Panduan Hosting cPanel

Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya

Diperbarui pada 29 Mei 2020

Secure Sockets Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar guna membuat sambungan terenkripsi antara server dan klien. SSL memungkinkan informasi sensitif seperti nomor rekening, nomor kartu kredit, maupun data login dikirimkan secara aman. 

Secara umum, informasi yang dikirimkan web browser ke server web berbentuk teks polos (plain text). Informasi ini riskan dicuri pihak yang kurang bertanggungjawab. SSL mampu mengenkripsi informasi tersebut sehingga tidak dapat diakses secara sembarangan. 

Lebih jauh lagi, SSL merupakan protokol keamanan. Protokol ini mengatur algoritma khusus yang harus digunakan. Protokol SSL menentukan variabel enkripsi ketika terjadi transmisi antara data dan tautan. Guna memastikan sambungan aman, web browser dan server web memerlukan sertifikat SSL (SSL certificate). Anda dapat mengenali website yang menggunakan teknologi SSL dengan memastikan adanya awalan https pada URL.

Karenanya, menerapkan teknologi SSL pada website dapat meningkatkan keamanan website Anda secara signifikan. Penjelasan lebih lengkap tentang SSL dapat dilihat di sini.

Niagahoster menyediakan layanan sertifikat SSL gratis pada semua paket layanan Unlimited Hosting (Bayi, Pelajar, Personal, dan Bisnis). Keamanan website Anda lebih terjamin karena SSL tersebut memiliki grade A/A+. 

Layanan SSL dapat diaplikasikan pada tiap domain dan subdomain. Untuk mendapatkannya, Anda harus menggunakan layanan Unlimited Hosting atau Cloud Hosting Niagahoster dan mengarahkan nama domain ke server Niagahoster.

Langkah-langkah Mendapatkan SSL Gratis Niagahoster

1. Masuk ke Client Area Niagahoster

2. Pada bagian Layanan Anda, pilih tab Hosting. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting.




3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian klik Let’s Encrypt.



4. Anda akan menemukan daftar nama domain dan subdomain. Nama domain dan subdomain yang muncul di sini dapat Anda tambahkan SSL. Pilih salah satu dengan klik + Issue.


5. Untuk menambahkan Wildcard, Anda perlu memilih dns-01 pada bagian bawah halaman.


6. Setelahnya, tambahkan tanda centang pada bagian kotak cek Include Wildcard.


7. Klik tombol Issue pada bagian bawah halaman untuk menerbitkan sertifikat SSL.


8. Selamat! Sertifikat SSL Anda telah berhasil diinstal. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebeumnya.


9. Sertifikan SSL Anda akan muncul pada halaman utama Let’s Ecrypt SSL.



Cara Redirect Website WordPress ke URL HTTPS

Jika menggunakan WordPress, Anda perlu mengarahkan (redirect) halaman website WordPress ke URL https terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan plugin Really Simple SSL. Ikuti dan tunggu proses instalasinya hingga selesai. Setelahnya, website Anda akan terarah ke URL https secara otomatis.


Troubleshoot Error Saat Menerbitkan Sertifikat SSL


Error "well-known/acme-challenge accessible in your webroot?"


Jika Anda menemukan pesan kesalahan Failed to issue certificate: The Let’s Encrypt HTTP challenge failed – is .well-known/acme-challenge accessible in your webroot? ketika proses menerbitkan sertifikat SSL, Anda tidak perlu khawatir. Permasalahan ini terkadang muncul dan cara mengatasinya sangat mudah. 

Ada dua alasan mengapa permasalahan ini dapat terjadi.

1. Nama domain, baik dengan www atau tanpa www, tidak mengarah ke server Niagahoster. Umumnya, permasalahan ini muncul karena nama domain terarah ke Cloudflare. Pastikan Anda mengarahkan nama domain ke server Niagahoster. Kemudian, coba kembali. Perubahan terkadang tidak langsung terjadi. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit hingga 24 jam setelah Anda melakukan perubahan. Tanyakan kepada CSA Niagahoster apabila permasalahan masih terjadi.

2. Permasalahan redirect di .htaccess.  Pastikan .htaccess Anda tidak melakukan blokir seperti contoh pemblokiran direktori seperti di bawah ini.


RewriteCond %{SCRIPT_FILENAME} -d [OR]

RewriteCond %{SCRIPT_FILENAME} -f

RewriteRule "(^|/)\." - [F]


Untuk mengatasinya, ubah nama file .htaccess Anda menjadi .htaccess.txt. Kemudian, coba terbitkan sertifikat SSL kembali. Setelah Anda berhasil menerbitkan sertifikat SSL, kembalikan nama file menjadi .htaccess seperti semula.





Artikel Terkait Cara Mendapatkan SSL Gratis Selamanya

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp