Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Cara Mengatasi cURL Error 28 di WordPress dengan Mudah

3 min read

Cara Mengatasi cURL Error 28 di WordPress

Apakah website Anda mengalami cURL error 28 dan sedang mencari cara untuk mengatasinya? 

cURL error 28 umumnya terjadi akibat adanya masalah di REST API WordPress. Sehingga menyebabkan website Anda tak dapat diakses. Namun Anda tak perlu terlalu khawatir. di artikel ini, Anda akan menemukan cara mengatasi cURL error 28 dengan tepat. 

Langsung saja, yuk simak pembahasannya berikut! 

Apa itu cURL error 28? 

cURL error 28 adalah error yang muncul saat WordPress tidak dapat merespons balik permintaan data dalam waktu tertentu. 

cURL Error 28
Source: wpbegginer

Umumnya, WordPress menggunakan REST API dan cURL untuk mengirim dan menerima permintaan data. 

REST API adalah sebuah teknik pemrograman, sedangkan cURL merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh WordPress dan aplikasi website lainnya untuk mengirim dan menerima permintaan data server dengan menggunakan URL. 

Jika, request tersebut tidak direspon secara tepat waktu, akan terjadi error cURL 28. 

Baca juga: 40+ Error WordPress dan Cara Cepat Mengatasinya

Beberapa Penyebab Error cURL 28 yang Mungkin Terjadi 

Nah, berikut ini beberapa penyebab terjadinya error cURL 28: 

1. Plugin Keamanan Mencurigai Aktivitas Permintaan REST API  

Plugin keamanan WordPress dapat mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan yang muncul dari IP address tertentu. Kemudian, plugin tersebut akan memblokir IP untuk mengamankan website.

Sayangnya, request REST API yang dikirimkan dapat dianggap sebagai aktivitas yang mencurigakan. Jadi, plugin keamanan WordPress akan memblokirnya. 

2. Plugin WordPress Bermasalah 

Plugin WordPress biasanya akan membuat permintaan API mereka sendiri untuk mengirim dan menerima data. Nah, jika permintaan API ini terlalu lama atau sering dilakukan, maka akan terjadi error pada cURL. 

3. WordPress Hosting Server Lemot

Penyebab cURL error 28 selanjutnya adalah server WordPress hosting Anda sangat lemot merespons request REST API. 

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena PHP version pada server dan cURL server yang Anda gunakan belum menggunakan versi terkini. 

4. Konfigurasi SSL belum Tepat  

Terakhir, kemungkinan penyebab cURL error 28 adalah konfigurasi SSL website WordPress Anda belum dilakukan dengan baik. Sehingga memungkinkan HTTP gagal melakukan permintaan dan terjadi error cURL timeout. 

3+ Cara Mengatasi cURL Error 28 di WordPress 

Inilah 3+ cara ampuh mengatasi cURL Error 28 di WordPress yang bisa Anda coba! 

1. Matikan WordPress Firewall Sementara 

Cara pertama mengatasi cURL error 28 di WordPress adalah mematikan sementara WordPress Firewall Anda. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi plugin keamanan Anda memblokir request REST API karena dianggap sebagai virus.  

Cara mengatasi cURL error 28 dengan mematikan WordPress firewall sementara

Caranya, gampang banget. Tinggal klik Plugin > Deactivate plugin security Anda

Setelah melakukan deactivate plugin keamanan, periksa halaman site health untuk melihat apakah cURL error 28 ini telah berhasil teratasi. 

Jika telah berhasil teratasi, artinya memang benar kalau plugin security Anda memblokir request API tertentu. Nah, sekarang Anda perlu mengecek API mana yang diblokir oleh plugin security. 

Caranya, klik Sucuri Security > Firewall (WAF) > Audit logs

2. Deactivate Semua Plugin WordPress 

Jika deactivate plugin keamanan belum dapat menyelesaikan masalah, coba deactivate semua plugin WordPress Anda. Tenang, Anda hanya perlu deactivate sementara kok. Langkah ini dilakukan untuk mengecek apakah ada plugin yang bermasalah.  

Berikut cara mudah untuk deactivate semua plugin sekaligus:

Klik Plugin > Installed Plugins. Lalu centang kolom plugin, kemudian pilih Deactivate.

