Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Setting DNS Tercepat dari CloudFlare (1.1.1.1)

4 min read

dns tercepat

Koneksi yang Anda pakai terasa lebih lambat? Atau, ingin merasakan browsing yang lebih cepat? Anda mungkin perlu menggunakan layanan DNS tercepat dari CloudFlare.

DNS bisa mempengaruhi kecepatan loading website yang Anda akses. Ketika Anda mengakses website, setiap trafik yang dihasilkan selalu melewati DNS server. Meskipun DNS server ini dikelola oleh penyedia layanan ISP, Anda bisa menentukan DNS server yang ingin dipakai. 

Ada beberapa perusahaan menawarkan alternatif DNS –biasa dikenal dengan DNS resolver– yang memungkinkan Anda untuk mengatur ulang trafik website. Dengan mengatur ulang rute trafik ini Anda bisa mempercepat proses pertukaran data dan meningkatkan keamanannya. Salah satu penyedia layanan DNS resolver ini adalah CloudFlare.

CloudFlare saat ini menyediakan layanan DNS Resolver (1.1.1.1) yang diklaim sebagai DNS tercepat saat ini. CloudFlare juga menjamin bahwa layanan DNS yang mereka tawarkan lebih aman dan private dibandingkan dengan layanan sejenisnya.

Namun sebelum membahas DNS tercepat CloudFlare, mari bahas sedikit mengenai DNS dan beberapa informasi yang perlu Anda ketahui terkait dengan CloudFlare.

Apa itu DNS?

Domain Name Server atau biasa dikenal dengan DNS adalah server yang menyimpan daftar berbagai macam domain di internet. Ibarat sebuah buku telepon yang mencatat berbagai macam nomor telepon, DNS mencatat seluruh domain yang ada di internet.

Website mempunyai alamat IP yang berfungsi sebagai identitas alamatnya berupa kumpulan beberapa digit angka yang menunjukkan alamat web server. Akan tetapi, mengingat alamat IP seperti  104.20.75.125 sangat sulit. Supaya sistem lebih mudah untuk mencari alamat IP, dibuatlah ide untuk mengonversikan alamat IP menjadi alamat domain dan menyimpannya pada sebuah server yang disebut DNS server. Jadi di dalam DNS server ini terdapat berbagai nama domain beserta alamat IP yang digunakannya, contohnya seperti ‘niagahoster.co.id’.

Ketika Anda mengetikkan niagahoster.co.id dan mengaksesnya menggunakan browser atau aplikasi browsing lainnya, perangkat Anda mengirimkan request ke DNS server. Kemudian DNS server mengarahkan request tersebut ke server di mana alamat 104.20.75.125 (niagahoster.co.id) berada.

Pembahasan mengenai DNS lebih lengkap dapat Anda simak di artikel “Apa Itu DNS? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya”.

Apa Itu CloudFlare?

CloudFlare merupakan perusahaan infrastruktur yang menawarkan layanan Content Delivery Network (CDN), mitigasi Distributed Denial of Service (DDoS), dan baru-baru ini menyediakan DNS resolver.

dns tercepat cloudflare

CloudFlare menjadi layanan yang cukup populer di seluruh dunia. Sampai saat ini terhitung lebih dari 6 juta website sudah menggunakan layanan yang mereka sediakan,termasuk website besar seperti OkCupid, Uber, dan Mobile Nations. Hal ini didukung dengan infrastrukturnya yang tersebar di seluruh dunia. Dukungan infrastruktur yang ada sangat memungkinkan CloudFlare untuk menyediakan layanan DNS server yang cepat. 

Layanan Gratis

Keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan dari CloudFlare adalah berbagai layanannya yang dapat Anda gunakan secara gratis. Meskipun ada beberapa fitur berbayar yang mengharuskan Anda mengeluarkan sedikit biaya untuk menggunakannya, tapi dengan menggunakan layanan gratis, Anda sudah mendapatkan manfaat yang cukup powerful untuk meningkatkan performa website.

Anda dapat mengunjungi pembahasan lain mengenai CloudFlare untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan yang tersedia. Sedangkan di artikel ini saya hanya akan membahas DNS resolver yang disediakan oleh CloudFlare.

DNS CloudFlare Cepat dan Aman

CloudFlare saat ini menyediakan layanan DNS resolver yang diklaim menjadi DNS tercepat saat ini. Terhitung di bulan Mei 2019 response time CloudFlare menempati peringkat pertama dibandingkan dengan beberapa penyedia layanan DNS resolver lain, seperti OpenDNS, Google, dan Verisign. Rata-rata kecepatan DNS CloudFlare 14,96 milisecond dan membuatnya menjadi DNS tercepat di dunia.

dns tercepat perbandingan

Tidak hanya menjadi DNS tercepat, CloudFlare juga menjamin keamanan penggunanya. Apakah Anda tahu bahwa Internet Service Provider (ISP) dapat melihat setiap website dan aplikasi yang Anda gunakan meskipun sudah dienkripsi? Itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan CloudFlare.

CloudFlare mengklaim bahwa layanan DNS resolver (1.1.1.1) yang mereka sediakan dapat mencegah siapa pun melihat pertukaran data yang Anda lakukan. Tentu saja dengan melakukan enkripsi setiap data keluar dari perangkat yang Anda pakai.

Sudah yakin menggunakan DNS tercepat CloudFlare?

Cara Setting DNS Tercepat dari CloudFlare

Anda dengan mudah dapat menambahkan DNS tercepat CloudFlare ke berbagai perangkat, baik desktop maupun mobile Di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara setting DNS tercepat CloudFlare di Linux sampai di perangkat Android. 

1. Linux

Linux menyimpan konfigurasi DNS server di dalam file resolv.conf. Kebanyakan distro Linux menempatkan file ini di dalam folder /etc/resolv.conf. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan alamat IP DNS tercepat CloudFlare ke dalam file ini.

  • Buka Terminal kemudian edit file resolv.conf.
  • Tambahkan baris “nameserver 1.1.1.1” tanpa tanda petik ke dalam file.
  • Simpan konfigurasi baru. Contoh konfigurasinya seperti gambar di bawah ini.
dns tercepat nameserver

Untuk memastikan bahwa konfigurasi barus sudah diterapkan, Anda bisa melakukan pengecekan dengan melakukan ping salah satu domain aktif. Jika berhasil pastikan hasilnya bukan ‘unknown host’.

2. Windows

Konfigurasi akan lebih mudah bagi Anda yang menggunakan Windows karena tidak perlu menggunakan command prompt untuk menambahkan DNS tercepat CloudFlare. Anda hanya perlu mengakses pengaturan jaringan kemudian menambahkan alamat IP DNS CloudFlare.

  • Akses Control Panel > Network and Sharing Center (Network and internet) > Change Adapter Settings.
  • Klik kanan koneksi Ethernet atau WiFi yang Anda pakai, kemudian pilih Properties.
  • Pilih versi protokol yang Anda gunakan, kemudian klik Properties.
  • Klik “Use The Following DNS Server Addresses”.
  • Jika Anda menggunakan IPv4, tambahkan di kolom DNS IP 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • Sedangkan jika menggunakan IPv6, IP yang dipakai 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  • Simpan konfigurasi yang sudah dengan klik ‘Ok’ dan restart ulang koneksi internet dan browser.
dns tercepat windows

3. MacOS

Jika Anda menggunakan CloudFlare, kurang lebih caranya hampir sama dengan pengaturan di Windows. Anda hanya perlu menambahkan alamat IP DNS CloudFlare ke dalam pengaturan Network.

  • Akses System Preferences > Network.
  • Klik koneksi yang Anda gunakan (Ethernet atau WiFi) kemudian pilih Advance.
  • Klik DNS, kemudian klik tanda plus (+) untuk menambahkan DNS CloudFlare. Anda juga bisa menghapus seluruh input DNS dengan klik tanda minus (-) di semua DNS server yang sudah ada.
  • Jika Anda menggunakan IPv4, tambahkan di kolom DNS IP 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • Sedangkan jika menggunakan IPv6, IP yang dipakai 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  • Klik “Ok” kemudian klik “Apply” untuk menerapkan seluruh konfigurasi yang sudah Anda sesuaikan.

4. Perangkat Mobile (Android dan iPhone)

Jika Anda ingin menambahkan DNS tercepat CloudFlare ke dalam perangkat mobile, tidak perlu melakukan konfigurasi. Anda hanya perlu menginstall aplikasi DNS CloudFlare yang tersedia di apps store masing-masing perangkat.

Saat ini DNS CloudFlare menyediakan aplikasi untuk perangkat Android dan iOS. Bagi Anda pengguna Android, silakan download aplikasi DNS CloudFlare melalui Google Play. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan perangkat iPhone, silahkan mengunduh aplikasi DNS CloudFlare di Apple Store.

Yuk, Buat Internet Ngebut dengan 1.1.1.1!

Tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan DNS tercepat CloudFlare. Selain dapat mempercepat proses pertukaran data di internet, layanan ini juga dapat meningkatkan keamanan selama terjadi pertukaran data. 

Cara setting DNS tercepat dari CloudFlare pun sangat mudah. Bahkan bagi Anda yang menggunakan perangkat Android maupun iPhone dapat menggunakannya hanya dengan menginstall aplikasinya saja.

Semoga artikel mengenai DNS tercepat ini bermanfaat untuk Anda. Jika masih ada pertanyaan atau informasi tambahan lain, silakan tinggalkan komentar melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi bisnis, teknologi, digital marketing, dan layanan hosting dari kami.

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =