Sering Muncul Syntax Error di WordPress Anda? Begini Cara Mengatasinya – Niagahoster Blog

Pengguna WordPress baru kerap menemui kesulitan ketika website yang dikelola menampilkan tulisan Parse error: Syntax error, unexpected. Melalui tutorial ini kami akan membahas cara memperbaiki hal tersebut. Langkah yang ada di sini kami hadirkan secara sederhana agar lebih mudah dipahami oleh pemula.

Apa yang Anda Butuhkan?

Berikut adalah hal yang Anda butuhkan untuk memulai tutorial ini.

  • Akses ke akun hosting

Memperbaiki Syntax Error di WordPress

Permasalahan syntax error website atau blog WordPress dapat Anda perbaiki dengan mudah hanya dengan dua langkah:

  1. Temukan baris dari kode yang menyebabkan error
  2. Modifikasi code dengan menghubungkan ke server

Langkah 1: Temukan Penyebab Syntax Error

Langkah pertama memperbaiki syntax error adalah mencari sumber permasalahan utama. Di sini Anda perlu menemukan file penyebab error tersebut, atau secara spesifik, terletak pada baris kode sebelah mana.

Kemudian, Anda juga perlu mengingat kembali plugin atau template yang sudah dinstal pada situs WordPress Anda. Jika syntax error muncul setelah Anda menginstal plugin atau template, besar kemungkinan syntax error disebabkan oleh plugin atau template tersebut. Untuk mengatasinya, silakan ubah template atau uninstall plugin terkait.

Apabila hal di atas bukan merupakan penyebab syntax error, Anda tetap dapat melacaknya dengan mudah. Lihat pesan yang tampil ketika Anda mengakses website. Biasanya, pesan tersebut dimulai dengan Parse error: Syntax error, kemudian diikuti dengan informasi spesifik mengenai error yang Anda alami.

Pesan error juga menampilkan informasi lengkap direktori dari file beserta baris kode penyebab error. File yang disebutkan di sanalah yang perlu Anda perbaiki agar website WordPress Anda kembali dapat berjalan dengan baik.

Seperti ini tampilannya.

syntax error

Di sini jelas terlihat file dan baris kode yang menjadi penyebab error tersebut: file single.php pada baris 43. Informasi ini jelas menunjukkan penyebab permasalahan utama sebelum Anda mulai memperbaiki syntax error pada WordPress.

Langkah 2: Perbaiki File Menggunakan FTP Client

Pada langkah ini Anda telah menemukan file penyebab error tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengedit kode pada pada file yang dimaksud supaya website WordPress dapat berfungsi kembali.

Silakan masuk ke dashboard WordPress, kemudian pilih menu Appearance > Editor, atau anda dapat menggunakan FileZilla untuk mengedit filenya.

Setelah Anda berhasil terhubung ke akun hosting melalui FileZilla, silakan akses file yang menjadi penyebab error. Sesuai pesan yang tertera, file tersebut berada di direktori /home/u694443746/public_html/wp2/wp-content/themes/twentyseventeen/single.php. Temukan file tersebut, kemudian klik kanan dan pilih View/Edit.

syntax error wordpress

File tersebut akan terbuka melalui text editor default di komputer Anda.

Pilihannya, di sini Anda dapat menghapus kode yang menjadi penyebab error atau memodifikasinya agar website dapat kembali berjalan dengan normal. Cara modifikasi biasanya hanya bekerja sesuai dengan penyebab error dan dapat berbeda dari satu kasus ke kasus lain. Karenanya, Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut.

Pada contoh ini, error berada di baris 43. Berikut adalah baris kode tersebut.

<?php get_footer()

syntax error di wordpress

Kode tersebut memanggil function get_footer. Jika Anda perhatikan secara seksama, di sana terdapat bagian yang kurang lengkap, yaitu tidak adanya tanda baca titik koma (semicolon) di bagian akhir baris.

Di sini ini penyebab error dapat diperbaiki dengan mudah. Anda hanya perlu menambahkan tanda baca titik koma (semicolon) di akhir baris kode dan mengunggahnya kembali ke server.

semicolon

Apabila Anda terbilang masih pemula mengenai PHP, Anda dapat menggunakan PHP code checker untuk mengecek kode dan melihat kesalahan yang paling sering menyebabkan error pada PHP.

Kesimpulan

Jika Anda masih pemula, Anda tidak perlu khawatir bila tidak dapat menemukan syntax error pada website WordPress yang Anda kelola. Pesan syntax error bukanlah permasalahan perlu Anda risaukan secara berlebihan. Ini adalah salah satu permasalahan yang mudah diidentifikasi dan dapat Anda perbaiki sendiri.

Ingin terus mendapatkan artikel menarik dari Blog Niagahoster langsung dari email Anda? Klik Subscribe sekarang!

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.

seventeen + 14 =