Deactivate semua plugin WordPress

Sekarang periksa halaman Site Health untuk mengecek apakah error cURL error 28 telah teratasi. Jika error telah teratasi, berarti ada API yang diblokir oleh salah satu plugin. 

Nah, sekarang, aktifkan satu per satu plugin yang telah dideactivate tadi untuk mengetahui plugin mana yang bermasalah. Jika saat plugin diaktifkan error tersebut kembali muncul, berarti plugin itulah penyebabnya. 

Setelah menemukan plugin yang memblokir API tersebut, coba atur pengaturan plugin atau hubungi tim support plugin tersebut. 

3. Pastikan Server Hosting Anda Menggunakan Software Terbaru 

Cara mengatasi cURL error 28 selanjutnya ialah memastikan server hosting WordPress Anda sudah menggunakan versi terbaru dari PHP, cURL library, dan OpenSSL. 

Untuk mengecek informasi mengenai versi tersebut, Anda tinggal klik Tools > Site Health.  

Pastikan server hosting Anda mengghunakan software terbaru

Kemudian klik tab menu Info, lalu cari bagian Server. Klik tab tersebut untuk melihat detail informasi mengenai server website Anda seperti di bawah ini.   

Detail informasi software server

Coba perhatikan PHP version dan cURL version server website Anda. Idealnya, server sudah menggunakan versi PHP 7.4.13 atau lebih tinggi, cURL 7.74.0 atau lebih, dn OpenSSL 1.1.1 atau lebih. 

Jika versi PHP server Anda belum sesuai, Anda bisa update versi PHP secara mandiri. Untuk Anda pengguna web hosting Niagahoster, Anda bisa melakukan update melalui cPanel dengan mudah.  

Tinggal Login cPanel > pilih menu select PHP version > Set as Current

Baca juga: Cara Update WordPress Manual dan Otomatis

4. Perbaiki Isu SSL 

Cara lainnya, coba pastikan konfigurasi SSL yang terpasang di website sudah benar. Sebab, kalau belum terpasang dengan benar, bisa jadi HTTP tidak bisa merequest data. 

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk install ulang SSL Anda lewat cPanel. Jika Anda menggunakan SSL gratis dari penyedia hosting, Anda tinggal klik menu Let’s Encrypt SSL di menu cPanel. Kemudian, pilih SSL website yang ingin Anda reinstall lalu klik Reinstall

Install ulang SSL melalui cPanel

Setelah install ulang jangan lupa untuk lakukan redirect HTTP ke HTTPS. Caranya tinggal pilih menu Domain, lalu klik ikon toggle pada bagian Force HTTPS Redirect. 

Redirect HTTPS dengan force HTTPS

Jika sudah, SSL Anda seharusnya telah terpasang dengan benar. Namun, jika Anda masih mengalami kendala cobalah menghubungi tim support penyedia hosting Anda untuk mendapatkan bantuan terkait reinstall SSL. 

Baca juga: Cara Install SSL di Hosting dengan Mudah 

Segera Atasi cURL Error 28 dengan Tepat sekarang! 

cURL error 28 merupakan error yang terjadi saat WordPress tidak dapat merespons balik data dalam waktu tertentu. Penyebab error ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya plugin keamanan yang memblokir REST API, Plugin WordPress bermasalah, server belum update, hingga konfigurasi SSL yang belum benar.

Cara mengatasi cURL error 28 bisa Anda lakukan dengan cara yang telah dijelaskan di atas: 

  1. Matikan WordPress Firewall Plugin 
  2. Deactivate Semua Plugin WordPress 
  3. Pastikan Server Hosting telah Diupdate 
  4. Perbaiki isu SSL 

Nah, sekarang Anda telah mengetahui cara mengatasi cURL error 28, bukan? Jika, semua cara tersebut telah Anda lakukan tetapi cURL error masih terjadi, Anda bisa menghubungi customer support penyedia web hosting Anda untuk membantu Anda. Di Niagahoster, Anda bisa menghubungi layanan support 24 jam non stop. 

Yuk, Segera atasi error tersebut agar website WordPress Anda dapat aktif kembali.  

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.