Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Belajar WordPress dengan Mudah Bagi Pemula [Terlengkap]

3 min read

Tips dan Trik WordPress Agar Ngeblog Makin Mudah.

Sedang mencari panduan belajar WordPress yang lengkap? Anda menemukan artikel yang tepat. Ada banyak hal tentang WordPress yang perlu Anda ketahui agar dapat membuat website yang menarik dengan mudah.

Di artikel ini, kami akan mengajak Anda belajar WordPress luar-dalam. Apa saja yang akan dipelajari? Berikut ini beberapa bahasan yang akan kami ulas:

  • Pengertian WordPress
  • Jenis WordPress
  • Alasan Menggunakan WordPress
  • Cara Membuat Website WordPress
  • Plugin Terbaik WordPress
  • Tips WordPress
  • Kelola WordPress dengan Smartphone
  • Keunggulan WordPress Niagahoster

Nah, mari mulai dari pengertian WordPress terlebih dahulu.


Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah platform yang dapat membantu Anda membuat website dengan cepat, mudah dan gratis.

Platform yang awalnya diciptakan sebagai platform blogging ini berkembang menjadi platform andal untuk membuat berbagai jenis website. Mulai dari website company profile, website portofolio, toko online, dan lainnya.

Saat ini, lebih dari 35% website di seluruh dunia menggunakan WordPress. Kepopuleran ini tentu karena kemudahan penggunaan WordPress. Selain itu, WordPress juga menawarkan banyak manfaat sebagai sebuah Content Management System.

Baca Apa Itu WordPress? ›


Jenis WordPress

Jangan salah pilih. Ada dua jenis WordPress untuk membuat website. Tak lengkap belajar WordPress tanpa mengetahui perbedaannya.

Pertama, WordPress.com atau sering disebut hosted WordPress. WordPress.com adalah situs yang menyediakan layanan untuk membuat website dengan hosting dan domain yang sudah disediakan. Meskipun memiliki versi gratis, banyak batasan penggunaan yang diterapkan.

Kedua, WordPress.org yang lebih dikenal dengan self-hosted WordPress. Anda perlu menyediakan hosting dan domain untuk membuat website sendiri. Software-nya bisa Anda download gratis dan merupakan pilihan terbaik jika ingin mengelola dengan leluasa.

Baca 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org ›


Kenapa Perlu Menggunakan WordPress?

Saat belajar WordPress, Anda harus mengetahui secara jelas alasan menggunakan platform ini.

Alasan utamanya tentu karena WordPress adalah platform CMS terbaik untuk mengelola website tanpa kemampuan coding sama sekali.

Namun, kelebihan WordPress bukan hanya pada kemudahan penggunaannya saja. Banyak keunggulan WordPress dibandingkan CMS lain terutama dalam hal kustomisasi untuk membuat website Anda tampil beda dari kompetitor.

Baca 11 Kelebihan WordPress ›


Cara Membuat Website dengan WordPress

Topik utama ketika belajar WordPress adalah cara membuat website WordPress dengan cepat dan mudah. Yang kami maksudkan disini adalah membuat website WordPress secara self-hosted.

Langkahnya cukup mudah. Cukup membeli domain dan berlangganan hosting di Niagahoster. Lalu, manfaatkan fitur One Click-Installer untuk instalasi dan konfigurasi WordPress dengan sekali klik.

Pastikan informasi tentang website yang Anda buat benar dan tunggu prosesnya beberapa menit saja. Setelah berhasil, Anda bisa langsung masuk ke dashboard WordPress Anda dan mulai mengelola website Anda.

Baca Cara Membuat Website WordPress ›


Langkah Setelah Install WordPress

Tahapan instalasi WordPress sudah selesai. Panduan belajar WordPress kita akhiri disini saja? Tentu tidak. Masih ada beberapa langkah wajib setelah install WordPress.

Pertama, cek lagi nama dan tagline website Anda apakah sudah sesuai keinginan Anda. Jangan biarkan dalam pengaturan default.

Selanjutnya, gunakan Gravatar untuk menampilkan foto profil yang menarik dan konsisten. Tujuannya, meningkatkan branding dan visibility Anda.

Masih banyak langkah instalasi lain yang sebaiknya tidak dilewatkan agar website Anda bisa tampil beda dari yang lain.

Download Ebook Gratis 20+ Langkah Wajib Setelah Install WordPress ›


Plugin Wajib WordPress

Tak lengkap belajar WordPress tanpa membahas plugin, software tambahan WordPress.

Tak kurang dari 55.000 plugin di direktori WordPress yang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, jangan diinstal semuanya. Pilih yang paling penting saja.

Pasanglah plugin keamanan seperti Wordfence untuk meningkatkan keamanan website. Lalu, ada plugin WooCommerce untuk membuat toko online yang berjalan dengan baik.

Baca Plugin WordPress Terbaik dan Gratis ›


Tips WordPress

Untuk dapat belajar WordPress dengan cepat ada berbagai tips yang bisa Anda gunakan.

Pertama, selalu lakukan update untuk mendapatkan jaminan keamanan tinggi dan fitur terbaru dari WordPress. Karena langkah ini penting, Niagahoster memungkinkan Anda melakukan update WordPress melalui Member Area. Tak perlu masuk ke dashboard WordPress dulu.

Yang tak kalah penting, lakukan backup untuk menghindari kehilangan data penting. Anda bisa menggunakan plugin Updraft Plus yang memberi pilihan backup manual atau otomatis.

Baca Tips dan Trik WordPress ›


Kelola WordPress dengan Smartphone

Mengelola website WordPress di Smartphone juga menjadi topik penting ketika belajar WordPress.

Aplikasi WordPress mobile memungkinkan Anda mengelola website Anda kapan saja, di mana saja. Cukup dengan mendownload aplikasinya melalui Google Playstore atau Apple Store. Lalu, lakukan pengaturan sesuai website Anda.

Melakukan posting hingga melakukan konfigurasi website dapat Anda lakukan dengan mudah berkat tampilannya yang mobile-friendly dan intuitif.

Baca Ngeblog Pakai Aplikasi WordPress ›


Keunggulan WordPress Niagahoster

Last but not least, Anda perlu mengetahui keunggulan WordPress Niagahoster. Kenapa?

WordPress Niagahoster memberikan berbagai fasilitas yang tak didapatkan pengguna WordPress pada umumnya. Contohnya, Auto Install yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Selain itu, ada WordPress Accelerator yang akan membuat performa website WordPress Anda lebih kencang. Jangan remehkan kecepatan website Anda karena 53% pengunjung akan langsung pergi jika website tidak terbuka dalam 3 detik!

Dan, berbagai keunggulan lainnya!

Baca Keunggulan WordPress Niagahoster ›

Penutup

 Banyak juga ya yang Anda ketahui setelah belajar WordPress? 

Tentu semua informasi tersebut semakin membuat Anda mantap untuk membuat website WordPress yang baik. 

Apapun tujuan Anda, baik blogging, membuka toko online atau membangun website perusahaan, bisa dilakukan dengan menggunakan platform WordPress. 

Jangan lupa untuk menggunakan WordPress Niagahoster yang menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh instalasi WordPress pada umumnya. 

Selain itu, ikuti terus informasi tentang WordPress di blog ini agar Anda selalu update dengan perkembangan platform WordPress. 

Sukses selalu untuk Anda!

5
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

24 Replies to “Belajar WordPress dengan Mudah Bagi Pemula [Terlengkap]”

  1. saya sedang belajar membuat website wordpres dengan self hosted, yah…karena sedang belajar, jadi buatnya di host dan domain yang gratisan, tp kenapa yah…RSS feed nya gak bsa tampil…apakah anda dapat membantu saya…?

  2. Hallo mas, website saya dibuat dari WP secara instant menggunakan Softaculus di Niaga Hoster dengan settingan URL http tapi setelah satu bulan tiba-tiba dia redirect sendiri ke https padahal saya belum mengaktifkan fitur SSL nya. Saya cek di Google juga yang terindex URL https nya, koq bisa gitu ya?

    1. Halo Istana Balon,
      Beberapa waktu yang lalu Niagahoster memang mengaktifkan fitur Auto SSL untuk semua penggunanya, Dengan harapan membantu meningkatkan peringkat website Client di mata Search Engine Google, berikut ini referensinya : https://goo.gl/1dbAMf
      Namun saat ini Niagahoster telah mematikan fungsi tersebut agar tidak menyebabkan kendala pada beberapa client, Sehingga anda cukup menunggu agar Google mengindex ulang halaman http biasa anda kembali.

      Namun jika anda menghendaki untuk menggunakan Https, maka anda bisa menggunakan panduan berikut ini untuk mengaktifkannya kembali : https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-mendapatkan-ssl-gratis-selamanya

  3. kalau menurut saya drupal dalam hal SEO masih melebihi WordPress, namun karena orang lebih banyak menggunakan CMS WordPress jadi mereka membuat asumsi bahwa WordPress lebih baik dari Drupal dalam Hal SEO.

    Dan ada CMS seperti Ghost CMS yang saat ini sedang booming, itu menurut saya ya mas…

    1. Pada dasarnya semua developer CMS tentu berlomba – lomba untuk menjadi yang terbaik, baik itu WordPress, Drupal,Joomla, Blogspot hingga CMS baru yang bermunculan. namun akhirnya semua akan kembali ke penggunanya, bagaimana pengguna dapat meracik dan mengombinasikan SEO Onpage & Offpage. Sehingga apapun CMS yang dipergunakan, pengetahuan pengguna tentang SEO dan pengaplikasian ke website yang dimilikinya sendiri akhirnya yang menentukan 🙂

    1. Halo Cak! Untuk belajar coding, Anda bisa ikuti tutorial dari Youtube agar lebih detail untuk pemula 🙂

    1. Biayanya bisa bervariasi 🙂 Namun Anda bisa buat sendiri dengan sangat mudah lewat tutorial yang sudah kami sediakan:
      https://www.niagahoster.co.id/blog
      https://www.niagahoster.co.id/ebook

  4. Halo saya pengguna wordpres bagaimana cara membuat akun biar costomer yg ingin beli harus login ke akun
    Makasih

    1. Halo 🙂 Boleh tahu apa tujuannya? Bila tujuannya tidak terlalu penting, maka sebaiknya proses untuk membeli dibuat sesingkat mungkin tanpa harus login terlebih dahulu agar bisa membeli.

  5. hallo saya pengguna blogger.com yang sudah migrasi ke wordpress, saya belum terlalu paham betul tentang wordpress, saat saya menginstall theme dari accesspresstheme yg free ko tidak beraturan ya website saya? ada yg bisa bantu?terimakasih sebelumnya

    1. Halo Hurdjanto! 🙂
      Biasanya itu disebabkan karena kompatibilitas theme/plugin yang Anda miliki.
      Yang perlu diingat, migrasi dari Blogger ke WordPress sebaiknya tidak instant. Anda setidaknya akan melakukan 50% install ulang website.
      Mohon download & praktikkan ebook WordPress kami disini:
      niagahoster.co.id/ebook

      Bila sudah, kami tunggu laporan Anda disini 🙂

  6. Bagaimana mengatur ribuan posting yang terdiri dari berbagai kategori dan tag (yang juga ribuan) di wordpress tanpa harus mengedit satu persatu?

  7. kalo belum mengerti sama sekali tentang wp selfhosted terus langung terjun buat bikin blog, gimana?

    1. Anda bisa langsung order website instant, Anda hanya perlu melakukan order melalui halaman berikut: https://www.niagahoster.co.id/membuat-website > lakukan pembayaran sesuai tagihan > ikuti petunjuk yang ada di email untuk mengisi konten dan mengatur tampilan website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − twelve =