Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

10+ Contoh Website WordPress Untuk Inspirasi Pembuatan Website

4 min read

Featured Image 10+ Contoh Website WordPress Untuk Inspirasi Pembuatan Website

WordPress sendiri memang fleksibel dan mudah digunakan oleh siapa pun. Namun, bagi pemula yang belum pernah membuat website, mungkin masih bingung ingin website yang bagaimana.  Tak usah khawatir, Anda sudah datang ke tempat yang tepat.

Di artikel ini kami akan menunjukkan beberapa contoh WordPress terkenal yang bisa Anda jadikan inspirasi. Apa saja itu? Yuk, simak sampai selesai!

10+ Contoh Website yang Menggunakan WordPress

Berikut adalah 12 contoh website WordPress kelas dunia yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat website.

1. TIME

TIME adalah contoh website WordPress

Beberapa dari Anda mungkin tak asing lagi dengan TIME. Tak heran, karena TIME adalah salah satu majalah paling terkenal di dunia dan sudah eksis sejak tahun 1923 silam. Ia juga merupakan majalah yang secara rutin mengeluarkan “Person of the Year” dan “TIME 100” setiap tahunnya.

Seperti yang diduga, TIME.com sendiri benar-benar menunjukkan bahwa ia adalah website dari suatu majalah. Ia berisi berita-berita terbaru dan berbagai artikel membahas lebih dalam situasi yang sedang terjadi di dunia. Website TIME ini terlihat padat, tapi tidak membingungkan dan tetap simpel. Jadi, semua orang bisa langsung mengakses informasi terupdate dengan mudah.

2. TechCrunch

TechCrunch adalah salah satu contoh WordPress

Contoh WordPress selanjutnya adalah TechCrunch yang khusus membahas segala hal terkait teknologi. Mulai dari berita teknologi terbaru, analisis teknologi, review gadget, tips dan trik, hingga dunia startup sekalipun.

Website TechCrunch sangat berfokus kepada konten. Sehingga halaman depannya dipenuhi dengan berbagai artikel dan berita terbaru. Serta di bagian paling atas menampilkan Extra Crunch, yakni konten khusus membership yang berisi analisis serta insight mendalam mengenai teknologi.

3. Fortune

Fortune termasuk contoh website yang menggunakan WordPress

Jika TechCrunch membahas teknologi, Fortune ini khusus membahas dunia bisnis. Walaupun berasal dari Amerika Serikat, tapi Fortune meliput segala hal yang sedang happening tentang bisnis dari seluruh dunia. Tak hanya terbatas pada berita, tapi juga artikel prediksi terkait sektor bisnis kedepannya.

Didominasi dengan warna putih, tampilan website Fortune juga hampir mirip dengan Time; penuh sesak dengan konten, tapi tetap membuat pengunjung tak kebingungan. Oh ya, walaupun halaman depannya penuh dengan gambar dari atas sampai bawah, tapi website Fortune tetap ringan dengan load time yang cepat.

4. Sony Music

Sony Music juga termasuk contoh WordPress

Termasuk ke dalam tiga besar perusahaan rekaman ternama asal negeri Paman Sam, Sony Music ternyata juga termasuk contoh website yang menggunakan WordPress, lho. Menariknya, justru tak banyak “unsur musik” yang bisa Anda temukan di websitenya.

Website Sony Music ini sangat simpel dan konten utamanya adalah berita terkait Sony Music itu sendiri. Di bagian atas terdapat slider yang berisi foto-foto musisi terkenal yang bernaung di bawah Sony Music. Sedangkan di bagian bawah menampilkan mengenai feed media sosial dari akun Twitter resmi Sony Music.

Baca juga: 30 Plugin Social Media WordPress Terbaik

5. BBC America

BBC America juga termasuk ke dalam contoh WordPress

Bagi Anda pecinta western series pasti tak asing dengan BBC America. Sudah banyak serial keren yang ditelurkan oleh perusahaan entertainment asal Amerika Serikat ini. Sebut saja Star Trek, Doctor Who, Top Gear, dan masih banyak lainnya.

Didominasi oleh warna hitam, konten dari BBC America ini tak jauh-jauh dari produk yang ia buat. Mulai dari informasi lengkap mengenai serialnya, jadwal tayang, hingga video trailer. Bahkan, Anda juga bisa melakukan streaming beberapa serial langsung

6. The Rolling Stones

The Rolling Stones merupakan contoh website WordPress

Bagi angkatan jadul dan pecinta musik rock, pasti sudah tidak asing lagi dengan contoh WordPress ini. Dibentuk pada tahun 1962, The Rolling Stones merupakan salah satu grup band paling terkenal sepanjang sejarah asal Inggris.

Website The Rolling Stones sendiri terhitung unik. Alih-alih memanjang ke bawah seperti website kebanyakan, The Rolling Stones membuat kontennya memanjang ke samping dengan slider. Pilihan warnanya juga “The Rolling Stones banget” yakni kombinasi warna mencolok dengan gaya retro. Sensasi nostalgia benar-benar terpancar kuat dari websitenya.

7. Walt Disney

Walt Disney juga termasuk contoh website yang menggunakan WordPress

Siapa sangka, ternyata raksasa dunia hiburan Walt Disney juga menggunakan WordPress untuk websitenya. Uniknya, websitenya sendiri terlihat sederhana bagi perusahaan yang berhasil mengantongi profit lebih dari Rp1.000 Triliun di tahun 2019 ini.

Aura “semua umur dan ramah anak-anak” Disney juga terpancar kuat dari websitenya. Mulai dari pilihan kombinasi warna yang cerah, ditampilkannya gambar tokoh-tokoh maskot Disney, hingga berita terbaru terkait layanan Disney. Satu-satunya unsur “dewasa” mungkin terdapat pada real-time counter harga saham Walt Disney di bagian atas website.

8. Wired

Wired masuk ke dalam contoh WordPress

Tak mau ketinggalan dengan majalah kenamaan Amerika Serikat yang lainnya, Wired juga menggunakan WordPress untuk websitenya. Contoh website WordPress yang satu ini menggunakan grid system untuk konten-kontennya. Sehingga memberikan Anda sensasi seperti membaca koran.

Websitenya juga cukup cepat untuk dibuka walaupun menampilkan banyak sekali konten di halaman depannya. Mulai dari berita terupdate, artikel yang membahas suatu topik, hingga post mengenai video terbaru yang diunggah di channel YouTube Wired.

Baca juga: 3 Cara Embed Video Youtube di Website WordPress

9. AMC

AMC termasuk ke dalam contoh website WordPress

Bagi penonton setia serial Breaking Bad ataupun The Walking Dead, pasti sudah tak asing dengan contoh WordPress ini. Apalagi logo AMC sendiri tak pernah absen untuk menyapa Anda sebelum episode dimulai.

Bisa dikatakan kalau website AMC itu sederhana dan to-the-point. Seketika setelah dibuka, Anda langsung disuguhkan gambar satu layar penuh tentang serial yang sedang berjalan. Sedangkan di menu bagian samping, Anda bisa menemukan informasi lebih lanjut mengenai serial-serial tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Menu di WordPress dengan Sub Menu

10. PlayStation Blog

Contoh blog WordPress pada PlayStation Blog

Contoh blog WordPress pertama di artikel ini adalah blog milik PlayStation. Blog ini menggunakan tema warna hitam yang memang sudah menjadi ciri khas dari lini produk PlayStation sejak zaman PlayStation 2.

Bisa dikatakan, tak ada yang istimewa dari PlayStation Blog. Tampilannya sangat umum seperti blog kebanyakan. Dengan postingan paling populer di bagian teratas, kemudian di bawahnya terdapat deretan postingan terbaru.

Namun, PlayStation Blog ini adalah salah satu contoh terbaik penerapan strategi pemasaran content marketing. Semua konten yang ada di sini —baik secara langsung maupun tidak langsung— berhubungan dengan konsol PlayStation. Sehingga bisa berpotensi untuk mengubah pengunjung menjadi konsumen.

11. LinkedIn Blog

Contoh blog WordPress pada LinkedIn Blog

LinkedIn adalah media sosial bagi para profesional untuk saling terhubung dan memperluas jaringan. Nah, ia juga memiliki blog resmi yang membahas berbagai hal terkait dunia kerja. Mulai dari tips lolos interview, tips cepat dapat kerja, hingga artikel analisis dan insight mengenai berbagai aspek pekerjaan.

Tampilan blognya sendiri sangat sederhana dan didominasi oleh  warna putih. Di blog ini juga terdapat slider di bagian atas yang berisi artikel-artikel terpopuler dan paling relevan dengan kondisi dunia kerja sekarang.

12. Website Resmi James Bond

Websit resmi James Bond juga termasuk contoh WordPress

Agen rahasia paling terkenal di dunia asal Inggris ini ternyata juga menggunakan WordPress, lho! Menggunakan pilihan kombinasi warna hitam dan putih, websitenya terlihat simpel, tapi elegan—persis seperti James Bond.

Website resmi agen 007 ini berusaha membawa pengunjung untuk menjelajah dunia James Bond lebih jauh. Mulai dari informasi mengenai film selanjutnya, artikel membahas teknologi yang dipakai oleh James Bond, hingga feed dari media sosial 007.

Mana Contoh Website WordPress Pilihan Anda?

Apakah Anda sudah menentukan pilihan inspirasi dari 12 contoh WordPress di atas? Ternyata, WordPress itu benar-benar fleksibel, bukan? Bahkan, brand-brand terkenal dunia pun tak ragu mempercayakan websitenya kepada WordPress. 

Tak heran, karena salah satu keunggulan WordPress adalah Anda bisa membuat hampir segala jenis website sesuai keinginan dan kebutuhan dengan mudah. Bahkan untuk pemula yang belum pernah membuat website sekalipun.

Oh ya, jika Anda ingin membuat website perusahaan atau toko online, kami juga mempunyai contoh inspirasi yang bisa ditiru, lho. Langsung saja kunjungi artikel →20 Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik

Jika sudah mendapatkan inspirasi yang cocok, Anda bisa langsung membuat websitenya. Tenang, caranya tak sulit, kok! Anda tinggal ikuti saja panduan lengkapnya di ebook gratis di bawah ini:

download-ebook-membuat-website
0
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 2 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]