Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

15+ Marketing Tools yang Wajib Dimiliki Semua Pebisnis

14 min read

marketing tools untuk bisnis

Menjalankan bisnis di era digital itu kelihatannya mudah ─ punya produk, pajang, promosikan, dan tunggu pelanggan datang dengan sendirinya. Tapi ternyata, ada banyak sekali hal yang perlu dilakukan. Karenanya, Anda butuh bantuan marketing tools supaya pekerjaan Anda lebih mudah.

Marketing tools adalah aplikasi yang membantu Anda menjalankan bisnis, terutama di bagian promosi. Meski begitu, marketing tools tak melulu soal iklan dan sosial media saja. Ada bermacam tools digital marketing yang bisa dipakai untuk mengelola keseluruhan bisnis Anda.

Apa saja marketing tools ampuh yang Anda butuhkan? Berikut ini cuplikan singkat dari 15+ tools digital marketing yang akan dibahas di artikel ini:

  • Trello ─ catat dan kelola to-do-lists dengan mudah, lalu bagikan dengan sesama rekan kerja;
  • Canva ─ buat desain grafis untuk kebutuhan marketing dan branding secara mudah;
  • Unsplash ─ dapatkan stok foto untuk konten-konten visual di sosmed, website, maupun iklan;
  • Hootsuite ─ kelola beberapa akun sosmed sekaligus bersama tim;
  • SocialMention ─ ketahui apa yang netizen bicarakan tentang bisnis Anda atau topik lainnya;
  • SociaBuzz ─ cari influencers yang tepat untuk diajak bekerja sama mempromosikan brand Anda;
  • Mailchimp ─ buat berbagai campaigns, kirimkan ke pelanggan, dan lihat performanya;
  • Hubspot CRM ─ kelola dan pantau kontak dengan (calon) klien secara mudah dan detail;
  • Survey Monkey ─ membuat survei tampak lebih menarik sekaligus memberi grafik otomatis dari data yang didapat;
  • Google Ads ─ membuat iklan dalam berbagai bentuk (teks, gambar, atau video) dan dalam jangkauan manapun;
  • SEMRush ─ susun strategi marketing berdasarkan data performa dari website sendiri dan kompetitor;
  • Ubersuggest ─ cari kata kunci utama, ide konten dari kompetitor, serta kata kunci yang dipakai kompetitor di websitenya;
  • Buzzsumo ─ cari konten paling populer, topik paling banyak dibicarakan, dan influencers paling berpengaruh di jagat online;
  • Yoast SEO ─ dapatkan insight bagaimana performa on-page SEO bekerja dalam halaman website;
  • Google Analytics ─ dapatkan info soal traffic, penilaian performa, dan gambaran pengunjung website;
  • Zest ─ upgrade pengetahuan seputar digital marketing dengan konten berkualitas tinggi yang tersaji langsung di hadapan;
  • IFTTT ─ tambahkan fungsi otomasi antardua aplikasi/layanan sekaligus.
digital marketing meme

Sebelum lanjut, pastikan Anda sudah tahu apa itu digital marketing ya. Tanpa pemahaman soal digital marketing, semua tools yang disebutkan di sini takkan ada artinya. 

Bisa-bisa Anda justru bingung dan tak mengerti esensi dari semua aplikasi yang kami rekomendasikan. Pada akhirnya, Anda tak benar-benar bisa menggunakan marketing tools dengan maksimal. Ih, jangan sampai deh!

Jika belum tahu, tak usah khawatir. Kami punya artikel “Belajar Digital Marketing Lengkap untuk Pemula” yang siap membantu Anda memahami konsep ini dalam waktu singkat. 

15+ Marketing Tools untuk Digital Marketing

Mulai dari to-do-lists, sumber data, aplikasi desain, sumber foto HD, sosial media, email marketing, iklan, sampai suplemen untuk ide promosi. Semua yang Anda butuhkan ada di sini!

1. Trello

trello marketing tools

Trello adalah cara baru untuk membuat to-do-lists dan mengelola tugas. Aplikasi ini membebaskan Anda mencatat tugas berdasarkan tema besar (boards), tahapan tugas (lists), dan detail tugasnya (cards). 

Tak cuma itu. Trello juga dilengkapi dengan berbagai perintilan untuk mencatat informasi penting seputar proyek. Anda bisa menaruh label untuk mengelompokkan kategori; menambah checklist dan dokumen; memberi komentar; juga mengatur notifikasi deadline. 

