Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Menghapus Blog (Blogspot dan WordPress)

2 min read

cara menghapus blog

Membuat blog menjadi tren sejak pertengahan tahun 2000-an. Anda mungkin juga sempat iseng-iseng membuat blog menggunakan Blogspot (saat itu masih disebut Blogger) atau WordPress.

Barangkali saat ini blog lama Anda sudah usang, konten tidak update, tema juga tidak update, plugin dan widget masih memakai versi lama. Bisa jadi alamat blog Anda alay dan terlalu sulit dibaca sehingga Anda ingin menghapusnya.

Sebelum menghapus blog, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah blog Anda masih memiliki pengunjung atau tidak. Apakah trafik masih terus berdatangan meskipun sudah lama tidak Anda kelola? Jika jawabannya tidak, Anda bisa menghapus blog dengan tenang karena blog tersebut memang tidak mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Cara menghapus blog yang akan saya jelaskan di bawah ini adalah khusus untuk Blogspot dan WordPress.com.

Cara Menghapus Blog (Blogspot)

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus Blogspot Anda secara permanen.

1. Login ke Blogger

2. Klik Setting > Other

3. Setelah itu Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini

cara menghapus blog blogspot

4. Sebelum menghapus blog, sebaiknya lakukan backup data terlebih dulu dengan memilih menu Backup Content dan simpan ke komputer Anda.

5. Selesai backup data, Anda bisa langsung menekan tombol Delete blog dan akan muncul tampilan seperti di bawah.

cara menghapus blog hapus

6. Jika berubah pikiran, Anda bisa melakukan Undelete dalam kurun waktu 90 hari

cara menghapus blog delete

7. Apabila sudah yakin untuk menghapus blog secara permanen, Anda bisa bisa langsung memilih Delete Permanently

Cara Menghapus WordPress

Cara menghapus WordPress hampir sama dengan Blogspot. Di bawah ini adalah cara menghapus WordPress versi gratis saja, bukan WordPress.org atau WordPress yang sudah self hosting.  Berikut cara lengkapnya:

1. Login ke WordPress.com

2. Pilih menu Setting > General

3. Scroll hingga paling bawah dan pilih Delete your site permanently (Menghapus blog secara permanen)

cara menghapus blog wordpress

4. Setelah itu akan muncul pilihan untuk export data blog

cara menghapus blog wordpress export

5. Selesai export, Anda bisa langsung menghapus blog dengan menekan Delete Site

cara menghapus blog wordpress final

6. Berbeda dari Blogspot, WordPress tidak menyediakan pilihan untuk mengembalikan blog dalam kurun waktu tertentu. Jadi sekali Anda menghapus blog di WordPress, blog akan hilang secara permanen.

“Ternyata blog saya masih ada trafiknya.”

Di bagian awal artikel sempat disinggung bahwa jika blog sudah tidak mendatangkan trafik, tidak masalah untuk menghapusnya. Lalu bagaimana jika ternyata blog yang sudah lama Anda tinggalkan masih mendatangkan trafik?

Menghapus blog bukan satu-satunya pilihan. Jika Anda merasa konten di blog Anda masih relevan dan masih mendatangkan trafik, Anda bisa melakukan migrasi ke hosting sendiri dan menggunakan WordPress.org. 

Apa itu migrasi? Secara sederhana, migrasi adalah pemindahan data-data hosting lama ke hosting baru. Mungkin Anda tidak menyadari ketika membuat blog, baik di Blogspot maupun WordPress.com, sebenarnya Anda juga menggunakan hosting dari penyedia blog. Dalam hal ini Blogspot dan WordPress.com.

Akan tetapi hosting dari Blogspot dan WordPress.com banyak syarat dan ketentuannya. Batasan yang ditetapkan pun banyak sehingga Anda tidak bisa bebas berkreasi. Misalnya di WordPress.com, Anda tidak bisa memasang plugin, memasang tema berbayar, dan tidak bisa memasang iklan AdSense.

Baca Juga: Perbandingan Blogspot, WordPress.com, dan WordPress.org

Berbeda jika menggunakan WordPress.org. Anda bisa menentukan kebutuhan hosting sendiri, menggunakan tema berbayar, memasang plugin, memasang iklan AdSense, dan berbagai kelebihan lainnya.

Oleh karena itu, jika masih ingin mengelola blog dengan konten-konten lama dengan kualitas hosting lebih baik, Anda bisa melakukan migrasi ke hosting sendiri dan menggunakan WordPress.org. Bagaimana caranya?

Jika Anda pengguna Blogspot dan ingin memindahkan hosting ke hosting sendiri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah Migrasi dari Blogger ke WordPress tanpa Kehilangan Google Ranking

Apabila Anda menggunakan WordPress.com dan berniat untuk pindah ke WordPress.org, kami juga sudah menyiapkan tutorial lengkapnya di artikel ini.

Kesimpulan

Tidak masalah jika Anda ingin menghapus blog yang sudah tidak mendatangkan trafik sama sekali. Namun, jika blog lama Anda masih mendatangkan trafik, Anda mempunyai dua pilihan. Pilihan pertama, yaitu menghidupkannya kembali dengan hosting baru, dengan catatan Anda masih berniat untuk mengelolanya.

Jika memang sudah berniat untuk berhenti mengurus blog, Anda bisa menghapusnya mengikuti cara-cara di atas.

 

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “Cara Menghapus Blog (Blogspot dan WordPress)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =