Panduan Hosting cPanel

Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya


Niagahoster memberikan layanan gratis SSL untuk semua paket (Bayi, Pelajar, Personal, dan Bisnis) dan untuk semua domain dan subdomain. Sebagai informasi, SSL yang terinstal di Niagahoster akan mendapatkan grade SSL A/A+

Syarat untuk mendapatkannya adalah harus menggunakan hosting Niagahoster dan domain harus mengarah ke server Niagahoster.


Panduan Video

 

Tutorial Manual

  1. Login di cPanel Niagahoster Anda, kemudian pilih menu Free SSL atau Let's Encrypt SSL.


2. Menu Free SSL tidak akan tampil jika masih menggunakan theme X3 dari cPanel. Untuk mengubahnya, silakan ubah dari menu cPanel Anda:


3. Setelah memilih menu Free SSL, Anda akan melihat daftar domain dan subdomain Anda. Silakan pilih Issue.

Pada halaman issue silakan centang kolom Include agar SSL juga terinstal pada subdomain.

4. Proses issue SSL akan membutuhkan waktu beberapa detik. Setelah proses selesai, maka SSL akan secara otomatis terinstal dan domain Anda akan dapat diakses dengan https.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Redirect Halaman https WordPress


Setelah SSL Anda berhasil dikeluarkan, maka selanjutnya Anda perlu me-redirect halaman website WordPress Anda ke URL https. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan plugin Really Simple SSL. Setelah selesai instalasi, maka secara otomatis website Anda akan ter-redirect ke https dan tidak perlu melakukan pengaturan tambahan apapun.


FAQs saat mengeluarkan SSL


  • Error "well-known/acme-challenge accessible in your webroot?" saat issue atau mengeluarkan SSL.

Masalah ini umumnya terjadi karena dua (2) hal:

1. Domain baik dengan www atau tanpa www tidak mengarah ke server kami (umumnya klien mengarahkannya ke Cloudflare).

Solusi: pastikan tidak mengarahkan domain Anda baik yang menggunakan www atau tanpa www ke Cloudflare dan pastikan mengarah ke server kami. Setelah mengembalikannya, silakan mencobanya kembali beberapa jam ke depan, maksimal 24 jam setelah diarahkan ke server kami.

2. Permasalahan redirect di .htaccess.  Pastikan htaccess Anda tidak melakukan blokir seperti redirect ini yang memblokir ke direktori:

RewriteCond %{SCRIPT_FILENAME} -d [OR]

RewriteCond %{SCRIPT_FILENAME} -f

RewriteRule "(^|/)\." - [F]

Solusi: rename .htacess Anda menjadi htaccess.txt dan kemudian issue atau keluarkan kembali SSL. Setelah SSL berhasil dikeluarkan dan di-instal, maka kembalikanlah kembali htaccess Anda menjadi .htaccess.


  • Apakah SSL bisa digunakan dengan menggunakan Cloudflare?

Tidak, Anda harus menonaktifkan Cloudflare jika ingin menggunakan SSL atau menginstal langsung ke Cloudflare. Mohon hubungi Cloudflare untuk hal ini.


Semoga bermanfaat :)


Artikel Terkait Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya