Cara Cek Website Down atau Tidak dengan Tool Online – Niagahoster Blog

Ketika Anda memiliki sebuah website, Anda perlu selalu memastikan bahwa website dapat diakses dengan baik. Terkadang website tidak dapat diakses oleh pengunjung karena suatu hal, padahal website berjalan normal jika Anda akses. Anda dapat mengeceknya sendiri. Cara cek website down atau tidak dapat menggunakan tool yang tersedia secara online.

Mengapa pengecekan diperlukan? Suatu website dapat menjadi bagian yang penting dalam bisnis serta berbagai keperluan Anda. Para pengunjung bisa mendapatkan informasi, berinteraksi dengan yang lain, serta berbagi pengetahuan tanpa harus pergi ke mana-mana. Jika suatu website down, segala fungsi dan beragam potensinya dapat serta-merta hilang. Bayangkan ketika hal ini terjadi pada Anda. Tentu mengesalkan, bukan?

Kunci utama agar website Anda tidak sering down adalah dengan memilih layanan penyedia hosting terbaik. Akan tetapi, kami tidak akan secara spesifik membahas hal tersebut. Pada tutorial ini, kami akan mengulas cara cek website down atau tidak menggunakan tool yang tersedia secara online.

 

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Silakan pilih cara yang Anda sukai, Anda bahkan dapat mencoba semuanya guna memastikan bahwa website berjalan normal.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum Anda memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Koneksi internet stabil
  • Website yang akan dicek

Cara 1: Cek dengan downforeveryoneorjustme.com

Cara ini cukup sederhana, Anda hanya perlu memasukkan nama domain website Anda, kemudian nanti akan muncul jawaban website down atau tidak.

1. Silakan buka downforeveryoneorjustme.com melalui browser Anda, berikut adalah tampilannya.

cara cek website down

2. Silakan masukkan URL website yang akan dicek melalui kolom dengan tulisan google.com.

cara cek website down atau tidak

3. Setelah Anda memasukkan URL web silakan tekan Enter pada keyboard atau klik url or just me? Pada website.

cek website down atau tidak

4. Setelah itu akan muncul status website Anda down atau tidak.

Contoh status website Up.

cek website

Contoh hasil website Down.

cara cek website

Cara 2 – Mengecek dengan host-tracker.com

Tool ini memiliki fitur lebih lengkap jika dibandingkan dengan tool sebelumnya. Informasi yang disediakan pun lebih banyak. Menariknya lagi, tool ini bahkan akan mengirimkan pemberitahuan jika website down.

1. Silakan buka host-tracker.com di browser Anda.

2. Anda dapat memasukkan URL pada kolom yang tersedia.

cek web down

3. Masukkan URL website yang akan dicek melalui kolom yang tersedia. Silakan pilih Http sebelum memasukan URL.

4. Silakan tunggu beberapa saat hingga tool selesai melakukan pengecekan.

cara cek hosting down

5. Setelah website selesai dimuat, Anda akan melihat tabel dengan hasil pengecekan dari berbagai lokasi. Tersedia banyak detail informasi di sini. Hanya saja, pada tutorial ini Anda hanya memerlukan informasi apakah website tersebut down atau tidak. Karenanya, silakan perhatikan Status pada baris pertama.

cek hosting down

Jika Anda melihat hasil seperti pada tampilan di atas, berarti website Anda memiliki status normal. Anda akan melihat status Fail dengan angka satu atau lebih yang disebabkan koneksi terputus karena beberapa alasan. Jika status Ok lebih banyak, berarti website Anda tidak mengalami down.

Cara 3 – Cara Cek Website Down dengan site24x7.com

Cara ini cukup mudah dan lebih informatif sehingga cocok untuk pengguna pemula maupun profesional.

1. Silakan buka site24x7.com pada browser Anda, Anda akan melihat kolom dimana URL website akan dimasukkan.

cara cek web down atau tidak

2. Silakan isikan URL dari website yang ingin Anda cek kemudian klik tombol Test Now.

tes web down

3. Silakan tunggu sampai website selesai dicek dan informasi ditampilkan.

4. Anda akan melihat grafik dan tabel dengan detail seperti gambar di bawah ini. Jika status dari semua lokasi adalah OK berarti website Anda tidak down.

tes web down atau tidak

Akan tetapi jika website Anda down, Anda akan melihat tulisan Host Unavailable pada bagian keterangan IP. Tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini.

tes hosting down

Cara 4 – Mengecek website melalui proxy incloak.com

Cara ini berbeda dengan sebelumnya karena Anda akan menggunakan web proxy. Di sini website Anda tidak diakses secara langsung dari komputer. Akses dilakukan melalui server proxy dari lokasi berbeda, kemudian server proxy akan mengirimkan hasilnya dengan menampilkannya di komputer Anda.

Intinya dengan menggunakan proxy Anda dapat memastikan sebuah website dapat diakses dari lokasi lain.

Ada banyak penyedia proxy yang dapat Anda pilih. Dalam tutorial ini kami menggunakan incloak.com.

1. Akses incloak.com melalui browser Anda.

2. Scroll ke bawah hingga Anda melihat form untuk memasukkan URL website Anda.

tes server down

3. Isi kolom tersebut dengan url website yang ingin Anda cek kemudian klik tombol HIDE ME.

cek server

4. Tab atau window baru akan terbuka (tergantung dari browser yang digunakan) dan website yang Anda request akan mulai diakses dan ditampilkan. Jika Anda dapat melihat website Anda berarti website Anda tidak down, jika sebaliknya berarti website Anda down.

Kesimpulan

Setelah membaca tutorial kami, kini Anda telah mengetahui cara cek apakah sebuah website down atau tidak. Anda dapat mengkombinasi semua cara cek website down di atas guna mendapatkan informasi terbaik serta memastikan status dari website Anda.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Jangan ragu sampaikan melalui kolom komentar di akhir halaman ini! Kemudian, klik tombol Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari email Anda! 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

one × two =