Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

4 min read

Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

Sebelum membahas tentang plugin security WordPress terbaik, bahasan mengenai pentingnya keamanan WordPress menjadi penting. Fitur keamanan default dari WordPress memang sudah cukup baik, tapi belum cukup untuk mengamankan website Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan fitur-fitur keamanan di website Anda secara mandiri.

Pentingnya Keamanan WordPress

Keharusan untuk menambahkan fitur-fitur keamanan ini berlaku untuk siapa saja, baik pemilik website toko online, blogger, maupun perusahaan besar.

Tentu kebutuhan fitur keamanan yang dibutuhkan setiap jenis website berbeda-beda, tapi yang terpenting adalah membangun struktur keamanan untuk website. Mengapa? Karena lebih baik waspada dan menyiapkan pengamanan daripada rugi ketika sudah menjadi korban crack, hack, malware, atau virus.

Beruntung Anda menggunakan WordPress karena Anda bisa dengan mudah menambahkan fitur-fitur keamanan penting di website Anda menggunakan plugin keamanan WordPress . Apa saja plugin yang Anda butuhkan agar website menjadi lebih aman dari serangan-serangan malware, virus, dan spam? Berikut adalah 10 plugin security WordPress terbaik dan yang terpenting adalah plugin-plugin ini gratis atau setidaknya menyediakan versi gratis.

Baca juga: Cara Mencari Celah Keamanan Website “Vulnerable” dengan Mudah

10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis untuk Website Anda

Kami hadirkan 10+ plugin keamanan WordPress yang bisa Anda jadikan pilihan untuk website WordPress Anda. Semuanya kami bahas lengkap dengan kelebihan dan detail fungsinya.

1. iThemes Security

plugin security wordpress terbaik ithemes

Plugin keamanan iThemes Security telah mengamankan lebih dari 900 ribu WordPress di seluruh dunia. Banyaknya pengguna iThemes security bukan tanpa alasan. Kelebihan iThemes Security adalah kemampuannya untuk mendeteksi plugin berbahaya, software yang sudah usang, dan kata sandi yang lemah. iThemes Security tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

2. Wordfence Security

plugin security wordpress terbaik wordfence

Dengan jumlah instalasi aktif melebihi 2 juta, Wordfence telah dipercaya para pengguna WordPress untuk mengamankan websitenya. Angka 2 juta instalasi aktif adalah jumlah terbesar untuk kategori plugin security WordPress.

Apa yang ditawarkan Wordfence? Untuk versi gratisnya Anda akan mendapatkan firewall, monitoring secara real time, scanning plugin, tema, dan file, memblokir berbagai ancaman keamanan, dan menambahkan pilihan login yang lebih kuat.

Bagi yang ingin membeli Wordfence versi pro, pengembang menyediakan diskon khusus untuk para developer yang mendaftarkan multiple site.

3. SecuPress Free

plugin security wordpress terbaik secupress free

Dari namanya saja sudah jelas bahwa plugin security WordPress ini gratis. Meskipun gratis, bukan berarti tidak menawarkan kualitas tinggi. Buktinya, plugin keamanan ini telah dipasang oleh lebih dari 10 ribu pengguna WordPress.

Fitur apa saja yang Anda dapatkan dari SecuPress Free? Berikut adalah beberapa fitur utamanya: Anti Brute Force Login, blokir IP, firewall, security alert, malware scan, dan blokir dengan geolocation.

Tidak hanya itu, plugin security WordPress gratis ini juga menawarkan perlindungan dari security keys, blokir kunjungan dari bot jahat, deteksi plugin dan tema berbahaya, dan laporan keamanan dalam bentuk PDF.

SecuPress juga menawarkan SecuPress Pro bagi Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak fitur keamanan.

4. Defender

plugin security wordpress terbaik defender

Masih ada lagi plugin security WordPress gratis, yaitu Defender. Defender adalah plugin keamanan buatan WPMU DEV yang rilis pada tahun 2017 dan sudah dipasang lebih dari 8000 kali. Dan plugin ini tersedia secara gratis di website resmi WordPress.

Defender menawarkan beberapa fitur keamanan berikut: Google 2 step verification, unlimited file scan, login screen masking, IP blacklist, dan masih banyak lagi.

5. Google Authenticator

plugin security wordpress terbaik google

Halaman login adalah pintu masuk Anda ke blog atau website. Idealnya hanya Anda yang bisa memasuki pintu masuk tersebut. Sayangnya di internet terdapat banyak hacker yang bisa membobol pintu masuk tersebut dan mengacak-acak blog atau website Anda.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah memasang pintu masuk yang berlapis-lapis dan Anda bisa mengaplikasikannya dengan Google Authenticator. Plugin security WordPress ini memungkinkan Anda untuk memasang two factor authentication melalui Google Authenticator di smartphone Anda.

Jadi siapapun yang melakukan login ke administrator blog atau website harus melakukan konfirmasi melalui smartphone, baik menggunakan kode unik, QR code, atau pertanyaan keamanan.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai biaya karena plugin ini tersedia secara gratis.

6. Shield Security

plugin security wordpress terbaik shield security

Plugin Shield Security mengklaim plugin yang disediakan berbeda dari plugin security WordPress kebanyakan. Sebab Shield Security tidak akan memberikan penggunanya terlalu banyak notifikasi, melainkan langsung menyelesaikan masalah keamanan yang terjadi di website dan memberitahu penggunanya sesuai dengan waktu yang ditetapkan pengguna.

Versi gratis dari plugin ini sudah menyediakan berbagai fitur, dari IP blacklist otomatis, two factor authentication, blokir komentar spam, reCAPTCHA, firewal, hingga kontrol update otomatis.  

7. All in One WP Security and Firewall

plugin security wordpress terbaik all in one

Plugin security WordPress populer lainnya adalah All in One WP Security & Firewall. Jumlah instalasi aktifnya sudah mencapai lebih dari 700 ribu instalasi.

Apa yang membuat plugin ini banyak digunakan? Alasan pertama tentu saja karena gratis. Berbeda dari plugin-plugin sebelumnya yang juga menyediakan versi pro untuk mendapatkan fitur tambahan, plugin All in One WP Security & Firewall 100 persen gratis.

Walaupun gratis, bukan berarti fitur yang ditawarkan sedikit. Berikut adalah fitur-fitur andalan All in One WP Security & Firewall:

-User Account Security: Mendeteksi username admin default dan menggantinya sesuai permintaan pengguna

-Login Security: Melindungi dari Brute Force Login Attack dengan fitur Login Lockdown

-User Registration Security: Mengizinkan approval manual untuk akun user WordPress

-Database Security

-File System Security

-Blacklist Functionality

-Security Scanner

-Comment Spam Security

8. WP Bruiser

plugin security wordpress terbaik wp bruiser

Plugin security WordPress satu ini tidak hanya melindungi website Anda dari komentar spam, tetapi juga melindungi website dari spam bot signup dan brute force attack. Dengan begitu website Anda aman dari komentar spam signup, dan login yang tidak diinginkan.

WP Bruiser juga memungkinkan Anda untuk memblokir IP address secara otomatis. Selain itu pemasangan plugin ini tidak akan berpengaruh terhadap waktu loading page. Dan yang terpenting adalah plugin ini tersedia gratis di WordPress.

9. Akismet

plugin security wordpress terbaik akismet

Jika membicarakan tentang plugin anti spam, tentu Akismet adalah juaranya. Aksimet telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pengguna WordPress untuk mengamankan websitenya. Plugin ini berfungsi untuk secara otomatis mendeteksi komentar-komentar spam di kolom komentar website.

Akismet juga termasuk dalam fitur keamanan plugin Jetpack, yaitu plugin lengkap buatan WordPress yang menawarkan berbagai solusi. Mulai dari keamanan, hingga optimasi performa website.

Baca juga: Jetpack: Plugin WordPress dengan Fitur Super Lengkap

10. Loginizer

plugin security wordpress terbaik loginizer

Fitur andalan dari Loginizer adalah melindungi halaman login website WordPress Anda dengan membatasi jumlah login. Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan brute force, yaitu serangan hacker yang mencoba membobol sebuah situs dengan mencoba kombinasi kata password di halaman login.

Selain 10 plugin security WordPress terbaik dan gratis di atas, masih banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi website Anda. Untuk itu kami rekomendasikan plugin security WordPress terbaik berbayar.

VaultPress

plugin security wordpress terbaik vault

Plugin security WordPress terbaik berbayar pertama adalah VaultPress. Bisa dikatakan VaultPress adalah plugin security WordPress dengan harga yang cukup murah dibandingkan plugin-plugin lain, yaitu U$ 39.

Anda bisa mengatur backup secara manual atau real time menggunakan kalender. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan tentang waktu paling banyak pengunjung dan memprediksi ancaman apa yang mungkin muncul di waktu-waktu tersebut. Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan bantuan dari support untuk konsultasi tentang keamanan WordPress. Fitur support adalah fitur yang tidak bisa Anda dapatkan di plugin security WordPress gratis.

Kesimpulan

Keamanan website harus menjadi perhatian semua pemilik website. Untuk website yang menggunakan CMS WordPress, tidak perlu susah-susah karena banyak plugin security tersedia, baik yang gratis maupun berbayar.

Lebih baik mana, plugin gratis atau berbayar? Hal ini tentu saja tergantung pada kebutuhan Anda. Jika kebutuhan perlindungan keamanan Anda sudah terpenuhi dari plugin security WordPress gratis, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli versi pro.

Akan tetapi, jika Anda rasa plugin keamanan versi gratis belum cukup, jangan ragu untuk membeli versi pro, tentu yang sesuai dengan budget Anda. 

Selain menambahkan plugin security WordPress, pastikan juga website Anda sudah memiliki SSL. Website Anda belum dilengkapi SSL? Tenang saja Niagahoster menyediakan SSL murah untuk Anda!

Sebagai informasi tambahan, Niagahoster juga menyediakan program bagi-bagi hosting & domain yang bisa Anda ikuti. Segera daftar dan raih kesempatan mendapatkan free hosting Niagahoster di bulan ini!

 
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis”

  1. Gan selain security plugin diatas, adakah plugin khusus untuk firewall saja? mana yang paling bagus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *