Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Melihat IP Address Anda di Komputer dan HP Android!

3 min read

Cara Melihat IP Address di Laptop dan Android

Tahukah Anda bahwa mengetahui cara melihat IP address itu penting? Apalagi di zaman yang serba digital ini, mengetahui alamat IP memungkinkan Anda mengelola keamanan digital dengan lebih baik.

Kalau Anda belum tahu, IP address adalah identitas unik yang dimiliki setiap perangkat. Dengan begitu, setiap perangkat yang terhubung ke jaringan dan internet bisa saling berkomunikasi. Bisa dibilang alamat ini bertindak seperti nomor telepon.

Nah melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mengetahui cara melihat IP address di laptop maupun di hp. Tak usah berlama-lama, langsung saja yuk meluncur ke bawah dan simak langkah-langkahnya!

CTA banner web hosting

Cara Cek IP Melalui Mesin Pencarian

Cara paling sederhana untuk mengetahui alamat IP melalui laptop dan hp adalah dengan menggunakan mesin pencarian seperti Google. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Google melalui browser. Bisa Google Chrome, Mozilla Firefox, ataupun peramban lainnya.
  2. Ketikkan WHAT IS MY IP pada kotak pencarian. Tekan tombol “Enter”.
  3. Browser akan menampilkan alamat IP Anda.
cara melihat ip address di Google

Langkah ini juga bisa Anda terapkan jika menggunakan hp. Prosesnya sama, cukup buka mesin pencarian seperti Google di browser. Kemudian, ketikkan WHAT IS MY IP pada kolom pencarian. Dalam hitungan detik, Anda sudah mengetahui alamat IP Anda.

Setelah memahami cara dasar untuk mengetahui alamat IP melalui mesin pencarian, mari pelajari cara mengecek alamat IP secara spesifik berdasarkan perangkat yang Anda gunakan.

Cara Melihat IP Address di Laptop [3 Metode]

Cek IP Address di laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara: memakai Command Prompt (CMD), control panel, dan pada pengaturan jaringan dan internet (Network & Internet). 

Dari ketiga cara cek IP address di laptop dan komputer ini, silakan pilih yang paling sesuai untuk Anda:

Menggunakan Command Prompt

  1. Buka menu “Start” dan pilih menu “Command Prompt” atau tekan tombol “Windows + R”.
  2. Ketik “cmd” dan tekan “Enter”.
  3. Di jendela Command Prompt, ketik “ipconfig” dan tekan “Enter”.
  4. Anda akan melihat informasi IP Configuration Anda di jendela Command Prompt, termasuk alamat IP yang terhubung dengan koneksi jaringan Anda.
command prompt untuk cek alamat IP

Lewat Control Panel

  1. Klik tombol “Start” dan cari “Control Panel”.
  2. Buka “Control Panel” dan pilih menu “Network and Internet” lalu “Network and Sharing Center”.
  3. Di jendela yang muncul, pilih koneksi yang sedang Anda gunakan.
  4. Klik “Details” dan cari informasi “IPv4 Address” untuk melihat alamat IP Anda.
cara melihat IP address di control panel

Membuka Pengaturan Jaringan & Internet

  1. Klik tombol “Start” dan pilih “Settings”.
  2. Pilih “Network & Internet” dan pilih “Wi-Fi” atau “Ethernet” tergantung pada jenis koneksi Anda.
  3. Klik pada koneksi yang aktif, dan di bagian bawah, Anda akan melihat informasi IP Address yang terhubung dengan koneksi tersebut.
cek IP address di komputer

Cara Melihat IP Address di HP Android [3 Metode]

Selain cek IP komputer, ada juga lho cara melihat IP address hp. Umumnya, Anda bisa melihat IP address di perangkat hp android melalui pengaturan Wi-Fi, About Phone, ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti My IP Address.

Selengkapnya, mari lihat cara cek IP address di HP android:

Melalui Pengaturan Wi-Fi

  1. Buka pengaturan “Settings” dan pilih “Connections” atau “Wi-Fi”.
  2. Pilih jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan.
  3. Informasi IP Address akan terlihat pada halaman informasi Wi-Fi.

Melalui Pengaturan “About Phone”

  1. Buka “Settings” dan cari “About Phone”.
  2. Pilih “Status” atau “About Phone” (tergantung pada versi Android).
  3. Cari informasi “IP Address” untuk mengetahui alamat IP perangkat Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store, seperti “My IP Address”. Unduh aplikasi tersebut dan jalankan.
  2. Aplikasi akan secara otomatis menampilkan alamat IP perangkat Anda.
cara melihat IP address di My IP Address

Nah, itu dia berbagai cara mengetahui alamat IP di komputer dan hp. Selain trik di atas, Anda juga bisa mengecek IP hosting maupun cek IP VPS, lho.

Manfaat Mengetahui Cara Melihat IP Address

Dengan mengetahui cara melihat IP address, Anda dapat lebih mengontrol koneksi jaringan Anda, meningkatkan pengalaman online, dan mencegah potensi kejahatan digital.

meme IP address

Selain itu, mengetahui IP address di komputer dan hp memungkinkan Anda untuk:

  • Mendiagnosis dan mengatasi masalah jaringan.
  • Mengatur perangkat seperti router dan printer untuk bekerja dalam jaringan yang sama.
  • Meningkatkan keamanan digital dan privasi, karena Anda menyadari IP address bisa mengungkapkan perkiraan lokasi geografis dan penyedia jaringan internet Anda.
  • Mengakses komputer atau jaringan dari jarak jauh.
  • Menghosting atau membuat website. Mengetahui IP address membantu Anda mengonfigurasi nama domain, menyiapkan server, atau menguji aksesbilitas situs web.

Penting Anda tahu juga, alamat IP memiliki jenis terbaru yaitu IPv6. IPv6 adalah protokol generasi terbaru yang menawarkan lebih banyak manfaat. Mulai dari memperluas kapasitas alamat IP, serta mempercepat dan mengoptimalkan koneksi internet.

Cara Melihat IP Address Mudah Sekali, Bukan?

Mengetahui cara melihat IP address pada laptop dan hp android merupakan pengetahuan yang penting dalam mengelola koneksi jaringan internet dan meningkatkan pengalaman online Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan terlengkap yang meliputi berbagai metode untuk mengetahui alamat IP Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba solusi yang kami berikan.

Nah jika Anda membutuhkan hosting terbaik dan berkualitas, Anda dapat mengandalkan Niagahoster. Di sini, sudah tersedia IPv6 dan fitur Whitelist IP untuk menyamarkan alamat IP hosting Anda, lho. 

Nggak usah bingung lagi, dapatkan layanan terbaik untuk website Anda dan nikmati pengalaman online yang optimal dengan Niagahoster sekarang juga!

[FAQ] Pertanyaan Umum Tentang Cara Melihat IP Address

Apakah IP address bisa melacak lokasi?

IP address dapat memberikan petunjuk mengenai lokasi perkiraan, tetapi tidak dapat secara akurat melacak lokasi seseorang.

Langkah langkah melihat IP address pada Windows 7?

Langkah-langkah melihat IP address pada Windows 7: Buka Command Prompt, ketik “ipconfig”, dan cari “IPv4 Address” atau “Alamat IPv4” di hasilnya.

Bagaimana cara melihat IP private?

IP private adalah alamat IP yang digunakan dalam jaringan lokal, cara melihatnya bergantung pada perangkat atau sistem yang digunakan. Oh ya, IP private berbeda dengan dedicated IP. Yang mana dedicated IP adalah alamat IP khusus yang dimiliki oleh satu domain atau perangkat.

Apakah bisa melihat IP address orang lain?

Tidak, melihat IP address orang lain tanpa izin atau alasan yang sah adalah melanggar privasi dan etika penggunaan internet.

Cloud Hosting CTA Button
Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *