Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Cara Remote Database MySQL di cPanel (Terupdate)

1 min read

Cara Remote MySQL

Dalam mengelola database, Anda ternyata juga bisa melakukan remote database MySQL, lho! Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses database walau tak berada pada server yang sama.

Langkah ini dapat cukup berguna bagi Anda. Terlebih apabila Anda bekerja sama dengan pihak lain untuk mengelola website. Anda hanya cukup memberikan akses databasenya tanpa perlu memberikan seluruh akses ke cPanel.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas cara lengkap remote database MySQL dengan beberapa langkah. Langsung saja simak pembahasannya berikut.

Cara Remote Database MySQL di cPanel dengan Langkah Mudah

Berikut ini langkah-langkah melakukan remote MySQL cPanel. Di tutorial ini, aplikasi remote database yang kami pakai ialah Navicat. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Login ke cPanel 

Langkah pertama, login ke akun cPanel Anda terlebih dulu.

Login ke cPanel

2. Buka Fitur Remote MySQL 

Setelah login, buka fitur Remote MySQL di tab Databases cPanel.

cara remote mysql

3. Masukkan IP Address 

Berikan akses database dengan memasukkan host name atau alamat IP dari website maupun server lain ke dalam kolom Host. Lalu klik Add Host.

Jika Anda ingin mengakses database lewat komputer, silakan masukkan alamat IP public Anda. Cek IP Address Public komputer di http://whatismyipaddress.com/.  

Setelah memberikan akses, Anda akan melihat pesan seperti berikut.

PENTING – Anda dapat memasukkan nama domain atau alamat IP dari server Anda. Anda juga dapat menggunakan karakter persen (%). Sebagai contoh, untuk mengizinkan akses dari semua alamat IP yang diawali dengan 192.68.0, Anda dapat menuliskan 198.68.0.%.

4. Download dan Install Aplikasi Remote MySQL Navicat

Download aplikasi Navicat terlebih dulu. Lanjutkan dengan melakukan instalasi di komputer Anda. Setelah selesai install, buka aplikasi Navicat lalu klik menu Connection > MySQL.

5. Hubungkan Navicat dengan Database MySQL 

Masukkan detail database Anda di kolom yang tersedia, username dan password.

6. Lakukan Uji Coba Koneksi 

Untuk memastikan Anda sudah terhubung dengan database, coba lakukan pengujian dengan klik Test Connection.

7. Mengatur Tabel pada Database 

Anda bisa coba untuk melakukan pengaturan tabel pada database, Caranya, pilih nama koneksi, dalam tutorial ini bernama “Test”.

Pada langkah ini Anda sudah dapat melakukan remote database MySQL.

8. Cara Menghapus Akses Remote Database  

Anda juga bisa menghapus akses remote database yang bocor ke pihak “tak diundang”. Caranya, klik Delete pada host name atau alamat IP yang ingin Anda hapus di fitur Remote MySQL.

Lalu, klik tombol Remove Access Host.

Selanjutnya Anda akan melihat notifikasi seperti berikut jika berhasil menghapus akses.

Baca juga: Cara Mempercepat Akses Database MySQL

Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah pada tutorial ini, Anda sudah mengetahui cara remote database MySQL di cPanel melalui aplikasi desktop. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pengaturan database website.

Oya, kalau Anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang MySQL, silakan baca beberapa artikel berikut:

Jika ada pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia di bawah ini. 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

5 Replies to “Cara Remote Database MySQL di cPanel (Terupdate)”

  1. Sore. saya mau nanya kenapa saya selalu dpt masalah muncul ERROR ketika melakukan penyimpanan database dari remote client ke mysql database di hosting server. Anehnya penyimpanan awal dan bbrapa record berhasil disimpan, tp ditengah jalan terjasi ERROR spt (terlampir). Saya kmrin Open Ticket dan diarahkan agar saya koneksi ke IP "101.50.1.60 yg sebelumnya terjadi mslah yg sama ketika saya koneksi menggunakan IP : 101.50.1.70. Jadi kedua IP tsb sdh saya lakukan tapi tdk memberikan solusi krn masalah msh tetap muncul. Saya tambahkan disini bhw saya menggunakan koneksi driver Connector-ODBC ver.5.2.
    Berikut script koneksi database yg sy buat.
    db_server = "101.50.1.60"
    db_port = "3306" 'default port is 3306
    db_user = "crfmyid_sbu2_db1"
    db_pass = "abcddst"
    db_name = "crfmyid_sbu2_db1"
    CnTrading = "Provider=MSDASQL.1;SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION= 1 + 2 + 3 + 8 + 32 + 2048 + 16384;"
    CnTrading = "DRIVER={MySQL ODBC 5.2 ANSI Driver};SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION= 1 + 2 + 3 + 8 + 32 + 2048 + 16384;"

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  2. jika sudah berhasil memasukan host, lalu bagaimana menampilkan data tersebut di landing page woorpress kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *