Mengapa Perusahaan Besar Menggunakan WordPress (dan Sebaiknya Anda Juga) - Niagahoster Blog

Sejak lahir pada 2013, di Niagahoster kami rutin mengamati tren di dunia web hosting dan internet baik dalam skala Indonesia maupun dunia. Setiap pengamatan, sering berujung pada terciptanya solusi terbaik untuk tren kebutuhan pasar tersebut.

Belakangan ini kami melihat fenomena menarik dimana banyak target pasar & pelanggan kami (existing client), sangat senang menggunakan WordPress Hosting di Niagahoster. Penggunanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari UKM, organisasi, programmer, mahasiswa hingga korporat.

Pengguna pemula biasanya membuat blog/toko online dengan WordPress.
Pengguna level menengah dan atas biasanya membuat website pribadi/client, juga dengan WordPress.
Yang unik adalah, cukup banyak kami temukan bahwa ternyata website milik beberapa perusahaan/brand besar juga menggunakan WordPress Hosting di Niagahoster.

WordPress Gratisan, tapi kok .. ?

Banyaknya perusahaan besar yang juga menggunakan shared hosting WordPress di Niagahoster memberikan sinyal positif kepada kami tentang wawasan bahwa banyak perusahaan besar di luar negeri yang juga sudah sejak lama menggunakan WordPress untuk website-nya dengan berbagai macam tujuan bisnis.

Tiada fakta tanpa data. Berikut kami berikan data dari WordPress.

Website Berita:

  • TechCrunch
  • BBC America
  • Variety

Website Brand

  • Sony Music
  • Bata
  • Xerox

Website Personal Brand

  • Beyonce
  • The Rolling Stones
  • Snoop Dogg, dll
TIPS

Untuk melihat apakah sebuah website menggunakan WordPress atau tidak, Anda bisa lakukan langkah berikut.

  • Buka website di web browser
  • Klik kanan pada halaman website, pilih View Page Source
  • Gunakan fitur Search atau tekan tombol F3 temukan teks wp- atau wp-content
  • Bila Anda menemukannya, maka website tersebut dibuat menggunakan WordPress. Bila tidak, mungkin website tersebut menggunakan platform/CMS lain.
  • Bila perusahaan/brand besar pun menggunakan WordPress yang gratisan untuk website mereka, maka bisa disimpulkan bahwa sebaiknya Anda juga menggunakan WordPress untuk memulai (pemula, menengah, mahir).

Cara ini berhasil karena ..

Tidak ada masalah yang lebih besar dalam bisnis, selain masalah penjualan. Masalah SDM bisa menunggu. Masalah branding bisa menunggu. Namun masalah penjualan, tidak.

Alasannya, jika masalah penjualan bisa teratasi, Anda bisa mendapatkan penjualan lebih cepat. Ini artinya Anda bisa memiliki budget untuk merekrut SDM yang lebih baik. Anda pun dapat menggunakan jasa agensi branding untuk menyelesaikan urusan branding dan lain-lain.

Ini bisa diterjemahkan dalam bentuk yang bervariasi dalam kebutuhan Anda.

Bila Anda membuat website bisnis toko kue dengan WordPress, maka yang harus Anda utamakan adalah bagaimana secepatnya mendapatkan penjualan toko kue.

Bila Anda membuat website portal berita dengan WordPress, maka Anda harus secepatnya menulis berita dan mendistribusikan konten berita agar mendapatkan pembaca. Begitu juga dengan jenis bisnis lainnya.

Efeknya, bila website Anda telah online lebih cepat, insyaallah penjualan Anda bisa datang lebih cepat. Memang benar bila ada yang berpendapat untuk berbisnis tidak harus dengan website. Namun, tahukah Anda bahwa Facebook yang merupakan salah satu channel promosi paling efektif saat tulisan ini dibuat, bisa berjalan maksimal bila Anda sudah memiliki website sebagai landing page ?

Itu juga yang dilakukan oleh perusahaan/brand besar yang menggunakan WordPress.

Begini cara mereka melakukannya ..

Ada banyak sekali metode marketing dari digunakan dan tetap bertahan dari waktu ke waktu. Kalaupun ada metod yang baru, maka yang sifatnya fundamental akan tetap bertahan.

Perusahaan/brand besar menggunakan metode marketing yang hampir juga bisa digunakan untuk level pemula / menengah dalam semua jenis bisnis.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana mereka melakukan bisnis dengan WordPress:

Content Marketing

Content marketing adalah salah satu metode marketing yang bisa Anda dengan menggunakan website berbasis WordPress. Mari simak pengertian content marketing menurut Content Marketing Institute berikut:

Content marketing is a strategic marketing approach focused on creating and distributing valuable, relevant, and consistent content to attract and retain a clearly-defined audience — and, ultimately, to drive profitable customer action.

Dalam content marketing, kata kuncinya adalah valuable (berharga/bermanfaat). Artinya, Anda harus membuat content yang bermanfaat bagi calon pelanggan Anda. Tujuannya, agar menarik perhatian calon pembaca untuk membaca artikel/konten yang Anda sediakan, sehingga bermanfaat bagi kebutuhan mereka.

Penjelasan membuminya begini.

Contoh nyatanya seperti ini.

Misalnya, bisnis Anda adalah Klinik Spesialis Diabetes.

Maka, calon customer Anda adalah orang yang ingin mengetahui informasi pengobatan diabetes.

Apa yang biasanya dilakukan oleh calon customer (bahkan kita sendiri) adalah mencari banyak informasi di internet (googling). Calon customer akan membaca sebanyak mungkin materi tentang pengobatan diabetes dari berbagai jenis website. Mulai dari yang materinya bersifat informasi pengobatan, promo jualan obat diabetes, pengobatan alternatif, dll.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan content marketing adalah dengan menyediakan artikel/konten selengkap mungkin tentang Diabetes pada website WordPress Anda, mulai dari yang dasar sampai dengan yang tingkat lanjut. Artikel ini sebaiknya tidak harus selalu bersifat promo terang-terangan, namun sebisa mungkin bersifat “soft selling” (menjual seperti tidak menjual).

Bila calon customer Anda mencari informasi diabetes, kemudian menemukan artikel dari website WordPress Anda dan merasa mendapat manfaat dari artikel tersebut, umumnya mereka akan membaca artikel dan halaman lain pada website Anda.

Artinya? Mereka akan merasa Anda bisa membantu menyediakan solusi dan mereka akan membeli produk Anda! Goal 😆

Lihat. Cukup dengan website berbasis WordPress, tanpa memerlukan programmer Anda bisa mulai mendapatkan penjualan pertama Anda.

Portal Website

Portal website adalah tipe website yang sifatnya mengarah ke ekslusifitas. Umumnya website portal memungkinkan pengunjung website bisa mengakses informasi hanya bila memiliki akses ke dalam portal. Pada penerapannya, website portal banyak digunakan pada website yang memiliki member area. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan personalisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Untuk membuat portal website dengan WordPress, Anda bisa mulai dengan menggunakan berbagai macam plugin/template khusus untuk portal. Pada akhirnya memang Anda akan mengeluarkan biaya untuk membeli plugin/template portal ini, namun jika dibandingkan dengan Anda harus menyewa programmer sendiri untuk membuat portal, perbedaan biayanya bukan lagi sejauh langit dan bumi, namun langit dan palung laut. Jauh.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah proses agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari sebagai hasil pencarian yang relevan dengan apa yang dicari oleh calon pelanggan Anda.

Menggunakan WordPress, proses Optimasi Mesin Pencari (SEO) menjadi lebih mudah dilakukan & dikelola. Ada ratusan plugin yang mendukung proses SEO dan bisa Anda gunakan.

Walaupun Anda tidak menggunakan metode content marketing atau Anda tidak menyediakan fitur portal di website Anda, namun Anda harus tetap melakukan SEO untuk website. Bayangkan, proses yang cukup rumit ini menjadi sangat mudah dengan bantuan WordPress.

Manfaatnya Bagi Anda

WordPress. WordPress. WordPress!

Dimanapun level Anda saat ini, mulailah dengan WordPress, karena perusahaan/brand besar pun menggunakannya. Ada banyak manfaat jangka panjang yang bisa turun Anda dapatkan seperti perusahaan/brand besar tadi, seperti:

Banyak kemudahan jangka panjang untuk Anda.

Memulai dengan WordPress, artinya Anda juga menabung kemudahan jangka panjang untuk website Anda. Tidak hanya fitur & sistemnya yang mudah digunakan, namun juga banyak hal-hal kecil yang terlihat sederhana namun akan sangat membantu Anda.

Hemat biaya programmer. WordPress gratis!

WordPress memang gratis, tapi maut. Anda bisa hemat budget sewa programmer, karena Anda sendiri pun bisa menggunakannya dengan mudah.

Aman & berkembang

WordPress dibuat dengan bahasa program PHP & bersifat open-source. Selain bersifat gratis, project open-source biasanya relatif aman karena dikembangkan oleh seluruh penggunanya di planet bumi ini.

Misalnya, saat ini ada jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia dan lebih dari 300.000 diantaranya adalah programmer PHP yang rutin berkontribusi untuk mengembangkan WordPress.

Bila ada celah keamanan yang memungkinkan website Anda di-hack oleh pihak lain, ratusan ribu programmer tersebut akan siap sedia berkontribusi memperbaiki celah keamanan.

Bandingkan bila Anda hanya menyewa 1-2 programmer untuk membuat sistem/website Anda.

Kaya plugin & desain template keren

Salah satu kekuatan WordPress adalah dukungan ketersediaan plugin & desain template yang keren. Walaupun banyak yang berbayar, namun sangat banyak juga yang gratis! 🙂

Uniknya lagi, bila Anda menggunakan plugin & template desain yang populer, Anda akan tetap rutin mendapatkan update terbaru setiap ada pembaharuan. Artinya, Anda bisa meminimalisir resiko buruk yang mungkin terjadi.

Fleksibel

Fleksibilitas WordPress tidak diragukan lagi. WordPress sangat berjalan mulus di berbagai jenis lingkungan berbasis PHP, apapun teknologi server hosting yang Anda gunakan.

Integrasi dengan berbagai jenis plugin, menjadi sangat fleksibel. Developer plugin/theme umumnya justru akan menyesuaikan plugin/them buatannya dengan versi WordPress terbaru, sehingga akan minim bug.

Website Anda mudah ditemukan calon pelanggan

Bisa dibilang, bila memiliki struktur SEO & content yang bermutu, 6 dari 10 website WordPress akan memiliki performa SEO yang lebih baik daripada website yang tidak menggunakan content WordPress.

Solusi: Mulai Saja Sekarang

Setelah kita membahas cukup banyak sebelumnya, tidak akan ada artinya bila Anda tidak meniru kesuksesan website perusahaan/brand besar yang telah menggunakan WordPress diatas.

Bila Anda masih merasa ini seperti puzzle, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk memulai:

  • Tentukan nama domain/brand Anda.
  • Install WordPress terbaru di server Hosting Anda. Bila Anda kesulitan, Anda dapat kirim ticket ke tim support Niagahoster untuk mendapatkan bantuan instalasi WordPress. Kami sangat senang bisa mengajari Anda langsung.
  • Pilih theme gratis WordPress. Anda dapat mencari di Google dengan kata kunci seperti “free wordpress theme 2016”. Pastikan Anda tidak menggunakan theme bajakan. Jika Anda bersedia menginvestasikan sedikit dana untuk theme yang menarik, Anda bisa membeli theme versi berbayar.
  • Lengkapi data & informasi bisnis Anda. Dalam website, minimal Anda harus memiliki halaman depan, halaman profil yang menjelaskan tentang bisnis Anda, halaman produk/layanan yang menjelaskan yang Anda tawarkan, halaman galeri yang berisi foto, halaman testimoni/client yang berisi komentar pengguna produk/jasa Anda dan halaman kontak yang berisi informasi detail cara berkomunikasi dengan Anda.
  • Lengkapi plugin standard untuk meningkatkan performa website secara keseluruhan.
  • Riset kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Anda bisa pelajari disini. https://www.google.co.id/search?q=cara%20riset%20katakunci
  • Buat artikel/konten berisi informasi yang akan memberikan manfaat/value kepada calon pembaca Anda. Konten yang Anda buat, harus menarik dan benar-benar dibutuhkan orang lain.
  • Lengkapi unsur SEO pada website Anda.
  • Sebarkan kepada orang lain di social media, khususnya di tempat dimana calon pelanggan Anda banyak berkumpul/berada. Misalnya, grup Facebook, fanpage, dll.
  • Pelajari setiap saat data analytic pada website Anda, untuk memahami bagaimana kehidupan website & pengunjung website Anda.

Jika perusahaan/brand besar berhasil sukses menggunakan cara-cara ini, mengapa Anda harus menundanya ? 😊

Selamat mencoba!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Nur kholis

    Dalam menjalani IM, lebih baik memang menggunakan WordPress Self Hosted.

    Karena kita bisa memiliki full akses, dan tentunya lebih secure.

    Regards,
    Nur kholis

  • Heriick Lallana

    Harus diakui …. Dengan wordpress kita lebih bisa meng eksplore .. Dan membuat website seperti yang kita inginkan .. Tentunya mudah dan aman

  • koko

    wah menarik sekali artikelnya, jadi pengen pindah ke worldpres self hosting, tapi masih pelajari dulu

Scroll Up