Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Mengatasi Syntax Error di Website WordPress [100% Ampuh]

4 min read

Cara Mengatasi Syntax Error di Website WordPress

Pengguna WordPress, pernahkah website Anda mengalami permasalahan error syntax yang menyebabkan halaman tidak bisa terbuka? Pasti rasanya panik sekaligus bingung, bagaimana cara mengatasi syntax error ini, ya?

Tenang! Pesan syntax error adalah hal yang bisa diperbaiki dengan dengan mudah, kok. Di artikel ini, kami akan membantu Anda belajar cara mengatasi parse error syntax error unexpected di website hanya dengan lima langkah.

Tanpa basa-basi lagi, ini dia informasi selengkapnya!

Apa itu Syntax Error dan Penyebabnya?

Syntax error adalah jenis program error yang terjadi akibat adanya aturan bahasa pemrograman yang tidak diikuti. Penyebab syntax error bermacam-macam, salah satunya kesalahan penulisan (typo) saat menulis kode program.

Layaknya bahasa manusia, di mana salah tulisan dapat menyebabkan kebingungan, bahasa pemrograman juga demikian. Salah sedikit saja, misalnya lupa menginput tanda titik koma, bisa membuat kode tidak terbaca dan terjadilah syntax error.

Singkatnya, syntax error ini hampir mirip dengan kesalahan gramatika atau tata bahasa di bahasa manusia.

syntax error adalah

Kesalahan syntax error banyak dijumpai di website, salah satunya pada platform WordPress. Nah, error WordPress ini biasanya ditandai dengan peringatan Parse error: syntax error, unexpected … seperti contoh di atas.

Jika diperhatikan, parse error terdiri dari dua bagian:

  • Syntax Error – Menunjukkan adanya error di struktur PHP, di mana terdapat karakter yang hilang atau malah ditambahkan di tempat tidak semestinya.
  • Unexpected – Menunjukkan adanya error di kode PHP, di mana terdapat karakter yang hilang di akhir baris kode.

Untungnya, cara mengatasi parse error syntax error unexpected ini sangat mudah, kok. Anda cukup mencari file penyebab error, memperbaikinya dengan menambahkan titik koma di baris kode, lalu mengupload ulang ke server.

Ingin tahu panduan lengkapnya? Yuk, langsung scroll ke bawah!

Baca juga: Mengatasi Error 400 Bad Request

Cara Mengatasi Syntax Error di WordPress

Untuk dapat mengatasi syntax error di website WordPress, langkah-langkahnya adalah:

  1. Persiapan
  2. Telusuri File Penyebab Syntax Error
  3. Akses Directory WordPress dengan FileZilla
  4. Perbaiki Parse Error Syntax Error Unexpected
  5. Refresh Website WordPress

Mari mulai dari langkah yang pertama!

Baca juga: Cara Mengatasi HTTP Error 500

1. Persiapan

Sebelum praktik langsung mengatasi syntax error, pastikan Anda bisa mengakses directory WordPress melalui salah satu di antara tiga metode berikut:

Misalnya Anda bisa masuk ke dashboard WordPress, silakan akses menu Appearance > Themes > Theme File Editor lalu perbaiki error PHP dari situ.

Namun jika sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan dua opsi lainnya. Nah, di tutorial ini, kami akan menjelaskan cara memperbaiki permasalahan syntax error dengan menggunakan FileZilla.

Lanjut ke langkah nomor dua, yuk!

Baca juga: Mengatasi Allowed Memory Size Error

2. Telusuri File Penyebab Syntax Error

Cara mengatasi error syntax di WordPress sebenarnya bisa langsung diketahui, dengan melihat peringatan parse error yang muncul di layar. Sebab, ia akan menunjukkan file sekaligus baris

penyebab error.

1 cara mengatasi syntax error adalah peringatan error

Sebagai contoh, pada gambar di atas, syntax error terletak directory public_html\wp-content\themes\twentytwentyone\, tepatnya di file index.php dan baris kode 46.

Dari situ, Anda bisa memperbaiki file tersebut pada kode yang menyebabkan error di website. Untuk itu, mari melangkah ke poin di bawah ini!

Baca juga: cURL Error 28

3. Akses Directory WordPress dengan FileZilla

Seperti yang kami sampaikan di awal, panduan kali ini akan melibatkan FileZilla FTP. Untuk itu, pastikan Anda sudah menginstall FileZilla dari website resminya. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka FileZilla, lalu isi beberapa kolom sesuai ketentuan di bawah:

  • Host – IP hosting Anda. Jika lupa, simak panduan cek IP hosting dari kami.
  • Username – Username cPanel Anda.
  • Password – Password cPanel Anda.
2 login server filezilla

Untuk kolom Port, silakan kosongi saja. Jika semuanya sudah terisi, klik tombol QuickConnect untuk masuk ke server.

