Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

11 Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui

3 min read

kelebihan wordpress

Ketika mencari rekomendasi content management system (CMS) terbaik, mungkin WordPress adalah salah satu saran yang Anda dapatkan. 

WordPress memang merupakan CMS terpopuler selama beberapa tahun terakhir. Data yang dimiliki W3Techs menunjukkan bahwa platform ini digunakan oleh 34,5% website di dunia. Namun, mengapa banyak orang memilih CMS ini?

Artikel ini akan mengulas segala keunggulan WordPress dan alasan mengapa Anda dapat menggunakannya untuk berbagai jenis website.

Perlu Anda ketahui juga bahwa artikel ini membahas wordpress.org, bukan wordpress.com. Untuk mengetahui perbedaan keduanya Anda dapat membaca artikel ini.

11 Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja kelebihan WordPress dan mengapa Anda harus menggunakannya? Simak jawabannya di bawah ini ya!

1. Gratis

Pada dasarnya, WordPress dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Hanya saja, Anda memerlukan layanan web hosting dan nama domain agar dapat mengoperasikannya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan keduanya. Di Niagahoster, harga layanan hosting dimulai dari Rp 10.000 per bulan. Domain juga tersedia dari harga Rp 14.000 per bulan.

Di samping itu, website WordPress dapat dimodifikasi dari segi tampilan dan fungsi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Alasannya akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

2. Banyak Variasi Plugin

Untuk menambahkan fitur di WordPress, Anda membutuhkan plugin. Saat ini sudah tersedia lebih dari 50.000 plugin gratis di repository-nya.

Sebagai contoh, Anda bisa “menyulap” WordPress menjadi sebuah website ecommerce dengan WooCommerce. Namun, CMS ini bisa digunakan untuk membuat portfolio online menggunakan plugin seperti Envira Gallery.

Di samping itu, masih ada banyak pilihan yang disuguhkan oleh developer-developer pihak ketiga, baik gratis maupun berbayar.

Dengan demikian banyaknya variasi yang ada, pengguna CMS ini bisa membangun WordPress sesuai keinginan dengan gampang.

3. Ribuan Tema untuk Kustomisasi

Salah satu kelebihan WordPress adalah banyaknya tema atau template website yang bisa Anda pilih. Di repository-nya sendiri terdapat lebih dari 7.000 tema gratis.

Selain itu, hampir seluruh tema WordPress mudah dikustomisasi tanpa coding. Jika ingin mengubah font, warna tulisan, dan model layout, Anda hanya perlu melakukannya dengan beberapa klik.

Ditambah lagi, Anda bisa membeli berbagai template premium di toko lainnya, seperti ThemeForest. Karena berbayar, mereka biasanya memiliki fitur yang lebih unggul.

Apabila banyaknya pilihan template yang ada cukup membingungkan, Anda bisa membaca artikel rekomendasi ini.

4. Instalasi dan Pembaruan Mudah Dilakukan

WordPress terkenal akan proses instalasinya yang dapat diselesaikan dibawah lima menit. Bahkan, banyak penyedia layanan web hosting memberikan fitur instalasi instan yang hanya memerlukan satu klik.

Selain itu, pembaruannya pun gampang. Ketika versi terbaru dari CMS ini diluncurkan, Anda akan mendapat pemberitahuan dan dapat segera memperbaruinya dengan satu klik pula.

Hal ini juga berlaku untuk plugin dan tema.

5. Multifungsi

Dengan banyaknya tema dan plugin yang ditawarkan oleh CMS ini, hampir tidak ada website yang dapat dibuat.

Anda tidak hanya bisa membuat sebuah blog pribadi atau toko online yang sederhana, tetapi juga company profile, bahkan website ecommerce.

Berikut adalah beberapa contoh website terkenal yang menggunakan WordPress:

6. Fleksibel

WordPress dapat dipakai untuk membangun website dalam berbagai skala, mulai dari sebuah blog sederhana hingga toko online dengan berbagai produk.

Akan tetapi, fleksibilitas WordPress tidak berhenti di situ. CMS ini juga bersifat mobile-friendly. Artinya, Anda dapat menyesuaikan tampilan website untuk berbagai ukuran layar. Terlebih lagi, hal ini tidak membutuhkan keahlian teknis.

Untuk mengatur tampilan konten website, Anda hanya perlu membuka menu kustomisasi tema. Di samping itu, ada juga beberapa plugin yang membantu Anda menciptakan website mobile friendly.

7. Aman

Keamanan data adalah salah satu hal terpenting ketika Anda memiliki website, terutama jika berurusan dengan transaksi dan informasi pribadi.

Anda tidak perlu cemas karena banyak plugin peningkat keamanan yang tersedia di WordPress, seperti WordFence dan Sucuri Security. Di samping itu, CMS ini selalu meng-update penggunanya tentang isu-isu keamanan yang ada.

Namun, Anda juga bisa meningkatkan keamanan WordPress dari sisi server web hosting. Di Niagahoster, semua jenis layanan web hosting sudah termasuk SSL certificate gratis.

Untuk tahu lebih lanjut tentang keamanan WordPress, Anda dapat mengunduh ebook 25 Langkah Ampuh Mengamankan Website. Jangan khawatir, Anda tidak akan dikenakan biaya!

8. Mudah Dipelajari

Salah satu kelebihan yang membedakan WordPress dengan CMS lainnya adalah kemudahannya. Tidak hanya dalam pengoperasian, tetapi juga bagi pengguna baru.

Dengan kemauan belajar yang tinggi, orang awam pun dapat memahami WordPress dengan cepat.

Platform ini menyediakan artikel knowledgebase dan forum bantuan yang membahas berbagai topik, mulai hal-hal dasar hingga tingkat lanjut.

9. Komunitas Besar

Di awal artikel telah disebutkan bahwa WordPress menguasai pasar CMS. Dengan demikian, wajar saja jika Anda dapat menemukan berbagai komunitas pengguna WordPress di dunia maya.

Di samping itu, ada juga berbagai event yang menampung para pegiat WordPress, seperti WordCamp. Menariknya, Anda tidak perlu susah-susah menabung untuk tiket ke luar negeri karena event ini juga sudah dilakukan di Indonesia selama tujuh kali dari tahun 2009.

10. Mudah Dioptimalkan untuk SEO

Agar sebuah website mudah ditemukan dalam mesin pencarian seperti Google, Anda harus melakukan SEO atau search engine optimization.

Untungnya, melakukan pengoptimalan pada WordPress tidaklah rumit. Tanpa menambahkan plugin apapun, Anda sudah dapat mengubah permalink pada halaman dan blog post, serta menambahkan alt text pada gambar di website.

Ditambah lagi Anda bisa menemukan banyak plugin SEO berkualitas di dalam repository CMS ini, contohnya Yoast SEO.

11. Dapat Diintegrasikan dengan Berbagai Layanan

Fungsi WordPress dapat diperluas lagi dengan integrasi layanan. Salah satu contohnya adalah Google Analytics, yang memungkinkan Anda untuk memeriksa performa website.

Pengguna layanan ini dapat melihat halaman mana saja yang paling sering diakses serta bagaimana website mereka ditemukan pengunjung.

Selain itu, ada layanan MailChimp yang membantu Anda untuk membuat email newsletter serta mengirimnya secara otomatis.

Penutup

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat website dengan WordPress. Selain instalasi dan update yang mudah, CMS ini menawarkan potensi tak terbatas dengan plugin dan tema gratis yang dimilikinya.

Apalagi platform ini dapat diamankan tanpa harus memahami coding. Terlebih lagi, ada banyak tutorial dan forum tentangnya.

Ditambah lagi, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur khusus untuk WordPress jika menggunakan layanan web hosting di Niagahoster. WordPress Accelerator, misalnya dapat meningkatkan kecepatan loading website hingga 40 kali lipat.

Selain fitur tersebut, Niagahoster juga memberikan fasilitas Import WordPress untuk memindahkan konten dari satu situs ke yang lain atau migrasi satu website ke server lain.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, janganlah sungkan untuk meninggalkannya di kolom komentar.

0
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =