Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Apa Itu DDNS dan Bagaimana Cara Membuatnya?

3 min read

Tahukah Anda? IP Address yang jadi identitas perangkat Anda bisa berubah-ubah. 

Penyebabnya, semakin banyak perangkat terhubung dengan internet, semakin terbatas juga IP Address yang tersedia. Itu kenapa perangkat Anda akan mendapat IP Address yang berbeda dari penyedia layanan internet.

Nah, IP Address yang berubah-ubah ini tentu saja merepotkan. Semisal Anda memiliki portal online khusus internal perusahaan, Anda harus bolak-balik mengupdate IP Address-nya agar karyawan di luar kantor bisa mengakses portalnya. 

Nah, tak perlu pusing lagi. Keribetan itu bisa diatasi dengan menggunakan DDNS.

Lalu, apa itu DDNS dan bagaimana cara membuat DDNS? Di artikel ini kami akan membahas pengertiannya lengkap dengan tutorial membuat DDNS. Yuk langsung simak saja!

Apa itu DDNS?

Dynamics DNS atau DDNS adalah metode untuk memperbaharui IP Address secara otomatis di Domain Name System (DNS) Anda. 

Bayangkan sebuah situasi. Misalnya, Anda menyediakan portal online untuk karyawan kantor Anda. Untuk mengaksesnya, karyawan perlu mengetikkan URL yang tersambung ke IP Address tertentu. Padahal IP Address bisa saja berubah-ubah tiap ada koneksi baru. 

Agar lebih mudah, Anda bisa saja menyediakan IP Address statis. Akan tetapi, IP Address statis harganya mahal dan cenderung punya risiko keamanan yag tinggi. 

Nah, solusi lain yang lebih murah dan praktis adalah dengan menggunakan DDNS. Portal yang Anda buat tetap bisa diakses tanpa harus melakukan update IP manual berkali-kali. 

Tak hanya untuk portal internal kantor saja, lho. DDNS juga biasa digunakan saat Anda melakukan remote database MySQL di cPanel. Remote database memungkinkan Anda mengakses database secara bersamaan dengan orang lain. 

Lalu, bagaimana cara kerja DDNS? Simak pembahasan selanjutnya.

Baca juga: 6+ Rekomendasi DNS Tercepat [Update 2021]

Cara Kerja DDNS

Fungsi dan cara kerja DNS maupun DDNS sebenarnya serupa tapi tak sama. DDNS digunakan oleh perusahaan dan individu ketika akan mempublikasikan layanan atau platform online ke internet. Nah, layanan itu biasanya menggunakan hosting internal atau ada dalam suatu lokasi jaringan. 

cara kerja ddns adalah melalui NAT router

Karena sifatnya internal, server memiliki IP Address dan port internal dan belum terkoneksi dengan internet. 

Lalu bagaimana cara menghubungkan internal server dengan internet?

Anda membutuhkan Network Address Translation (NAT) Router. NAT adalah suatu sistem yang menghubungkan banyak server dengan jaringan internet.

Nah, NAT router akan menginformasikan  IP Address dan port internal Anda ke server. Untuk membuat keduanya tersedia secara eksternal, perlu ada yang namanya port forwarding serta IP Address dan port eksternal yang baru. 

Dengan begitu, portal atau database internal Anda bisa diakses oleh komputer atau client di luar lokasi jaringan.

Masalahnya, IP Address eksternal itu masih kerap berganti-ganti tiap sambungan koneksi baru. Kalau IP Address berganti, otomatis client tidak bisa mengakses server, meski Anda sudah menggunakan DNS tercepat sekalipun.

Di sini lah peran DDNS dibutuhkan. 

DDNS akan melakukan monitoring pada IP Address eksternal. Ketika ada perubahan, NAT akan secara otomatis mengupdate infonya dan mengirimkan data ke DNS server. Dengan kata lain, DDNS lah yang akan terus memperbarui IP Address server. Proses ini terjadi secara berulang dan otomatis.

