Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

4+ Cara Mudah Cek IP Hosting Website

2 min read

[FI] Cara Menggunakan iptables

Anda ingin tahu cara cek IP hosting? Selamat, Anda berada di halaman yang tepat!

IP hosting adalah barisan angka sebagai identitas unik dari suatu hosting website. Dengan IP tersebut, website Anda dapat dikenali dan diakses melalui jaringan internet.

Saat Anda mengakses website, Anda memang tidak bisa melihat IP secara langsung. Alasannya, IP tersebut sudah diwakili oleh sebuah domain agar lebih mudah diingat. 

Kalau begitu, bagaimana cara mengetahui hosting IP suatu website? Yuk, simak panduan lengkap cara cek IP web hosting di bawah ini!

Cara Cek IP Hosting

Anda dapat melakukan cek IP hosting dengan berbagai cara, diantaranya adalah:

  1. Melihat IP Hosting pada Email Informasi Akun Hosting
  2. Melihat IP Hosting Melalui Member Area Niagahoster
  3. Melihat IP Hosting Melalui cPanel
  4. Mengecek IP Menggunakan CMD
  5. Mengecek IP dengan Web-based Tools

Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Melihat IP Hosting pada Email Informasi Akun Hosting

Ketika Anda membeli layanan hosting, pihak penyedia hosting akan mengirimkan email berupa informasi detail akun hosting Anda. Pada email ini, Anda bisa cek IP di bagian Informasi Akun seperti ini:

melihat ip hosting pada email informasi akun hosting

Namun, bagaimana jika Anda mungkin tak sengaja menghapus email tersebut? Tenang saja, Anda bisa cek IP web Anda dengan cara berikutnya.

2. Melihat IP Hosting Melalui Member Area Niagahoster

Bagi pengguna Niagahoster, cara yang paling mudah untuk mengecek IP Anda adalah melalui Member Area

Caranya, silakan masukkan username dan password akun Niagahoster Anda pada kolom yang tersedia di panel login, lalu klik tombol Login.

Anda akan diarahkan ke halaman Beranda yang berisi informasi produk dan layanan yang Anda gunakan. Pada tab Hosting, pilih nama domain website yang ingin Anda cek IP nya. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting.

menu kelola hosting di member area niagahoster

Selanjutnya, pilih tab Detail pada halaman Pengaturan Hosting. Nah, pada tab ini, Anda bisa mengecek detail informasi hosting termasuk IP akun Anda seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini:

melihat ip hosting melalui member area niagahoster

3. Melihat IP Hosting Melalui cPanel

Cara lainnya untuk cek IP web Anda adalah melalui cPanel. Anda bisa login ke cPanel dengan mengakses url https://domainanda/cpanel menggunakan username dan password cPanel Anda.

Untuk pengguna Niagahoster, agar lebih mudah, Anda bisa mengakses menu cPanel di Member Area juga. Caranya, klik All Features pada bagian Pengaturan Hosting untuk membuka halaman dashboard cPanel di tab baru.

mengakses cpanel melalui member area niagahoster

Kalau cPanel sudah terbuka, Anda bisa langsung melihat IP Anda pada card General Information yang terdapat di sebelah kanan halaman cPanel seperti pada gambar berikut:

melihat ip hosting melalui cpanel

Nah, IP hosting Anda berada pada kolom dengan label Shared IP Address. Jika Anda ingin melihat informasi server secara lebih lengkap seperti server name, versi PHP, sistem operasi dan lainnya, silakan klik Server Information

Baca Juga : Mengatasi cPanel Tidak Bisa Diakses Ketika Login

4. Mengecek IP Menggunakan CMD

Setiap sistem operasi memiliki command prompt yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cek IP. Untuk mengakses command prompt, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  • Mac : Tekan tombol Command + Space bar pada keyboard bersamaan, lalu ketik Terminal
  • Linux : Tekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan, maka jendela Terminal akan otomatis terbuka.
  • Windows : Tekan Windows + R, lalu tulis CMD dan tekan Enter. Atau tulis CMD langsung pada kolom pencarian untuk membuka Command Prompt.

Jika jendela Command Prompt sudah terbuka, jalankan perintah ping diikuti dengan nama website. Contohnya, jika Anda akan mengecek domainanda.com, maka jalankan perintah:

ping domainanda.com

Silakan ganti domainanda.com dengan nama domain website Anda dan jangan lupa tekan Enter. Nantinya, Anda akan melihat IP hosting website Anda seperti pada gambar di bawah ini:

cek ip website menggunakan cmd

Baca Juga : 50 Perintah CMD dan Fungsinya

5. Mengecek IP dengan Web-based Tools

Selain keempat cara di atas, Anda juga bisa melakukan cek IP web dengan menggunakan layanan aplikasi web-based tools seperti check-host.net.

Masukkan nama domain website yang ingin Anda cek pada kolom yang tersedia, kemudian tekan Enter. Tunggu beberapa saat hingga informasi website muncul seperti pada gambar berikut ini:

cek ip hosting dengan web-based tools

Baca Juga : Cara Melihat IP Address

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek hosting IP website. Mulai dari melihat IP pada email yang dikirimkan ketika Anda berhasil melakukan order hosting hingga cek IP hosting dengan bantuan aplikasi website.

IP hosting merupakan deretan angka yang tentu sulit untuk diingat. Itulah kenapa penggunaan domain website bisa solusi terbaik demi kemudahan. Namun, pastikan nama domain terbaik yang digunakan, ya.

Untungnya, Anda bisa membeli domain unik dengan mudah dari penyedia hosting di Indonesia seperti Niagahoster.

Bahkan, di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan domain gratis jika berlangganan di hampir semua paket hosting yang ditawarkan dengan durasi tertentu. 

Tak hanya itu, Anda bisa juga menambahkan banyak domain pada akun hosting Anda berkat fitur Unlimited Addon Domain. Itu pun masih ditambah dengan SSL gratis yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan website Anda. 

Menariknya, semua layanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp21rb/bulan saja. Harga yang cukup murah untuk fitur canggih dan layanan berkualitas, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan domain gratis dengan berlangganan web hosting Niagahoster sekarang!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]