Tahu apa yang lebih hebat? Anda bisa membagikan konten Trello ke rekan kerja. Dengan begitu, Anda bisa berkolaborasi dan tahu progres dari proyek yang dikerjakan.

Misalnya saja, Anda ingin memulai strategi content marketing via blog. Anda tinggal buat satu board khusus untuk itu. Kemudian tambahkan lists seperti “ide konten”, “sedang ditulis”, “proses review”, “upload”, dan “selesai”. Isi lists tersebut dengan judul-judul artikel dalam bentuk cards. 

Itu baru satu contoh saja. Anda bisa pakai Trello untuk banyak hal lainnya. Jadi, tak berlebihan kalau kami sebut Trello sebagai yang pertama dan utama. Lewat tool ini, pencatatan tugas jadi lebih mudah, fleksibel, dan menyenangkan. Apa pun bidangnya dan seberapa pun skala bisnisnya, kami yakin Anda dan tim pasti merasakan manfaat aplikasi ini. 

Fitur unggulan:

  • Unlimited personal boards;
  • Unlimited members;
  • Tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone;
  • Terhubung dengan email untuk menambahkan cards dan memberi komentar;
  • Terintegrasi dengan berbagai layanan (Slack, Google Drive, Evernote, GitHub, dan lain-lain).

2. Canva

canva marketing tools

Di dunia digital marketing, tampilan itu segalanya. Karena itu, Anda perlu lebih strategis memasang tampilan visual di channel marketing yang Anda pakai. Untuk memudahkan pekerjaan sekaligus menghemat ongkos menyewa desainer, Anda bisa pakai Canva.

Canva adalah solusi bagi Anda yang awam dengan dunia desain visual. Platform ini menyediakan begitu banyak template untuk kebutuhan marketing Anda. Mulai dari logo, konten Instagram, banner iklan, poster, infografis, dan sebagainya. 

Supaya tampak lebih unik, Anda bebas juga mengeditnya. Anda boleh mengubah susunan elemen pada template. Bisa juga menambahkan elemen dekoratif di template tersebut. 

Baca juga: Menentukan Warna Efektif untuk Desain Website Anda

Tenang saja, untuk poin yang terakhir, Canva menyediakan berbagai pilihan jenis font, foto, ilustrasi, dan ikon. Beberapa di antaranya bisa ditambahkan secara gratis. Akan tetapi, ada juga pilihan elemen premium yang bisa Anda beli. 

Di versi terbarunya, Canva juga menyediakan enam opsi download untuk desain yang telah Anda buat. Keenam format tersebut adalah PNG, JPG, PDF Standard, PDF Print, Video (MP4), dan Animation (MP4/GIF). Banyaknya opsi ini tentu memberi Anda keleluasaan dalam membuat materi konten promosi produk, seperti Niagahoster yang melakukan promo domain dan hosting.

Fitur unggulan:

  • Tersedia banyak pilihan ikon;
  • Tersedia banyak pilihan gambar, foto, dan ilustrasi;
  • Tersedia banyak pilihan desain (logo, poster, business cards, flyers, dan sebagainya);
  • Tersedia pilihan untuk kolaborasi desain bersama beberapa user sekaligus.

3. Unsplash

unsplash marketing tools

Masalah desain mungkin selesai dengan Canva. Akan tetapi, yakin lah Anda tetap membutuhkan stok foto untuk banyak hal. Mulai dari membuat konten di sosial media, menambahkan ilustrasi di web, dan melengkapi hal-hal yang berhubungan dengan desain grafis lainnya. 

Untuk mengamankan stok foto, coba bukalah Unsplash. Unsplash memuat jutaan foto berkualitas HD yang bisa Anda download dan pakai secara gratis. Tak perlu membayar lisensi untuk memakai foto. Bahkan, ketika Anda bermaksud menggunakan foto tersebut untuk tujuan komersial.

Baca juga: Pentingnya Memilih Foto untuk Desain Website

Semua foto di Unsplash jelas punya kualitas yang tak sembarangan. Sebab, semua foto yang ditampilkan telah melalui kurasi manual. Hingga pasti Anda bisa menemukan foto yang memenuhi branding dan kebutuhan Anda.

Fitur unggulan:

  • Gratis;
  • Jutaan pilihan gambar terkurasi dan berkualitas HD;
  • Terintegrasi dengan BuzzFeed, Squarespace, dan Trello.

4. Hootsuite

hootsuite marketing tools

Hootsuite merupakan platform manajemen akun sosial media. Dengan platform ini, Anda bisa memantau beberapa akun sosmed sekaligus dalam satu halaman. Ada 20+ macam media sosial yang terintegrasi di Hootsuite. Beberapa di antaranya ialah Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn.

Tak hanya soal tampilannya saja yang memudahkan Anda memantau beberapa akun sosmed. Hootsuite juga memastikan Anda bisa mengelola akun sosmed dengan gampang. Anda bisa membuat konten dan menyimpannya sebagai draft. Tak sampai di situ saja, konten yang Anda buat bisa diatur agar terupload sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Baca juga: Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Online

Dengan Hootsuite, Anda juga bisa menampilkan semua laporan analytics dalam satu halaman. Selain data umum seperti mentions, engagement, likes, dan semacamnya, Hootsuite juga memiliki opsi untuk menampilkan data yang berhubungan dengan performa tim. Secara spesifik, platform ini bisa menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan admin untuk merespons engagements dari audiens.

Karenanya, Hootsuite juga kompatibel untuk digunakan oleh beberapa user sekaligus. Terdapat fitur yang dipakai untuk mengatur akses user ke profil, jaringan, dan aksi spesifik. Di samping itu, ada juga fitur untuk menampilkan rencana konten, memberi tugas ke user, mengirim pesan, dan memberi akses ke galeri terpadu yang bisa dipakai user untuk membuat konten.

Fitur unggulan:

  • Buat konten, simpan, dan unggah sesuai dengan waktu yang diinginkan;
  • Cari konten dan gambar menarik untuk dibagikan ke medsos via Hootsuite;
  • Lihat laporan analytics dari konten media sosial;
  • Monitor topik-topik menarik di media sosial;
  • Integrasi Hootsuite dengan 250 apps menarik.

5. SocialMention

social mention tools

SocialMention bisa dipakai untuk memonitor info apapun yang Anda butuhkan di sosial media. Termasuk konten atau mention seputar brand bisnis yang Anda jalankan. Bisa juga informasi yang berhubungan dengan topik tertentu.

Tak cuma menampilkan konten seperti halnya mesin pencari. SocialMention juga memberikan data analytics seputar hasil pencarian. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui lewat platform ini, seperti:

  • Tingkat popularitas sebuah topik didiskusikan atau strength;
  • Perbandingan impresi positif dan negatif dari konten atau sentiment;
  • Jumlah frekuensi konten atau mentions dibuat oleh satu akun atau passion;
  • Jumlah user dibandingkan jumlah total mentions atau reach.

Di samping hal-hal di atas, Anda juga bisa mengetahui keyword populer, top users, serta hashtag populer yang digunakan. 

SocialMention juga turut menyediakan filter sosial media tempat Anda melakukan pencarian. Platform ini mengklaim memiliki integrasi ke lebih dari 100 media sosial. Tapi setidaknya, terdapat opsi untuk melacak konten dari blog, microblog (Twitter), gambar, video, dan pertanyaan di internet.

Supaya tak ketinggalan info terbaru dari konten yang Anda pantau, SocialMention juga menyediakan dua opsi notifikasi. Keduanya yaitu RSS feed dan email. Di luar itu, platform ini membolehkan Anda mendownload data dalam format CSV atau Excel. Dengan begitu, Anda bisa lebih fleksibel ketika ingin menganalisis data. 

Fitur unggulan:

  • Terdapat fitur pencarian dalam bentuk blog, microblog, bookmark, gambar, video, dan pertanyaan;
  • Terdapat fitur untuk menilai sentimen, reach, strength, dan passion dari konten;
  • Terdapat fitur untuk mencari kata kunci dan tagar populer;
  • Terdapat opsi untuk mengikuti update dari konten yang dicari.

6. SociaBuzz

sociobuzz influencer marketing tools

Bekerja sama dengan influencers ialah salah satu strategi marketing yang ampuh. Apalagi untuk bisnis baru. Eksposur ke target pasar potensial amat dibutuhkan oleh bisnis agar bisa terus tumbuh.

Supaya Anda bisa terhubung dengan influencers atau key opinion leaders incaran, Anda bisa gunakan SocioBuzz. SocioBuzz merupakan situs online yang menghubungkan pebisnis dengan influencers dan pekerja kreatif lainnya.

Setidaknya ada 17 macam jasa yang ditawarkan SocioBuzz. Untuk keperluan influencers marketing sendiri, Anda bisa pakai pilih jasa endorse artis, selebgram, YouTuber, blogger, sampai micro Influencer. Lalu untuk jasa kreatif “belakang layar” ada pilihan penulis, MUA, fotografer, hingga videografer.

Bagusnya, SocioBuzz cukup transparan dalam memberikan info seputar talents-nya. Setiap talent yang terdaftar memiliki profil khusus yang bisa diakses calon klien. Di dalamnya, terdapat info soal followers media sosial, angka pengunjung blog/website, engagements, portofolio, testimoni klien, dan informasi personal.

Dengan semua informasi yang lengkap ini, Anda bisa memilih sosok yang tepat untuk diajak bekerja sama. Tak ada lagi kasus salah sasaran atau malah hasil yang tak sesuai harapan. Lebih penting lagi, lewat SocioBuzz Anda bisa mengurangi kemungkinan influencers kaleng-kaleng atau tukang tipu. 

Fitur unggulan:

  • Terdapat banyak pilihan talent untuk menjalankan influencers marketing;
  • Terdapat informasi lengkap berhubungan dengan talent yang terdaftar;
  • Terdapat portofolio talent yang ditampilkan di website;
  • Terdapat testimoni dari klien sebelumnya sebagai referensi.

7. Mailchimp

mailchimp email marketing tools

Mailchimp lebih banyak dikenal sebagai platform email marketing. Dengan software ini, Anda bisa mendesain email supaya nampak apik. Lalu, mengirimkannya ke audiens atau subscribers. Tak cuma berhenti di situ, Mailchimp juga membolehkan Anda melihat performa email marketing yang Anda kerjakan.

Baca juga: [Terlengkap] Cara Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing Anda

Namun, tak banyak yang tahu kalau email marketing hanyalah satu di antara banyak fitur Mailchimp punya. Lengkapnya, Mailchimp memiliki layanan customer relationship management (CRM), alat desain untuk brand, pembuat campaign yang terintegrasi, hingga penyedia analytics lengkap. Dengan semua layanan itu, tak heran kalau branding yang dikedepankan Mailchimp ialah The-All-in-One Marketing platform.

Banyaknya layanan mungkin saja membuat Anda bingung. Akan tetapi, untuk memudahkan Anda memahaminya, coba ingat-ingat alur kerja berikut: buat konten atau campaign → kirim konten dan campaigns ke audiens → pantau dan evaluasi lewat analytics

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi fitur untuk mengelola komunikasi personal dengan pelanggan;
  • Dilengkapi dengan fitur pembuatan konten untuk branding;
  • Dilengkapi fitur pembuatan kampanye marketing dalam bentuk email, social media, landing page, digital ads, postcards, dan pesan otomatis;
  • Terintegrasi dengan fitur analytics yang lengkap;
  • Terintegrasi dengan 300+ aplikasi lintas kategori (booking, contact management, content, design, finance and accounting, dan sebagainya).

8. Hubspot 

hubspot marketing tools

Anda mungkin mengenal Hubspot dari blog atau online course-nya. Mungkin juga Anda kenal dari software gratis yang dikeluarkan khusus untuk marketing, sales, atau customer service. Bisa juga malahan, Anda mengenalnya dari software manajemen kontak yang tersedia gratis.

Bagaimana Anda mengenal Hubspot tak jadi masalah. Sebab, sama halnya dengan Mailchimp, Hubspot terkenal sebagai platform serba bisa. Semua opsi perkenalan di paragraf sebelumnya sangat mungkin untuk terjadi. Namun, khusus untuk bahasan artikel ini, kami akan fokus ke Hubspot dari sisi customer relationship management atau CRM. 

Sebagai sebuah CRM, Hubspot akan memudahkan Anda mengurus kontak dan berhubungan dengan (calon) klien. Semua kontak yang Anda kumpulkan bisa dengan mudah di export dengan mengunggahnya dalam format CSV.

Selebihnya, Anda bisa memantau komunikasi dengan klien. Ini dilakukan lewat visual dashboard yang tampakannya sangat mirip dengan Trello. Anda bisa membuat board khusus untuk tiap tahapan pipeline. Mulai dari ketika pitching dimulai, klien mulai merespons, negosiasi, deal, hingga selesai.

CRM ini terintegrasi dengan email bisnis. Sehingga apa yang Anda lakukan via email akan langsung tercatat di dalam software. Meski begitu, Anda tetap bisa memberi detail informasi untuk melengkapi database. 

Fitur unggulan:

  • Kelola kontak pelanggan dan leads dengan mudah;
  • Pantau komunikasi prospek atau calon klien di email;
  • Pantau dan catat segala komunikasi dengan klien secara detail;
  • Buat jadwal untuk kirim email atau rencana meeting;
  • Buat konten untuk email marketing, forms, dan deals.

9. SurveyMonkey

survey monkey tools

Data adalah bagian penting dari bisnis. Mau itu yang bentuknya angka, informasi personal, sampai dengan feedback pembeli atas produk Anda. Semuanya memberikan landasan untuk membuat keputusan bisnis dengan peluang berhasil yang tinggi. 

Akan tetapi, harus diakui, meminta data pelanggan bukanlah hal mudah. Apalagi ketika mereka harus mengisi survei yang agak panjang. Kemungkinan besar pelanggan malas dan mengisinya secara asal-asalan. Itu pun kalau Anda beruntung. Tak menutup kemungkinan, Anda sama sekali tak mendapat data. 

Untuk menghindari hal di atas, Anda bisa pakai SurveyMonkey. SurveyMonkey merupakan software berbasis cloud yang didesain khusus untuk mengumpulkan data melalui survei. Bukan sembarang survei tapi ya. Software ini mampu menampilkan form survei dengan ciamik dan dinamis.

Meski begitu, tampilan yang ditawarkan bukanlah keunggulan utama dari SurveyMonkey. Kekuatan utama software ini justru terletak pada sistem back-end. Dengan kata lain, bagaimana software ini menampilkan data dan menganalisisnya.

Lebih lengkapnya, SurveyMonkey mampu membuat grafik otomatis dari data yang Anda punyai. Tak cuma sampai situ, bahkan ia mampu melakukan analisis teks dan menilai impresi dengan Sentiment Analysis. 

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi opsi untuk penggunaan bersama tim, memastikan ada workflow yang jelas;
  • Tersedia grafik dan rangkuman otomatis untuk menampilkan data;
  • Tersedia berbagai pilihan formulir dan template survei;
  • Dilengkapi opsi untuk export data ke berbagai format;
  • Memiliki opsi kustomisasi yang luwes.

10. Google Ads

google ads marketing tools

Anda harusnya tak asing dengan Google Ads. Kalau pun masih, pasti Anda pernah melihat bentuk iklannya di Google, YouTube, atau website-website lainnya.

Google Ads merupakan platform khusus iklan dari raksasa search engine Google. Platform ini memungkinkan siapa saja, termasuk Anda, untuk mendapatkan eksposur lebih luas ke pengguna internet. Apapun format iklan yang Anda inginkan, sekecil apa pun skala bisnis Anda, dan sehemat apa pun budget iklan Anda ─ Google Ads siap sedia memenuhi kebutuhan.

Di samping fleksibilitas yang ditawarkan, Google Ads juga punya poin plus yang lebih strategis. Setidaknya ada tiga hal yang menjadikan layanan iklan ini spesial. Pertama, Google Ads menawarkan metrik atau tujuan iklan yang spesifik. Anda bisa mengarahkan calon pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda, mengunjungi toko offline, atau mengakses website bisnis Anda.

Kedua, Google Ads memberi opsi jangkauan lokasi sebelum memasang iklan. Dengan demikian, Anda bisa memastikan iklan yang dipasang benar-benar menyasar audiens di tempat yang tepat. Lewat cara ini pula, Anda bisa mendulang potensi yang maksimal dari pencarian lokal.

Ketiga, Google Ads membantu Anda mengoptimasi iklan. Optimasi membuat tampilan iklan yang Anda pasang nampak lebih efektif dan “mengundang”. Lebih penting lagi, optimasi ini membantu Anda mendapatkan hasil yang sesuai harapan. 

Untuk tahu lebih lengkap, baca artikel → Tutorial Google AdWords (Google Ads) Lengkap untuk Pemula

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi dengan fitur “remarketing” untuk memperbesar eksposur calon pelanggan pada brand Anda;
  • Memiliki fitur untuk menargetkan pangsa pasar yang spesifik;
  • Mempunyai opsi anggaran atau biaya yang fleksibel;
  • Memiliki opsi bentuk iklan yang cukup banyak.

11. SEMRush

semrush marketing tools

Ini mungkin sempat kami singgung di bagian sebelumnya. Tapi kami kira tak ada salahnya untuk diulang. Data amat penting untuk bisnis. 

Hanya saja, data itu tak melulu didapat dari survei dan kuisioner. Sering kali, data didapat dari usaha marketing digital yang Anda lakukan. Pun begitu, data macam ini sifatnya tak kalah penting dari yang didapat lewat survei. Malahan, data inilah yang sering disebut sebagai the new oil.

Untuk mendapat data yang dimaksud, Anda butuh SEMRush. SEMRush tak lain adalah tools marketing khusus untuk jualan online. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa tahu betul bagaimana performa marketing yang dilakukan dari segala aspek.

Misalnya saja, Anda bisa mengevaluasi promosi dari sisi content marketing, sosial media, website, sampai dengan iklan berbayar. Selain itu Anda juga akan dapatkan berbagai ide untuk memaksimalkan potensi promosi di masing-masing aspek. 

Menariknya, tak cuma data Anda saja yang bisa didapatkan. SEMRush juga memungkinan Anda menengok dan mengakses data yang dimiliki kompetitor. Cara ini tentu memudahkan Anda melihat potensi mana yang masih bisa digali. 

Fitur unggulan:

  • Memiliki fitur lengkap untuk memantau dan mengevaluasi optimasi SEO;
  • Memiliki fitur khusus untuk riset dan evaluasi iklan berbasis Pay Per Click (PPC);
  • Dilengkapi dengan bagian khusus untuk memantau dan mengelola sosial media;
  • Dilengkapi fitur riset khusus untuk content marketing;
  • Dilengkapi dengan bagian khusus untuk mendapat inisght performa kompetitor.

12. Ubersuggest

ubersuggest seo tools

Ubersuggest memang bukan satu-satunya SEO tools yang tersedia. Di luar sana, ada banyak sekali pilihan SEO tools yang bisa jadi andalan. Cuma menurut kami, Ubersuggest punya tampilan yang rapi sekaligus fitur yang cukup lengkap. Apalagi kalau mengingat tool digital marketing ini sifatnya gratisan.

Untuk kebutuhan riset, ada tiga macam insight dapat Anda peroleh dari Ubersuggest. Pertama, tak lain ialah kata kunci utama alias keyword. Di sini, Anda akan dapat sedikit gambaran soal volume pencarian keyword, biaya cost per click (CPC) untuk iklan, tingkat kompetisi keyword untuk iklan serta SEO.

Kedua, Anda dapat cari inspirasi ide konten. Ubersuggest akan merekomendasikan beberapa konten populer berdasarkan kata kunci yang Anda cari. Daftar ini memungkinkan Anda untuk kepo konten dari kompetitor. Plus, ada metrik berupa estimasi pengunjung, backlink, dan social shares (Pinterest dan Facebook) yang bisa diketahui.

Ketiga, keyword dari kompetitor. Opsi ini agaknya berbeda dari yang pertama. Dengan fitur ini, Anda boleh dibilang sedang “mencuri” ide sekaligus mengobservasi performa promosi kompetitor. Dari kata kunci yang dicari, Anda akan dapatkan info seputar volume pencarian keyword, ranking, perkiraan jumlah kunjungan, dan skor kesulitan dari sisi SEO.

Meski tersedia secara gratis, Anda disediakan opsi untuk membuat akun di Ubersuggest. Dengannya, Anda dapat fitur tambahan berupa tambahan rekomendasi keyword, data performa harian, serta rekomendasi best practice SEO yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi fitur untuk melakukan riset kata kunci secara mandiri;
  • Dilengkapi dengan fitur untuk melihat macam-macam konten yang memakai kata kunci tertentu;
  • Dilengkapi bagian untuk mengecek kata kunci apa yang dipakai kompetitor.

13. Buzzsumo

buzzsumo marketing tools

Kalau Anda butuh versi canggih dari SocialMention, Buzzsumo lah jawabannya. Marketing tools yang ini memungkinkan siapapun mendapat insights dari konten yang beredar di internet. Tak peduli sumbernya dari web, Facebook, maupun forum seperti Amazon, Reddit, dan Quora.

Itu baru satu hal saja. Fitur lain yang cukup menonjol dari Buzzsumo ialah monitoring keyword dan konten. Untuk poin pertama, Anda cukup masukkan keyword yang ingin dipantau. Boleh keyword berupa topik-topik yang jadi minat Anda. Bisa juga nama perusahaan atau akronim dari bisnis Anda.

Lalu, untuk poin kedua. Anda bisa mengatur notifikasi konten baru dari influencers, bloggers, dan jurnalis yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda tak perlu takut ketinggalan info dan tren terbaru seputar apa saja. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk lebih dulu berinteraksi dan membagikan konten yang sesuai dengan bisnis.

Satu lagi, Buzzsumo juga memudahkan Anda mencari influencers yang berpengaruh. Entah itu dari Facebook, Twitter, maupun medium blog. Sangat lengkap bukan tools digital marketing yang satu ini?

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi dengan fitur Content Discovery untuk mencari inspirasi konten dari tiga macam sumber berbeda;
  • Dilengkapi dengan fitur untuk memprediksi tren dan topik populer;
  • Memuat berbagai ide konten dari pertanyaan yang disampaikan lewat forum online;
  • Memiliki fitur untuk memantau kompetitor, brand mention, sekaligus tren baru di industri sejenis;
  • Dilengkapi bagian khusus untuk mencari influencers atau key opinion leaders di topik spesifik.

14. Yoast SEO

yoast seo tools

Menginstall Yoast SEO itu hukumnya fardhu ain kalau di digital marketing. Jadi kalau Anda belum juga menginstall plugin satu ini, segeralah bertobat. Jangan tunda untuk install dan setting Yoast SEO dengan tepat.

Yoast SEO masih jadi andalan 5+ juta pengguna WordPress untuk melakukan optimasi on-page SEO. Optimasi yang dimaksud memastikan konten dapat dibaca, dipahami, dan diindeks mesin pencari dengan tepat. Di samping itu, optimasi ini juga membantu Anda memiliki konten yang enak dibaca pengunjung.

Tapi bagaimana Yoast SEO melakukannya? 

Jawaban singkatnya ialah software ini memiliki segudang fitur untuk itu. Untuk memastikan mesin pencari melihat website Anda sebagaimana yang diinginkan, Yoast SEO dilengkapi dengan fungsi optimasi kata kunci, schema untuk membuat snippet, kontrol breadcrumb, bagian pengecekan konten duplikat, sitemap, serta permalink.

Kemudian untuk fitur yang lebih human-oriented, ada Readability checker. Pendek kata, Yoast SEO akan menilai seberapa mudah konten Anda dinikmati pembaca. Penilaian ini tak dilakukan secara sembarangan. Skala Flesch dipakai oleh software yang berusia hampir 20 tahun ini.

Fitur unggulan:

  • Dapatkan penilaian konten dengan fitur Readability check;
  • Dilengkapi dengan kolom “canonical link” untuk hindarkan konten dari tuduhan duplikat;
  • Dilengkapi bagian khusus untuk kustomisasi meta title, meta description, dan slug;
  • Tambahkan info bentuk konten spesifik ke Google lewat schema;
  • Dilengkapi opsi untuk mengatur dan membuat breadcrumb.

15. Google Analytics

google analytics marketing tools

Marketing tool satu ini masih berhubungan dengan data. Dan semoga, Anda tak bosan karena kami terus-terusan membahas tool sejenis ini.

Google Analytics adalah platform analisis web yang disediakan oleh Google. Secara umum, ia dipakai untuk mengetahui data berupa trafik dan performa di dalam website. Secara khusus, ada banyak sekali macam data yang bisa didapat dan dibaca dari Google Analytics.

Baca lebih lengkap: Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Untuk pengguna awam, Google Analytics bisa dipakai untuk mengetahui data demografi pengunjung serta perilakunya ketika berselancar di website. Kemudian, ada juga fitur untuk mengetahui sumber trafik paling efektif bagi website. Tak lupa, macam-macam data ini bisa dilihat secara real-time.

Untuk pengguna advance, ada lebih banyak bentuk data yang bisa dieksplor. Misalnya, dalam poin perilaku pengunjung. Anda dapat lihat konten yang paling sukses menggait pengunjung untuk pertama kali. Kemudian, Anda juga bisa lihat alur pengunjung ketika menyusuri website. Tak lupa, ada juga bagian untuk melihat halaman terakhir yang diakses pengunjung sebelum meninggalkan website.

Itu semua baru secuil dari hal yang bisa dilakukan Google Analytics. Untuk tahu lebih lengkapnya, baca → Cara Menggunakan Google Analytics (Panduan Lengkap).

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi fitur untuk membaca data secara real-time;
  • Dapat dipakai untuk mengetahui data seputar pengunjung website;
  • Dapat dipakai untuk mengetahui perilaku pengunjung di website;
  • Dilengkapi fitur untuk mencari tahu sumber trafik paling efektif bagi website;
  • Memiliki bagian khusus untuk mengevaluasi performa dan kecepatan website.

16. Zest

zest homepage

Tak selalu yang berhubungan dengan tool marketing itu sifatnya actionable. Kadang Anda juga butuh input atau pengetahuan baru seputar digital marketing. Dengan melahap info macam ini, Anda takkan ketinggalan tren serta perkembangan baru dalam hal marketing digital.

Zest hadir untuk memudahkan Anda mendapat informasi yang diinginkan seputar digital marketing. Platform ini memberikan rekomendasi konten yang telah dikurasi para ahli marketing digital. Hal yang perlu Anda lakukan tinggal membaca konten yang tersaji saja.

Supaya lebih ramah dan mengerti kebutuhan pengguna, Zest juga menyediakan opsi untuk mengatur preferensi user. Preferensi ini tak terbatas pada filter bidang-bidang digital marketing yang ingin diketahui. Misalnya saja, Affiliate, Automation, B2B, B2C, Blogging, Branding, dan 25 topik lainnya.

Zest juga dilengkapi dengan filter untuk format konten yang disajikan. Selain artikel web, Zest juga menyediakan rekomendasi konten berkualitas dalam bentuk audio/podcast, video, dan ebook. 

Untuk akses yang lebih mudah, Anda bisa menambahkan Zest sebagai ekstensi di Google Chrome. Dengan cara ini, tiap Anda buka browser, tab baru langsung membuat rekomendasi konten yang dikurasi oleh Zest.

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi dengan Artificial Intelligence untuk memilih konten paling sesuai kebutuhan;
  • Dilengkapi dengan pengaturan untuk menyesuaikan frekuensi dan jumlah konten yang disajikan;
  • Terdapat opsi untuk menikmati konten digital marketing dalam berbagai format;
  • Dikurasi oleh ahli digital marketing untuk memastikan konten yang berkualitas;
  • Tersedia di iOS Store dan Android.

17. IFTTT

ifttt

If This Then That atau IFTTT mungkin agak sulit dijelaskan. Akan tetapi singkatnya, IFTTT merupakan sebuah layanan berbasis web yang bekerja layaknya plugin atau ekstensi. Layanan ini memungkinkan Anda menambah fungsi atau fitur pada sebuah layanan. Bedanya, IFTTT menambahkan fungsi yang menghubungkan dua aplikasi sekaligus (applets).

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan IFTTT, misalnya saja, melakukan backup foto Instagram ke akun Dropbox, menyalakan lampu rumah ketika pulang, mengirimkan notifikasi meeting di Slack, mendapatkan peringatan ketika harga saham turun, dan sebagainya.

Itu semua bisa dilakukan hanya dengan membuat akun IFTTT, login, menghidupkan tombol on di applets, dan menghubungkan dua aplikasi sesuai dengan applet. Apapun yang Anda butuhkan, Anda pasti dapat menemukan applet yang bisa melakukannya.

Fitur unggulan:

  • Tersedia akses ke ratusan aplikasi;
  • Tersedia berbagai pilihan untuk melakukan aksi spesifik antara dua jenis aplikasi;
  • Dilengkapi dengan sistem yang memungkinkan Anda melakukan otomasi pekerjaan. 

Siap Sukseskan Bisnis dengan Marketing Tools Paling Andal?

Akhirnya, selesai juga ulasan kami seputar marketing tools khusus untuk bisnis di era digital. 

Kalau Anda butuh gambaran lebih jelas bagaimana semua marketing tools di atas digunakan, coba baca artikel → Panduan Online Marketing Lengkap untuk Pemula

Untuk versi lebih singkat dan praktisnya, Anda boleh juga download ebook gratis → Ebook 9 Marketing Channel Terbaik.

0
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − three =