Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

3 min read

Apakah Anda ingin mengamankan situs WordPress dan mulai menggunakan protokol HTTPS? Sekarang saatnya beralih ke HTTPS jika website Anda belum pernah menggunakannya. Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara redirect HTTP ke HTTPS pada WordPress. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan.

HTTPS atau Hyper Text Transfer Protocol Secure adalah versi keamanan dari protokol HTTP. Informasi yang dikirimkan melalui HTTPS akan dienkripsi sehingga cukup sulit untuk dicuri ketika berada dalam proses pengiriman. Hal ini membuat protokol HTTP cocok untuk sebuah website e-commerce atau website yang mengharuskan penggunanya mengirimkan data.

HTTPS juga memiliki manfaat untuk website pada umumnya:

  • Situs yang menggunakan HTTPS berkesempatan memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan situs tanpa HTTPS. Beberapa tahun lalu, Google mengumumkan jika HTTPS adalah salah satu faktor rangking sebuah website.
  • Kepercayaan. Pengunjung akan melihat gembok berwarna hijau pada nama domain di browser.

Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan mempelajari dua cara berbeda untuk menambahkan HTTPS pada WordPress.

PENTING – Anda harus sudah menginstall sertifikat SSL / TLS pada hosting untuk mengaktifkan protokol SSL. Anda dapat mengecek apakah SSL sudah aktif atau belum dengan mengakses https://domainanda.com. Beberapa penyedia hosting sudah menyediakan SSL secara gratis.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Anda memiliki akses ke dashboard admin WordPress
  • Anda memiliki akses ke control panel hosting
  • Sertifikat SSL/TSL sudah terinstal (untuk menginstal SSL silakan mengikuti tutorial berikut jika hosting Anda menyediakan SSL gratis dari Let’s Encrypt)

Pilihan 1: Cara Redirect HTTP ke HTTPS dengan Plugin WordPress

Jika situs WordPress Anda memiliki banyak postingan, halaman, dan file-file, disarankan untuk menggunakan plugin HTTPS redirection. Hal ini akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengedit file .htaccess. Terdapat banyak plugin sejenis untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah Really Simple SSL. Ini adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin mengaktifkan HTTPS tetapi tidak ingin melakukan pengaturan rumit.

Berikut adalah cara menginstal plugin dan mengaktifkan redirect ke HTTPS.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress dan install plugin Really Simple SSL. Aktifkan setelah instalasi selesai.

redirect http ke https di wordpress
2. Silakan pilih menu Settings > SSL

cara redirect http ke https

3. Pada bagian atas halaman Anda akan melihat pesan jika redirect ke HTTPS belum aktif. Untuk mengatasinya, silakan klik tombol Go ahead, activate SSL!

redirect ke https

4. Silakan refresh browser Anda. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses yang berarti SSL di blog WordPress Anda sudah aktif.

cara redirect http ke https di wordpress

5. Setelah SSL aktif, pastikan website Anda dapat diakses dengan baik dengan mengakses postingan dan halaman satu per satu.

Di tahap ini Anda sudah berhasil mengaktifkan HTTPS pada blog WordPress. Jika berhasil dengan baik, Anda akan melihat gembok berwarna hijau di samping nama domain Anda.

redirect ke https pada wordpresss

Pilihan 2: Mengaktifkan SSL pada WordPress Secara Manual

Menggunakan cara ini disarankan untuk blog WordPress yang baru diinstalasi, karena dapat merubah struktur link pada blog. Pastikan Anda sudah mengetahui cara mengakses file melalui File Manager atau FTP untuk mengedit file .htaccess.

Pastikan untuk HTTPS berjalan dengan baik dengan mengakses https://domainanda.com. Jika dapat diakses tanpa masalah, silakan ikuti langkah dibawah ini:

1. Silakan akses dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Settings > General.

settingan redirect ssl

2. Ubah http://domainanda.com menjadi https:domainanda.com pada kolom WordPress Address(URL) dan Site Address(URL). Pastikan untuk domainanda.com diganti dengan nama domain anda.

redirect wordpress ke https

3. Setelah itu silakan klik tombol Save Changes untuk menyimpan.

setting redirect ssl

4. Pada langkah ini Anda telah berhasil mengaktifkan HTTPS. Akan tetapi, jika situs Anda tetap menampilkan http, silakan lakukan redirect ke HTTPS. Proses redirect dari HTTP ke HTTPS dapat Anda lakukan melalui file .htaccess. Di sini kami menggunakan File Manager untuk mengedit file .htaccess. Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan FTP client. Silakan akses control panel hosting Anda dan pilih menu File Manager.

file manager

5. Silakan masuk ke folder instalasi website WordPress Anda. Jika Anda menginstalnya pada domain utama, silakan akses folder public_html, klik kanan, kemudian pilih pilihan Edit pada file .htacess.

edit file htaccess

6. Seperti yang dapat Anda lihat, sudah terdapat baris code dalam file .htaccess. Hal ini berfungsi agar blog WordPress dapat diakses dengan baik. Silakan paste code di bawah ini pada baris bawah # END WordPress kemudian klik Save Changes.

RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainanda.com/$1 [R,L]
PENTING – Anda harus mengubah www.domainanda.com dengan nama domain yang Anda miliki.

script https di file htaccess

Pada tahap ini Anda sudah menyelesaikan cara redirect HTTP ke HTTPS pada WordPress. Jika langkah yang Anda lakukan sudah sesuai dengan langkah pada tutorial ini, website Anda seharusnya sudah dapat diakses dengan baik. Jika terdapat error, Anda dapat menghapus code yang ditambahkan pada file .htaccess tersebut untuk memperbaikinya. Apabila permasalahan masih terjadi, jangan ragu untuk menghubungi bagian support hosting Anda guna mendapatkan bantuan.

Kesimpulan

Protokol HTTPS lebih aman jika dibandingkan dengan HTTP. Di samping itu, website yang menggunakan HTTPS dinilai lebih baik oleh algoritma Google. Efeknya, website Anda akan terlihat lebih terpercaya di mata pengunjung sehingga ranking di mesin pencari dapat meningkat.

Dua langkah berbeda mengenai cara redirect HTTP ke HTTPS di WordPress telah selesai kami ulas. Selanjutnya, Anda dapat mencobanya sendiri.

Apakah Anda mengalami kesulitan? Sampaikan segala pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Kemudian, terus dapatkan ulasan terhangat seputar dunia online langsung dari inbox Anda dengan klik tombol Subscribe 📩

3
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

48 Replies to “Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress”

  1. Apakah dengan cara pertama tidak perlu merubah name server?
    Lebih bagus menggunakan cara pertama atau dengan Cloudflare?

    Terima kasih.

    1. Halo,

      Untuk artikel ini membahas mengenai redirect http ke https di WordPress, jadi untuk redirect tidak perlu merubah nameserver. 🙂

    1. Jika hosting Anda menyediakan SSL gratis seperti di layanan Niagahoster, tidak perlu membeli lagi. Anda hanya perlu melakukan instalasi SSL terlebih dahulu. 🙂

  2. udah lebih setahun aku ngeblog…baru kali ini saya mengetahui apa itu HTTPS … dulu saya kira sama saja dengan http … namun semua itu telah selesai berkat bantuan dan support dari Niagahoster tentunya…

    Namun saya mau lihat ngaruh yah bagi blog kita setelah meredirec httpnya ?

  3. Saya sudah setting wordpress saya dri http ke https, semua link sudah berubah ke https. Tapi kok di address bar ga keluar tanda Gembok Ijo nya ya, masih ada tanda warning "Your connection not secure"?
    Gimana gan cara mengatasinya?

    1. Jika ssl sudah terinstal dan di WordPress sudah di setting, silakan ditunggu 1×24 jam atau dapat dicoba di browser lain.

  4. Saya sudah coba menggunakan ssl gratis dari niagahost dan berhasil. Yg ingin saya tanyakan, Apakah indeks google dan peringkatnya secara otomatis tergantikan oleh urls baru (https) atau harus mulai optimasi dr awal lagi?

    1. Akan secara otomatis terindex ulang untuk url https website Anda, mengenai peringkat, yang menentukan adalah alogritma Google, 🙂

  5. saya coba pakai cara pertama kok gak nemu go head ssl active ya pak? apakah karena saya blm instal ssl? lalu gimana cara instalnya? saya pakai hosting di niagahoster pak

  6. tadi saya langsung ke setting -> general, trus di wordpress addres (url) dan site addres (url) langsung saya ganti dari http menjadi https, setelah di save malah web saya not secure, saya tidak bisa login, malah ada peringatan "SORRY, If you are the owner of this website, please contact your hosting provider: dst.. gimana solusinya ya?? makasih

      1. sy mengalami msalah yg sama :
        1. tidak bisa login ke wp setelah rubah url name di wp setting-general dari http:// menjadi https://
        2. web sudah berubah menjadi https:// tapi simbol masih tanda seru belum menjadi simbol gembok spt biasanya utk https://

        Note :
        Web saya sudah aktif SSL nya dan sudah redirect ke https melalui edit file .htaccess di cpanelnya
        Tks

        1. 1. Untuk tidak bisa login, apakah ada notifikasi atau error yang tampil? untuk solusinya, silakan nonaktifkan semua plugin terlebih dahulu melalui file manager cPanel Anda, dengan mengubah nama folder plugins menjadi nama lain, (caranya bisa mengikuti langkah di Pilihan 2 melalui tutorial berikut: https://www.niagahoster.co.id/blog/mengatasi-white-screen-wordpress/)
          kemudian ubah kembali ke nama folder sebelumnya, yaitu plugins, silakan aktifkan plugin satu persatu,
          2. Mengenai simbol gembok yang belum muncul dapat disebabkan karena masih terdapat URL di website yang masih menggunakan http, Anda dapat mengeceknya melalui https://www.whynopadlock.com
          Jika Anda sudah menemukannya, silakan ubah URL tersebut menjadi https.

          Semoga membantu, 🙂

  7. Sudah saya ikut tutorial diatas, namun mengapa https hanya berjalan baik di WP Adminnya?
    Yang lain tidak muncul ijo2 itu hehe

  8. Terima kasih atas informasinya. Kalau website kita sudah redirect ke https tapi tidak ada simbol lock hijaunya apa masih ada yang salah dalam pengaturan mas?

    1. Apakah sudah dilakukan instalasi SSL pada website tersebut?
      Jika belum Anda bisa melakukan instalasi terlebih dahulu

  9. Pada browser, url halaman muka saya sudah tertulis https…. Tetapi tidak ada simbol gembok hijaunya. Untuk halaman lainnya, termasuk wp-admin dll, sudah normal. Apa yang harus saya periksa?

  10. Dari info di atas, saya dapet kesimpulan.

    1. Untuk cek apa blog kita bisa redirect ke https, cek terlebih dahulu. Misal alamat blog http://abc.com, kita coba akses jadi https://abc.com. Kalau laman blog bisa di akses, berarti hosting blog kita sudah terinstall ssl. Jadi kita tidak usah mengaktifkan ssl lagi dan tinggal redirect saja.
    2. Kalau blog kita termasuk berumur dan punya postingan banyak, lebih baik pakai plugin. Dan kalau blog kita termasuk baru, jumlah postingan hanya beberapa atau bahkan belum ada lebih baik pakai cara manual.

    Benar begitu ya?

    1. 1. Untuk memastikan kembali bisa dicoba melakukan akses menggunakan url dengan https. Jika tidak ada masalah maka ssl sudah berhasil diinstall.
      2. Sebenarnya tidak berbeda jauh, hanya lebih aman dan enaknya lebih baik menggunakan plugin.

  11. Saya coba pakai ssl gratis niagahoster untuk addon domain.
    Setelah install sesuai instruksi di blog ini, dan saya coba akses blog pke https, muncul error.
    Sertifikat expired katanya.
    Trus saya coba ganti settingan di wordpress di menu general (untuk address), dari http ke https, klik save, langsung error, gak bisa akses wp admin jadinya.
    Koneksi tidak aman.
    Akhirnya saya remove lagi ssl nya.
    Ada yg klewat kah langkah2 saya?
    Apakah ssl gratis dari niaga masih bisa dipakai saat ini? Tidak expired?
    *addon domain yg saya coba pakai ssl adalah toko online parfummewah.com

  12. d
    berhasil…. akan tetapi untuk sub domain (webmail, cpanel, webdisk) ketika di centang selalu
    "HTTP error 502
    The server received a bad response while acting as a proxy."
    kenapa ya ?

  13. Blog saya sudah saya rubah di Cpanel Niagahoster dari Http ke Https, apakah berpengaruh terhadap indeks di google? apakah indeksnya akan mengarah otomatis ke https atau ada yang perlu diubah di webmaster googlenya? Terimakasih

    1. Jika sebelumnya menggunakan http dan kemudian diganti menjadi http biasanya akan ada informasi untuk melakukan penyesuaian pada webmasternya. Jadi webmaster diarahkan ke url dengan menggunakan https.

  14. Terima kasih admin sudah share tutorialnya. Melihat banyak komentar dari teman-teman blogger diatas, saya juga masih penasaran dan ingin bertanya.

    1. kalau alamat baru blog yang sudah menggunakan https di submit di webmaster tools, apakah tidak terjadi duplikat konten nantinya jika tidak dihapus. Apakah memang harus dibiarkan saja dua-duanya terdaftar disana ya pak…

    2. Untuk kode verifikasi dari google analytics-nya bagaimanya, kita perlu buat baru atau menggunakan yang lama dan dihubungkan dengan blog baru yang sduah menggunakan https di webmaster tools?

    Mohon dijawab pertanyaannya, soalnya saya sampai saat ini belum menemukan panduan tentang artikel yang membahas hal ini.

  15. Terimakasih banyak admin. Dengan panduan anda dari awal pembelian hingga settingan semua lengkap dijelaskan di NiagaHoster.
    Saya merasa sangat terbantu karena masih buta tentang website. Ternyata SSL sangat berguna 😀

    Terimakasih lagi ya admin. Good Job *like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + thirteen =