Nah, ada banyak layanan software DDNS yang bisa Anda gunakan. Misalnya, No-Ip, FreeDNS, atau DynDNS. Anda tinggal install software pada komputer yang Anda gunakan sebagai server file atau server website. 

Setelah mengetahui apa itu DDNS dan bagaimana cara kerjanya, saatnya mempraktekkan tutorial membuat DDNS. Yuk simak pembahasan selanjutnya!

Tutorial Membuat DDNS

Cara membuat Dynamic DNS adalah sebagai berikut:

1. Membuat Akun DDNS

Pertama-tama, akses website penyedia DDNS. Dalam tutorial ini kami mengunakan Free Dynamic DNS (https://www.noip.com/). Lalu klik Sign Up

Anda akan menemukan form sign up. Isi form tersebut dengan informasi sebagai berikut:

  • Email
  • Password
  • Isi nama subdomain dan pilih ekstensi untuk hostname DDNS
isi informasi untuk sign up DDNS adalah langkah yang penting

Setelah itu scroll ke bawah, klik Free Sign Up. 

klik sign up DDNS

2. Lakukan Verifikasi Akun

Setelah itu lakukan verifikasi akun Anda. Caranya, buka inbox email dan temukan email dari no-ip. Lalu klik Confirm Account

confirm account

Akun Anda sudah terverifikasi. Lalu klik Get started with Dynamic DNS untuk masuk ke dashboard Anda. 

klik get started

3. Kelola Akun DDNS

Pada menu dashboard, klik Dynamics DNS > No-IP Hostnames untuk mengelola hostname Dynamic DNS Anda. 

Klik Create Hostname untuk membuat hostname baru. Selain itu Anda juga bisa klik Modify untuk mengupdate IP Address Anda secara manual. 

setting DUC untuk DDNS

4. Lakukan Pengaturan Update IP Address Otomatis

Silakan unduh aplikasi Dynamic Update Client untuk update IP Address secara otomatis. Klik Dynamic DNS > Dynamic Update Client > Download DUC

Setelah aplikasi diunduh, install aplikasi di PC atau Laptop Anda. 

Buka aplikasi no-ip kemudian login menggunakan username dan password Anda. Klik Sign In

sign in no ip

Centang host DDNS yang ingin dihubungkan dengan aplikasi DUC. Lalu klik Save

pilih nama domain

Setting DUC sudah selesai. Begini tampilan aplikasi DUC Anda setelah terkoneksi dengan hostname pada no-ip.

tampilan DDNS ketika DUC jadi

Itu artinya, ketika IP berubah, IP DNS pada hostname ujicobaddns.ddns.net akan otomatis berubah sesuai dengan IP terbaru. 

Baca juga: Propagasi DNS

Sudah Siap Pakai DDNS?

Nah, sekarang Anda sudah memahami apa itu DDNS. DDNS adalah metode untuk memperbaharui IP Address secara otomatis. Tujuannya agar saat IP Address Anda berubah-ubah, Anda tetap bisa mengakses internet tanpa melakukan update berkali-kali secara manual. 

Jangan salah! DDNS ini sangat penting dan biasanya digunakan untuk portal internal perusahaan, database, dan bahkan akses CCTV. 

Nah, kami sudah menjelaskan cara daftar DDNS dan tutorial membuat DDNS di artikel ini. Cukup mudah, kan? Kalau begitu saatnya mempraktikkan penggunaan DDNS ke server website Anda. 

Jika Anda sudah mempunyai hosting website, Anda bisa mengelola DDNS di cPanel Anda masing-masing. Selain DDNS, masih ada cara setting DNS maupun hal-hal lain yang bisa dilakukan lewat cPanel.

Penasaran apa saja settingnya? Simak saja panduannya di Ebook gratis kami di bawah ini. Ebook kami akan menjelaskan setting cPanel beserta fungsi dan cara menggunakannya. 

Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *