama-lama di blog Anda. 

Selamat menentukan pilihan dan happy blogging!

0
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 9 =