Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Apa Itu WordPress? Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya

7 min read

featured image apa itu WordPress

“Apa itu WordPress? Benarkah saya harus menggunakannya untuk membuat website?

Jawaban singkatnya, benar. WordPress adalah platform yang mudah digunakan untuk pemula dan terbukti sudah digunakan lebih dari 455 juta website di seluruh dunia.

Artinya, kalau Anda ingin membuat website, apapun jenisnya, WordPress bisa jadi pilihan terbaik. 

Nah, kalau Anda ingin mengenal WordPress sebelum memutuskan untuk menggunakannya, inilah artikel yang tepat untuk Anda.

Di artikel ini, kami akan membahas apa itu WordPress, manfaatnya, serta kelebihan dan kekurangannya. Yuk, kita mulai!

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004.

Sebagai sebuah CMS, WordPress bisa membantu Anda membuat dan mengelola website tanpa coding. Anda bisa menata tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di website dengan mudah. Jadi, cocok untuk digunakan pemula sekalipun. 

Tak hanya itu, WordPress juga bisa Anda gunakan secara gratis karena bersifat open-source

Namun, sebelum menggunakannya untuk membangun website, Anda perlu memilih dulu antara WordPress.com dan WordPress.org

Apa itu WordPress.com? Ini adalah layanan untuk membuat website dengan platform WordPress. Layanan ini sudah memberikan Anda hosting dan domain, baik versi gratis dan berbayar. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli domain sendiri, baik id domain, .com, .net, ataupun ekstensi yang lainnya. Meskipun harga domain tidak terlalu mahal, hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda.

Sayangnya, layanan WordPress.com memiliki banyak keterbatasan, mulai dari fitur hingga resource.

WordPress.org adalah website yang menyediakan platform WordPress secara gratis. Anda bisa mendownload, lalu menginstalnya. Untuk melakukannya, Anda perlu membeli hosting dan domain dulu. 

Inilah cara yang paling banyak digunakan karena memberi kebebasan mengelola website lebih baik. 

Baca Juga: 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Artikel ini akan berfokus pada WordPress sebagai platform. Jadi, mari kenali fungsi-fungsi WordPress dulu.

Apa Saja Fungsi WordPress?

Setelah tahu apa itu WordPress, Anda pasti ingin tahu, apa saja fungsinya?

Awalnya, fungsi WordPress adalah menampilkan tulisan pada website sederhana. Namun, WordPress telah berkembang dan mendukung berbagai macam website. Ini dia fungsi WordPress:

1. Membuat Website Perusahaan

Jika ingin membuat website perusahaan tampak profesional, Anda bisa mewujudkannya dengan WordPress. CMS ini menyediakan banyak fasilitas yang sesuai untuk jenis website tersebut.

Salah satunya adalah beragam pilihan tema untuk website bisnis. Tema-tema ini juga mudah untuk diatur, sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan yang diinginkan dengan beberapa klik saja.

2. Membangun Website Portofolio

Anda ingin memamerkan karya dalam sebuah portofolio? Buat saja website portofolio dengan WordPress. Dengan begitu, karya Anda jadi bisa dilihat banyak orang!

Sebuah website portofolio cocok untuk berbagai profesi. Baik yang di bidang kreatif seperti web designer atau ilustrator, hingga profesional pada umumnya.

Nantinya, Anda bisa menambahkan berbagai fitur, seperti galeri yang tampilannya bisa Anda atur dengan mudah. 

3. Membuat Website Forum

Fungsi WordPress selanjutnya adalah untuk membuat website komunitas. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan CMS itu untuk membangun forum online.

Nigahoster forum - apa itu WordPress

WordPress memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai fitur khas website forum dengan mudah. Misalnya, Anda bisa memperbolehkan pengunjung membuat akun, menambahkan postingan, dan mengomentari posting pengunjung lain.

4. Membuat Toko Online

Untuk berjualan online, Anda memang bisa menggunakan marketplace. Namun, website memberikan kemudahan lebih dalam hal pengaturan, branding dan promosi.

Nah, fungsi WordPress lainnya adalah untuk membuat toko online. Jadi, platform ini pilihan tepat untuk membuat website toko online yang menampilkan semua produk yang Anda jual.

CMS ini menawarkan berbagai fitur khas toko online. Di antaranya, pengaturan metode pembayaran, penghitungan ongkos kirim otomatis, dan pengelolaan pesanan.

5. Membangun Blog dan Website Berita

Fungsi WordPress yang paling umum adalah untuk membuat blog dan website berita. Alasannya, WordPress awalnya memang sebuah blogging platform, jadi fitur blognya sudah tidak perlu diragukan.

Contohnya, halaman editor WordPress tidak sekedar untuk memasukkan teks dan media visual. Anda juga bisa menggunakannya untuk menyisipkan konten dari platform lain seperti YouTube. Hasilnya, Anda lebih leluasa menentukan isi postingan blog atau berita.

WordPress juga memiliki fitur kategori konten. Jadi, Anda bisa mengelompokkan konten lebih mudah. Misalnya, opini, ulasan, serta tips dan trik. Pengunjung blog jadi lebih mudah menemukan yang mereka cari, bukan?

Baca juga: Beberapa Fakta dan Statistik Menarik tentang WordPress di 2022

Apa Kelebihan WordPress?

Selain sudah mendukung berbagai jenis website, ada banyak kelebihan WordPress, yaitu:

1. Hemat Biaya

WordPress bisa Anda gunakan gratis, jadi tak perlu bingung memikirkan biaya lisensi lagi. Anda bisa membuat website dengan biaya murah sesuai dengan jenis website yang dibangun.

Tipsnya, Anda bisa memilih layanan webhosting yang harganya terjangkau. Apalagi kalau layanan hosting tersebut mampu memberikan domain gratis sekaligus, seperti Niagahoster.

2. Instalasinya Mudah

Masih asing dengan WordPress? Tak masalah. Toh, Anda tidak akan menemui kesulitan ketika menginstal WordPress. Hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukan instalasinya sendiri.

Menariknya, beberapa penyedia hosting bahkan menawarkan kemudahan lebih berupa instalasi WordPress dengan sekali klik saja.

3. Updatenya Praktis

WordPress selalu hadir dengan keamanan dan kecepatan yang baik serta fitur yang lebih canggih. Setiap versi terbaru WordPress menawarkan peningkatan pada tiga faktor tersebut. 

Bahkan, update besar yang dilakukan seperti pada WordPress 5.9 memberikan fitur terbaru dari kemudahan menata tampilan website. 

Yang paling penting, cara update WordPress tidak repot. Anda cukup klik tombol update yang ada di halaman utama WordPress.

Kalau mau lebih mudah lagi, pilihlah penyedia hosting yang menawarkan fitur update WordPress otomatis. Dengan begitu, tidak perlu takut versi WordPress Anda ketinggalan zaman.

4. Kaya Akan Fitur Tambahan dari Plugin

WordPress memiliki ribuan plugin yang akan membantu Anda membuat berbagai jenis website yang fungsional. Plugin adalah software tambahan yang bisa Anda install di WordPress. 

Setiap plugin WordPress memiliki fungsi tersendiri, seperti menambahkan fitur ke website dan membantu meningkatkan kinerja website.

Anda bisa mendapatkan plugin gratis dari repositori milik WordPress. Atau, bisa juga menggunakan plugin berbayar yang memberikan fitur lebih lengkap dari versi gratis yang disediakan. Apapun itu, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.

5. Tampilan Mudah Diganti dan Diatur

Mengatur tampilan website di WordPress adalah hal mudah. Anda tinggal memilih dan menginstal tema yang cocok dengan jenis website.

Sama halnya dengan plugin, tema untuk WordPress juga tersedia secara gratis dan berbayar. Tema gratis sudah menyediakan fungsi dasar pengaturan tampilan seperti layout, font, dan elemen-elemen visual lain. Kalau tema berbayar, pengaturan yang ditawarkan jauh lebih banyak dan fleksibel.

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis dan Terbaru 

6. Ramah Optimasi Mesin Pencarian

Anda pasti ingin website dikunjungi banyak orang, kan? Untuk itu, website Anda harus berada di peringkat teratas pencarian Google. Caranya, dengan melakukan optimasi mesin pencarian atau SEO.

Nah, WordPress adalah CMS yang mudah dioptimalkan untuk SEO. Contohnya, Anda bisa mengubah permalink dan alt text untuk menyisipkan kata kunci pencarian. Itu adalah salah satu teknik optimasi mesin pencarian.

Selain itu, ada banyak pilihan plugin SEO yang memungkinkan Anda melakukan teknik optimasi lainnya. Salah satunya yaitu Yoast SEO

Baca Juga: 15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website.

7. Ramah Perangkat Mobile

Website yang tampil rapi dan cepat dimuat di browser mobile sudah menjadi keharusan. Untungnya, WordPress otomatis mengatur hal itu untuk Anda. Sebab, semua temanya sudah mobile-friendly.

Selain itu, pengaturan tampilan di WordPress memungkinkan Anda untuk mengecek bagaimana website Anda dimuat di perangkat mobile. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat website makin mobile-friendly.

Dari segi kecepatan, WordPress juga menawarkan yang terbaik. Anda juga bisa membuat CMS ini lebih cepat lagi dengan melakukan optimasi kecepatan.

8. Bisa Dihubungkan dengan Berbagai Layanan Pihak Ketiga

WordPress menawarkan banyak fitur melalui plugin-nya. Apabila masih kurang, Anda juga bisa menghubungkan CMS tersebut dengan berbagai layanan pihak ketiga.

Misalnya, layanan email marketing seperti Mailchimp. Atau, Google Analytics untuk membaca data terkait pengunjung di website Anda.

Masing-masing tool dan layanan yang bisa dihubungkan dengan WordPress menyediakan panduan penggunaan. Jadi, Anda bisa dengan mudah memanfaatkannya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics Lengkap

9. Bantuan Mudah Didapatkan

Dengan banyaknya pengguna WordPress, tidak heran jika Anda akan dengan mudah menemukan bantuan terkait CMS ini.

Coba saja Anda cari di Google, pasti banyak sekali forum, website, dan blog yang menawarkan tips dan trik seputar WordPress.

Jika ingin belajar dari dasar, di bawah ini adalah link download ebook gratis cara membuat website dengan WordPress. Selain akan belajar menggunakan WordPress, Anda akan diajak melakukan tips-tips optimasi website.

ebook cara membuat website wordpress

Apa Kekurangan WordPress?

Di samping banyaknya kelebihan yang ditawarkan, WordPress tidak luput dari kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan WordPress dan cara mengatasinya:

1. Perlu Instalasi Manual

Kekurangan WordPress yang pertama adalah perlunya instalasi manual, terutama untuk yang menggunakan hosting sendiri. Bagi beberapa pengguna awam, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Padahal, sebenarnya prosesnya tidak terlalu teknis.

Hal itu sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan layanan WordPress yang ramah bagi pemula seperti Simple WordPress hosting. 

Di layanan Simple WordPress hosting, platform WordPress sudah terinstal dan siap digunakan. Jadi, Anda cukup melanjutkannya dengan langkah pengelolaan website. 

2. Masih Menjadi Sasaran Hacker

Popularitas WordPress adalah alasan kenapa hacker masih sering mengincarnya. Buktinya, 94 persen serangan hacker dilancarkan terhadap WordPress.

Kekurangan WordPress ini membuat pengembang WordPress harus rutin meningkatkan keamanan CMS mereka. Itulah kenapa Anda juga perlu berperan aktif untuk meminimalkan risiko website dibobol hacker. Salah satu caranya tentu dengan selalu melakukan update.

Jangan khawatir, untuk menjaga keamanan WordPress tidak serumit yang Anda bayangkan. Simak artikel berikut ini untuk mempelajarinya → 26+ Cara Mengamankan WordPress Terbaik untuk Website Anda

3. Harus Jeli Memilih Plugin dan Tema Berkualitas

Ada ribuan plugin dan tema yang bisa Anda gunakan untuk WordPress. Sayangnya, tidak semuanya berkualitas. Terutama, kalau plugin dan tema itu dibuat dengan koding yang buruk atau tidak pernah mendapatkan update.

Itulah kenapa Anda harus selalu teliti dalam memilih plugin dan tema. Perhatikan rating, review, dan kapan terakhir kali sebuah plugin atau tema diperbarui.

Supaya Anda tahu informasi terkini tentang keamanan plugin serta tema, ikuti juga blog-blog berita seputar WordPress.

4. Kecepatan Berkurang Seiring Penggunaan

WordPress sebenarnya memiliki kecepatan optimal. Namun, ada banyak hal yang bisa membuatnya lambat seiring penggunaan.

Sebagai contoh, Anda memasang terlalu banyak gambar di website, atau menginstal plugin-plugin yang tidak dibutuhkan. 

Akan tetapi, ada juga pemicu lambatnya WordPress yang sifatnya lebih teknis sehingga perlu pengecekan lebih lanjut. Untuk itu, Anda bisa memeriksanya dengan Pingdom, website yang menyediakan tool tes kecepatan gratis. 

Untuk mempelajari penggunaannya, simak artikel kami tentang cara mempercepat loading website.

Nah, WordPress memiliki banyak kelebihan dibanding kekurangan, tidak heran banyak brand terkenal yang mempercayai CMS ini untuk website mereka. Siapa saja?

5 Contoh Website Terkenal yang Menggunakan WordPress

Berkat keunggulannya, banyak perusahaan besar menggunakan WordPress. Nah, berikut ini adalah 5 website milik brand dan instansi ternama yang dibuat menggunakan WordPress:

1. Walt Disney – Website Perusahaan

website Walt Disney -  apa itu WordPress

Website Walt Disney, perusahaan entertainment ternama, merupakan salah satu contoh situs profil perusahaan yang menggunakan WordPress. Di website ini, pengunjung bisa menyimak berbagai hal terkait Walt Disney, seperti misi perusahaan, berita, dan informasi investornya.

2. MinLoveCat – Website Portofolio

website MinLoveCat -  apa itu WordPress

MinLoveCat merupakan tim WordPress developer dan UI Designer asal Singapura. Dibuat dengan WordPress, website mereka menampilkan proyek-proyek terbaru mereka dengan sangat menarik.

3. Forum Bantuan WordPress – Forum Online

forum bantuan WordPress - apa itu WordPress

Tidak perlu jauh-jauh mencari contoh forum online yang dibuat menggunakan WordPress. Bagian bantuan di website WordPress.org merupakan salah satunya.

4. Bata – Toko Online

website Bata - apa itu WordPress

Anda barangkali sudah tidak asing dengan brand sepatu satu ini. Sebab, gerainya tersebar di seluruh Indonesia. 

Nah, website toko online Bata dibangun menggunakan WordPress. Seperti yang terlihat, fitur untuk toko online seperti keranjang belanja dan WhatsApp sudah ada di dalamnya, bukan?

5. TIME – Website Berita

website TIME - apa itu WordPress

Jika gemar majalah-majalah berita, Anda mungkin pernah membaca TIME. Sama seperti media cetaknya, website TIME penuh dengan berbagai berita terupdate dari berbagai belahan dunia.

Selain kelima contoh website tadi, masih banyak instansi lainnya yang menggunakan WordPress. Simak 10+ contoh website WordPress jika Anda penasaran, ya.

Ingin Buat Website dengan Mudah? Gunakan WordPress!

Di artikel ini, Anda sudah belajar apa itu WordPress dan fungsi WordPress. CMS ini merupakan solusi termudah untuk membuat website apapun jenis websitenya.

Nah, kalau ingin memanfaatkan platform ini, pilihlah layanan hosting yang khusus untuk WordPress sehingga performa website Anda kian optimal. 

WordPress hosting Niagahoster adalah pilihannya. Layanan hosting ini menawarkan pengelolaan WordPress yang praktis. Contohnya, Anda bisa melakukan instalasi, login, dan backup WordPress dengan sekali klik saja. 

Keunggulan itu bisa Anda nikmati mulai dari Rp40.233/bulan!

Ingin pengalaman menggunakan WordPress yang lebih mudah? 

Anda bisa coba Simple WordPress hosting. Di layanan tersebut, WordPress sudah terinstal otomatis sehingga website langsung siap digunakan.

Anda juga tidak akan dipusingkan dengan pengaturan dan pengelolaan hosting yang ribet. Simple WordPress hosting sudah dioptimalkan sesuai dengan jenis website yang Anda bangun.

Harga Simple WordPress hosting tidak akan menguras kantong Anda, mulai dari Rp32.100/bulan saja.

Jadi, layanan hosting WordPress mana yang ingin Anda pilih? WordPress hosting atau Simple WordPress?

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

3 Replies to “Apa Itu WordPress? Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya”

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya
    salam sukses selalu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.