2. Setelah berhasil login ke server, arahkan kursor Anda ke bagian kanan. Di sini, silakan akses public_html\wp-content\themes\twentytwentyone\ seperti yang ditunjukkan di langkah sebelumnya.

3 cara mengatasi parse error syntax error unexpected aksed directory wordpress

3. Jika sudah temukan directory yang dimaksud, silakan menuju bagian kanan bawah. Sekarang, waktunya membuka file index.php dengan cara klik kanan > View/Edit.

4 cara mengatasi syntax error adalah edit index.php

4. Pada pop up yang muncul, silakan pilih text editor yang Anda install di komputer sebagai tempat mengedit file. Di sini, kami menggunakan Notepad++.

5 pilih notepad++

5. Jika sudah memilih text editor, pilih OK.

Nah, Anda penasaran apa yang perlu diperbaiki di file ini? Jawabannya ada di langkah nomor empat!

Baca juga: Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

4. Perbaiki Parse Error Syntax Error Unexpected

Cara menangani pesan syntax error di website WordPress sudah memasuki bagian utama. Di sini, Anda bisa memperbaiki baris kode penyebab error dengan cara:

1. Notepad++ akan otomatis terbuka dalam posisi mengedit file index.php. Silakan Anda mencari baris kode penyebab error, yakni baris 46.

6 cara mengatasi parse error syntax error unexpected baris kode error

2. Terlihat pada baris kode 46 terdapat script berikut:

get_footer()

Padahal, aturan bahasa pemrograman PHP mengharuskan adanya tanda semicolon atau titik koma  (;) di akhir baris, terkait script sebelumnya.

7 script php yang benar

Nah, hal inilah yang menjadi penyebab munculnya Parse error: syntax error, unexpected end of file di website. Sehingga mau tak mau, Anda harus memperbaiki kesalahan yang ada.

3. Untuk mengatasi error ini, Anda cukup menambahkan tanda titik koma pada script tersebut seperti ini:

get_footer();
8 cara mengatasi syntax error adalah tambahkan titik koma

4. Jika sudah, simpan file dengan cara klik kombinasi tombol Ctrl + S.

Langsung menuju langkah pamungkas mengatasi syntax error di website, yuk!

Baca juga: The Site Is Experiencing Technical Difficulties

5. Refresh Website WordPress

Pada tutorial memperbaiki syntax error langkah yang terakhir ini, Anda perlu memeriksa perubahan yang baru saja dilakukan dengan cara:

1. Tutup program Notepad++. Kemudian, Anda akan menjumpai pop up berikut di FileZilla.

9 upload perbaikan file

2. Langsung saja klik Yes untuk mengupload file yang diperbaiki tadi.

3. Setelah itu, silakan kembali ke browser Anda dan refresh halaman yang sempat error di awal.

4. Jika halaman tersebut sudah memunculkan konten yang seharusnya, selamat! Itu artinya, Anda telah berhasil memperbaiki syntax error secara mandiri. Bagaimana, mudah sekali kan?

10 cara mengatasi syntax error di wordpress berhasil

Pun demikian, Anda perlu ingat bahwa error tak melulu disebabkan file yang sama, melainkan bisa terjadi pada file PHP lain di website WordPress. Yang penting, Anda mampu menemukan lokasi file dan baris kode yang menyebabkan error.

Namun jika Anda pengguna pemula dan belum menguasai PHP, masih ada tools gratisan seperti PHP Code Checker untuk membantu Anda mencari baris kode atau script yang menjadi penyebab permasalahan.

cara mengatasi error wordpress

Mudah Bukan, Cara Mengatasi Syntax Error Sendiri?

Di artikel ini, Anda sudah belajar cara mengatasi syntax error di website WordPress. Meski awalnya terlihat rumit, ternyata parse error syntax error adalah sesuatu yang bisa diperbaiki dengan mudah dan cepat.

Anda cukup mengidentifikasi file dan baris kode yang muncul di peringatan error layar, lalu temukan lokasi permasalahan dan memperbaikinya sesuai aturan di bahasa pemrograman PHP.

Nah, untuk mencegah hal yang sama terjadi, pastikan Anda berhati-hati dalam edit file di WordPress, baik itu di core, tema, maupun plugin yang terinstall. Lakukan backup dan staging terlebih dahulu sebelum mengubah kode PHP.

Maka dari itu, pastikan layanan hosting WordPress Anda mendukung opsi-opsi di atas, seperti WordPress Hosting Niagahoster. Dengan fitur WordPress Management, Anda tak akan kesulitan dalam melakukan backup dan staging website.

Jadi tunggu apa lagi, yuk cobain layanan WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *