Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Remote MySQL di cPanel

1 min read

Cara Remote MySQL di cPanel

Dalam tutorial kali ini, Anda akan belajar bagaimana cara remote MySQL menggunakan fitur Remote MySQL. Hal ini memungkinkan remote host dari server berbeda untuk mengakses database MySQL Anda. Langkah ini cukup berguna bagi Anda; misalnya ketika Anda ingin mengizinkan shopping cart atau aplikasi guestbook di server lain untuk mengakses database Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke cPanel hosting
  • Alamat IP atau nama domain untuk mengakses database MySQL

Langkah 1: Cara Remote MySQL dengan Mengakses Fitur Remote MySQL di cPanel

Silakan login ke cPanel Anda terlebih dahulu. Setelah itu, buka fitur Remote MySQL yang berada pada bagian Databases.

cara remote mysql

Langkah 2: Izinkan Remote Server untuk Mengakses Database

1. Silakan masukkan host name atau alamat IP dari website maupun server lain ke dalam kolom Host. Jika Anda ingin mengakses database dari komputer, silakan masukkan alamat IP public Anda. Buka URL http://whatismyipaddress.com/ untuk melakukan pengecekan.

2. Setelahnya, klik tombol Add Host. Anda akan melihat pesan seperti di bawah ini.

PENTING – Anda dapat memasukkan nama domain atau alamat IP dari server Anda. Anda juga dapat menggunakan karakter persen (%). Sebagai contoh, untuk mengizinkan akses dari semua alamat IP yang diawali dengan 192.68.0, Anda dapat menuliskan 198.68.0.%.

Langkah 3: Remote MySQL dari Desktop dengan Navicat

1. Silakan unduh program remote MySQL yaitu Navicat melalui link berikut.

2. Setelah selesai diunduh, silakan lakukan instalasi pada komputer Anda.

3. Setelah instalasi selesai, silakan buka aplikasi Navicat dan pilih menu Connection > MySQL.

4. Masukkan detail database Anda di kolom isian yang tersedia, username dan password.

5. Harap tes koneksi terlebih dahulu dengan menekan tombol Test Connection. Jika koneksi berhasil, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilih OK dan klik OK pada jendela selanjutnya.

6. Untuk melakukan pengaturan tabel pada database, silakan pilih nama koneksi, dalam tutorial ini bernama Test. Pada langkah ini Anda sudah dapat melakukan remote MySQL.

Langkah 4: Hapus Akses Remote Server ke Database Anda

Untuk mencegah akses ke database Anda dari remote host yang Anda tambahkan, silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Silakan klik Delete pada nama host atau IP address yang hak akses remote-nya ingin Anda hapus .

2. Setelah itu silakan klik tombol Remove Access Host.

3. Anda akan melihat notifikasi seperti ini apabila host telah berhasil dihapus dari daftar akses.

Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah pada tutorial ini, Anda sudah mengetahui cara remote MySQL di cPanel melalui aplikasi desktop. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pengaturan database website.

Jika ada pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia di bawah ini. Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai artikel kami, silakan untuk Subscribe dan kami akan mengirimkan artikel terbaru langsung ke alamat email Anda. 🙂

2
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

5 Replies to “Cara Remote MySQL di cPanel”

  1. Sore. saya mau nanya kenapa saya selalu dpt masalah muncul ERROR ketika melakukan penyimpanan database dari remote client ke mysql database di hosting server. Anehnya penyimpanan awal dan bbrapa record berhasil disimpan, tp ditengah jalan terjasi ERROR spt (terlampir). Saya kmrin Open Ticket dan diarahkan agar saya koneksi ke IP "101.50.1.60 yg sebelumnya terjadi mslah yg sama ketika saya koneksi menggunakan IP : 101.50.1.70. Jadi kedua IP tsb sdh saya lakukan tapi tdk memberikan solusi krn masalah msh tetap muncul. Saya tambahkan disini bhw saya menggunakan koneksi driver Connector-ODBC ver.5.2.
    Berikut script koneksi database yg sy buat.
    db_server = "101.50.1.60"
    db_port = "3306" 'default port is 3306
    db_user = "crfmyid_sbu2_db1"
    db_pass = "abcddst"
    db_name = "crfmyid_sbu2_db1"
    CnTrading = "Provider=MSDASQL.1;SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION= 1 + 2 + 3 + 8 + 32 + 2048 + 16384;"
    CnTrading = "DRIVER={MySQL ODBC 5.2 ANSI Driver};SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION= 1 + 2 + 3 + 8 + 32 + 2048 + 16384;"

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  2. jika sudah berhasil memasukan host, lalu bagaimana menampilkan data tersebut di landing page woorpress kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − three =